Calculus: Pengertian, Apa itu Kalkulus? Sejarah, Tujuan, Jenis, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Dari Pengertian Calculus Apa Itu Kalkulus Sejarah Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Contoh Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Dari Pengertian Calculus Apa Itu Kalkulus Sejarah Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Contoh Serta Kenapa Itu Penting

Mengenal Pengertian Calculus, Apa itu Kalkulus? Sejarah, Tujuan, Jenis, Macam dan Contoh serta Kenapa itu Penting!

Tahukah kalian? Ya! Sementara banyak orang percaya bahwa kalkulus seharusnya menjadi kursus matematika yang sulit, kebanyakan dari mereka bahkan tidak tahu apa arti sebenarnya.

Memang, jika Anda mengingat aljabar Anda dan cukup mahir dalam hal itu, maka kalkulus tidak sesulit yang dikira.

Banyak sekali cabang matematika yang dikenal manusia. Juga dikenal sebagai “bahasa angka”, itu berarti banyak hal bagi banyak orang.

Beberapa orang mungkin mengetahuinya sebagai alat (kunci) untuk membuat peradaban berjalan. Bagi yang lain, mereka menganggapnya sebagai bidang akademik yang hanya berpengaruh pada transkrip nilai.

Namun, yang tidak dapat disangkal adalah bahwa matematika tetap ada dan sebenarnya merupakan bagian dari hidup kita, bahkan sampai ke hal-hal yang paling dasar.

Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang pengertian calculus serta pentingnya kalkulus di dunia IT!

Berikut ini ulasannya!

Pengertian Calculus

Berarti kalkulus (dalam bahasa Indonesia), calculus adalah studi tentang bagaimana sebuah sesuatu bisa berubah.

Ini memberikan kerangka kerja untuk sistem pemodelan di mana ada perubahan, dan cara untuk menyimpulkan prediksi model tersebut berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Massachusetts Institute of Technology.

Apa itu Kalkulus?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Kalkulus Sejarah Serta Tujuan Dan Fungsinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Kalkulus Sejarah Serta Tujuan Dan Fungsinya

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan kalkulus ini sebenarnya?

Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, kalkulus melibatkan studi tentang laju perubahan dan ini merupakan cabang dari ilmu matematika.

Sebelum kalkulus ditemukan, semua matematika bersifat statis.

Dia hanya dapat membantu menghitung objek yang diam saja, tapi, seperti yang kita ketahui alam semesta terus bergerak dan berubah.

Tidak ada objek, mulai dari bintang di angkasa hingga partikel subatomik atau sel di tubuh yang selalu diam.

Memang, hampir semua hal di alam semesta ini terus bergerak, calculus (kalkulus) membantu menentukan bagaimana partikel, bintang dan materi benar-benar bergerak dan berubah dalam waktu nyata (real time).

Sejarah Awal Calculus (Kalkulus)

Agar kita dapat lebih memahami tentang apa arti calculus, pastinya kita juga harus mengenal sedikit terkait sejarah awalnya.

Ya! Kalkulus dikembangkan pada paruh ke-2 (dua) abad ke-17 (tujuh belas) oleh dua ahli matematika, Gottfried Leibniz dan Isaac Newton.

Newton pertama kali mengembangkan calculus dan menerapkannya langsung pada pemahaman sistem fisik.

Secara independen, Leibniz sendiri mengembangkan notasi yang digunakan dalam kalkulus.

Sederhananya, sementara matematika dasar menggunakan operasi seperti plus, minus, kali dan pembagian (+, -, x, dan ÷), calculus menggunakan operasi yang menggunakan fungsi dan integral untuk menghitung laju perubahan.

Alat-alat itu memungkinkan Newton, Leibniz, dan ahli matematika lain yang mengikuti untuk menghitung hal-hal seperti kemiringan kurva yang tepat pada titik mana pun.

Cerita dan kisah di dunia matematika menjelaskan pentingnya teorema fundamental Newton tentang kalkulus, yaitu:

“Tidak seperti geometri statis orang Yunani, kalkulus memungkinkan para ahli matematika dan insinyur memahami gerakan dan perubahan dinamis dalam dunia yang terus berubah di sekitar kita, seperti orbit planet, pergerakan fluida Dan lain-lainnya”

Teorema Newton Tentang Calculus Atau Kalkulus

Dengan menggunakan kalkulus, kini ilmuwan, astronom, fisikawan, matematikawan, dan ahli kimia sekarang dapat memetakan orbit planet dan bintang, serta jalur elektron dan proton pada tingkat atom.

Baca Juga :  Hidup Adalah: Pengertian Hidup, Jenis dan Arti Hidup dalam Islam

Calculus pun sering digunakan dalam berbagai macam bidang lainnya hingga tahun 2020 ke 2021 sekarang.

Tujuan Calculus

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian calculus, apa itu kalkulus dan sejarahnya di atas, selanjutnya disini Kami juga akan menjelaskan terkait fungsi dan tujuannya.

Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya terkait fungsinya sendiri, calculus adalah bahasanya para insinyur, ilmuwan, dan ekonom.

Pekerjaan para profesional ini berdampak besar pada kehidupan kita sehari-hari mulai dari microwave, ponsel, TV, dan mobil hingga obat-obatan, ekonomi, dan pertahanan nasional.

Kemudian, untuk tujuan utamanya yaitu, calculus atau kalkulus ini digunakan dalam banyak bidang yang biasanya tidak Anda pikirkan akan menggunakan konsepnya.

Benar! Diantaranya adalah teknologi (baca pengertian teknologi disini), fisika, teknik, ekonomi, statistik, dan kedokteran.

Kalkulus juga digunakan di area yang berbeda seperti perjalanan luar angkasa, serta menentukan bagaimana obat berinteraksi dengan tubuh, dan bahkan bagaimana membangun struktur yang lebih aman.

Anda akan memahami mengapa kalkulus berguna di banyak bidang jika Anda sudah mengenal sedikit tentang sejarahnya serta berbagai macam penerapan atau aplikasinya.

Jenis Calculus dan Bagiannya

Selain membahas tentang arti dari calculus, dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan apa saja jenis-jenis dan bagiannya.

Yup! Studi tentang kalkulus memiliki 2 (dua) bagian.

Bagian pertama yaitu yang berfokus pada pemeriksaan infinitesimals individu dan apa yang terjadi dalam potongan kecil tak terhingga itu.

Paruh kedua adalah bagian yang berfokus pada penjumlahan infinitesimals yang jumlahnya tak terhingga.

Baiklah, di bawah ini akan Kami jelaskan lebih lanjut tentang jenis-jenis dari calculus.

1. Differential atau Diferensial Kalkulus

Subbidang atau jenis yang pertama disebut differential calculus atau kalkulus diferensial.

Ini adalah bidang yang menggunakan konsep turunan fungsi, ia mempelajari perilaku dan laju tentang bagaimana besaran yang berbeda berubah.

Dengan menggunakan proses diferensiasi, grafik suatu fungsi sebenarnya dapat dihitung, dianalisis dan diprediksi.

2. Integral Calculus atau Kalkulus

Jenis ke-2 (dua), yaitu yang disebut dengan integral calculus atau kalkulus.

Seperti yang kita ketahui integration (integrasi) sebenarnya adalah proses kebalikan dari diferensiasi, berkaitan dengan konsep anti turunan.

Entah sebuah konsep, atau setidaknya kemiripannya, telah ada selama berabad-abad.

Meskipun 2 (dua) subbidang ini umumnya berbeda bentuk satu sama lain, 2 (dua) konsep ini dihubungkan oleh teorema dasar kalkulus.

Macam-Macam Penerapan (Aplikasi) Calculus dan Contohnya

Ilustrasi Gambar Pengertian Dan Macam Macam Penerapan Atau Aplikasi Calculus Serta Contoh Dari Kalkulus
Ilustrasi Gambar Pengertian Dan Macam Macam Penerapan Atau Aplikasi Calculus Serta Contoh Dari Kalkulus

Selain membahas tentang arti dan pengertian calculus, juga merupakan hal yang penting bagi Kami disini untuk menjelaskan terkait macam-macam penerapannya di berbagai bidang.

Meskipun telah dibuktikan bahwa beberapa ide dasar calculus diketahui oleh ahli matematika lainnya, Newton dan Leibnitz, mereka telah memulai era baru matematika.

Ada banyak penerapan kalkulus dalam kehidupan sehari-hari dan itu tidak mungkin diilustrasikan dalam satu tampilan penjelasan saja.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Komputer: Apa itu Computer? Menurut Ahli, Sejarah, Jenis dan Klasifikasinya!

Namun tentunya, Kami akan mencoba menjelaskan berbagai macam penerapan atau aplikasinya seperti di bawah ini.

a. Bidang Teknik

Jenis macam penerapannya yang pertama yaitu pada bidang teknik

.

Kalkulus dapat diterapkan di bidang ini, contohnya seperti seorang insinyur arsitek yang menggunakan integrasi dalam menentukan jumlah bahan yang diperlukan untuk membangun konstruksi bentuk yang melengkung (misalnya kubah di atas arena olahraga) dan juga untuk mengukur berat struktur itu.

Calculus digunakan untuk memperbaiki arsitektur tidak hanya bangunan tetapi juga infrastruktur penting seperti jembatan.

b. Bidang Kedokteran

Penerapan atau aplikasi selanjutnya yaitu pada bidang kedokteran.

Contohnya dapat Kami gambarkan seperti seorang ahli biologi yang menggunakan kalkulus diferensial untuk menentukan pertumbuhan laju yang tepat dalam kultur bakteri ketika variabel berbeda seperti suhu dan sumber makanan diubah.

c. Bidang Fisika

Dalam bidang Fisika, integrasi sangat dibutuhkan.

Contohnya misalnya seperti untuk menghitung pusat massa, pusat gravitasi dan momen massa inersia dari kendaraan sport.

Serta untuk menghitung kecepatan dan lintasan suatu benda, memprediksi posisi planet, dan memahami elektromagnetisme.

d. Bidang Statistik

Dalam ilmu dan bidang statistik, para ahli statistik menggunakan kalkulus untuk mengembangkan data survei guna membantu mengembangkan rencana bisnis untuk berbagai perusahaan.

Ya! Karena survei melibatkan banyak pertanyaan berbeda dengan berbagai kemungkinan jawaban, kalkulus memungkinkan prediksi yang lebih akurat untuk tindakan yang sesuai.

e. Analisis Penelitian

Macam penerapan selanjutnya yaitu dalam analisis penelitian.

Contoh dalam hal ini yaitu seperti seorang analis riset operasi akan menggunakan calculus ketika menangani berbagai proses di perusahaan manufaktur.

Dengan mempertimbangkan variabel nilai yang berbeda, mereka dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasi, meningkatkan produksi dan meningkatkan laba.

f. Teknologi Seni dan Grafik

Calculus juga mencakup bidang teknologi seni dan grafik.

Dalam hal yang terkait dengan IT, contohnya yaitu seperti seorang seniman grafis menggunakan kalkulus untuk menentukan bagaimana model 3D (tiga dimensi) atau animasi (baca pengertian animasi disini) yang berbeda akan berperilaku ketika mengalami kondisi yang berubah dengan cepat.

Betul! Hal ini tentunya dapat menciptakan lingkungan yang realistis untuk film atau video game.

g. Bidang Kimia

Penerapan atau pengaplikasian ilmu calculus terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu pada bidang kimia.

Contoh kalkulus dalam bidang ini, mereka seringkali digunakan untuk menentukan laju reaksi kimia dan untuk menentukan beberapa informasi yang diperlukan dari reaksi peluruhan radioaktif.

Kenapa Calculus atau Kalkulus itu Penting?

Jadi, apa hal yang membuat calculus (kalkulus) ini penting?

Jika kalian sebelumnya bertanya-tanya akan hal ini, maka Kami pribadi dapat mengatakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskannya disini!

Seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, dapat pengertian dan macam-macam penerapan calculus serta contohnya di atas, kalkulus memiliki banyak aplikasi praktis dalam kehidupan nyata.

Beberapa konsep yang menggunakan kalkulus antara lain gerak, listrik, panas, cahaya, harmonisa, akustik, dan astronomi.

Selain itu, kalkulus juga digunakan dalam geografi, visi komputer (seperti untuk mengemudi mobil secara otonom), fotografi, kecerdasan buatan, robotika, video game dan bahkan film.

Meskipun rumit untuk digunakan dengan baik, kalkulus memiliki banyak kegunaan praktis, seperti kegunaan yang mungkin tidak akan Anda pahami pada awalnya.

Penggunaan praktis yang paling umum dari kalkulus adalah saat menggambar grafik dari rumus atau fungsi tertentu.

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian Industri 4.0: Menurut Para Ahli, Komponen dan Prinsipnya

Dengan menggunakan metode seperti turunan pertama dan turunan kedua, grafik dan dimensinya dapat diperkirakan secara akurat.

2 (dua) turunan ini digunakan untuk memprediksi bagaimana suatu grafik akan terlihat, arah yang diambilnya pada titik tertentu, bentuk grafik pada titik tertentu (jika cekung atau cembung), hanyalah beberapa di antaranya.

Dimana Situs Online untuk Belajar Kalkulus?

Dimana website atau situs web untuk belajar tentang calculus (kalkulus) secara online?

Yup! Sebelumnya perlu Kami tekankan disini bahwa untuk sebagian besar profesi, mempelajarinya adalah kunci sukses yang dapat diambil.

Artikel yang Kami tulis disini menjelaskan mengapa Anda tidak dapat mengabaikan kalkulus hanya sebagai gangguan lain.

Berikut ini daftar website atau situs web yang menyediakan pembelajaran tentang calculus secara online:

  • Calculus-help.com
  • Calculus.org
  • BelajarKalkulus.com

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup sekarang untuk penjelasan dan pembahasan tentang kalkulusnya.

Jadi, berdasarkan apa yang sudah Kami jelaskan di atas tentang Pengertian Calculus, Apa itu Kalkulus? Sejarah, Tujuan, Jenis, Macam dan Contoh serta Kenapa itu Penting, dapat kita simpulkan bahwa kalkulus atau calculus adalah cabang matematika yang mengeksplorasi variabel dan bagaimana mereka berubah dengan melihatnya dalam potongan kecil tak terhingga yang disebut infinitesimals.

Kalkulus, seperti yang dipraktikkan hingga saat ini (di tahun 2020), ditemukan pada abad ke-17 oleh seorang ahli atau ilmuwan dari Inggris yang bernama Isaac Newton (1642 – 1726) dan ilmuwan Jerman Gottfried Leibnitz (1646 – 1716) yang secara mandiri mengembangkan prinsip-prinsip kalkulus dalam tradisi geometri dan matematika simbolik.

Kami seringkali menggunakan kalkulus untuk aplikasi pemecahan masalah umum, simulasi, dan mesin fisika.

Sebagai contoh misalnya, Kami membuat program untuk menyelesaikan integral dan turunan.

Seperti itulah kira-kira hal yang membuat calculus penting, terutama untuk memahami dan mempelajarinya.

Faktanya sendiri, yang sekarang digunakan pada kalkulator adalah program komputer sederhana pertama yang ada di dunia.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Calculus, Apa itu Kalkulus? Sejarah, Tujuan, Jenis, Macam dan Contoh serta Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang ilmu umum Teknologi dan Komputer.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar