Memahami Pengertian E-Mail (Alamat Email): Cara Kerja, Proses Pengiriman, Jenis, Manfaat, Komponen Khas dan Netiketnya!

0
Gambar Pengertian E Mail Apa Itu Alamat Email Cara Kerja Proses Pengiriman Jenis Manfaat Komponen Khas Dan Netiketnya
Gambar Pengertian E Mail Apa Itu Alamat Email Cara Kerja Proses Pengiriman Jenis Manfaat Komponen Khas Dan Netiketnya

Tahukah Kalian, Pengertian E-Mail, Apa itu Alamat Email? Cara Kerja, Proses Pengiriman, Jenis, Manfaat, Komponen Khas dan Netiketnya? E-mail, ini merupakan singkatan dari electronic mail yang mewakili fitur internet dan yang paling banyak digunakan bersamaan dengan website. Ini memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pesan ke dan dari siapa saja dengan alamat email, di mana saja di seluruh dunia. Standar E-mail (Alamat Email) yang asli hanya mendukung pesan teks biasa. Sekarang, e-mail pun telah berevolusi untuk mendukung teks yang kaya dengan pemformatan khusus.

e-mail yang mendukung HTML, mereka memungkinkan Email diformat dengan cara yang sama seperti situs web. Pesan e-mail yang berupa HTML dapat mencakup gambar, tautan, dan tata letak CSS. Anda juga dapat mengirimkan file atau “lampiran e-mail” bersama dengan pesan Anda. Sebagian besar server e-mail memungkinkan Anda mengirim beberapa lampiran dengan setiap pesan, tetapi mereka membatasi ukuran total pada pengirimannya. Pada hari-hari awal mula e-mail, lampiran biasanya dibatasi hingga satu megabyte, tetapi sekarang banyak server e-mail yang mendukung lampiran berukuran 20M atau lebih. Terkait itu, kali ini Kami akan membahas tentang apa itu e-mail secara lebih detail dan lengkap. Baiklah, langsung saja, berikut adalah ulasannya!

Pengertian E-Mail

Merupakan singkatan dari electronics mail, e-mail adalah alat pertukaran pesan yang disimpan komputer dengan telekomunikasi. Pesan Email biasanya dikodekan dalam teks ASCII. Namun, Anda juga dapat mengirim file non-teks, seperti gambar grafik dan file suara, sebagai lampiran yang dikirim dalam arus binary atau biner berdasarkan simpulan yang Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

E-mail merupakan salah satu aktivitas penggunaan dari internet pertama dan masih menjadi penggunaan yang paling populer. Sebagian besar traffic (lalu lintas) total melalui internet adalah dalam penggunaan e-mail. Ini juga dapat dipertukarkan antara pengguna penyedia layanan online dan di jaringan selain internet, baik milik pemerintah maupun swasta.

Apa itu Alamat Email?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Alamat Email
Ilustrasi Gambar Apa Itu Alamat Email

Alamat Email adalah sebutan untuk kotak surat elektronik yang mengirim dan menerima pesan pada Jaringan Komputer. Untuk memahami apa tanda dari sebuah alamat Email, lihat dan perhatikan elemen-elemen dari alamat e-mail (alamat email) di bawah ini:

[email protected] (biasanya ditulis dengan huruf kecil)

Elemen-elemen dari umum ke spesifik dari kanan ke kiri. Mulai di sebelah kanan, komponen akhiran .com mewakili top level domain atau TLD (domain tingkat atas) untuk alamat e-mail. Bisa juga dengan .org, .edu, atau salah satu dari banyak TLD lainnya. Masing-masing mewakili jenis entitas. Ini adalah TLD yang umum digunakan:

  • .com biasanya digunakan oleh entitas yang terlibat dalam perdagangan.
  • .org digunakan oleh organisasi nirlaba.
  • .edu digunakan oleh lembaga pendidikan.
  • .net adalah untuk penyedia jaringan.
  • .gov adalah untuk lembaga pemerintah.

Berikutnya, berpindah ke bagian kiri, bagian “rifqi” adalah nama spesifik organisasi. Itu bisa berupa nama apa saja, termasuk banyak yang sudah dikenal seperti:

google.com, target.com, atau rifqimulyawan.com

Kombinasi nama organisasi dan TLD juga merupakan alamat yang dimasukkan ke web browser untuk menuju ke situs web organisasi itu. Nama situs web dan alamat e-mail terhubung karena mereka menggunakan domain yang sama, yang merupakan kombinasi dari nama organisasi dan TLD.

Baca Juga :  Pengertian XSS (Cross-Site Scripting): Jenis, Tujuan, Cara Kerja dan Mencegahnya

Lebih jauh ke kiri, simbol “@ (at)” adalah konektor antara domain dan orang di domain itu yang menggunakan e-mail (alamat email). Dalam hal ini, orang tersebut adalah rifqi. Dalam bahasa sederhana, ketika pesan e-mail dikirim ke alamat ini, pesan dikirim ke rifqi di mail corporation, yang merupakan entitas komersial (.com). Tetapi komputer hanya membutuhkan cara yang lebih sederhana untuk memahami informasi tersebut, oleh karena itulah alamat e-mail (alamat Email) digunakan dengan sintaks [email protected].

Cara Kerja E-Mail

Gambar Cara Kerja E-Mail Atau Alamat Email Dalam Membahas Pengertiannya
Gambar Cara Kerja E-Mail Atau Alamat Email Dalam Membahas Pengertiannya

Berdasarkan penjelasan pengertian e-mail di atas, alamat Email menggunakan banyak protokol dalam TCP/IP Suite. Misalnya, SMTP digunakan untuk mengirim pesan, sedangkan protokol POP atau IMAP digunakan untuk mengambil pesan dari mail server.

Saat Anda mengkonfigurasi akun e-mail, Anda harus menentukan alamat e-mail, kata sandi, dan mail server yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan. Untungnya, sebagian besar layanan webmail mengkonfigurasi akun Anda secara otomatis, jadi Anda hanya perlu memasukkan alamat e-mail dan kata sandi Anda.

Namun, jika Anda menggunakan klien e-mail (alamat Email) seperti Microsoft Outlook atau Apple Mail, Anda mungkin perlu mengkonfigurasi setiap akunnya secara manual. Pesan e-mail (alamat Email) diteruskan melalui server e-mail, yang disediakan oleh semua penyedia layanan internet atau ISP (baca pengertian ISP disini).

E-mail dikirimkan antara dua folder server khusus yaitu sender (pengirim) dan reciever (Penerima). Pengirim menyimpan, mengirim atau meneruskan pesan e-mail, sedangkan penerima membaca atau mengunduh e-mail dengan mengakses server e-mail.

Proses Pengiriman E-Mail (Alamat Email)

Terkait proses pengirimannya, perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya proses dalam pengiriman e-mail ini terbilang relatif sederhana. Sama misalnya waktu kita menulis surat yang ditujukan pada orang lain. Bedanya, dengan menggunakan e-mail kita dapat mengirimkan pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan lampiran tertentu yang ingin kita kirim juga.

Berikut adalah langkah-langkah dalam proses pengiriman e-mail (alamat email).

  1. Pemilik e-mail membuka e-mailnya pada sistem e-mail yang digunakannya.
  2. Kemudian menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
  3. Selanjutnya, pengguna tersebut memberikan instruksi kepada pembuatan e-mail untuk mengirimkan pesan pada alamat yang ditujukannya.
  4. Email server kemudian akan mengidentifikasi alamat e-mail tujuan, lalu mengirimkan pesan tersebut ke server e-mail lain. Terkadang sebuah e-mail dikirim melalui beberapa server e-mail, tergantung rute yang dimiliki mereka.
  5. Ketika pesan e-mail terkirim ke alamat penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di server e-mail sampai si penerima membukanya.
  6. Saat penerima membuka pesan pada kotak pos/inbox, penerima akan meminta e-mail baru masuk yang terdapat pada server (baca pengertian server disini) lalu mengunduhnya ke dalam perangkat komputer penerima.
  7. Selanjutnya, penerima e-mail bisa melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.

Jenis-Jenis Email

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis E-Mail Dalam Membahas Pengertian Alamat Email
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis E-Mail Dalam Membahas Pengertian Alamat Email

Sebagaimana yang sudah Kami singgung dalam penjelasan tentang e-mail di atas, ini dapat diklasifikasikan dalam tiga jenis, yaitu:

  1. POP Mail
  2. Webmail
  3. Forward Mail

Di bawah ini adalah penjelasan daripada masing-masing jenis e-mail (alamat Email) tersebut.

a. POP Mail

Jenis e-mail yang pertama adalah POP atau Post Office Protocol Mail, ini adalah jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP atau Internet Service Provider yang mereka gunakan atau bisa juga sebuah perusahaan besar yang memberikan secara langsung kepada karyawan mereka.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian UI: Apa itu Antarmuka Pengguna dan User Interface Design? Jenis, Manfaat, Elemen serta Perbedaannya dengan UX!

b. Webmail

Berikutnya adalah jenis Webmail, ini adalah e-mail yang berbasis website. Pengguna Webmail hanya dapat membuka e-mail miliknya dengan membuka situs Webmail yang mereka gunakan.

c. Forward Mail

Yang terakhir adalah Forward Mail, ini adalah jenis layanan e-mail yang mem-forward dan meneruskan e-mail yang diterima oleh pengguna ke alamat yang lain. Biasanya Forward Mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti e-mail.

Manfaat E-Mail (Alamat Email)

Seperti penjelasan apa itu alamat Email di atas, manfaat Email secara umum yaitu adalah untuk mengirimkan pesan atau surat kepada orang lain. Selebihnya, berikut adalah beberapa manfaat dari e-mail:

1. Mengirim dan Menerima Pesan

Yang pertama, kegunaan e-mail yang paling umum adalah untuk mengirim dan menerima atau mendapatkan e-mail yang berasal dari orang lain dari manapun mereka berada.

2. Mengirim dan Menerima File

Berikutnya adalah mengirim dan menerima file. E-mail (alamat email) juga mampu untuk mengirimkan banyak jenis file arsip dan dokumen digital dengan ukuran besar yang berisi foto, video, teks, dan lain sebagainya. File Arsip tadi ditambahkan di pada bagian lampiran (attachment) dalam e-mail.

3. Sebagai Identitas Diri

E-mail juga berguna sebagai bukti pribadi atau identitas diri di internet dimana orang-orang lain bisa menghubungi pengguna e-mail melalui alamat e-mail miliknya.

Dalam banyak aspek, penggunaan e-mail bagi seseorang sudah menjadi sebuah kewajiban. E-mail sering kali menjadi hal yang wajib untuk proses aktivasi berbagai layanan digital, misalnya untuk aktivasi smartphone, aktivasi layanan berlangganan surat, dan lain sebagainya.

4. Mendaftar pada Berbagai Situs

Sebagian besar layanan website saat ini membutuhkan e-mail para penggunanya supaya dapat melakukan berbagai kegiatan dalam website. Mulai dari situs media sosial, e-commerce, game online, situs forum, dan berbagai macam layanan yang lainnya, mengharuskan pengguna untuk mendaftarkan e-mail mereka.

5. E-Mail untuk Media Pemasaran

Pemasaran Online atau yang lebih dikenal dengan istilah digital marketing sekarang banyak dilakukan dengan memanfaatkan e-mail. Dan sebagian besar pebisnis online melakukan pemasaran melalui e-mail untuk mengingkatkan penjualan mereka.

Komponen Khas Sistem Email

Sebagian besar distem e-mail menyertakan text editor (editor teks) yang beberapa mungkin masih belum sempurna untuk menulis pesan, tetapi banyak yang memungkinkan Anda mengedit pesan menggunakan editor yang Anda inginkan.

Beberapa sistem juga akan menyediakan pemformatan dasar, termasuk huruf tebal, miring, warna font, dan HTML. Anda dapat menggunakan program untuk mengirim pesan ke penerima dengan menentukan alamat penerima. Anda juga dapat mengirim pesan yang sama ke beberapa pengguna sekaligus. Ini disebut broadcasting atau penyiaran.

Pesan yang terkirim disimpan dalam kotak surat elektronik sampai penerima mengambil untuk melihatnya. Untuk melihat apakah Anda memiliki surat, Anda mungkin harus memeriksa kotak e-mail Anda secara berkala, meskipun banyak sistem memperingatkan Anda ketika surat diterima. Setelah membaca e-mail Anda, Anda dapat menyimpannya dalam file teks, meneruskannya ke pengguna lain, atau menghapusnya. Salinannya juga dapat dicetak pada printer jika Anda ingin salinan kertas.

Baca Juga :  Inilah Pengertian E-Government: Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Netiket E-Mail atau Email

Saat menulis pesan e-mail, penting untuk menggunakan netiket yang baik. Misalnya, Anda harus selalu menyertakan subjek yang merangkum topik e-mail yang juga bermanfaat untuk memulai setiap pesan dengan nama penerima dan mengakhiri pesan dengan nama atau “tanda tangan” Anda. Tanda tangan khas meliputi nama, alamat email, atau URL situs web Anda. Signature atau tanda tangan profesional dapat menyertakan nama dan jabatan perusahaan Anda juga.

Sebagian besar program e-mail memungkinkan Anda menyimpan banyak tanda tangan, yang dapat Anda masukkan di bagian bawah pada e-mail. Jika Anda ingin mengirim e-mail ke banyak penerima, Anda cukup menambahkan setiap alamat e-mail ke bagian header.

Namun, jika e-mail tersebut terutama ditujukan untuk satu orang, Anda harus menempatkan alamat tambahan di bidang “CC” (salinan karbon). Jika Anda mengirim E-Mail ke beberapa orang yang tidak saling kenal, yang terbaik adalah menggunakan bidang “BCC” (Blind Carbon Copy). Ini dapat menyembunyikan alamat e-mail masing-masing penerima, yang membantu Anda dalam mencegah Spam.

E-Mail atau Email?

Terkait dalam pembahasan pengertian e-mail (alamat email) disini, ada banyak teman-teman Kami yang menanyakan apa yang benar antara e-mail dan email? Mana penulisan yang benar e-mail atau ditulis email saja (tanpa tanda strip)?

E-mail (alamat email) sebenarnya, email awalnya ditulis “e-mail“, tetapi sekarang lebih umum ditulis sebagai “email” tanpa tanda hubung karena sudah banyak dikenal khalayak umum.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan dan penjelasan tentang Pengertian E-Mail, Apa itu Alamat Email? Cara Kerja, Proses Pengiriman, Jenis, Manfaat, Komponen Khas dan Netiketnya di atas, dapat Kita simpulkan bahwa, e-mail (alamat email) adalah pesan yang ditransfer melalui jaringan komunikasi internet. Pesan yang akan dikirim dimasukkan dengan bantuan perangkat input. E-mail sekarang beroperasi di internet, dan sebagian besar perangkat sekarang yang memiliki daya komputasi yang baru kini hadir dengan sistem e-mail.

Penutup

Demikianlah penjelasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian E-Mail, Apa itu Alamat Email? Cara Kerja, Proses Pengiriman, Jenis, Manfaat, Komponen Khas dan Netiketnya yang dibahas secara lengkap. Semoga tulisan Kami kali ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini atau hubungi Kami pada halaman kontak untuk informasi lebih lanjut.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini agar kerabat dan teman-teman Anda juga dapat menambah wawasan mereka. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar