Ini Dia 5+ Cara Membuat Project Timeline dan Apa Saja Tips Triknya agar Efektif!

Gambar Dari Apa Saja Cara Membuat Linimasa Garis Waktu Atau Project Timeline Serta Apa Saja Tips Triknya Agar Efektif
Gambar Dari Apa Saja Cara Membuat Linimasa Garis Waktu Atau Project Timeline Serta Apa Saja Tips Triknya Agar Efektif

Ingin Tahu Apa Saja Cara Membuat Project Timeline dan Apa Saja Tips Triknya agar Efektif?

Perlu kalian ketahui bahwa sebelum proyek apa pun dapat dimulai dengan tugas dan hasil, tentunya hal tersebut harus melalui tahap perencanaan (planning), sebagai contoh misalnya dalam masalah software engineering.

Benar! Dari itulah garis waktu masuk dan salah satu elemen terpenting dari ini adalah pembuatan timeline proyek.

Sementara fitur garis waktu, seperti tanggal utama, acara, dan hasil mungkin jelas bagi sebagian besar manajer proyek, mengetahui cara membuat garis waktu proyek yang secara efektif akan merencanakan proyek Anda tidak selalu semudah itu.

Yup! Perlu Kami terangkan bahwa timeline atau garis waktu yang dibangun dengan baik memungkinkan kita untuk melihat pola dan hubungan yang penting dan dapat membantu pembaca menjelajahi suatu topik melalui waktu dan geografi.

Seperti kebanyakan area dalam manajemen proyek, seperti project Artificial Intelligence misalnya (lihat apa saja tahapan proyek AI di sini), selalu ada cara yang lebih sederhana untuk melakukan sesuatu dengan baik, selama Anda tahu apa itu.

Oke baik, berdasarkan hal tersebutlah, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail terkait bagaimana cara membuat timeline dan tips trik efektifnya.

Langsung saja, mari kita simak dulu ulasannya di bawah.

Apa itu Timeline (Linimasa atau Garis Waktu)?

Oke, untuk memulainya, mari kita pahami lagi apa itu yang dimaksud dengan timeline, linimasa, atau garis waktu ini.

Seperti yang sudah pernah Kami bahas sebelumnya terkait pengertian timeline, secara umum, garis waktu atau linimasa ini adalah daftar peristiwa yang dijadwalkan untuk terjadi.

Sebagai contoh misalnya, garis waktu seminar dapat mencantumkan acara dan kapan serta siapa yang akan berbicara.

Dalam konteks sejarah, garis waktu atau timeline adalah daftar peristiwa yang telah terjadi selama jangka waktu tertentu.

Apa itu Project Timeline?

Baik, saya sudah paham apa itu yang dimaksud dengan linimasa atau garis waktu itu.

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan project timeline?

Yup! Pada intinya, linimasa, garis waktu proyek atau project timeline adalah ikhtisar dari hasil proyek yang ditata dalam urutan kronologis.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Content Curation (Kurasi Konten): Manfaat dan Macam-Macam Model dan Tips Melakukannya!

Linimasa atau garis waktu proyek ini memetakan apa yang perlu diselesaikan sebelum tugas baru dapat dimulai dan membuat semuanya berjalan dengan baik.

Seringkali, project timeline hadir dalam format visual, yang berarti pemangku kepentingan dan anggota tim bisa mendapatkan gambaran singkat secara sekilas.

Hal ini memungkinkan mereka untuk menggambarkan peta jalan proyek, termasuk tonggak penting, mengelola tugas individu yang perlu diselesaikan, dependensi, dan tanggal pengiriman yang sangat penting.

Garis waktu proyek memungkinkan Anda untuk menjadwalkan tugas secara massal sehingga Anda dapat melihat apa yang perlu dilakukan kapan dan mengawasi garis waktu keseluruhan proyek.

Tanpa itu, dapat Kami katakan bahwa akan jadi mudah bagi sebuah proyek untuk tergelincir dan jatuh ke dalam kekacauan mutlak, yang, jujur saja, hasilnya tidak akan terlihat bagus.

5+ Cara dan Langkah-Langkah Membuat Project Timeline yang Benar

Ilustrasi Gambar Linimasa Atau Garis Waktu Proyek Dalam Membahas Apa Itu Project Timeline Beserta Cara Membuat Dan Tips Triknya
Ilustrasi Gambar Linimasa Atau Garis Waktu Proyek Dalam Membahas Apa Itu Project Timeline Beserta Cara Membuat Dan Tips Triknya

Baiklah, langsung saja kita mulai dengan bagian pertama yaitu cara dan langkah-langkah dalam membuat project timeline yang baik dan benar sebagai berikut.

1. Siapkan dan Buat Garis Besar Struktur Perincian Kerja

Cara dan langkah membuat project timeline pertama yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah dengan menyiapkan dan membuat garis besar struktur perincian kerja.

Terkait hal ini, perlu untuk diketahui bahwa Work Breakdown Structure (WBS) dapat memecah semua tugas dalam sebuah proyek menjadi paket kerja yang relatif standar.

Unit-unit ini kemudian dapat digunakan untuk merumuskan garis waktu proyek yang akan memberikan bobot yang tepat untuk segala sesuatu yang harus dilakukan.

Sebagai contoh misalnya dalam bidang pengembangan perangkat lunak, membangun API (baca pengertian dari Application Programming Interface atau API di sini) untuk situs web mungkin memakan waktu 7 (tujuh) hingga 10 (sepuluh) hari, akan tetapi membangun situs web itu sendiri pada umumnya hanya perlu waktu sekirat 50 (lima puluh) jam.

Jadi, pada timeline proyek Anda, tugas yang terlibat dalam pembuatan API akan dipecah menjadi paket kerja berukuran sama seperti situs web.

2. Tentukan Dependensi Proyek

Step, cara, dan langkah membuat project timeline berikutnya yaitu dengan menentukan dependensi.

Benar! Setiap proyek akan berisi tugas-tugas yang bergantung satu sama lain, yaitu satu harus diselesaikan sebelum yang lain dapat dimulai.

Hal ini tidak berlaku untuk semua tugas, tetapi penting saat membuat garis waktu proyek untuk memastikan pekerjaan mana yang dapat dilakukan secara bersamaan dan mana yang bergantung pada orang lain.

3. Lihat dan Nilai Ketersediaan Resource atau Sumber Daya yang Ada

Berikutnya adalah dengan melihat dan menilai resource atau sumber daya yang ada.

Sebuah tim proyek memiliki sumber daya yang terbatas, dalam hal anggaran, kemampuan manusia dan teknologi.

Baca Juga :  9+ Tips atau Kiat Pemasaran atau Facebook Marketing untuk Bisnis UMKM!

Saat merencanakan bagaimana timeline Anda akan berjalan, penting untuk menilai sumber daya apa yang akan tersedia dan kapan.

Sebagai contoh misalnya, beberapa anggota tim dengan keterampilan khusus mungkin sangat membutuhkan tugas-tugas proyek sehingga, bahkan jika tugas-tugas tersebut independen satu sama lain, mereka tidak dapat terjadi secara bersamaan, terlebih karena orang tersebut hanya dapat bekerja dalam jumlah jam tertentu per hari atau minggu.

4. Pilih Metodologi yang Relevan dengan Proyek

Ke-4 (empat) caranya adalah dengan memilih metodologi yang relevan dengan proyek Anda.

Ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk menginformasikan rencana proyek, seperti menggunakan bagan Gantt atau metode jalur kritis.

Yup! Hal ini pastinya dapat membantu menentukan durasi tugas dan bagaimana sumber daya didistribusikan untuk menyelesaikan tugas.

5. Rencanakan Target dan Pencapaian

Lalu, rencanakan juga target dan pencapaian yang dingin dicapai.

Sementara semua untaian tugas akan memiliki durasi yang jelas dan dengan demikian waktu penyelesaian, ini semua juga sangat berguna saat menyusun rencana proyek untuk menyoroti tonggak utama yang akan dicapai oleh proyek tersebut.

Achievement atau pencapaian ini akan berfungsi sebagai titik arah untuk mengidentifikasi kesehatan proyek dan juga memberikan visualisasi yang jelas kepada tim dan pemangku kepentingan lainnya tentang kapan momen-momen penting tertentu telah tercapai.

Bonus: Bangun Kerangka Waktu Penyelesaiannya

Terakhir, sebagai poin plus atau bonusnya, cara dan langkahnya adalah dengan membangun kerangka waktu terkait penyelesaian proyek kalian.

Benar! Penting juga agar garis waktu proyek benar-benar berfungsi, bukan sekadar dokumen kebijakan.

Artinya membuatnya mudah dipahami secara sekilas dan menggunakan terminologi yang dapat dipahami oleh siapa saja yang membacanya.

Tanggal dan tindakan utama harus disorot, yang sering dilakukan dengan skema warna, yang juga harus dijelaskan dalam legenda.

Well, banyak tools atau alat di internet sekarang ini yang dapat kalian gunakan untuk membuat garis waktu proyek (project timeline) yang membuat jalannya proyek Anda transparan dan mudah dipahami oleh siapa saja yang membutuhkannya.

Tips dan Trik Membuat Project Timeline yang Baik dan Efektif

Gambar Tips Dan Trik Dalam Membuat Linimasa Garis Waktu Proyek Atau Project Timeline Yang Efektif
Gambar Tips Dan Trik Dalam Membuat Linimasa Garis Waktu Proyek Atau Project Timeline Yang Efektif

Siap, sekarang kita sudah mengetahui bagaimana step, cara, dan langkah yang baik dan benar dalam membuat project timeline, sekarang apa saja kiat-kiat dan tips triknya?

Baik, mari kita lihat apa saja tips dan trik untuk membuat project timeline sebagai berikut:

  1. Buat narasi yang jelas; Linimasa, garis waktu, atau project timeline yang paling efektif adalah yang memberikan narasi yang dibangun dengan baik. Meskipun disajikan dalam bentuk visual, garis waktu sangat mirip dengan makalah atau cerita penelitian, mereka bekerja paling baik ketika mereka memiliki struktur organisasi yang baik dan urutan argumen masuk akal.
  2. Memasukkan berbagai media; Gambar hanyalah satu cara untuk membumikan teks Anda. Bagan, peta, dokumen utama, tautan ke sumber lain, dan video dapat memberi proyek Anda nuansa yang lebih kuat dan memberi pembaca Anda jalan lebih jauh untuk mengeksplorasi topik tersebut.
  3. Referensi konten eksternal; Linimasa, garis waktu, atau project timeline memungkinkan Anda menyajikan berbagai informasi terkait proyek Anda. Jika ada sumber otoritatif (sebagai contoh misalnya, situs web seperti kamus RM Digital, artikel jurnal) yang membahas topik tersebut, saran Kami pertimbangkanlah untuk menautkan langsung ke sumber tersebut.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian Leading: Apa itu Leading (Font) dan Line-Height? Sejarah Kata, Tujuan, Cara dan Tipsnya dalam Typography!

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah cukup jelaskan?

Baiklah, di atas adalah penguraian terkait Apa Saja Cara Membuat Project Timeline dan Apa Saja Tips Triknya agar Efektif.

Yup! Silahkan kalian terapkan semua hal di atas dalam praktik perencanaan dan pembuatan linimasa, garis waktu, atau project timeline versi kalian.

Sebagai pengantar penutup, perlu Kami sebutkan bahwa kemampuan untuk merencanakan adalah apa yang mendefinisikan manajer proyek yang efektif, dan salah satu pilar utama dari rencana itu adalah garis waktu.

Membuat garis waktu proyek seperti menggambar peta sebelum perjalanan, ya! Hal ini pastinya akan menetapkan tujuan dan batas durasi proyek sehingga tim dapat tetap berada di jalur (dan dalam tenggat waktu yang penting).

Tanpa garis waktu yang terperinci, sebuah proyek dapat dengan cepat berubah menjadi sumber daya yang sia-sia dan ingkar janji kepada pemangku kepentingan.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat yang dapat Kami ulas kali ini yang membahas mengenai Apa Saja Cara Membuat Project Timeline dan Apa Saja Tips Triknya agar Efektif.

Semoga tulisan ini dapat berguna dan dapat menambah wawasan kita semua terkait bidang bisnis dan teknologi dalam praktiknya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kmai disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat dan rekan bisnis Anda sekalipun. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar