Ini Dia Cara Cek Alamat IP (Address), Geolokasi Secara Online Gratis, dan Mudah!

0
Gambar Dari Cara Cek IP Address Apa Itu Alamat IP Address Dan Geolocation Geolokasi Bagaimana Mendeteksi Dan Mengetahui Detailnya
Gambar Dari Cara Cek IP Address Apa Itu Alamat IP Address Dan Geolocation Geolokasi Bagaimana Mendeteksi Dan Mengetahui Detailnya

Cara Cek IP Address, Apa itu Alamat IP Address dan Geolocation (Geolokasi)? Bagaimana Mendeteksi dan Mengetahui Detailnya?

Dalam dunia networking, memahami cara scan atau memindai jaringan untuk perangkat adalah langkah pertama, dan salah satu yang paling mendasar, dalam mengelola alamat IP.

Sebagai contoh misalnya saat anggota organisasi mengalami masalah saat menyambungkan perangkat mereka ke jaringan atau internet, memiliki daftar lengkap alamat default IP Router di jaringan dapat memandu administrator saat mereka memecahkan masalah dan memulihkan ketertiban.

Terkait prosesnya, cara paling dasar untuk menemukan semua alamat IP di jaringan adalah dengan pemindaian jaringan secara manual.

Metode ini paling baik bagi mereka yang ingin melakukan pemeriksaan perangkat 1 (satu) kali secara cepat atau bagi mereka yang menuju organisasi yang lebih kecil dengan daftar perangkat yang lebih mudah dikelola.

Namun, ada beberapa cara untuk memindai jaringan lokal untuk alamatnya.

Terkait hal itu, kali ini Kami akan membahas dan membagikan bagaimana cara mendeteksi, mengetahui IP komputer, URL, domain, website, orang, Wi-Fi, IndieHome, Android, iPhone atau laptop.

Berikut ini adalah ulasannya!

Apa itu Alamat IP (Address)?

Pertama-tama, mari kita perjelas terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan IP sebenarnya.

Alamat atau IP Address adalah nomor yang digunakan untuk memberi label pada perangkat apa pun baik itu komputer, URL, domain, website, orang, Wi-Fi, IndieHome, Android, iPhone atau laptop yang terhubung ke jaringan di mana protokol internet digunakan sebagai media komunikasi.

IP merupakan kepanjangan dari Internet Protocol.

Protokol internet (baca pengertian internet disini) adalah tempat asal IP dalam alamat IP.

Terkait sejarahnya sendiri, mereka itu dikembangkan pada tahun 1970-an dan merupakan landasan dari rangkaian protokol internet yang mendefinisikan segala sesuatu tentang bagaimana perangkat di internet bertukar informasi.

Alamat IP merupakan salah satu landasan protokol internet.

Informasi ditransmisikan melalui jaringan dalam potongan diskrit yang disebut packet (paket).

Dan setiap paket sebagian besar terdiri dari data apa pun yang coba dikomunikasikan oleh pengirim, tetapi juga menyertakan header, yang terdiri dari metadata tentang paket tersebut.

Baca Juga :  Begini Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet yang Baik dan Benar!

Apa itu IP Geolocation atau Geolokasi?

Kemudian, apakah itu IP geolocation atau geolokasi?

Geolocation atau geolokasi IP adalah pemetaan alamat IP ke lokasi geografis internet dari perangkat yang terhubung.

Dengan memetakan alamat IP secara geografis, hal ini dapat memberi Anda detail informasi lokasi seperti negara, negara bagian, kota, kode pos, garis lintang, bujur, ISP, kode area, dan informasi lainnya.

Berbagai sistem menggunakan database geolokasi untuk alamat IP.

Ada banyak alasan untuk hal ini, tetapi ini terutama digunakan untuk mengurangi lokasi pengguna sehingga sistem dapat memberikan penawaran yang lebih dipersonalisasi (produk, layanan, dan lain sebagainya).

Mendeteksi, Mengetahui dan Mengecek IP Address Perangkat Komputer, URL, Domain, Website, Orang, Wi-Fi, IndieHome, Android, iPhone atau Laptop

Lookup atau pencarian alamat IP (Address) adalah alat jaringan yang dirancang untuk membantu Anda mengekstrak informasi penting yang terkait dengan alamat IP.

Alat ini cocok untuk profesional jaringan atau administrator yang ingin memeriksa IP yang mencurigakan di jaringan mereka.

Dengan ini kalian juga bisa mendapatkan informasi seperti Geolokasi, wilayah, informasi kepemilikan, dan banyak lagi yang dapat membantu dalam mendeteksi penyusup yang tidak dikenal di jaringan.

Untuk cara kerjanya sendiri, pencarian atau IP lookup melakukan pencarian DNS terbalik (reverse) untuk mengetahui informasi yang terkait dengan alamat IP.

Reverse DNS, jika Anda belum mengetahuinya, ini adalah teknik yang digunakan dalam jaringan untuk mengekstrak nama domain atau nama host dari alamat IP.

Ini disebut DNS terbalik karena kebalikan dari apa yang dilakukan DNS, yaitu menemukan alamat IP yang terkait dengan nama domain atau nama host.

Jadi, Anda akan memberikan IP lookup alamat dari perangkat pengguna, baik itu seperti komputer, URL, domain, website, orang, Wi-Fi, IndieHome, Android, iPhone ataupun laptop yang ditargetkan dan peroses lookup akan melakukan Reverse DNS untuk menemukan data detail seperti hostname dan informasi lainnya.

Yup! Informasi yang ditemukan oleh IP lookup akan ditampilkan di layar Anda.

Anda kemudian dapat menggunakan informasi yang diekstrak untuk alasan apa pun yang Anda inginkan.

Bagaimana Alamat atau IP Address Saya Ditetapkan?

Jadi, bagaimana IP saya ditetapkan?

Perlu kalian ketahui, seperti yang dikatakan oleh International Assigned Numbers Authority (IANA), alamat IPv4 dan IPv6 yang merupakan dari versi mereka umumnya ditetapkan secara hierarkis, dan IANA berada di puncak hierarki tersebut.

IANA memberikan blok alamat IP ke pendaftar internet regional.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Virus Malware Android dengan Cepat dan Mudah

Registry (registri) regional pada gilirannya menetapkan blok yang lebih kecil ke registri nasional, dan seterusnya, dengan blok yang akhirnya ditetapkan ke masing-masing penyedia layanan internet atau yang lebih dikenal dengan Internet Service Provider atau ISP (baca pengertian ISP disini), yang dalam konteks ini mencakup perusahaan telepon seluler.

Benar! ISP itulah yang menetapkan alamat IP tertentu ke perangkat individu tersebut.

Cara Cek Alamat IP (Address), Geolocation atau Geolokasi Secara Online

Memang, sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan fasilitas pengecekan dan scanner (pendeteksi) alamat IP (Address), geolocation atau geolokasi komputer, URL, domain, website, orang, Wi-Fi, IndieHome, Android, iPhone atau laptop di luar sana.

Beberapa di antaranya adalah seperti situs IPSaya.com, Intip.net, WhatsMyIP dan lain sebagainya.

Namun, Kami pribadi lebih menyukai situs CekIPs.com terkait kesederhanaan dan kemudahan user interface-nya.

Di situs CekIPs, selain melakukan pengecekan alamat IP, website ini juga menyediakan tools atau alat lainnya seperti kalkulator IP subnet (subnetting) dan akan terus bertambah untuk memfasilitasi kebutuhan dalam jaringan untuk networking.

Berikut ini adalah tutorial cara cek alamat IP (Address) Anda ataupun perangkat kita lainnya.

1. Buka dan Ketikkan CekIPs.com di Browser

Ketikkan Dan Buka Situs CekIPs.com Pada Browser Anda
Ketikkan Dan Buka Situs CekIPs.com Pada Browser Anda

Pertama-tama, mulai dengan membuka browser Anda, kemudian ketikkan cekips.com pada bilah URL atau alamat web seperti gambar yang sudah Kami sediakan di atas.

Dalam mengetikkannya, sebelumnya kalian juga dapat pergi ke Google terlebih dahulu.

2. IP Perangkat akan Muncul dan Terdeteksi Secara Otomatis

Kemudian, setelah menunggu selama kurang lebih 5 (lima) detik, maka IP perangkat yang Anda gunakan ketika mengaksesnya akan langsung terdeteksi.

Kalian dapat melihat berbagai macam informasi detail seperti negara, negara bagian, kota, kode pos, garis lintang, bujur, ISP, kode area, dan informasi lain sebagainya disana.

3. Masukkan IP, URL atau Domain untuk Melihat Data Lainnya

Masukkan Alamat IP Address URL Atau Domain Website Situs Web Anda
Masukkan Alamat IP Address URL Atau Domain Website Situs Web Anda

Untuk melihat data detail dari IP yang ingin Anda ketahui, lanjutkan dengan memasukkan IP, URL atau domain website (situs web).

Jika sudah, klik tombol cek sekarang, maka sekejap data dan informasi detail dari IP tersebut akan muncul dan ditampilkan.

Berikut ini adalah tampilan hasil dari cara mengetahui alamat IP (Address), geolocation atau geolokasi secara online, gratis dan mudah.

Dalam contoh dari gambar di bawah ini, Kami mengecek IP dari perangkat pribadi Kami yaitu laptop.

Hasil Cek Alamat IP Address Dengan Tools Atau Alat Pendeteksi Serta Pengecek IP URL Dan Domain Website Situs Web
Hasil Cek Alamat IP Address Dengan Tools Atau Alat Pendeteksi Serta Pengecek IP URL Dan Domain Website Situs Web

Di bawah ini adalah detail data dan informasi IP ringkasan dari perangkat laptop yang Kami gunakan:

Baca Juga :  Memahami Pengertian Media Sosial: Menurut Ahli, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Jenis, Fitur dan Perbedaannya dengan Jejaring Sosial!
Versi IPIPv4
Nama ISPPT. TELKOM INDONESIA
Nama Host36.75.48.203
ProxyTidak
Nama OSWin32

Selain seperti gambar screenshot Kami di atas, situs ini juga menampilkan data detail lengkap lainnya seperti nama negara, kode negara, wilayah, kode wilayah, kota, zona waktu, garis lintang, garis bujur, kode mata uang, geolocation (geolokasi), hostname serta user agent kita.

Benar! CekIPs juga menampilkan peta letak lokasi dari IP tersebut, dimana hal ini tentunya juga memudahkan kita untuk mengetahui dimana perangkat kita berada seperti yang.

Bagaimana mudah bukan? Anda dapat mencobanya sekarang juga dengan menggunakan tombol yang sudah Kami sediakan di bawah ini.

Kesimpulan

Di atas, adalah penjelasan dan pembahasan Cara Cek IP Address, Apa itu Alamat IP Address dan Geolocation (Geolokasi)? Bagaimana Mendeteksi dan Mengetahui Detailnya yang dapat Anda coba sekarang juga.

Sederhananya seperti ini, cara kerjanya proses deteksinya yaitu dengan menggunakan Reverse DNS yang merupakan teknik yang digunakan dalam network (jaringan) untuk mengekstrak nama domain atau nama host dari alamat IP serta data lainnya.

Mengapa kalian harus menggunakan tools (alat) pendeteksi alamat IP? Memang, bagi orang awam kebanyakan tidak terlalu perlu memakai fungsi ini, namun bagi seorang network administrator, hacker dan beberapa bidang jasa lainnya yang berhubungan dengan jaringan, data dan informasi detail dari sebuah IP sangatlah penting.

Penutup

Demikianlah ulasan dan pembahasan yang dapat Kami sampaikan pada postingan Kami kali ini, dimana Kami membahas tentang Cara Cek IP Address, Apa itu Alamat IP Address dan Geolocation (Geolokasi)? Bagaimana Mendeteksi dan Mengetahui Detailnya.

Semoga apa yang sudah Kami bagikan disini dapat bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin mengetahui IP perangkat yang Anda gunakan.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar