Mengenal Pengertian UI: Apa itu Antarmuka Pengguna dan User Interface Design? Jenis, Manfaat, Elemen serta Perbedaannya dengan UX!

0
Gambar Pengertian UI Apa Itu Antarmuka Pengguna Dan User Interface Design Jenis Manfaat Elemen Elemen Perbedaannya Dengan UX User Experience Serta Bagaimana Cara Membuatnya Yang Baik Dan Benar
Gambar Pengertian UI Apa Itu Antarmuka Pengguna Dan User Interface Design Jenis Manfaat Elemen Elemen Perbedaannya Dengan UX User Experience Serta Bagaimana Cara Membuatnya Yang Baik Dan Benar

Tahukah Anda, Pengertian UI (User Interface), Apa itu Antarmuka Pengguna dan User Interface Design? Jenis, Manfaat, Elemen, Perbedaannya dengan UX serta Bagaimana Cara Membuatnya yang Baik? Memang, desain UX merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna dengan meningkatkan kegunaan dan aksesibilitas suatu produk, halaman web, atau aplikasi. Di sisi lain, desain UI mewakili desain antarmuka produk, dengan kata lain, apa yang sebenarnya dilihat oleh pengguna pada saat mereka berinteraksi dengan produk.

Mulai dari skema warna hingga tipografi, perancang UI bertanggung jawab atas tampilan dan nuansa produk. Desain UI melibatkan mengantisipasi preferensi pengguna dan membuat antarmuka yang memahami dan memenuhinya. Desain UI tidak hanya berfokus pada estetika, tetapi juga memaksimalkan daya tanggap, efisiensi, dan aksesibilitas situs web. Oke, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian UI atau user interface dalam desain. Baiklah, langsung saja, berikut ini ulasannya!

Pengertian UI

Berarti antarmuka pengguna, user interface atau UI adalah titik interaksi manusia-komputer dan komunikasi dalam suatu perangkat berdasarkan simpulan Kami yang mengacu pada sumber Situs Techtarget.

UI dapat mencakup layar tampilan, keyboard, mouse, dan tampilan desktop. Ini juga merupakan cara di mana pengguna berinteraksi dengan aplikasi atau situs web.

Tumbuhnya ketergantungan banyak bisnis pada aplikasi web dan aplikasi mobile telah mendorong banyak perusahaan untuk menempatkan peningkatan prioritas pada UI (User Interface) dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Apa itu Antarmuka Pengguna?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Antarmuka Pengguna Dan User Interface Design Dalam Pembahasan Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Antarmuka Pengguna Dan User Interface Design Dalam Pembahasan Pengertian Dan Artinya

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan antarmuka pengguna? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah kata ini lebih dikenal dengan sebutan UI (User Interface) dalam istilah global.

Antarmuka pengguna adalah istilah luas untuk sistem apa pun, baik berbasis fisik atau perangkat lunak, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan teknologi yang diberikan.

Jenis dari antarmuka pengguna atau UI atau user interface ini dilengkapi dengan berbagai perangkat dan program software (perangkat lunak).

Banyak dari mereka memiliki beberapa kesamaan mendasar, meskipun masing-masing memiliki keunikan dalam hal-hal utama.

Dalam dunia teknologi informasi (baca pengertian teknologi informasi disini), UI (User Interface) atau antarmuka pengguna adalah segalanya yang dirancang menjadi perangkat informasi, dimana dengan itu seseorang dapat berinteraksi.

Hal ini dapat mencakup layar tampilan, keyboard, mouse, dan tampilan desktop. Ini juga merupakan cara di mana pengguna berinteraksi dengan software atau website.

Apa itu User Interface Design?

Kemudian, juga ada desain antarmuka atau user interface design, ini adalah proses membuat antarmuka dalam perangkat lunak atau perangkat yang terkomputerisasi dengan fokus pada penampilan atau gaya.

Desainer bertujuan untuk membuat desain yang menurut pengguna mudah digunakan dan menyenangkan.

Desain UI biasanya mengacu pada antarmuka pengguna grafis tetapi juga mencakup yang lain, seperti yang dikontrol suara.

Jenis-Jenis UI (User Interface)

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis UI Atau User Experience Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis UI Atau User Experience Dalam Penjelasan Pengertiannya

Setelah mengetahui apa arti UI atau user interface di atas, adalah merupakan hal yang penting juga bagi kita untuk mengetahui apa saja jenis dan macamnya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Smart Home: Fungsi, Manfaat, Karekteristik, Kelebihan dan Kekurangannya!

Salah satu jenis utama antarmuka pengguna disebut antarmuka pengguna grafis atau yang lebih dikenal dengan Graphical User Interface (GUI).

Ini termasuk antarmuka untuk sistem operasi modern yang kita kenal, terutama Windows, serta jenis program perangkat lunak lain yang dibuat untuk didorong terutama oleh ikon atau gambar daripada perintah teks.

Pengguna dapat membedakan antarmuka pengguna grafis dengan antarmuka teks seperti sistem MS-DOS yang digunakan untuk mengoperasikan komputer pribadi pada dekade sebelumnya.

Jenis lain dari antarmuka pengguna termasuk antarmuka layar sentuh (touch user interface) yang merupakan jenis umum UI untuk mobile atau perangkat seluler, dan jenis fisik antarmuka lainnya untuk perangkat keras.

Misalnya, remote control untuk pemutar DVD, sistem audio, televisi atau konsol game dapat dianggap sebagai antarmuka pengguna untuk perangkat itu.

Jenis lain dari antarmuka pengguna yang berorientasi perangkat lunak menjadi lebih dan lebih canggih, sering menggunakan kombinasi elemen grafis dan teks untuk mendorong aktivitas pengguna tertentu.

Baiklah untuk jenis dan macamnya sendiri, adapun beberapa jenis UI (User Interface) atau antarmuka pengguna yang perlu kalian ketahi meliputi:

  • Graphical User Interface (GUI); Ini adalah antarmuka pengguna grafis.
  • Command Line Interface (CLI); Merupakan antarmuka baris perintah pengguna.
  • Menu-driven user interface; Adalah antarmuka pengguna berbasis menu.
  • Touch user interface; Ini merupakan antarmuka sentuh (layar sentuh) pengguna.
  • Voice User Interface (VUI); Adalah antarmuka pengguna dari suara.
  • Form-based user interface; Yaitu adalah antarmuka pengguna yang berbasis formulir.
  • Natural language user interface; Antarmuka pengguna dari bahasa alami.

Manfaat UI atau User Interface dan Desainnya

Berdasarkan penjelasan pengertian UI (User Interface) di atas, antarmuka pengguna yang Kami bahas disini adalah semua yang berkaitan tentang pengalaman.

Contohnya seperti saat kita menggabungkan keahlian teknis dan kreatif untuk menciptakan produk digital yang elegan dan intuitif (website, aplikasi dan perangkat lunak seluler) yang meningkatkan conversion (penjualan) dan mengoptimalkan pengalaman pengguna.

Pola desain antarmuka pengguna adalah deskripsi praktik terbaik dalam desain antarmuka pengguna.

Mereka adalah solusi umum yang dapat digunakan kembali untuk beberapa masalah yang biasa terjadi, mirip dengan bahasa yang digunakan antara desainer terutama graphic dan website designer.

Dengan demikian, mereka menjadi titik referensi standar untuk desainer UI, memungkinkan untuk diperdebatkan atas solusi hanya dengan menyebutkan nama pola tertentu.

Selain itu, hal ini juga membantu mengurangi biaya pengembangan awal dan pengeluaran masa depan untuk iterasi baru.

Adapun beberapa manfaat daripada UI (user interface) dan desainnya yang baik, antara lain sebagai berikut:

  • Desain baru Anda akan secara aktif meningkatkan conversion atau penjualan.
  • Pelanggan Anda akan menjadi lebih terlibat di dalamnya, dimana istilah ini lebih dikenal dengan engagement (keterlibatan) dari pengguna.
  • UI (user interface) yang baik akan membuat mengurangi rasa frustrasi tentang karya Anda.
  • Anda akan memaksimalkan peluang pendapatan dan user experience atau pengalaman pengguna Anda
  • Selain dari yang sudah Kami sebutkan, untuk manfaatnya sendiri, UI atau user interface yang bagus akan mengurangi biaya dalam development atau pengembangannya.

Elemen-Elemen UI (User Interface)

Dalam membahas tentang apa itu UI (User Interface), pastinya kita juga harus mengetahui apa saja, elemen-elemen penting yang terdapat di dalamnya bukan?

Perlu kalian ketahui bahwa elemen antarmuka pengguna atau user interface element adalah bagian yang digunakan untuk membangun situs web, aplikasi atau jasa yang interaktif.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Google Docs (Documents): Pengertian dan Cara Menggunakannya

Mereka menyediakan titik sentuh untuk pengguna saat mereka menavigasi jalan mereka, mulai dari tombol hingga ke scrollbar, ke item menu dan kotak centang.

User interface element atau elemen antarmuka pengguna biasanya termasuk dan terbagi menjadi 4 (empat) kategori yang akan Kami jelaskan sebagai berikut.

1. Input Control

Elemen UI atau user interface yang pertama adalah kontrol input atau input control, ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan informasi ke dalam sistem.

Jika Anda membutuhkan pengguna untuk memberi tahu Anda di negara mana mereka berada, misalnya, Anda akan menggunakan kontrol input untuk membiarkan mereka melakukannya.

2. Navigation Component

Berikutnya adalah komponen navigasi atau navigation component, ini membantu pengguna bergerak di sekitar produk atau situs web.

Komponen navigasi yang umum termasuk bilah tab di perangkat iOS dan menu seperti di perangkat Android (baca pengertian Android disini).

3. Information Component

Komponen informasi atau information component ini membagikan informasi yang ada dengan pengguna. Ini termasuk notifikasi, bilah kemajuan, kotak pesan, dan tampilan jendela.

4. Container

Elemen penting yang terakhir adalah kontainer atau container yang menyatukan konten terkait, seperti accordion (akordeon) yang merupakan daftar item yang ditumpuk secara vertikal dan menggunakan fungsionalitas show and hide.

Perbedaan UI (User Interface) dan UX (User Experience)

Sebelumnya, apakah kalian bertanya-tanya tentang perbedaan mereka, atau kalian bahkan menyamakan kedua istilah dari UI dan UX?

Ya, memang benar, UI atau user interface sering dibicarakan bersama dengan pengalaman pengguna atau UX (baca pengertian UX atau user experience disini), yang dapat mencakup penampilan estetika perangkat, waktu respons, dan konten yang disajikan kepada pengguna dalam konteks antarmuka pengguna.

Kedua istilah ini berada di bawah konsep interaksi manusia-komputer atau Human-Computer Interaction (HCI), yang merupakan bidang studi yang berfokus pada penciptaan teknologi komputer dan interaksi antara manusia dan semua bentuk desain Intormation Technology (IT).

Secara khusus, HCI mempelajari bidang-bidang seperti UCD, desain UI dan desain UX.

Fokus yang meningkat pada menciptakan pengalaman pengguna yang dioptimalkan telah menyebabkan beberapa orang mengukir karier sebagai seorang pakar UI dan UX.

Bahasa tertentu, seperti HTML dan CSS pun telah diarahkan untuk membuatnya lebih mudah untuk membuat antarmuka dan pengalaman pengguna yang kuat.

Intinya, penting untuk memahami bahwa UX dan UI berjalan beriringan, Anda tidak dapat memilikinya tanpa yang lain. Namun, Anda tidak perlu memiliki keterampilan desain UI untuk menjadi designer atau perancang UX, dan sebaliknya.

Benar sekali, UX dan UI membentuk peran terpisah dengan proses dan tugas terpisah!

Perbedaan utama yang perlu diingat adalah desain UX adalah semua tentang perasaan keseluruhan pengalaman, sementara desain UI yaitu adalah semua tentang bagaimana tampilan dan fungsi antarmuka produk.

Bagaimana Cara membuat UI (User Interface) yang Baik?

Mengacu pada pengertian UI (User Interface) di atas, untuk memberikan UI yang mengesankan, Anda harus ingat terlebih dahulu bahwa seorang user atau pengguna adalah manusia, dengan kebutuhan seperti kenyamanan dan beban kognitif rendah.

Oke, di bawah ini adalah beberapa tips dan cara yang harus kalian ketahui untuk membuat UI atau user interface yang baik dan tentunya mengesankan:

  1. Jadikan elemen seperti tombol dan elemen umum lainnya berkinerja dengan mudah (termasuk respons seperti pinch = zoom) sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan mudah dan bahkan secara tidak sadar sudah menggunakannya.
  2. Pertahankan tingkat discoveryability (penemuan) yang tinggi. gunakan label dan okon dengan dan sertakan harga yang ditunjukkan dengan baik.
  3. Buat antarmuka tetap sederhana dan cara menciptakan nuansa “tanpa terlihat”. Ingat, setiap elemen harus memiliki tujuannya masing-masing.
  4. Perhatikan mata dan perhatian pengguna terkait tata letak dan fokus pada hierarki dan keterbacaan seperti alignment dan minimalkan jumlah garis penyelarasan Anda terutama pada teks (seperti teks rata kanan-kiri).
  5. Tarik perhatian ke fitur-fitur utama dengan menggunakan warna, kecerahan dan kontras. Hindari memasukkan warna atau tombol secara berlebihan.
  6. Perhatikan teks melalui ukuran font (baca pengertian font disini), tipe tebal atau ringan, huruf miring, huruf besar, dan jarak antar huruf. Pengguna harus mengambil makna hanya dengan melihatnya sekilas.
  7. Minimalkan jumlah tindakan untuk melakukan tugas tetapi fokuslah pada satu fungsi utama per halaman. Pandu pengguna dengan menunjukkan tindakan yang mereka sukai. Permudah tugas kompleks dengan menggunakan tampilan progresif.
  8. Letakkan kontrol di dekat objek yang ingin dikontrol pengguna.
  9. Terus beri tahu pengguna tanggapan vis-à-vis atau tindakan sistem dengan feed back (umpan balik).
  10. Pertimbangkan keterangan default untuk mengurangi beban pengguna (misalnya seperti formulir yang sudah berisi).
  11. Gunakan pola desain yang dapat digunakan kembali untuk memandu perilaku terkait fungsi navigasi dan pencarian.
  12. Berkonsentrasilah untuk selalu menjaga konsistensi brand atau merek Anda.
Baca Juga :  Mengenal Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Kesimpulan

Baiklah, jadi berdasarkan penjelasan Pengertian UI (User Interface), Apa itu Antarmuka Pengguna dan User Interface Design? Jenis, Manfaat, Elemen, Perbedaannya dengan UX serta Bagaimana Cara Membuatnya yang Baik di atas, dapat kita simpulkan bahwa antarmuka pengguna, user interface atau UI adalah cara di mana seseorang mengendalikan aplikasi perangkat lunak atau perangkat keras. Antarmuka pengguna yang baik memberikan pengalaman “user friendly atau ramah pengguna” yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara alami dan intuitif.

Hampir semua program perangkat lunak memiliki antarmuka pengguna grafis, atau GUI. Hal ini berarti program sudah mencakup kontrol grafis, yang dapat dipilih pengguna menggunakan mouse atau keyboard. UI khas suatu perangkat lunak meliputi bilah menu, bilah tools (alat), jendela, tombol, dan kontrol lainnya.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian UI (User Interface), Apa itu Antarmuka Pengguna dan User Interface Design? Jenis, Manfaat, Elemen, Perbedaannya dengan UX serta Bagaimana Cara Membuatnya yang Baik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam belajar teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan kerja kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar