Inilah Cara Mengatasi Operating System Not Found pada Windows 10, 8.1, 8, 7, XP dan Vista!

0
Gambar Cara Mengatasi Operating System Not Found Pada Windows 10 8 7 Dan XP
Gambar Cara Mengatasi Operating System Not Found Pada Windows 10 8 7 Dan XP

Bagaimana Cara Mengatasi Pesan Kesalahan Operation System Not Found dan Missing Operating System pada Windows 10, 8.1, 8, 7, XP dan Vista? Ya, ketika sebuah sistem operasi hilang atau tidak ditemukan terjadi pada Komputer PC dan laptop Anda, maka adalah hal yang tidak mungkin untuk komputer Anda tersebut melakukan booting atau memulai sistem Windows dan tidak bisa masuk ke Desktop Windows.

Saat terjadi kesalahan tersebut di atas, maka akan tampil layar hitam (blank screen) dengan pesan kesalahan operation system not found atau missing operating system. Dalam hal ini, Anda tidak akan mendapatkan akses ke dalam sistem operasi Windows Anda. Jadi, bagaimana caranya? Baiklah, dalam postingan kali ini akan Kami bagikan caranya yang sudah Kami rangkum secara detail dan lengkap. Simak ulasannya berikut!

Apa itu Pesan Error Operation System Not Found dan Missing Operating System??

Gambar Apa Itu Pesan Kesalahan Atau Error System Operation Not Found Dan Missing Operating System Pada Windows
Gambar Apa Itu Pesan Kesalahan Atau Error System Operation Not Found Dan Missing Operating System Pada Windows

Pesan kesalahan dengan keterangan Operation System not found dan Missing Operating System adalah pesan kesalahan yang muncul pada saat startup, dimana ketika komputer melakukan proses boot, BIOS mencoba mencari sistem operasi pada hard drive untuk boot.

Namun, jika tidak dapat menemukannya, maka pesan kesalahan “Operating System not found” dan “Missing Operating System” pun ditampilkan.

Penyebab Muncul dan Terjadinya Error Operation System Not Found dan Missing Operating System pada Windows

Apa yang menyebabkan sistem operasi Anda tidak ditemukan? Ya tentu saja, karena file tempat OS tersebut berada tidak ditemukan. Perlu kalian ketahui bahwa, kesalahan ini juga sangat umum dan sering terjadi pada laptop Sony Vaio.

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadi dan munculnya pesan kesalahan atau error “Sistem Operasi tidak ditemukan” dan “Missing Operating System”.

1. Konfigurasi BIOS yang Salah

Yang pertama adalah salahnya konfigurasi BIOS. Kesalahan ini terjadi ketika BIOS tidak dapat menemukan sistem operasi. Untuk memperbaiki dan mengatasinya, memeriksa pengaturan BIOS terlebih dahulu seringkali merupakan sebuah solusi yang baik.

Konfigurasi BIOS dapat menjadi salah, terutama karena pemadaman listrik (yang tiba-tiba), kesalahan hardware (perangkat keras) atau kesalahan yang dibuat ketika mengkonfigurasi BIOS secara manual.

2. BCD atau Bootmgr Corrupt (Rusak)

Boot Configuration Data atau BCD yang sering dikenal dengan Window Master Boot Record serta Bootmgr ini adalah kesalahan yang juga dapat muncul ketika mereka corrupt (rusak) sehingga menyebabkan pesan kesalahan “Operation System Not Found” dan “Missing Operating System” muncul pada Windows 10/8.1/8/7.

Baca Juga :  Google Chrome PC Versi Terbaru: v85.0.4183.121 Offline Installer Gratis untuk Windows, MacOS Download!

3. Kabel Data yang Bermasalah

Jika BIOS tidak dapat mendeteksi hard disk atau hard drive Anda, tidak menutup kemungkinan bahwa kabel data yang rusak adalah penyebabnya. Coba cabut dan lepas, lalu pasang kembali, atau bahkan ganti semuanya dan lihat apakah masalahnya masih ada. Perlu kalian ketahui, masalah kabel data yang bermasalah biasanya terjadi pada personal komputer atau PC.

Cara Mengatasi Operation System Not Found dan Missing Operating System pada Windows 10, 8.1, 8, 7, XP dan Vista

Sebelum Anda mencoba tutorial dan langkah Kami di bawah ini, pastikan terlebih dahulu, Anda telah mengamati sebelumnya apa yang menjadi masalah Anda terkait dengan penyebab munculnya masalah tersebut.

Baiklah, langsung saja cara untuk mengatasi kesalahan atau error Operation System not found dan Missing Operating System adalah sebagai berikut:

1. Reset dan Ganti Pengaturan dan Konfigurasi BIOS

Gambar Screenshoot Tampilan Awal Menu BIOS Dalam Cara Mengatasi Operationg System Not Found dan Missing Operating System pada Windows 10 8.1 8 Dan 7
Gambar Screenshoot Tampilan Awal Menu BIOS

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi Operation System not found dan Missing Operating System pada windows adalah dengan me-reset dan mengganti pengaturan serta konfigurasi BIOS, mengingat kesalahan ini sering terjadi ketika BIOS tidak dapat menemukan hard drive. Dengan memeriksa pengaturan BIOS maka, ini adalah langkah dan solusi pertama yang terbaik.

Adapun cara untuk masuk pengaturan BIOS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama-tama, mulailah dengan melakukan restart komputer, PC atau laptop Anda

Tekan tombol yang muncul saat pertama kali komputer, PC atau laptop Anda menyala untuk membuka menu BIOS. Kunci tombol ini biasanya tergantung pada vendor atau produsen model komputer Anda.

Umumnya kunci tombol keyboard tersebut adalah salah satu dari:

Esc, Del, F2, F8, F10 atau F12

Jika layar menampilkan beberapa tombol dan pilihan, pilih dan temukan kunci untuk membuka “BIOS”, “setup” atau “BIOS menu”.

Periksa layar utama BIOS untuk melihat apakah komputer, PC atau laptop Anda mendeteksi hard disk atau hard drive, dan periksa juga urutan boot untuk melihat apakah sudah diatur dengan benar.

Gambar Screenshoot Memeriksa Urutan Boot Pada BIOS Pastikan Hard Disk Atau Hard Drive Anda Berada Dalam Posisi Atas Dalam Cara Mengatasi Operationg System Not Found dan Missing Operating System pada Windows 10 8.1 8 Dan 7
Gambar Screenshoot Memeriksa Urutan Boot Pada BIOS Pastikan Hard Disk Atau Hard Drive Anda Berada Dalam Posisi Atas

Jika hard disk atau hard drive tidak terdeteksi dengan benar, namun tetap belum bisa, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti kabel data, atau dengan mencoba mengatur ulang pengaturan BIOS ke setting default terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk me-reset pengaturan BIOS:

  1. Masuk ke layar dan menu BIOS dengan mengikuti langkah-langkah sebelumnya sudah diuraikan di atas
  2. Temukan pilihan reset to default atau setup default bisa berupa hotkey, atau langsung dengan memilih dan opsi di menu (tampilan BIOS akan berbeda pada masing-masing komputer)
  3. Pilih reset, dan jawab “yes atau ya” saat diminta konfirmasi
  4. Kemudian, pilih exit untuk keluar, kemudian pilih exit saving changes seperti gambar Kami di bawah ini
Gambar Screenshoot Reset BIOS Ke Default Atau Setup Default Kemudian Pilih Exit Saving Changes Dalam Cara Mengatasi Operationg System Not Found dan Missing Operating System pada Windows 10 8.1 8 Dan 7
Gambar Screenshoot Reset BIOS Ke Default Atau Setup Default Kemudian Pilih Exit Saving Changes

2. Menggunakan Windows Automatic Repair dan Startup Repair

Cara yang ke-2 (dua) untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan Windows Automatic Repair dan Startup Repair. Windows Automatic Repair biasanya akan dapat mengatasi error dan pesan kesalahan terkait proses boot tertentu dalam beberapa kasus.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Email Marketing: Apa itu Pemasaran Email? Tujuan, Jenis, Manfaat serta Bagaimana Tips Melakukan dan Menjalankannya!

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengakses dan menggunakan Automatic Repair dan Startup Repair dari disk atau drive instalasi:

  1. Boot dan nyalakan dari CD instalasi windows atau dengan USB drive yang berisi Windows Bootable (Anda mungkin harus mengubah pengaturan dan setting boot di BIOS jika menggunakan USB drive atau flash disk).
  2. Klik next di halaman pengaturan setelah memilih bahasa yang tepat, waktu dan input keyboard.
  3. Klik repair your computer dan pilih troubleshoot
  4. Lalu, klik dan pilih advanced
  5. Pilih startup repair dan pilih sistem operasi Anda seperti Gambar Kami di bawah ini.
Gambar Screenshot Tampilan Windows Startup Repair Untuk Recovery
Gambar Screenshot Tampilan Windows Startup Repair Untuk Recovery

Berikut ini adalah contoh bagaimana tampilan startup komputer, PC atau laptop terlihat setelah file BOOTMGR dipulihkan dengan benar:

Gambar Screenshoot Menggunakan Windows Startup Repair
Gambar Screenshoot Menggunakan Windows Startup Repair

Jika, tampilan yang Anda dapatkan masih belum sama persis seperti Gambar di atas, Anda dapat mencoba langkah Kami dalam yang selanjutnya.

3. Melakukan Rebuild BCD Menggunakan Bootrec.exe

Cara terakhir untuk mengatasi Operation System not found dan Missing Operating System adalah dengan melakukan atau mem-build ulang BCD menggunakan Bootrec.exe. Seperti halnya BOOTMGR yang hilang, ini juga merupakan penyebab kesalahan terjadinya masalah Operation System not found dan Missing Operating System pada Windows. Me-rebuild kembali BCD komputer Anda dapat memperbaiki masalah dalam pemuatan boot.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan Rebuild BCD pada windows adalah sebagai berikut:

  1. Boot dan nyalakan dari CD instalasi windows atau dengan USB drive yang berisi Windows Bootable (Anda mungkin harus mengubah pengaturan dan setting boot di BIOS jika menggunakan USB drive atau flash disk sama seperti di atas).
  2. Pilih dan klik next di halaman pengaturan setelah memilih bahasa yang tepat, waktu dan input keyboard.
  3. Klik repair your computer dan pilih troubleshoot
  4. Pilih drive tempat dimana windows Anda di Install (biasanya C:\) dan klik Next
  5. Pilih command prompt atau CMD saat kotak pilihan system recovery muncul
  6. Tulis dan ketikkan perintah bootrec /rebuildbcd dan kemudian tekan enter
  7. Jika program di CMD menemukan instalasi windows Anda dan menanyakan apakah harus menambahkannya ke daftar boot, tekan Y

Jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah tersebut di atas dengan benar, maka tampilannya kurang lebih akan mirip seperti Gambar Kami di bawah ini.

Gambar Screenshoot Rebuild BCD Fixmbr Fixboot Pada Pilihan Adanved Options Dalam Cara Mengatasi Operationg System Not Found dan Missing Operating System pada Windows 10 8.1 8 Dan 7
Gambar Screenshoot Rebuild BCD Fixmbr Fixboot Pada Pilihan Adanved Options

Jika sudah selesai, restart kembali komputer, PC atau laptop Anda untuk melihat hasilnya.

Cara Reset BIOS Settings di Laptop Sony VAIO (Bonus)

Berhubung ada pesan masuk e-mail dari teman-teman Kami yang menanyakan bagaimana cara me-reset BIOS di laptop Sony VAIO untuk mengatasi masalah terkait hilang dan tidak terdeteksinya OS.

Berdasarkan penjelasan layanan eSupport dari Situs Sony, mereka menyarankan solusi berikut apabila laptop Sony VAIO Anda mengalami kesalahan tersebut:

  • Lepas semua media yang dapat dilepas, misalnya seperti USB Flash Disk atau Flash Drive, CD, DVD, dan lain sebagainya.
  • Reset pengaturan BIOS kembali ke Default, kemudian restart.

Lalu bagaimana jika Sistem Operasinya berbeda? Tenang, di bawah ini adalah cara me-reset BIOS di laptop Sony VAIO.

a. Cara Reset BIOS Sony VAIO

Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset Setting dan Pengaturannya BIOS Sony VAIO jika Anda memiliki Windows 10, 8.1, 8.

  • Lepas semua perangkat periferal yang mungkin Anda sambungkan ke laptop Sony VAIO Anda.
  • Nyalakan kembali komputer dan tekan tombol F2 ketika logo Sony VAIO muncul.
  • Ketika layar dan menu pengaturan BIOS muncul, tekan tombol panah kanan untuk memilih bagian exit menu untuk Keluar.
  • Klik dan pilih get default values dengan menekan tombol panah bawah.
  • Pilih dengan menekan enter pada bagian load optimized defaults.
  • Dalam load optimized default, gunakan tombol panah keyboard Anda untuk memilih Ya dan kemudian tekan enter.
  • Sekali lagi gunakan tombol panah untuk memilih exit (save configuration) untuk menyimpan konfigurasi Anda dan tekan enter, selesai.
Baca Juga :  Ini Pengertian Crisis Management: Cara Kerja, Jenis, Ruang Lingkup, Contoh dan Cara Mengatasinya!

b. Cara Reset BIOS Sony VAIO Windows 7

Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset pengaturan VAIO BIOS jika Anda memiliki Windows 7.

  • Tekan dan tahan tombol assist setelah Anda restart laptop Sony Anda sampai layar hitam Sony VAIO muncul di monitor Anda.
  • Ketika layar mode VAIO care rescue muncul, gunakan tombol panah untuk memilih mulai pengaturan BIOS atau [F2] dan tekan enter.
  • Tekan tombol F9 untuk mengatur ulang BIOS VAIO ke nilai default yang asli, selesai.

Jenis Windows Apa Saja yang Dapat Menggunakan Langkah ini?

Artikel berbasis riset pengetahuan dan pengalaman menggunakan windows yang Kami tulis disini berlaku untuk Sistem Operasi sebagai berikut:

  • Windows XP (semua edisi)
  • Windows Vista (semua edisi)
  • Windows 7 (semua edisi)
  • Windows 8 (semua edisi)
  • Windows 8.1 (semua edisi)
  • Windows 10 (semua edisi)

Kesimpulan

Di atas adalah berbagai Cara Mengatasi Operating System Not Found dan Missing Operating System pada Windows 10, 8.1, 8, 7, XP dan Vista yang dapat kalian coba gunakan. Saran Kami, Anda dapat mencoba langkah ke-2 (dua) dan ke-3 (tiga) di atas karena memang sudah Kami buktikan sendiri efektivitasnya.

Jika cara yang sudah Kami jelaskan di atas masih tidak bisa berhasil ada kemungkinan bahwa hard disk dan hard drive Anda mengalami kerusakan atau mengalami bad sector.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas tentang bagaimana Cara Mengatasi Operating System Not Found dan Missing Operating System pada Windows 10, 8.1, 8, 7, XP dan Vista yang dapat Anda coba sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam mengatasinya.

Silahkan tanyakan pada Kami melalui kolom komentar di bawah ini, jika ada hal yang kurang jelas dalam tulisan Kami di atas. Sekian dari Saya, Terima Kasih

Tinggalkan Komentar