Memahami Pengertian SDK: Apa itu Software Development Kit? Tujuan dan Fungsi, Macam Komponen, Manfaat, Karakteristik serta Perbedaannya dengan API dan Contohnya!

0
Gambar Pengertian SDK Apa Itu Software Development Kit Tujuan Dan Fungsi Macam Macam Komponen Manfaat Karakteristik Serta Perbedaannya dengan API Dan Contohnya
Gambar Pengertian SDK Apa Itu Software Development Kit Tujuan Dan Fungsi Macam Macam Komponen Manfaat Karakteristik Serta Perbedaannya dengan API Dan Contohnya

Tahukah Anda, Pengertian SDK, Apa itu Software Development Kit? Tujuan dan Fungsi, Macam-Macam Komponen, Manfaat, Karakteristik serta Perbedaannya dengan API dan Contohnya! Semua aplikasi mobile (seluler) menggunakan beberapa API dan SDK untuk meningkatkan standardisasi dan menambahkan fitur baru dan berguna. Paket perangkat lunak ini memungkinkan untuk kemampuan unik yang sebagian besar pengembang tidak akan dapat menyebarkan tanpa banyak sumber daya khusus.

SDK seperti blok bangunan dan masing-masing melayani fungsi yang berbeda. Ini berarti Anda dapat memiliki beberapa SDK dalam satu aplikasi. Dengan menggunakan kit pengembangan perangkat lunak, Anda dapat membuat proses pengembangan aplikasi Anda lebih murah dan lebih efisien dengan menghemat waktu. Oke, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian SDK atau Software Development Kit. Baiklah, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian SDK

Merupakan singkatan dari Software Development Kit, istilah SDK adalah seperangkat alat yang dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi.

Secara umum, SDK mengacu pada modul software suite lengkap yang mencakup semua yang Anda butuhkan untuk modul tertentu dalam suatu aplikasi.

Tools atau alat SDK akan mencakup berbagai hal, termasuk library, dokumentasi, contoh kode, proses, dan panduan yang dapat digunakan dan diintegrasikan oleh pengembang ke dalam aplikasi mereka sendiri.

SDK dirancang untuk digunakan untuk platform atau bahasa pemrograman tertentu.

Apa itu Software Development Kit?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Software Development Kit Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Membahas Definisi SDK
Ilustrasi Gambar Apa Itu Software Development Kit Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Membahas Definisi SDK

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan Software Development Kit ini? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, akronim ini lebih sering dikenal dengan sebutan SDK saja.

SDK juga disebut kit pengembangan perangkat lunak atau DevKit.

SDK adalah seperangkat alat dan program perangkat lunak yang digunakan oleh pengembang untuk membuat aplikasi untuk platform tertentu berdasarkan simpulan Kami yang mengacu pada sumber Situs Clevertap.

Oleh karena itulah, Anda memerlukan perangkat Android SDK untuk membangun aplikasi Android (baca pengertian Android disini), iOS SDK untuk membangun aplikasi iOS.

Atau seperti VMware SDK untuk berintegrasi dengan platform VMware serta Nordic SDK untuk membangun produk Bluetooth atau nirkabel, dan lain sebagainya.

Untuk cara terbaik untuk memikirkannya, pikirkan tentang menyusun mobil model atau pesawat.

Ketika membangun model ini, seluruh kit barang dibutuhkan, termasuk potongan kit itu sendiri, alat yang diperlukan untuk menyatukannya, instruksi perakitan, dan sebagainya.

Tujuan dan Fungsi SDK (Software Development Kit)

Oke, setelah kita mengetahui pengertian dan penjelasan apa itu Software Development Kit (SDK) di atas, maka kita juga harus mengetahui apa tujuan dan fungsinya terutama terkait penggunaannya.

Oke, untuk tujuan utamanya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa SDK memberikan kepada para pengembang serangkaian alat yang dibutuhkan untuk memberikan pengguna akhir sebuah antarmuka yang unik dan mencakup standar.

Developer atau pengembang juga tidak perlu menemukan kembali roda ketika datang ke fitur aplikasi standar, seperti lokasi, penyimpanan data, geofencing, otorisasi pengguna, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Sistem Informasi: Tujuan, Komponen, Jenis dan Contohnya!

Mereka memiliki serangkaian fungsi yang kuat, error handling (penanganan kesalahan), kinerja yang konsisten, penggunaan kembali kode yang menghilangkan banyak kerumitan untuk pengembang perangkat lunak.

SDK memastikan bahwa setiap Application Programming Interface atau API (baca selengkapnya tengan apa itu API disini) yang disediakan, sudah diimplementasikan dengan benar, dimana hal itu dapat mengurangi kesulitan kita sebagai pengembang terkait penerapannya.

SDK juga menyediakan fitur yang disempurnakan di atas API yang memungkinkan peningkatan pengalaman pengguna atau User Experience (UX) dalam aplikasi Anda.

Pada akhirnya, SDK juga bertujuan agar memungkinkan jalur peningkatan yang lebih mudah dan penanganan penghentian untuk API tingkat rendah tertentu.

Untuk fungsinya sendiri, Devkit (akronim untuk SDK lainnya) berfungsi dengan cara yang hampir sama dengan API, mereka menyediakan seperangkat alat, library atau perpustakaan, dokumentasi yang relevan, contoh coding, proses, dan atau panduan yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi perangkat lunak pada platform tertentu.

Jika API adalah sekumpulan blok bangunan yang memungkinkan pembuatan sesuatu, SDK adalah bengkel lengkap, yang memfasilitasi pembuatan jauh di luar cakupan yang diizinkan oleh API.

SDK adalah sumber-sumber untuk hampir setiap program yang akan berinteraksi dengan pengguna modern.

Dari peramban website yang Anda gunakan hingga permainan video yang Anda mainkan di akhir hari, banyak yang pertama kali dibangun dengan SDK, bahkan sebelum API digunakan untuk berkomunikasi dengan aplikasi lain.

Macam-Macam Komponen SDK

Ilustrasi Gambar Macam Macam Komponen SDK Dalam Pembahasan Pengertian Software Development Kit
Ilustrasi Gambar Macam Macam Komponen SDK Dalam Pembahasan Pengertian Software Development Kit

Dalam membahas mengenai apa itu arti SDK atau Software Development Kit, adalah merupakan hal yang penting juga bagi kalian untuk mengetahui apa saja jenis dan macam komponennya.

Ya, meskipun SDK sebagian besar terkait dengan aplikasi seluler asli atau yang lebih dikenal dengan istilah native app (baca pengertian native app disini), pengembang dapat menggunakannya untuk berkaitan dengan situs web, set-top box dan platform digital lainnya.

SDK mencakup dokumentasi, antarmuka pemrograman aplikasi (API), sampel kode, library dan progress, serta panduan yang dapat digunakan dan diintegrasikan oleh pengembang ke dalam application.

Pengembang dapat menggunakan SDK untuk membangun dan me-maintenance (memelihara) aplikasi tanpa harus menulis semuanya dari awal.

Adapun secara khususnya, macam-macam komponen utama SDK meliputi:

  • Libraries atau APIs; Ini merupakan potongan kode yang telah ditentukan sebelumnya yang memungkinkan pengembang melakukan tugas pemrograman umum pada platform.
  • Integrated Development Environment (IDE); Adalah editor visual yang membantu pengembang mendesain dan menata elemen grafis, seperti kotak teks dan tombol. Ini umum dalam perangkat pengembangan perangkat lunak seluler. Misalnya, IDE Apple, Xcode, berisi serangkaian alat pengembangan perangkat lunak untuk membantu pengembang membuat perangkat lunak untuk macOS, iOS, iPadOS, watchOS dan tvOS. Ada banyak opsi IDE (baca pengertian IDE atau Integrated Development Environtment disini) untuk Android.
  • Utilties dan alat lainnya; Yaitu alat untuk membantu pengembang melakukan tugas seperti debugging, membangun, compile atau running (menjalankan) dan testing untuk menguji aplikasi mereka.

Manfaat SDK atau Software Development Kit

Agar lebih memahami tentang arti SDK atau Software Development Kit, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja manfaat atau keuntungan serta kelebihannya bukan?

Ya, apa pun jenis aplikasi yang Anda buat, SDK dan API menyediakan layanan vital untuk kemudahan dalam pengembangan dan waktu memasarkan.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Negosiasi: Menurut Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Jenis dan Contohnya!

Mereka menyediakan fungsionalitas yang meningkatkan pengalaman pengguna dan paket umum untuk mengatasi kasus penggunaan yang terbilang khas.

Adapun beberapa manfaat utama SDK (Software Development Kit) yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

a. Integrasi Lebih Cepat

Manfaat yang pertama adalah integrasi yang lebih cepat. Jika Anda mencoba untuk menutup lebih banyak kesepakatan, memiliki SDK seluler mempercepat semua penawaran ini.

Devkit Anda akan membantu mempersingkat siklus penjualan karena membuatnya lebih mudah diintegrasikan dengan tumpukan teknologi yang ada.

b. Pengembangan Efisien

Manfaat selanjutnya adalah development atau pengembangan yang efisien. Ketika Anda mempertimbangkan fakta bahwa rata-rata aplikasi Android akan menggunakan sekitar 18.2 SDK 3rd-party (pihak ketiga) bahkan lebih banyak jika aplikasi Anda adalah sebuah permainan.

Pastinya Anda akan segera melihat bahwa tidak ada pengembang perangkat lunak yang memiliki waktu untuk mengetikkan kodenya di setiap alat tunggal.

c. Peningkatan Reach (Jangkauan)

Berikutnya adalah peningkatan reach atau jangkauan. Jika produk Anda berharga dan SDK yang menyertainya memungkinkan untuk jumlah interoperabilitas dengan baik, Anda meningkatkan kemungkinan bahwa tools atau alat lain juga akan dan ingin berintegrasi dengan produk Anda.

Hal tersebut tentunya mengarah ke lebih banyak paparan untuk merek Anda dan tentunya meningkatkan reach atau jangkauan Anda.

d. Kontrol Brand

Yang terakhir yaitu adalah kontrol brand. Untuk mengurangi resiko, dengan SDK, Anda memiliki kontrol yang lebih baik atas elemen User Interface atau UI (baca selengkapnya penjelasan UI disini) Anda yang muncul di aplikasi lain.

Ini memungkinkan Anda menentukan tidak hanya bagaimana produk Anda terintegrasi dengan aplikasi lain, tetapi juga tampilannya.

Semuanya dapat dilakukan sambil memastikan fungsi yang paling kritis tetap aman dari gangguan dan yang mungkin berpotensi merusak pengalaman pengguna.

Karakteristik Software Development Kit (SDK)

Terkait pembahasan penjelasan Software Development Kit atau SDK di atas, agar lebih mengenalinya, penting bagi kita untuk mengetahui seperti apa karakteristik dari Devkit ini.

SDK mobile (seluler) terutama dimaksudkan untuk digunakan di luar organisasi Anda, oleh karena itulah, mereka harus dibuat untuk memberikan nilai kepada bisnis lain dan pengembangnya.

Adapun beberapa karakteristik SDK atau Software Development Kit yang pada umumnya adalah seperti:

  • Mudah digunakan oleh pengembang lain.
  • Dokumentasi menyeluruh untuk menjelaskan cara kerja kode Anda.
  • Fungsionalitas yang cukup sehingga menambah nilai ke aplikasi lain.
  • Tidak berdampak negatif pada CPU perangkat seluler, baterai, atau konsumsi data.
  • Dapat dijalankan dengan baik dengan SDK lainnya.

Idealnya, hal tersebut harus bekerja dengan cara yang elegan, tetapi ketika waktu adalah esensi, selama itu dapat menyelesaikan pekerjaan Anda, maka sebuah SDK pastinya harus cukup lengkap dan baik.

Perbedaan SDK dengan API beserta Contohnya

Kemudian, dalam subbag ini Kami akan menjelaskan tentang perbedaan SDK dengan API yang dilengkapi dengan apa saja contohnya.

Seperti yang saya sebutkan secara singkat di atas, SDK biasanya berisi API, atau antarmuka pemrograman aplikasi, serta dokumentasi dan library.

API memungkinkan perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan perangkat lunak lain.

Mereka bertanggung jawab atas interaktivitas aplikasi, pada dasarnya menerjemahkan set instruksi dari berbagai program perangkat lunak untuk saling mengerti.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Address Bus: Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya dengan Data Bus pada Komputer!

Perbedaan utamanya adalah bahwa API tidak lebih atau kurang dan hanya sebagai sebuah antarmuka saja untuk “beberapa layanan”, sedangkan SDK adalah seperangkat alat, komponen, kelas (class) untuk tujuan tertentu.

SDK sebenarnya menyajikan Anda dengan API untuk antarmuka dengan. Tetapi Anda dapat menggunakan API tanpa memiliki komponen yang mendasarinya, misalnya ketika API disediakan melalui web-service (layanan web).

Contoh umum dari SDK termasuk seperti alat Windows SDK, Android, Mac OS X, dan iPhone SDK.

Dalam alat tersebut biasanya menyertakan lingkungan pengembangan terintegrasi (ini dikenal dengan istilah IDE), yang berfungsi sebagai antarmuka pemrograman pusat.

IDE dapat menyertakan jendela pemrograman untuk menulis kode sumber (source code), debugger untuk memperbaiki kesalahan program, dan editor visual, yang memungkinkan pengembang untuk membuat dan mengedit antarmuka pengguna grafis atau Graphical User Interface (GUI) program.

Beberapa contoh API yang populer adalah seperti:

  • API Java
  • Google Maps API
  • API Flash Player

Sedangkan untuk contoh SKD atau Software Development Kit yang sering digunakan oleh para pengembang atau developers yaitu:

  • JDK
  • GWT
  • Flex SDK

Kesimpulan

Oke baiklah, sudah cukup jelas bukan? Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian SDK, Apa itu Software Development Kit? Tujuan dan Fungsi, Macam-Macam Komponen, Manfaat, Karakteristik serta Perbedaannya dengan API dan Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa kit pengembangan perangkat lunak atau Software Development Kit (SDK) adalah seperangkat alat yang menyediakan pengembang dengan kemampuan untuk membangun aplikasi khusus yang dapat ditambahkan pada, atau terhubung ke, program lain. SDK memungkinkan pemrogram untuk mengembangkan aplikasi untuk platform tertentu.

SDK menciptakan peluang untuk meningkatkan aplikasi dengan lebih banyak fungsi, serta menyertakan iklan dan pemberitahuan push ke sistem. Tanpa SDK, banyak fungsi pre-built ini harus dibuat dari awal. SDK tidak hanya memungkinkan Anda membuat alat baru secara efisien, tetapi juga membuat proses lebih mudah bagi semua orang yang terlibat karena semuanya sudah dibangun sebelumnya. Fitur-fitur baru hanya perlu dibuat kompatibel dengan sistem saat ini.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian SDK, Apa itu Software Development Kit? Tujuan dan Fungsi, Macam-Macam Komponen, Manfaat, Karakteristik serta Perbedaannya dengan API dan Contohnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam belajar teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat dan partner belajar kalian semua. Sekian dari Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar