Memahami Pengertian Text Editor: Apa itu Editor Teks? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Fitur, Contoh serta Perbedaannya dengan Word Processor!

0
Gambar Pengertian Text Editor Apa Itu Editor Teks Sejarah Tujuan Dan Fungsi Jenis Fitur Contoh Serta Apa Perbedaannya Dengan Word Processor
Gambar Pengertian Text Editor Apa Itu Editor Teks Sejarah Tujuan Dan Fungsi Jenis Fitur Contoh Serta Apa Perbedaannya Dengan Word Processor

Tahukah Anda, Pengertian Text Editor, Apa itu Editor Teks? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Fitur, Contoh serta Apa Perbedaannya dengan Word Processor! Sebagai seorang pembuat kode, menemukan editor teks yang berfungsi dan favorit untuk Anda sangat penting. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakannya tanpa itu. Perlu kalian ketahui bahwa editor teks digunakan oleh beragam orang, dan tentunya untuk berbagai macam jenis tujuan. Pemrogram perangkat lunak dan pengembang web menggunakan editor teks untuk menulis dan mengedit dalam bahasa pemrograman dan markup.

Benar sekali, apa yang Kami sebutkan di atas adalah salah satu tujuan utama editor teks, dan banyak fitur perangkat lunak pengedit teks dibangun untuk membantu para user (pengguna) tersebut untuk membaca dan menulis kode atau coding. Namun, editor teks adalah alat yang ideal bagi siapa saja yang perlu menulis dengan cepat dan sederhana, membaca kode sumber, atau membuat file teks. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian text editor serta perbedaannya dengan word processor. Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Text Editor

Text editor adalah program pengolah kata apa pun yang dapat Anda gunakan untuk mengetik dan mengedit teks berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

Dalam dunia programming (baca pengertian programming disini), teks atau text editor menjadi tools atau alat yang sangat berguna karena tergantung pada modul pra-instal di dalamnya.

Mereka dapat membantu Anda dengan sintaks bahasa apa pun yang sedang Anda kerjakan, atau secara otomatis melengkapi nama metode dan deklarasi untuk Anda.

Word Pad dan NotePad untuk Windows, SimpleText dan TextEdit untuk Mac adalah contoh aplikasi teks editor yang umum.

Apa itu Editor Teks?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan editor teks ini? Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam pengertian text editor di atas, ini lebih dikenal dengan istilah kata text editor ketika masuk ke dunia pemrograman serta dalam istilah global.

Editor teks adalah program yang memungkinkan Anda untuk membuka, melihat, dan mengedit file teks biasa.

Secara umum, editor mengacu pada program apa pun yang mampu mengedit file (baca pengertian file disini).

Contoh yang baik adalah editor gambar, seperti Adobe Photoshop, dan editor suara, seperti Audacity.

Istilah editor umumnya digunakan untuk merujuk ke editor teks, yang merupakan program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat atau memanipulasi file komputer teks biasa.

Mereka sering digunakan di bidang pemrograman komputer.

Program yang lebih besar seperti Microsoft Word dan Word Perfect juga sering disebut sebagai text editor, tetapi mereka memiliki lebih banyak fitur.

Anda benar-benar dapat menulis kode HTML dan membuat halaman HTML (baca selengkapnya tentang pengertian HTML disini) dengan teks atau text editor sederhana, selama Anda tahu sintaks HTML yang benar.

Teks atau text editor berbeda dengan pengolah kata (yang lebih dikenal dengan word processor), editor teks tidak menambahkan pemformatan ke teks, melainkan berfokus pada fungsi pengeditan untuk teks biasa.

Apa itu Rich Text Editor?

Kemudian, ada juga istilah dan sebutan rich text editor. Ini adalah alat yang terdapat pada sebagian besar area sistem di mana teks dapat dimasukkan, Anda dapat mengontrol tampilan teks Anda menggunakan editor kaya teks.

Rich text editor kadang-kadang juga disebut dengan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get atau Apa yang Anda Lihat Adalah Apa yang Anda Dapatkan).

Toolbar rich text biasanya memiliki ikon untuk mengedit dan memformat teks Anda.

Anda dapat menggunakan editor teks kaya untuk memasukkan gambar, tautan, audio dan video serta teks.

Editor kaya teks atau rich text editor didasarkan pada aplikasi sumber terbuka yang disebut CKEditor.

Sejarah Text Editor (Editor Teks)

Ilustrasi Gambar Sejarah Teks Atau Text Editor Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Pengedit Teks
Ilustrasi Gambar Sejarah Teks Atau Text Editor Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Pengedit Teks

Agar lebih memahami tentang pengertian dan arti dari istilah text editor, pastinya kita juga harus mengetahui paling tidak sedikit hal terkait sejarahnya bukan?

Benar, sebelum teks atau text editor ada, teks komputer dimasukkan ke dalam kartu dengan mesin Keypunch.

Keypunch machine adalah kotak-kotak fisik dari kartu-kartu kardus tipis ini kemudian dimasukkan ke dalam card-reader.

Pita magnetik dan file disk “card-image” yang dibuat dari dek kartu seperti itu sering tidak memiliki karakter pemisahan garis sama sekali, dan mengasumsikan catatan 80 karakter dengan panjang yang sama.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Negosiasi: Menurut Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Jenis dan Contohnya!

Text editor pertama adalah “editor line atau baris” yang berorientasi pada terminal gaya teleprinter atau mesin ketik tanpa tampilan.

Ketika terminal komputer dengan layar video menjadi tersedia dan dapat digunakan, teks atau text editor berbasis layar (kadang-kadang disebut hanya “screen editor”) menjadi umum.

Salah satu editor full screen (layar penuh) paling awal adalah O26, yang ditulis untuk konsol operator komputer seri 6000 CDC pada tahun 1967.

Editor layar penuh lainnya adalah vi. Ditulis pada tahun 1970-an, ini masih merupakan editor standar pada sistem operasi Unix dan Linux.

Juga, yang ditulis pada tahun 1970-an adalah UCSD Pascal Screen Oriented Editor, yang dioptimalkan baik untuk kode sumber indentasi maupun teks umum.

Emacs, salah satu proyek software (perangkat lunak) bebas dan sumber terbuka pertama yang merupakan editor full screen atau real-time lainnya.

Kemudahan penggunaan dan kecepatan editor layar penuh (dibandingkan dengan editor berbasis baris atau lini) memotivasi banyak pembelian awal terminal video.

Struktur data inti dalam text editor adalah struktur yang mengelola string (urutan karakter) atau daftar catatan yang mewakili status file yang sedang diedit.

Sementara yang pertama dapat disimpan dalam satu bentuk “array” karakter yang panjang berturut-turut, keinginan untuk text editor yang dapat lebih cepat menyisipkan teks, menghapus teks, dan me-undo (membatalkan) atau me-redo (mengulang) suntingan sebelumnya menyebabkan pengembangan struktur data urutan yang lebih rumit.

Pengolah kata non-WYSIWYG, seperti WordStar, terbilang lebih mudah digunakan sebagai teks editor biasa, dan sudah umum digunakan pada tahun 1980-an.

Format file default dari pengolah kata ini biasanya menggunakan bahasa markup, dengan format dasar berupa teks biasa dan format visual yang dibuat menggunakan karakter kontrol.

Teks editor digunakan hingga sekarang ini terutama di tahun 2020, baik untuk menulis kode atau untuk mengedit teks lainnya pada file.

Tujuan dan Fungsi Teks atau Text Editor

Dalam membahas mengenai apa itu text editor, adalah merupakan hal yang penting bagi Kami untuk mjuga menjelaskan apa sebenarnua tujuan dan fungsinya sendiri.

Memang, sudah merupakan hal yang jelas bahwa tujuan utamanya adalah untuk mengedit teks. Namun, mengapa ada editor teks ketika kita memiliki word processor (pengolah kata) atau IDE dan lainnya?

Ya, jawabannya adalah karena text editor bekerja pada teks biasa. Mereka tidak peduli tentang pemformatan dan elemen gaya lainnya.

Tujuan teks atau text editor adalah untuk melakukan pengeditan pada teks. Program komputer, halaman website (baca pengertian website disini), aplikasi, dan banyak hal hebat lainnya dibuat dari teks.

Editor teks juga populer untuk penulis yang tidak ingin mengambil risiko vendor lock-in.

Kemudian, untuk fungsinya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa teks atau text editor menyediakan perintah menu file standar untuk membuat file teks baru, membuka, menutupnya, serta menyimpannya kedalam bentuk file yang biasanya berekstensi .txt.

Menu edit berisi fungsi untuk memotong, menyalin, dan menempelkan teks, selain untuk menemukan dan mengganti untuk menemukan string teks.

Selain itu, Anda juga dapat menjalankan dialog font (baca pengertian font disini) standar dengan mengklik format kemudian gaya huruf.

Jenis-Jenis Text Editor

Gambar Jenis Jenis Text Editor Dan Fiturnya Dalam Membahas Pengertian Pengedit Teks
Gambar Jenis Jenis Text Editor Dan Fiturnya Dalam Membahas Pengertian Pengedit Teks

Setelah kita mengetahui apa pengertian, sejarah, tujuan dan fungsi text editor di atas, maka kita juga harus mengenal apa saja jenis-jenis dan macamnya.

Beberapa teks atau text editor adalah berukuran kecil dan sederhana, sementara yang lain menawarkan fungsi yang luas dan kompleks.

Sistem Microsoft Windows hadir dengan Notepad sederhana, lebih banyak orang terutama programmer, lebih menyukai editor lain dengan lebih banyak fitur.

Adapun beberapa jenis-jenis dan macam teks atau text editor yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

a. Line Editors

Jenis dan macamnya yang pertama adalah baris atau line editor. Dalam macam ini, Anda hanya dapat mengedit satu baris pada satu waktu atau jumlah baris yang tidak terpisahkan.

Anda tidak dapat memiliki urutan karakter yang mengalir bebas. Jenis ini akan mengurus hanya satu barisnya saja.

Contohnya adalah seperti Teleprinter, Edlin, Teco.

b. Stream Editors

Dalam jenis aliran atau stream editors ini, file diperlakukan sebagai aliran atau urutan karakter yang berkelanjutan alih-alih nomor baris, yang berarti di sini Anda dapat mengetik paragraf.

Adapun contohnya adalah seperti editor Sed pada sistem operasi UNIX.

c. Screen Editors

Berikutnya adalah jenis layar atau screen editors. Dalam jenis editor ini, pengguna dapat melihat kursor di layar dan dapat membuat operasi salin, potong, tempel dengan mudah.

Ini terbilang sangat mudah untuk menggunakannya bersamaan dengan pointer Mouse.

Adapun contohnya adalah seperti aplikasi Vi, Emacs dan Notepad.

d. Word Processor

Berikutnya adalah pemroses (pengolah) kata atau word processor. Ini mengatasi keterbatasan editor screen (layar) serta memungkinkan seseorang untuk menggunakan beberapa format untuk menyisipkan gambar, file, video, menggunakan font, ukuran, fitur style atau gaya.

Baca Juga :  Ini Dia 10 Alternatif Adobe After Effects Terbaik untuk Windows, Linux dan Mac (Gratis dan Berbayar)!

Ini terutama berfokus pada natural language (bahasa alami).

Contohnya adalah seperti Microsoft Office Word dan WPS Office Word.

e. Structure Editors

Editor struktur atau structure editor adalah pengedit yang berfokus pada bahasa pemrograman. Ini menyediakan fitur untuk menulis dan mengedit kode sumber.

Contohnya adalah seperti aplikasi Dreamwaver, Netbeans IDE dan gEdit.

f. Full Screen Editors

Di komputer, editor layar penuh, bebas gangguan, distraction-free atau full screen editor adalah pengedit teks yang menempati tampilan penuh dengan tujuan mengesampingkan pengguna dari OS dan aplikasi lain.

Ini membantu pengguna untuk fokus pada penulisan saja dan tidak terganggu oleh aplikasi lain dan antarmuka yang berantakan.

Seringkali editor layar penuh memiliki latar belakang gelap dan bidang teks dengan teks berwarna terang. Mereka termasuk antarmuka yang dapat disesuaikan dan fitur seperti jumlah kata.

Contohnya adalah seperti program Acme, Coderoom dan FocusWriter.

g. Multiple Window Editors

Yang terakhir adalah jenis multiple window editor. Ini adalah pengedit yang memungkinkan Anda untuk mengerjakan lebih dari satu file satu file sekaligus dan memotong dan menempelkan teks dari file ke file lain melalui menarik dan meletakkan.

Dua konsep dasar yang ada di belakang editor multi-jendela adalah Buffer dan sistem operasi Windows.

Fitur-Fitur Text Editor

Selain dari apa yang sudah Kami jelaskan di atas, pada pengertian text editor, sejarah serta tujuan dan fungsinya di atas, beberapa teks atau text editor dapat menginstal file besar yang tidak biasa seperti file log atau seluruh database yang ditempatkan dalam satu file.

Bentuknya yang lebih sederhananya, mungkin hanya membaca file ke dalam memori utama komputer. Sedangkan dengan file yang lebih besar, hal itu mungkin akan dijalankan melalui proses yang lambat.

Fitur yang biasanya dikaitkan dengan editor teks adalah seperti memindahkan kursor, menghapus, mengganti, menempel, menemukan, menemukan dan mengganti, menyimpan dan lainnya.

Berikut ini adalah berbagai macam fitur dari teks atau text editor yang perlu kalian ketahui:

  • Search and replace (cari dan ganti); Teks atau text editor menyediakan fasilitas luas untuk mencari dan mengganti teks, baik dalam kelompok file atau secara interaktif. Editor tingkat lanjut dapat menggunakan ekspresi reguler untuk mencari dan mengedit teks atau kode.
  • Cut (potong), copy (salin), dan paste (tempel); Kebanyakan pengedit teks menyediakan metode untuk menggandakan dan memindahkan teks di dalam file, atau di antara file
  • Text formatting; Menyediakan fitur pemformatan dasar seperti pembungkus baris, indentasi otomatis, pemformatan daftar peluru menggunakan karakter ASCII, pemformatan komentar, penyorotan sintaksis dan sebagainya serta serta kemampuan untuk menangani teks yang disandikan UTF-8.
  • Undo dan redo; Seperti halnya pengolah kata, mereka juga menyediakan cara untuk membatalkan dan mengulang pengeditan terakhir, atau lebih. Seringkali terutama dengan text editor yang lebih lama hanya ada satu tingkat riwayat edit yang diingat dan secara berturut-turut mengeluarkan perintah undo hanya akan “mengganti” perubahan terakhir. Editor modern atau lebih kompleks biasanya menyediakan riwayat multi-level sehingga dapat mengeluarkan perintah undo berulang kali akan mengembalikan dokumen ke suntingan yang lebih lama secara berturut-turut.
  • Definisi macro atau procedure; Adalah untuk mendefinisikan perintah atau fitur baru sebagai kombinasi dari perintah sebelumnya atau makro lainnya, mungkin dengan parameter yang diteruskan, atau dengan bersarangnya makro.
  • Pengeditan multi-file; Kemampuan untuk mengedit banyak file selama sesi edit, mungkin mengingat kursor baris saat ini dari setiap file, untuk memasukkan teks berulang ke dalam setiap file, memindahkan teks di antara file, dan lain sebagainya.
  • Transformasi data; Membaca atau menggabungkan konten file teks lain ke dalam file yang sedang diedit. Beberapa teks atau text editor menyediakan cara untuk memasukkan output dari perintah yang dikeluarkan ke shell sistem operasi. Juga, fitur case-shifting yang dapat diterjemahkan menjadi huruf kecil atau besar.
  • Pemfilteran; Beberapa pengedit teks tingkat lanjut memperbolehkan editor untuk mengirim semua atau sebagian file yang sedang diedit ke utilitas lain dan membaca hasilnya kembali ke file sebagai pengganti baris yang “difilter” yang berguna untuk menyortir serangkaian garis secara alfabet atau numerik, melakukan perhitungan matematis, indentasi kode sumber, dan sebagainya.
  • Penyorotan sintaksis; Menyoroti secara kontekstual kode sumber, bahasa markup, file konfigurasi dan teks lain yang muncul dalam format yang terorganisir atau dapat diprediksi. Editor teks umumnya memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan warna atau gaya yang digunakan untuk setiap elemen bahasa. Beberapa text editor juga memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menggunakan tema untuk mengubah tampilan dan nuansa dari seluruh antarmuka pengguna editor.
  • Extensibility; Ini dimaksudkan untuk digunakan oleh programmer yang menyediakan beberapa mekanisme plugin, atau dapat skrip, sehingga seorang programmer dapat menyesuaikan editor dengan fitur yang diperlukan untuk mengelola proyek perangkat lunak individu, menyesuaikan fungsi atau ikatan kunci untuk bahasa pemrograman tertentu atau sistem kontrol versi, atau sesuai dengan gaya pengkodean tertentu.
Baca Juga :  Pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) dan Fungsinya

Contoh Text Editor (Editor Teks)

Sekarang kalian pasti sudah dapat menggambarkan seperti apa aplikasi text editor bukan? Jika belum, kalian dapat melihat daftarnya di bawah ini agar lebih memahaminya.

Berikut ini adalah beberapa contoh teks atau text editor yang sering digunakan dan biasanya sudah disediakan oleh masing-masing operating system (sistem operasi):

  • Notepad dan WordPad; Aplikasi yang disediakan oleh Microsoft Windows dan termasuk editor teks.
  • TextEdit; Editor teks untuk komputer Apple.
  • Emacs; Editor teks untuk semua platform yang merupakan text editor powerfull (kuat) setelah Anda mempelajari semua perintah dan opsinya.
  • Vi dan Vim; Pengedit hebat lainnya terutama digunakan dengan Linux tetapi juga tersedia dengan beberapa platform (baca pengertian platform disini).
  • Word; Pengolah kata untuk komputer Windows dan Apple.
  • Writer; Editor teks dan pengolah kata simple.
  • Ed; Editor segala file pada sistem Unix-like.
  • Microsoft edit; Editor teks dalam MS-DOS.
  • NEdit; Adalah pengedit teks grafis.
  • Pico; Editor teks yang berbasis konsol.
  • Notepad++; Teks atau text editor favorit kebanyakan programmer, ini adalah merupakan alternatif yang bagus untuk Windows Notepad.
  • TextPad; Editor teks gratis atau shareware.

Perbedaan Text Editor dengan Word Processor

Dalam membahas mengenai apa itu arti editor teks, perlu kalian ketahui bahwa biasanya kedua kata text editor dengan word processor seringkali digunakan untuk maksud yang sama.

Sebelumnya, perlu Kami tekankan disini bahwa ada banyak keadaan yang berbeda di mana seseorang harus bekerja dengan teks.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali penggunaan software (perangkat lunak) berbasis teks yang dimaksudkan.

Program-program ini umumnya terbagi dalam 2 (dua) kategori, yaitu word processor (pemroses atau pengolah kata) dan teks atau text editor.

Ketika bekerja dengan data berbasis teks, terutama dalam humaniora digital, editor teks seringkali merupakan pilihan yang jauh lebih baik.

Mereka membuat file nonproprietary yang dapat ditransfer antara sistem operasi tanpa perlu perangkat lunak perantara.

Selain itu, baik file yang dibuat oleh text editor itu sendiri mengambil jumlah memori yang sangat besar dibandingkan dengan pengolah kata.

Pada akhirnya, mengenai data (baca pengertian data disini), banyak program akan memungkinkan file editor teks untuk digunakan sebagai input.

Dan tentunya tidak demikian dengan file pengolah kata, dengan formatnya yang umumnya membuatnya tidak dapat dibaca oleh program lain.

Teks atau text editor menyoroti garis-garis penting atau teks selama penulisan program seperti idle untuk bahasa pemrograman Python dan lain sebagainya.

Mereka bekerja seperti editor teks dan membantu pengguna untuk membandingkan antara sintaks dan teks normal.

Sedangkan pemroses atau pengolah kata (word processos) tidak menyorot, ini bertindak natural atau alami.

Kesimpulan

Baiklah, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Text Editor, Apa itu Editor Teks? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Fitur, Contoh serta Apa Perbedaannya dengan Word Processor di atas, dapat kita simpulkan bahwa teks atau text editor adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit file yang hanya berisi teks. Sebagai contoh misalnya, file .batch dan program bahasa sumber. Editor teks menghasilkan file teks ASCII atau EBCDIC mentah, dan tidak seperti pengolah kata, mereka mungkin tidak mendukung pemformatan (bungkus kata, font, tebal, miring, dan lainnya).

Editor yang merupakan bagian dari lingkungan pengembangan dirancang untuk menulis source code dan memberikan indentasi otomatis dan beberapa jendela ke dalam file yang sama. Mereka juga menampilkan kata-kata yang dicadangkan dari bahasa pemrograman tertentu dalam huruf tebal atau dalam jenis huruf yang berbeda, dan salah satu dari kode layout (tata letak) yang tertanam dalam file yang dilewati ketika program dikompilasi.

Penutup

Demikianlah tulisan dan postingan Kami disini yang membahas tentang Pengertian Text Editor, Apa itu Editor Teks? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Fitur, Contoh serta Apa Perbedaannya dengan Word Processor kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam belajar teknologi informasi.

Jangan lupa like, share dan subscribe dengan memasukkan e-mail Anda serta berikan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar