Pengertian Networking (Jaringan): Manfaat dan Jenisnya Secara Lengkap!

1
Jaringan-Di-Dunia
Ilustrasi jaringan yang ada di Dunia

Sebenarnya, apa itu Networking? Pengertian Networking atau Jaringan adalah salah satu cabang ilmu dunia IT yang membahas tentang komunikasi antar komputer. Pengertian Networking ini juga dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan komputer atau perangkat keras yang terhubung secara bersamaan, baik secara fisik maupun logis, dan menggunakan hardware maupun software khusus, yang memungkinkan untuk bertukar informasi dan bekerja sama.

Networking merupakan istilah yang menggambarkan proses mengenai keterlibatan dalam merancang, melaksanakan, upgrade, mengelola dan bekerja dengan jaringan dan teknologi jaringan.

Pengertian Networking

Networking adalah pertukaran informasi dan ide di antara orang-orang dengan profesi umum atau minat khusus, biasanya dalam lingkungan sosial informal berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari situs Investopedia.

TCP/IP dalam Networking

TCP/IP adalah protokol komunikasi untuk Internet. TCP/IP merupakan kependekan dan singkatan dari Transmision Control Protocol/Internet Protocol yang membuat kita bisa mengirim dan menerima e-mail, mencari informasi ke website, chatting dan lain sebagainya melalui internet.

Pada awalnya TCP/IP yaitu adalah sebagai alat komunikasi lewat komputer yang diperkenalkan oleh MIT (Massachusset Institute of Technology) di Amerika Serikat sekitar tahun 1960. Pada saat tersebut, MIT berhasil membuat jaringan berskala kecil yang mana disebut sebagai LAN untuk beberapa komputer.

Setelah itu hasil ini kemudian dimanfaatkan oleh ARPA dan Departemen Pertahanan Amerika. Semua komputer pada jaringan internet memerlukan suatu kode unik yang disebut IP. Nomor IP terdiri dari 32bit atau 4byte, sehingga memungkinan untuk menentukan lebih dari 2 atau 4 milyar nomor IP yang berbeda-beda.

Alamat komputer yang ada didalam jaringan misalnya 168.174.0.0, jika angka tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa biner (4 byte atau 32 bit) adalah sebagai berikut:

10101000.10101110.00000000.00000000.

Untuk mendapatkan terjemahan dalam bahasa biner tersebut, tentu ada caranya. Berikut ini adalah uraiannya:

168 : 2 = 84 sisa 0
84 : 2 = 42 sisa 0
42 : 2 = 21 sisa 0
21 : 2 = 10 sisa 1
10 : 2 = 5 sisa 0
5 : 2 = 2 sisa 1
2 : 2 = 1 sisa 0
1

Jadi, 168 jika diterjemahkan ke dalam bahasa biner adalah

10101000.174 : 2 = 87 sisa 0
87 : 2 = 43 sisa 1
43 : 2 = 21 sisa 1
21 : 2 = 10 sisa 1
10 : 2 = 5 sisa 0
5 : 2 = 2 sisa 1
2 : 2 = 1 sisa 0
1

Kemudian jika 174 diterjemahkan ke dalam bahasa biner yaitu adalah 10101110. Dan untuk angka 0 (nol) sendiri, jika diterjemahkan ke dalam bahasa biner maka hasilnya yaitu adalah 00000000 (8 digit). Nomor-nomor IP yang tertinggi dari sederet angka itu tentu terlalu sulit untuk diingat. Maka dari itu, ada yang menyusun suatu sistem parallel dengan menggunakan nama-nama domain sehingga mirip seperti nama file.

Baca Juga :  Pengertian Distribusi: Tujuan, Fungsi, Jenis dan Faktor Distribusi Lengkap

Setiap tingakatan didalam nama ini disebut domain. Nama domain yang ada pada level yang tertinggi akan menunjuk ke domain dari komputer tertentu. Nama itu biasanya dipilih untuk merefleksikan jenis organisasi dimana komputer dipasang. Di dalam penulisan antara domain satu dengan yang lain dipisahkan dengan tanda titik, misalnya sitenesia.com.

Jadi bisa kita simpulkan, fungsi TCP/IP untuk Jaringan Komputer yaitu adalah untuk membuat kita semua dapat dan bisa online atau masuk ke internet dan juga bisa menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di Internet itu sendiri.

Pengertian Jaringan Komputer

Mengacu pada pembahasan Networking di atas, Jaringan komputer adalah komputer-komputer yang dihubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Konsep dasar jaringan internet dan intranet ini dimulai dari Adidas Network. Adidas Network ini merupakan “jaringan” untuk mengalirkan data dan informasi baik berupa hasil cetak maupun file yang dilakukan oleh kurir. Jaringan komputer berfungsi ini untuk melakukan pertukaran data, melakukan komunikasi, ataupun memanfaatkan computing power dari server.

Di dalam jaringan komputer, ada yang dinamakan jaringan terdistribusi dan jaringan tersentralisasi, berikut penjelasannya:

a. Jaringan Terdistribusi

Jaringan terdistribusi yaitu adalah jaringan yang pemrosesannya dilakukan di setiap komputer itu sendiri.

b. Jaringan Tersentralisasi

Sedangkan Jaringan tersentralisasi adalah jaringan komputer yang pemrosesannya dilakukan secara terpusat yaitu dipusatkan kepada server itu sendiri sehingga komputer-komputer pengguna sebagai client.

Manfaat Jaringan Komputer

Dalam membahas mengenai pengertian Jaringan Komputer, tentu tidak lepas dari apa manfaat dari Jaringan Komputer tersebut, berikut adalah manfaat dari jaringan komputer:

  1. Pertama, membuat sistem komputer menjadi lebih mudah dan fleksibel
  2. Berbagai macam aplikasi bida dijalankan di berbagai macam jenis komputer
  3. Tidak ada ketergantungan pada satu jenis komputer, sehingga memungkinkan berbagai merk komputer dapat saling berhubungan satu sama lainnya
  4. Reliabilitas yang tinggi
  5. Untuk membagi sumber daya
  6. Dengan adanya pemrosesan terdistribusi, maka bisa mencegah ketergantungan pada komputer pusat
  7. Memperluas kebergunaan dan daya guna Sistem Operasi
  8. Untuk mendukung kecepatan berkomunikasi
  9. Dan untuk memudahkan pengaksesan informasi
Baca Juga :  Pengertian CSS3: Modul Utama serta Fitur Baru CSS3

Networking dalam Bisnis

Ilustrasi Pengertian Networking
Ilustrasi Pengertian Networking

Pengertian Networking yang Kami bahas disini mengacu kepada Jaringan Komputer. Networking ini sangat dibutuhkan, terutama pada zaman yang semakin lama semakin canggih seperti sekarang ini, karena jaringan itu tentu sangat penting untuk berlangsungnya hubungan atau komunikasi antar komputer.

Misalkan saja untuk berbagi atau sharing printer pada sebuah kantor, tidak mungkin setiap komputer memiliki printer satu-satu maka dari itu dibuatlah jaringan komputer itu untuk berbagi penggunaan printer secara bersama-sama. Dan juga berfungsi untuk sharing internet, satu komputer (server) mendapat ip address dari isp, lalu si server itu membagikan koneksi internet ke komputer client dikantornya,

Jenis Jaringan Komputer

Dalam Jaringan Komputer, ada beberapa jenis yang harus kita ketahui dan kenali, beberapa dari jenis jaringan Komputer adalah sebagai berikut:

1. LAN (Local Area Network)

LAN yaitu adalah suatu sistem jaringan dimana setiap komputer atau perangkat keras dan perangkat lunak digabungkan agar dapat saling berkomunikasi (terintegrasi dalam area kerja tertentu dengan menggunakan data dan program yang sama dan juga mempunyai kecepatan transfer data lebih cepat). LAN ini mempunyai jangkauan maksimal 100 meter.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan suatu jaringan diantara jaringan LAN dan WAN yang memiliki jangkauan dengan luas geografis antara 10KM s/d 50KM. MAN ini digunakan untuk membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah 1 kota, gedung, pabrik, kampus dan kantor pusat dalam area jangkauannya (range).

3. WAN (Wide Area Network)

Pengertian WAN yaitu adalah network yang mempunyai area kerja antara benua, dengan melewati batas geografis negara dan milik umum, ini disebut dengan WAN.

4. Internet (Interconnected Network)

Internet yaitu jaringan komputer secara global (dunia) yang dapat diakses ke seluruh dunia, dapat menghasilkan berbagai informasi, seperti: hiburan, pendidikan, kedokteran, olahraga, artis, politik, dan lainnya.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Serial Number: Fungsi, Cara Menemukan Serial Number

5. Wireless (Tanpa Kabel)

Wireless yaitu adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan teknologi radio (frekuensi) atau dikenal dengan istilah WLAN (Wireless Local Area Network) atau yang biasa kita sebut dengan Wifi.

Kesimpulan

Jadi dari pembahasan pengertian Networking di atas, dapat kita simpulkan bahwa Networking adalah istilah yang mengacu pada proses total menciptakan dan menggunakan jaringan komputer, sehubungan dengan perangkat keras, protokol dan perangkat lunak, termasuk teknologi kabel dan nirkabel. Ini melibatkan penerapan teori dari berbagai bidang teknologi, seperti IT, ilmu komputer dan teknik komputer/listrik.

Prosedur Operasi Standar atau Standard Operational Procedure (SOP) dalam jaringan memerlukan pemilihan bahan, seperti pemasangan kabel dan perangkat keras jaringan, dan membangun protokol telekomunikasi yang diperlukan, perangkat keras dan perangkat lunak.

Penutup

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian Networking, manfaat dan jenis Networking (Jaringan Komputer). Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

1 Komentar

Tinggalkan Komentar