Inilah 20+ Online Web Tools (Alat Web) Freelancer, Writer, dan Blogger Terbaik untuk Mendapatkan Ide Baru, Membuat Judul Menarik, Gambar Sharable, Menulis tanpa Takut Salah, dan Lainnya!

Apa Saja Online Web Tools Alat Freelancer Writer Dan Blogger Terbaik Untuk Mendapatkan Ide Baru Membuat Judul Yang Menarik Gambar Sharable Menulis Tanpa Takut Salah Dan Banyak Lainnya
Apa Saja Online Web Tools Alat Freelancer Writer Dan Blogger Terbaik Untuk Mendapatkan Ide Baru Membuat Judul Yang Menarik Gambar Sharable Menulis Tanpa Takut Salah Dan Banyak Lainnya

Apa Saja Online Web Tools (Alat) Freelancer, Writer, dan Blogger Terbaik untuk Mendapatkan Ide Baru, Membuat Judul yang Menarik, Gambar Sharable, Menulis tanpa Takut Salah?

Benar, seperti yang kita ketahui, penulis lepas saat ini merupakan salah satu karir dengan pertumbuhan tercepat di industri penulisan konten.

Populernya karir ini tentunya tidak terlepas dari berbagai manfaatnya seperti tidak ada rutinitas kantor yang teratur, tidak ada perjalanan harian, dan kebebasan untuk bekerja dari sudut mana pun di dunia.

Memang, jika Anda melihat ke dalam dunia freelancer writer, Anda akan melihat bahwa sebagai penulis lepas tentunya harus mahir dapat banyak hal.

Mereka seringkali diperlukan untuk mengelola klien yang ada dan mencari klien baru, menghasilkan ide, topik penelitian, mengelola bisnis Anda, menangani keuangan dan, dengan semua ini, menghasilkan konten yang berkualitas.

Yup! Karena itulah bekerja dengan satu alat saja tidak cukup.

Sekarang ini banyak alat online yang dapat kita manfaatkan sebagai freelancer di mana beberapa alat terbaiknya akan kita bahas lebih lanjut di bawah.

Oke langsung saja, mari kita lihat apa saja web tools atau alat web online terbaik yang berguna untuk freelancer, writer, blogger, bisnis, kantoran, dan lain sebagainya untuk meningkatkan produktivitas kita?

Baiklah, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini.

Apa itu Web Tools (Alat Web)?

Pengertian web tools atau alat web secara sederhana adalah jenis aplikasi berbasis web, seperti aplikasi web yang dapat digunakan untuk mempermudah keperluan pengguna, dan biasanya dapat diakses secara online.

Alat web dapat berisi satu atau lebih alat yang menggunakan data input yang dimasukkan dalam aplikasi klien, memprosesnya, dan mengembalikan output (keluaran) dalam bentuk teks, fitur, peta, laporan, atau file.

Adapun beberapa contoh dari situs online web tools atau alat web terbaik adalah seperti website AlatWeb.com.

Apa itu Writer, Freelancer, dan Blogger?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Alat Atau Web Tools Dan Freelancer Writer Serta Blogger
Ilustrasi Gambar Apa Itu Alat Atau Web Tools Dan Freelancer Writer Serta Blogger

Lalu, apa itu writer, freelancer, dan blogger?

Sebelum kita membahas lebih lanjut terkait apa saja web tools (alat web) freelancer, writer, dan blogger terbaik untuk mendapatkan ide baru, membuat judul yang menarik, gambar sharable, menulis tanpa takut salah, dan lainnya, mari kita bahas terlebih dahulu terkait pengertian dan artinya masing-masing.

Oke, kita mulai dengan yang pertama, freelancer atau pekerja lepas adalah individu yang menghasilkan uang berdasarkan per pekerjaan atau per tugas, biasanya untuk pekerjaan jangka pendek.

Seorang pekerja lepas bukanlah karyawan suatu perusahaan dan oleh karena itu mungkin bebas untuk menyelesaikan pekerjaan yang berbeda secara bersamaan oleh berbagai individu atau perusahaan kecuali secara kontrak berkomitmen untuk bekerja secara eksklusif sampai proyek tertentu selesai.

Lalu, untuk writer yang berarti penulis (dalam bahasa Indonesia), ini merupakan orang yang menulis buku, cerita, atau artikel sebagai pekerjaan atau pekerjaan biasa.

Secara khusus, writer ini terdiri dari berbagai macam tipe jenis, yakni:

  1. Web content writer.
  2. Technical writer.
  3. Business writer.
  4. Newspaper atau periodical writer.
  5. Instructional atau curriculum writer.

Next, yang terakhir yaitu untuk blogger sendiri adalah seseorang yang secara teratur menulis materi untuk sebuah blog.

20+ Online Web Tools (Alat) Freelancer, Writer, dan Blogger Terbaik untuk Mendapatkan Ide Baru, Membuat Judul yang Menarik, Gambar Sharable, Menulis tanpa Takut Salah, serta Lainnya yang Berguna dalam Hal Produktivitas

Gambar Dari Berbagai Macam Online Web Tools Atau Alat Web Untuk Freelancer Writer Blogger Dan Bisnis Terbaik
Gambar Dari Berbagai Macam Online Web Tools Atau Alat Web Untuk Freelancer Writer Blogger Dan Bisnis Terbaik

Baiklah, jadi apa saja alat-alat yang berguna khususnya bagi para freelancer, writer, blogger, dan bahkan bisnis sekalipun?

Oke, di bawah ini adalah beberapa web tools atau alat web online yang sudah Kami riset dan terapkan secara pribadi, dan yang pastinya akan berguna untuk produktivitas pengguna internet.

1. Grammarly​

Tools atau alat web online freelancer, writer, blogger, dan bisnis terbaik pertama yang akan Kami jelaskan dalam postingan kali ini yaitu adalah Grammarly.

Baca Juga :  Inilah 10 Alternatif Windows Magnifier Terbaik dan Gratis untuk Memperbesar Ukuran Layar Windows 10, 8 dan 7!

Ini adalah pemeriksa tata bahasa paling populer dan akurat di dunia.

Yup! Ini memindai teks Anda untuk penggunaan yang tepat dari aturan tata bahasa tingkat lanjut, mengoreksi ejaan, menyarankan sinonim dan meningkatkan kosa kata Anda.

Selain itu, Grammarly juga berfungsi di program atau editor teks apa pun yang Anda gunakan.

Walaupun saat ini versinya hanya tersedia untuk penulisan bahasa Inggris, namun kedepannya update atau pembuaruannya Kami yakin juga pasti akan mencakup bahasa Indonesia.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip adalah seperti ProWritingAid, Linguix, dan Outwrite.

2. Canva​

Berikutnya yaitu ada Canva.

Ini merupakan alat online hebat yang memungkinkan Anda membuat segala jenis gambar termasuk gambar, posting blog, presentasi, posting Facebook dan Instagram, sampul untuk akun media sosial, resume, surat, situs web satu laman (one page) dan banyak lagi.

Benar! Anda dapat menambahkan teks pada gambar Anda, menggunakan templat gambar yang sudah jadi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda menggunakan editor online yang mudah.

Platform ini juga tersedia untuk iOS, dan selain itu ada berbagai cara, tips, dan trik gratis dalam menggunakan Canva.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip yaitu seperti EditGambar.com, Lunapic, Free Online Image Editor, dan PicMonkey.

Kalian dapat melihat beberapa alternatif terbaik Canva yang sudah Kami buktikan cukup mirip di sini.

3. Hemmingway​

Kemudian, ada Hemmingway.

Yup! Menulis bukan hanya tentang mengetahui frase menangkap dan memamerkan kosa kata Anda yang luas.

Tugas Anda adalah membuat teks Anda dapat dibaca dan mudah dipahami.

Tentu! Hemmingway akan membantu Anda melakukannya, karena ini menyoroti kalimat kompleks, menyarankan alternatif untuk kata yang lebih besar, dan banyak lagi.

Tools atau alat alternatif sejenis lainnya yang mirip Hemmingway adalah seperti Ginger software, Slick Write, dan WhiteSmoke.

4. Ahrefs Site Explorer​

Cocok untuk para freelancer, khususnya blogger, Ahrefs adalah alat pemasaran populer yang membantu Anda meneliti tautan balik, lalu lintas organik, dan kata kunci.

Selain itu alat ini juga menghasilkan laporan yang menunjukkan konten pesaing Anda yang paling berhasil di Google dan di media sosial.

Data tersebut bisa sangat berguna bagi penulis dalam membuat ide artikel atau postingan blog baru.

Well, perlu kalian ketahui bahwa alat ini sebenarnya berbayar, tetapi ada uji coba gratis (free trial) selama 2 minggu yang dapat kalian manfaatkan.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip Ahrefs yaitu seperti Keywordtool.io, SE Ranking, WebCEO, dan Serpstat.

5. CoSchedule’s Headline Analyzer​

Tools atau alat web online freelancer, writer, blogger, dan bisnis terbaik ke-6 (enam) yang akan Kami jelaskan di sini yaitu Headline Analyzer.

Ini adalah alat unik yang menawarkan Anda untuk memeriksa skor headline Anda.

Ini juga akan memberi tahu Anda analisis tentang seberapa banyak kata umum, tidak biasa, kuat, dan emosional yang dimiliki judul Anda, menunjukkan bagaimana tampilannya di Google, dan memberikan beberapa kiat untuk meningkatkannya.

Alat online ini tentunya sangat berguna dalam mendapatkan ide, serta kita sebagai writer atau penulis tidak perlu takut lagi ada tulisan atau kata yang salah dalam jugul artikel kita.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip yaitu seperti Capitalize My Title dan IsItWP Headline Analyzer.

6. MonsterInsights

Alat lainnya, khusus untuk para blogger yaitu MonsterInsights.

Ini adalah plugin Google Analytics paling populer untuk WordPress.

Dengan MonsterInsights, Anda dapat dengan mudah menghubungkan situs WordPress Anda ke Google Analytics hanya dalam beberapa klik.

MonsterInsights membantu Anda menemukan cara pengunjung menemukan dan menggunakan situs Anda, sehingga Anda dapat membuat mereka kembali lagi.

MonsterInsights menunjukkan kepada Anda metrik e-commerce penting seperti pendapatan total, rasio konversi, nilai pesanan rata-rata, produk teratas, sumber rujukan teratas, dan banyak lagi.

Beberapa alat sejenis lainnya yang mirip MonsterInsights yaitu seperti Google Analytics, Semrush, Heap, dan Mixpanel.

7. Wordy​

Lalu, ada juga Wordy, ini merupakan situs yang menyediakan layanan pengeditan manusia secara real-time.

Kirimkan saja konten Anda dan tunggu hingga beberapa editor mengklaim bahwa pekerjaan telah selesai.

Selain itu, alat keren ini memberi Anda akses ke editor dari semua zona waktu utama, sehingga Anda bisa mendapatkan teks yang diedit dengan sangat cepat.

Baca Juga :  System Analysis: Pengertian, Apa itu System Analyst? Tujuan dan Fungsi, Macam Manfaat, Cara serta Bedanya dengan Programmer!

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip yaitu seperti WordsRU, Scribbr, dan Research Square.

8. Streak​

Jenis macam alat yang ke-8 (delapan) yaitu Streak.

Ini adalah ekstensi Google Mail (GMail) sederhana yang memungkinkan Anda melacak e-mail terkirim.

Tools ini memberi tahu Anda ketika penerima membuka e-mail Anda, yang bisa sangat berguna untuk mengirim posting tamu dan mencari klien.

Anda juga dapat menjadwalkan e-mail untuk dikirim nanti, membuat cuplikan, dan menambahkan pintasan.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip adalah seperti Mailtrack, Snov, dan GMass.

9. Copyscape​

Plagiarisme adalah masalah umum dalam bisnis penulisan.

Yup! Jadi, aplikasi Copyscape ini dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah artikel tersebut asli dan unik.

Alat ini tentunya bisa menjadi sangat berguna ketika Anda akan mempublikasikan posting tamu di blog Anda atau membeli beberapa posting yang sudah jadi.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip adalah seperti Duplichecker, PaperRater, dan Copyleaks.

10. WordCounter​

Ilustrasi Gambar Seorang Freelancer Writer Dan Blogger Dalam Membahas Online Web Tools Atau Alat Terbaik Yang Berguna Untuk Produktivitas
Ilustrasi Gambar Seorang Freelancer Writer Dan Blogger Dalam Membahas Online Web Tools Atau Alat Terbaik Yang Berguna Untuk Produktivitas

Semakin banyak Anda menggunakan beberapa kata tertentu, tulisan kita juga dapat menjadi tidak efektif.

Penghitung kata WordCounter dapat membantu Anda memperbaiki pengulangan kata dengan cepat.

Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan teks Anda ke dalam blok, memeriksa pengaturan dan alat ini akan menunjukkan kata-kata yang terlalu sering digunakan, sehingga Anda dapat menggantinya.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip atau sejenis yaitu seperti Converter Konverter Huruf, Textdif, NimbleText, dan Text Mechanic.

11. Focus Booster​

Ke-11 (sebelas), ada Focus Booster.

Ini adalah pengatur waktu online yang dibuat khusus untuk pekerja lepas (para freelancer) berdasarkan teknik pelacakan waktu Pomodoro.

Apa itu? Teknik pomodoro adalah metode yang mengandalkan waktu kerja 25 menit dan istirahat 5 menit dan seterusnya.

Benar, ini membantu Anda memisahkan tugas dan tetap lebih produktif.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip atau sejenis yaitu seperti Online Stopwatch, Countdown Timer, dan Timer.

12. Write Room​

Write Room adalah alat untuk pengguna Mac yang memberikan zona bebas gangguan untuk menulis.

Menampilkan latar belakang yang benar-benar hitam dan tidak ada pilihan menu, ini membantu Anda untuk fokus menulis tanpa kehilangan konsentrasi.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip dengan Write Room yaitu seperti Freewrite, FocusWriter, dan OmmWriter.

13. Dark Room​

Well, jangan berpikir yang tidak-tidak karena melihat arti nama ya teman-teman.

Yup! DarkRoom yang merupakan zona penulisan bebas gangguan yang sama, tetapi untuk pemilik PC (Windows).

Memang, ini sebenarnya tiruan dari Write Room yang digunakan untuk memberikan lingkungan penulisan khusus terutama untuk pengguna Windows.

Tools atau alat alternatif lainnya mirip aplikasi Dark Room yang dapat kalian coba yaitu seperti Q10, WriteMonkey 1, dan Write!

14. Google Keep​

Google Keep adalah aplikasi berguna lainnya yang memungkinkan Anda membuat catatan cepat, daftar periksa, atau menuliskan ide-ide Anda.

Di sini, bahkan ada kotak pencarian untuk menelusuri catatan Anda dengan cepat.

Ini memiliki kulit minimalis, tetapi sebenarnya adalah aplikasi catatan berfitur lengkap, serta tersedia untuk Android, iOS, Chrome, dan Web.

Benar! Anda dapat merekam audio dan mengontrol aplikasi dengan suara Anda.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip seperti Google Keep adalah Web Micropad, TreeSheet, dan Boost Note.

15. Skitch

Untuk memberi anotasi pada tangkapan layar, dokumen, atau gambar, Anda dapat memanfaatkan dan menggunakan Skitch oleh Evernote.

Alat untuk Mac, iPhone, dan iPad ini membuatnya sangat sederhana dan mudah untuk menambahkan panah, teks, perangko, dan lainnya ke gambar dan dokumen.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip Skitch Evernote adalah seperti Greenshot, Lightshot, dan PicPick.

16. Pexels​

Tools atau alat web online freelancer, writer, blogger, dan bisnis terbaik lainnya yaitu Pexels.

Ini adalah salah satu direktori gambar gratis terbesar yang menawarkan gambar berkualitas tinggi untuk artikel dan posting blog Anda.

Pexels telah mengumpulkan foto dari banyak situs gambar dan fotografer gratis lainnya di bawah satu atap.

Yup! Anda dapat menggunakan kotak pencarian untuk menemukan gambar yang Anda butuhkan.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip sejenis adalah seperti Pixabay, Unsplash, dan Flickr.

17. TextExpander​

TextExpander adalah alat hebat yang menggantikan kata atau beberapa huruf dengan apa pun yang Anda inginkan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Viewport: Apa itu Mobile Viewport? Tujuan dan Fungsi, Jenis Meta Tag, Cara Menggunakannya serta Kenapa itu Penting!

Ini adalah layanan untuk membantu Anda mengetik lebih cepat dan lebih produktif.

Sebagai contoh msalnya, dapat mengubah huruf “tufv” menjadi teks “thank you for visiting” dan lain sebagainya.

Benar! Semua cuplikan Anda akan disimpan di cloud, sehingga Anda dapat menggunakan alat ini ke mana pun Anda pergi.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip seperti TextExpander adalah Text Blaze, PhraseExpress, dan aText.

18. [email protected]

Namanya adalah Focusatwill.com, [email protected] adalah aplikasi web berguna lainnya yang memberi Anda blok waktu yang ditentukan dan memilih musik untuk diputar saat Anda bekerja.

Ya, metode ini dapat membantu Anda untuk tetap fokus pada satu tugas dan merupakan pilihan yang sempurna untuk penulis.

Ini memiliki koleksi musik instrumental unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain, sehingga Anda dapat mendengarkan apa pun yang Anda inginkan.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip sejenis yakni seperti Brain.fm, GetWorkDoneMusic, dan Coffitivity.

19. Feedly​

Kami cukup suka menggunakan Feedly untuk berlangganan berita dari blog teratas.

Di sini, Anda dapat mencari blog atau topik tertentu untuk berlangganan, atau mengatur umpan Anda ke dalam koleksi untuk menemukan apa yang Anda butuhkan dengan mudah.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur peringatan untuk mengetahui ketika seseorang menyebutkan nama blog atau merek Anda di mana saja di internet.

Tools atau alat alternatif lainnya yang mirip adalah seperti Inoreader, NewsBlur, dan Flipboard.

20. UrlWebsite

Situs Cek Harga Website URLWebsite ini merupakan situs penaksir harga atau kalkulator website terbaik di Indonesia yang dapat kalian gunakan untuk memberikan valuasi terhadap sebuah alamat situs (domain).

Adapun untuk beberapa alat terkait seperti kalkulator website URLWebsite adalah seperti CekSite, GetWebsiteCost, dan lain sebagainya.

21. Analisis SEO

Analisis SEO adalah alat berguna khusus para blogger untuk mengetahui SEO on-page sebuah halaman web.

Dikembangkan oleh RM Digital, alat ini tersedia secara gratis, tanpa perlu akun pro, trial (masa percobaan), atau berlangganan.

Adapun beberapa alat sejenis Analisis SEO RM Digital adalah seperti Cek SEO, SiteChecker, dan SEObility.

Kesimpulan

Baiklah, seperti yang kalian lihat, di atas adalah Apa Saja Online Web Tools (Alat) Freelancer, Writer, dan Blogger Terbaik untuk Mendapatkan Ide Baru, Membuat Judul yang Menarik, Gambar Sharable, Menulis tanpa Takut Salah.

Itu merupakan jenis dan macam alat yang pastinya sangat bermanfaat dalam hal meningkatkan produktivitas kalian, serta dapat kalian coba sekarang juga.

Ya! Seperti yang sudah sering kita bahas freelancer (pekerja lepas) atau para entrepreneur (pengusaha) seringkali membuat keputusan mereka sendiri.

Mereka bahkan tidak diatur oleh apapun, misalnya seperti peraturan penggunaan perangkat lunak pihak ke-3 (tiga) untuk menghindari Shadow IT.

Sebagai penguasa kapal Anda sendiri, banyak tools yang dapat Anda gunakan, dan beberapa yang berguna, bermanfaat, dan terbaik di antaranya adalah seperti yang sudah Kami sebutkan di atas.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Apa Saja Online Web Tools (Alat) Freelancer, Writer, dan Blogger Terbaik untuk Mendapatkan Ide Baru, Membuat Judul yang Menarik, Gambar Sharable, Menulis tanpa Takut Salah.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan bisnis online.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar