Digital Game: Apa itu Game Design dan Designer? Ini Tujuan dan Fungsi, Jenis Pengetahuan, Macam Skill serta Tips dan Caranya!

0
Gambar Dari Pengertian Digital Game Apa Itu Game Design Designer Dan Based Learning DGBL Tujuan Dan Fungsi Jenis Pengalaman Macam Skills Serta Tips Dan Caranya
Gambar Dari Pengertian Digital Game Apa Itu Game Design Designer Dan Based Learning DGBL Tujuan Dan Fungsi Jenis Pengalaman Macam Skills Serta Tips Dan Caranya

Mengenal Pengertian Digital Game, Apa itu Game Design dan Designer? Tujuan dan Fungsi, Jenis Pengetahuan, Macam Skill serta Apa Saja Tips dan Caranya.

Memang, desain game atau permainan adalah bidang yang luas, mereka dapat digambarkan dari bidang ilmu komputer, pemrograman atau programming, penulisan kreatif serta desain grafis.

Video game adalah industri yang berkembang pesat baik di dunia, dan jumlah karier yang berkaitan dengan pembuatan video game telah meningkat secara eksponensial.

Melihat tren ini, semakin banyak pelajar internasional yang memutuskan untuk mengambil minat mereka dalam bermain permainan video dan mengubahnya menjadi karier dalam desain game.

Yup! Merancang video game adalah pekerjaan impian bagi banyak gamer, dan ada banyak alasan yang membuat keputusan untuk mempelajari desain gim begitu populer.

Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu pengertian digital game dan design secara lebih detail dan lengkap.

Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Digital Game

Berarti permainan digital (dalam bahasa Indonesia), digital game adalah istilah yang merujuk kepada permainan (gim) atau game apa pun yang dimainkan menggunakan perangkat elektronik, baik online maupun secara mandiri.

Digital game ini merupakan salah satu hasil dari game design dan interaksi pemain dengan sistem elektronik atau komputer akan ditampilkan melalui tampilan atau sistem tampilan serupa.

Seperti yang juga dijelaskan menurut sumber Kami dari Situs Igi-Global, definisi permainan atau digital game yaitu adalah game apa pun yang dimainkan dengan bantuan komputer atau perangkat elektronik lainnya, online atau offline.

Seorang pemain (gamer) juga dapat bermain sendiri, sebagai contoh misalnya Tetris atau dengan pemain lain (Moba) seperti League of Legends.

Apa itu Game Design?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Digital Game Design Serta Designer Dan Based Learning DGBL
Ilustrasi Gambar Apa Itu Digital Game Design Serta Designer Dan Based Learning DGBL

Kemudian, apa itu yang dimaksud dengan game design?

Benar, kata game design, ini saling berkaitan dengan istilah digital game secara global.

Desain game berada di bawah bidang pengembangan atau development video game yang lebih luas dan mengacu pada penggunaan kreativitas dan desain untuk mengembangkan game untuk tujuan hiburan atau pendidikan.

Ini melibatkan pembuatan cerita, karakter, tujuan, aturan dan tantangan menarik yang mendorong interaksi dengan karakter, pengguna, atau objek lain.

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, terkait pengertian dan artinya, digital game design (desain permainan digital) adalah bidang dengan fokus yang luas.

Ini merupakan keterampilan desainer game diambil dari bidang ilmu komputer dan pemrograman, penulisan kreatif, dan desain grafis (graphic design).

Desainer atau game designer mengambil kepemimpinan kreatif dalam membayangkan dan menghidupkan cerita video game, karakter, gameplay, aturan, antarmuka, dialog serta lingkungannya.

Apa itu Digital Game Designer?

Dalam membahas digital game dan design, ada juga digital game designer.

Yup! Desainer atau game designer adalah persilangan antara writer (penulis), artist (artis) dan programming (baca pengertian programming disini).

Ini adalah individu yang menyajikan visi artistik yang komprehensif, sementara juga memiliki keterampilan teknis untuk mengawasi dan berkontribusi pada pemrograman, rendering gambar atau picture, desain level, pengeditan digital dan aspek konstruksi lainnya dari desain game.

Desainer game digital mengembangkan tata letak (layout), logika (logic), konsep serta gameplay game digital.

Mereka fokus pada desain playfield, penulisan spesifikasi dan masuknya properti numerik yang menyeimbangkan dan menyesuaikan gameplay-nya.

Apa itu Digital Game Based Learning (DGBL)?

Terkait hal di atas, ada juga istilah lainnya yang perlu kalian ketahui.

Mereka adalah Digital Game Based Learning (DGBL).

Istilah pembelajaran berbasis game digital atau yang sering dikenal dengan DGBL (Digital Game Based Learning) ini telah menjadi topik yang semakin populer dalam pendidikan anak muda, khususnya para milenial (baca pengertian milenial disini) saat ini.

DGBL adalah metode yang dikembangkan untuk melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, yang digabungkan dari teknologi game (permainan) ke dalam lingkungan belajar.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Dynamic Website: Apa itu Situs Dinamis? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Manfaat dan Contohnya!

Benar! Penerapan teknologi ini didasarkan pada premis bahwa siswa atau mahasiswa di universitas sudah memanfaatkan teknologi dan menemukan serta mendapati bahwa metode tradisional belajar menjadi kurang menarik.

Seperti yang dijelaskan oleh seorang pakar atau ahli yang merupakan inovator yang menggabungkan teknologi berbasis game ke dalam sistem pendidikan dan pelatihan bisnis bernama Marc Prensky, dia menyatakan:

Pembelajaran berbasis game digital dapat memenuhi kebutuhan dan gaya belajar siswa saat ini dan masa depan

(Prensky, 2001)

Benar, inovator seperti Prensky bukan satu-satunya orang yang tertarik untuk memasukkan DGBL ke dalam sistem pendidikan.

Para tenaga pengajar dan pendidik, perusahaan pengembang game serta berbagai macam pemerintah di negara maju lainnya juga meneliti dan mengevaluasi tentang penerapan DGBL.

Tujuan dan Fungsi Digital Game dan Design

Agar kita lebih memahami tentang apa itu digital game dan design, pastinya kita juga harus mengetahui apa tujuan dan fungsinya secara khusus.

Secara umum, tujuan digital game dan design adalah untuk menerapkan tata letak (layout), logika (logic), konsep serta gameplay agar dapat dimainkan dengan perangkat elektronik.

Terkait proses pembuatannya sendiri, fungsi desainer game dalam tim pengembangan (development) berbeda dengan peran khusus desainer grafis dan pemrogram (programmer).

Desainer grafis dan pemrogram game dalam digital game dan design memiliki tugas khusus yang harus diselesaikan dalam pembagian kerja yang mengarah ke pembuatan video game.

Seringkali, para pelajar bidang IT, dapat mengambil jurusan disiplin tertentu jika diinginkan.

Namun, biasanya, siswa yang secara khusus mempelajari tentang digital game dan design akan dipersiapkan untuk membuat video game sendiri dari awal serta mengambil peran sebagai tim pengembangan.

Oleh karena itu, mahasiswa internasional yang mempelajari desain game harus memutuskan peran apa dalam tim pengembangan yang mereka inginkan setelah lulus.

Setelah peran yang diinginkan telah ditetapkan, seorang siswa internasional kemudian harus menyesuaikan dengan gelar yang akan mereka terima.

Ini akan memastikan bahwa mereka dipersiapkan secara optimal untuk peran khusus tersebut dalam tim pengembangan sampai mereka memiliki kredibilitas industri yang diperlukan untuk diberi kendali atas pembuatan judul mereka sendiri.

Seorang desainer game adalah pengemudi kreatif yang bertanggung jawab untuk menghidupkan game.

Seperti yang sudah Kami terangkan di atas, mereka umumnya merupakan persilangan antara writer, artist, dan programmer.

Well, dapat Kami katakan bahwa ini adalah pekerjaan multidisiplin yang seringkali mengharuskan Anda memahami sedikit tentang segalanya.

Jenis Pengetahuan yang Diperlukan dalam Digital Game

Ilustrasi Gambar Jenis Pengetahuan Atau Knowledge Dan Macam Skills Atau Keahlian Dalam Membahas Pengertian Digital Game Dan Design
Ilustrasi Gambar Jenis Pengetahuan Atau Knowledge Dan Macam Skills Atau Keahlian Dalam Membahas Pengertian Digital Game Dan Design

Dalam membahas tentang arti dan apa itu digital game dan design, pastinya ada kualifikasi dan pengetahuan minimal yang perlu dimiliki oleh seorang game designer-nya.

Di bawah ini adalah beberapa jenis pengetahuan atau knownledge yang diperlukan dan harus dimiliki oleh seorang pengembang (developer) dan perancang atau game designer.

a. Algoritma

Jenis pengetahuan yang pertama yang diperlukan dalam digital game design yaitu algoritma (baca pengertian algoritma disini).

Ini merupakan teknik untuk mengubah deskripsi proses yang tidak terstruktur menjadi urutan tindakan langkah demi langkah dari sejumlah langkah yang terbatas.

b. Genre Game

Berikutnya yaitu adalah genre game.

Genre game adalah klasifikasi permainan video berdasarkan interaksinya dengan media game tersebut, seperti game simulasi, game strategi, game petualangan, dan game arcade.

c. Web Programming

Berikutnya yaitu pemrograman situs atau web programming.

Ini adalah paradigma pemrograman yang didasarkan pada penggabungan markup (yang menambahkan konteks dan struktur ke teks) dan kode pemrograman web lainnya, seperti AJAX, javascript dan PHP, untuk melakukan tindakan yang sesuai dan memvisualisasikan konten.

d. System Development Life Cycle (SDLC)

Selanjutnya ada System Development Life Cycle atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan SDLC.

Ini merupakan urutan langkah-langkah, seperti perencanaan, pembuatan, pengujian dan penerapan serta model untuk pengembangan dan manajemen siklus hidup suatu sistem.

e. Game Creation System (GCS)

Jenis pengetahuan yang diperlukan dalam digital game dan design yang dapat Kami jelaskan disini yaitu adalah Game Creation System atau yang sering disebut dengan GCS.

Ini adalah lingkungan pengembangan terintegrasi dan alat desain khusus, dirancang untuk iterasi cepat dari game komputer yang diturunkan oleh pengguna.

Macam-Macam Skills Penunjang Digital Game Designer

Terkait dengan jenis pengetahuan dalam digital game di atas, selain pengertian, tujuan dan fungsinya, ada juga macam-macam skill penunjang praktik dari designer permainan game.

Oke langsung saja, di bawah ini adalah beberapa macam skills penunjang seorang digital game designer yang sudah Kami rangkum dan perlu untuk diketahui:

  • Proses desain; Ini merupakan keahlian seperti mengidentifikasi alur kerja dan kebutuhan sumber daya untuk proses tertentu, dengan menggunakan berbagai alat seperti perangkat lunak simulasi proses, diagram alur, dan model skalanya.
  • Pembuatan konsep game digital; Ini adalah keahlian dalam mengembangkan dan komunikasikan setiap aspek dari visi game secara keseluruhan serta berkomunikasi dan berkolaborasi dengan kru teknis, tim artistik dan desain untuk menerapkan visi game.
  • Pengelolaan konten online; Keahlian lainnya juga berkaitan dengan pembuatan online content seperti mastikan konten situs web mutakhir (update), teratur, menarik dan memenuhi kebutuhan audiens target, persyaratan perusahaan dan standar internasional dengan memeriksa tautan, mengatur kerangka waktu penerbitan serta ketertibannya.
  • Desain perangkat lunak; Keahlian software design ini yaitu seperti mengubah urutan serangkaian persyaratan menjadi desain perangkat lunak yang jelas dan teratur.
  • Perumusan aturan permainan; Keahlian ini seringkali dipraktikkan dengan membuat serangkaian aturan tentang cara bermain game.
  • Penggunaan bahasa markup; Memanfaatkan bahasa komputer, yang secara sintaksis dapat dibedakan dari teks, untuk menambahkan anotasi ke dokumen, menentukan tata letak (layout), dan memproses jenis dokumen seperti HTML.
  • Penentuan persyaratan teknis; Misalnya seperti menentukan sifat teknis barang, bahan, metode, proses, layanan, sistem, perangkat lunak, dan fungsi dengan mengidentifikasi dan menanggapi kebutuhan khusus yang harus dipenuhi sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau end user (baca pengertian end user disini).
  • Analisis kebutuhan bisnis; Mempelajari kebutuhan dan harapan klien akan produk atau layanan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan inkonsistensi dan kemungkinan ketidaksepakatan dari pemangku kepentingan yang terlibat.
  • Penentuan scene atau adegan game digital; Menjelaskan adegan game digital dengan berkomunikasi dan bekerja sama dengan kru artistik, desainer, dan artis untuk menentukan cakupan lingkungan virtual game.
  • Desain grafis; Menerapkan berbagai teknik visual untuk mendesain materi grafis serta menggabungkan elemen grafis untuk mengkomunikasikan konsep dan idenya.
  • Pembuatan karakter game digital; Mengembangkan tipologi karakter untuk game digital dan identifikasi peran persisnya dalam gameplay dan narasinya.
  • Pembuatan alur dan cerita game; Seperti membuat cerita atau story game digital dengan menuliskan plot dan storyboard terperinci dengan deskripsi dan tujuan gameplay.

Tips Membuat dan Mengembangkan Praktik Digital Game Design yang Baik

Gambar Dari Apa Saja Tips Dan Cara Menjadi Seorang Game Designer Dalam Penjelasan Pengertian Dan Arti Digital Game Design
Gambar Dari Apa Saja Tips Dan Cara Menjadi Seorang Game Designer Dalam Penjelasan Pengertian Dan Arti Digital Game Design

Setelah kita mengetahui apa saja jenis pengetahuan dan macam skills atau keahlian penunjang dalam bidang digital game dan design, selanjutnya, dalam membahas tentang pengertian dan artinya, pada subbagian ini Kami juga akan memberikan tentang beberapa tips pembuatan dan pengembangannya.

Baca Juga :  Membahas Pengertian NFC: Apa itu Near Field Communication? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Cara Menggunakan, Contoh serta Perbedannya dengan Bluetooth dan Wi-Fi!

Benar! Sebuah permainan atau game yang dirancang dengan sebuah proses memiliki peluang sukses yang jauh lebih besar daripada game yang digabungkan secara acak.

Dengan memahami alat serta proses desain secara keseluruhan dan gambaran besar dari game, maka tim Anda akan jauh lebih mungkin untuk membuat produk yang hebat dan sukses di industri permainan video.

Baiklah, di bawah ini adalah beberapa tips yang perlu untuk diketahui dalam membuat dan mengembangkan digital game design yang kuat dan baik.

1. Jaga Library dari Concept Art

Tips pertama yaitu dengan menjaga perpustakaan atau concept art library Anda.

Ya! Simpan koleksi seni konsep yang selalu dapat Anda tunjukkan saat Anda membutuhkan referensi visual atau budaya.

Sebagai contoh misalnya seperti game fantasi abad pertengahan, mungkin memiliki seni latar belakang yang diambil dari pengetahuan luas tentang fakta sejarah.

Memasukkan gaya artistik yang berbeda mencerminkan perhatian yang lebih besar terhadap detail, dan membantu pemain tetap terlibat sepanjang permainan.

2. Mainkan dan Kritik Kekurangan Game Lain

Tips untuk membuat dan mengembangkan praktik digital game design berikutnya yaitu dengan memainkan dan mengkritik kekurangan yang ada pada game lain.

Untuk memahami bagaimana desain game yang bagus harus terlihat dan terasa, mainkan jenis game Anda yang ingin Anda tiru.

Pertimbangkan pengalaman Anda sendiri sebagai pemain dari perspektif kritis dan perhatikan faktor-faktor yang membuat permainan menjadi dinamis dan diperkaya.

Apakah karakternya menyenangkan untuk dimainkan? Apakah alur ceritanya cukup menarik untuk banyak permainan? Apakah urutan kejadian mengalir secara alami?

3. Sederhanakan Prototipe Anda

Tips selanjutnya yaitu dengan menyederhanakan prototipe Anda.

Menyelesaikan prototipe game Anda adalah pencapaian yang menarik dan itu adalah titik di mana Anda akan benar-benar merasakan kemajuan Anda sejauh ini.

Prototipe yang Kami maksud disini memiliki 2 (dua) tujuan utama, pertama untuk memamerkan model pertama game Anda kepada penguji, kedua yaitu untuk mengukur kualitas fitur dan proses utamanya.

4. Mengumpulkan Kelompok Fokus (Focus Group)

Tips ke-4 (empat) adalah dengan mengumpulkan kelompok fokus atau focus group.

Yup! Pengalaman pengguna adalah aspek kunci yang dapat membuat atau menghancurkan pengembangan game Anda.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Smartphone: Apa itu Ponsel Cerdas? Menurut Ahli, Sejarah, Jenis, Macam-Macam OS dan Fiturnya!

Jika Anda tidak membuat penguji permainan terkesan, maka Anda tidak memiliki game berharga yang dapat dikembangkan dan dipasarkan.

5. Mempelajari Bahasa Pemrograman

Tips membuat dan mengembangkan praktik digital game design terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu dengan mempelajari bahasa pemrograman.

Ada perbedaan penting antara desain game dan pemrograman game.

Merancang game melibatkan pengendalian aspek seperti konsep dan naratif, dan bagian lain dari kerangka kerja, tetapi pemrograman game harus dilakukan dengan menulis kode yang berfungsi sebagai kerangka, atau kerangka permainan.

Meskipun seorang desainer game mungkin memiliki pengetahuan teknis, seringkali banyak juga yang biasanya memiliki penekanan artistik.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Game Designer?

Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat menjadi seorang game designer?

Memang, istilah “perancang permainan atau game designer” ini sudah terbilang cukup umum saat ini.

Faktanya, sebagian besar perusahaan pengembang game komersial terdiri dari tim besar dengan banyak individu yang berkontribusi pada kesuksesan game tersebut.

Ada programmer, produser, desainer level, pemodel, animator, seniman teknis, penguji, spesialis pemasaran (marketing) dan bagian keuangan serta banyak lagi yang lainnya.

Sebagai contoh misalnya seperti level design, ini adalah konsep brainstorming yang akan dihadapi pemain saat bermain game.

Oleh karena itu, desainer level ini perlu mempertimbangkan sejumlah elemen berbeda untuk memastikan mereka membuat game yang menarik untuk dapat dialami para pemain.

Well, untuk menjadi seorang video game designer, ada beberapa cara dan hal yang berbeda dari hal umum lainnya yang perlu kalian ketahui, seperti:

  • Biasakan diri Anda dengan video game.
  • Dapatkan pendidikan tentang digital game.
  • Dapatkan pengalaman praktiknya.
  • Bangun portofolio karyan artistik Anda.
  • Melamar pekerjaan di industri permainan video.
  • Persiapkan untuk wawancara dengan fokus permainan video serta gamer (permainnya).

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang Pengertian Digital Game, Apa itu Game Design dan Designer? Tujuan dan Fungsi, Jenis Pengetahuan, Macam Skill serta Apa Saja Tips dan Caranya di atas, dapat kita simpulkan bahwa permainan atau digital game adalah game yang sistemnya (sebagian atau seluruhnya) diterapkan di perangkat digital seperti konsol game, komputer pribadi, ponsel pintar (smartphone), atau tablet.

Computer game adalah program perangkat lunak di mana satu atau lebih pemain membuat keputusan dengan mengendalikan objek dan sumber daya permainan, untuk mencapai tujuannya.

Benar! Digital game design mengajarkan siswa untuk menggunakan lingkungan pemrograman (programming environment) untuk membuat video game asli dengan grafik, efek suara, dan musik khusus.

Para pelajar (siswa dan mahasiswa) seringkali memulainya dengan mengembangkan konstruksi dasar game, secara bertahap memperoleh keterampilan dalam desain game, mendongeng, dan berpikir terkait komputasi, sambil membangun kepercayaan diri pada platform yang mereka gunakan.

Saat mereka siap untuk mengembangkan proyek akhir atau final project mereka, para pelajar tersebut biasanya akan belajar bagaimana memfokuskan ide mereka, mengintegrasikan umpan balik (feed back) pemain, dan menyempurnakan permainan mereka sebelum membagikannya dengan dunia.

Untuk mulai mempelajari tentang digital game dan design, kalian tidak perlu pengalaman pemrograman komputer sebelumnya, walaupun beberapa aspek di dalamnya pastinya terkait erat dengan programming.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Digital Game, Apa itu Game Design dan Designer? Tujuan dan Fungsi, Jenis Pengetahuan, Macam Skill serta Apa Saja Tips dan Caranya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi, desktop dan video game.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar