Computer Architecture: Apa itu Arsitektur Komputer? Sejarah, Tujuan, Jenis, Macam, Contoh, Cara Menjadi Arsitek dan Tantangannya!

1
Gambar Pengertian Dari Architecture Computer Apa Itu Arsitektur Komputer Sejarah Tujuan Menggunakan Jenis Macam Kategori Dan Contohnya Cara Menjadi Serta Apa Saja Tantangannya
Gambar Pengertian Dari Architecture Computer Apa Itu Arsitektur Komputer Sejarah Tujuan Menggunakan Jenis Macam Kategori Dan Contohnya Cara Menjadi Serta Apa Saja Tantangannya

Mengenal Pengertian Computer Architecture, Apa itu Arsitektur Komputer? Sejarah, Tujuan, Jenis, Macam, Contoh, Cara Menjadi Computer Architect serta Tantangannya.

Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa arsitektur komputer terdiri dari aturan dan metode atau prosedur yang menggambarkan implementasi, fungsionalitas sistem komputer.

Arsitektur tersebut dibangun sesuai kebutuhan user atau pengguna dengan memperhatikan kendala ekonomi dan keuangan yang sebelumnya dirancang di atas kertas yang dibangun dengan bentuk hardware (baca pengertian hardware disini).

Setelah itu built-in transistor-transistor logic arsitektur pun dibangun, diuji dan dibentuk dalam bentuk perangkat keras.

Secara umum, kita dapat mendefinisikan arsitektur komputer berdasarkan kinerja, efisiensi, keandalan dan biaya sistem komputernya.

Ini berkaitan dengan standar teknologi perangkat lunak dan perangkat keras.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian computer architecture terutama dalam membahas kurikulum modern informatika.

Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya, mari kita simak!

Pengertian Computer Architecture

Berarti arsitektur komputer (dalam bahasa Indonesia), computer architecture adalah ilmu atau seperangkat aturan yang menyatakan bagaimana perangkat lunak dan perangkat keras komputer digabungkan dan berinteraksi untuk membuat komputer berfungsi.

Ya! Sistem komputer memiliki prosesor, memori, perangkat I/O (input dan output) dan saluran komunikasi yang terhubung dengannya.

Berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Computer Science Degree Hub, computer architecture ini tidak hanya menentukan cara kerja komputer tetapi juga teknologi apa yang mampu dimiliki komputer.

Apa itu Arsitektur Komputer?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Arsitektur Komputer Sejarah Serta Apa Tujuannya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Arsitektur Komputer Sejarah Serta Apa Tujuannya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan arsitektur komputer ini?

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan computer architecture secara global.

Computer architecture atau arsitektur komputer adalah spesifikasi yang merinci bagaimana seperangkat standar teknologi software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) yang berinteraksi untuk membentuk sistem atau platform (baca pengertian platform disini) komputer.

Singkatnya, arsitektur komputer mengacu pada bagaimana sistem komputer dirancang dan teknologi apa yang kompatibel dengannya.

Yup, seperti yang kita ketahui komputer terus menjadi bagian utama dari kehidupan kita dan arsitek komputer terus mengembangkan program dan teknologi baru yang lebih baik.

Seperti konteks dan makna lain dari kata arsitektur, arsitektur komputer diibaratkan sebagai seni untuk menentukan kebutuhan pengguna, sistem atau teknologi dan membuat desain dan standar yang logis berdasarkan persyaratan tersebut.

Sejarah Computer Architecture (Arsitektur Komputer)

Agar kita lebih memahami tentang arti dan pengertian dari computer architecture, pastinya kita juga harus mengetahui terkait sejarah awalnya bukan?

Oke, dalam manufacture atau manufaktur komputer, teknik komputer adalah seperangkat aturan dan metode yang menggambarkan fungsionalitas, organisasi dan pemanfaatan sistem komputer.

Beberapa teknisi mendefinisikannya sebagai mendeskripsikan peralatan dan model pemrograman komputer tetapi bukan pemanfaatan tertentu.

Dalam definisi lain computer architecture atau arsitektur komputer membuktikan desain arsitektur berupa set instruksi, desain mikroarsitektur, desain logika dan pemanfaatannya.

Istilah “rekayasa” dalam literatur komputer dapat digambarkan sebagai karya seorang ahli atau pakar yang bernama Lyle R. Johnson dan Frederick P. Brooks, Jr. yang merupakan seorang anggota departemen organisasi mesin di pusat penelitian utama IBM pada tahun 1959.

Johnson memiliki kesempatan untuk menulis kepemilikan transmisi penelitian tentang Stretch, yaitu komputer super yang dikembangkan IBM untuk Lokakarya Nasional Los Alamos (yang pada saat itu dikenal sebagai Laboratorium Ilmiah Los Alamos).

Baca Juga :  Memahami Pengertian HTML Structural Elements: Apa itu? Fungsi, Karakteristik dan Ciri, serta Dasar-Dasar dan Contohnya dalam HTML5!

Untuk menggambarkan tingkat detail untuk mendiskusikan komputer yang dihiasi dengan mewah, dia mencatat bahwa penjelasannya tentang format, jenis instruksi, parameter perangkat keras, dan peningkatan kecepatan berada pada tingkat “computer architecture”.

Kemudian, itupun menjadi sebuah istilah yang disarankan lebih berguna daripada “machine management”.

Arsitektur atau computer architecture kini terus berkembang hingga sekarang ini terutama di tahun 2021 sekarang, dimana penggunaannya terus diterapkan dalam desain komputer kita.

Tujuan Menggunakan Computer Architecture

Setelah kita mengetahui apa arti computer architecture atau arsitektur komputer, maka kita juga harus memahami tentang tujuan dalam menggunakannya.

Perlu untuk diketahui bahwa arsitektur komputer telah dan akan terus menjadi salah satu bidang komputasi yang paling banyak diteliti.

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, ini semua tentang struktur dan fungsi komputer.

Meskipun ada perubahan besar dalam komputasi, banyak dari fundamental dasarnya tetap sama.

Ini adalah keadaan teknologi saat ini bersama dengan persyaratan biaya atau kinerja pelanggan yang mengubah cara penerapan prinsipnya.

Kebutuhan komputer berkinerja tinggi tidak pernah lebih besar dari sekarang, tetapi kesulitan dalam merancang sistem yang ideal bukanlah hal yang begitu sulit, terlebih karena peningkatan pesat dalam kecepatan prosesor, memori dan interkoneksi komponen.

Arsitektur dasar dari computer architecture memiliki Central Processing Unit (CPU) pada intinya dengan memori utama dan sistem input dan output di kedua sisi CPU.

Arsitektur komputer mewakili sarana interkonektivitas untuk komponen perangkat keras komputer serta mode transfer dan pemrosesan data yang dipamerkan.

Terkait dengan tujuan utamanya sendiri, seringkali konfigurasi computer architecture yang berbeda telah dikembangkan untuk mempercepat pergerakan data, memungkinkan untuk meningkatkan pemrosesan data.

Jenis Macam Kategori Computer Architecture serta Contohnya

Dalam membahas tentang apa itu pengertian architecture computer, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari apa saja jenis kategorinya bukan?

Ya, arsitektur komputer adalah spesifikasi yang menggambarkan bagaimana teknologi perangkat keras dan perangkat lunak berinteraksi untuk menciptakan platform atau sistem komputer.

Saat membaca artikel Kami disini, ketika kita memikirkan kata arsitektur, kita pasti berpikir tentang membangun rumah atau gedung bukan?

Betul! Dengan mengingat prinsip yang sama, arsitektur komputer melibatkan pembangunan komputer dan semua yang masuk ke dalam sistem komputer.

Arsitektur komputer (architecture computer) terdiri dari 3 (tiga) kategori utama yaitu desain sistem, set instruksi dan mikroarsitektur.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa jenis macam kategori computer architecture beserta contohnya yang sudah Kami rangkum dan perlu kalian ketahui.

1. System Design

Jenis dan macam kategori architecture computer yang pertama yaitu desain sistem atau system design.

Ini mencakup semua bagian perangkat keras, seperti CPU, prosesor data, multiprosesor, pengontrol memori dan akses memori langsung (direct).

Bagian ini adalah sistem komputer yang sebenarnya.

2. Instruction Set Architecture

Berikutnya yaitu arsitektur set instruksi atau instruction set architecture.

Jenis kategori ini termasuk fungsi dan kapabilitas CPU, bahasa pemrograman CPU, format data, jenis registry atau register prosesor dan instruksi yang digunakan oleh pemrogram komputer.

Bagian ini adalah software yang membuatnya berjalan, contohnya yakni seperti Windows atau Photoshop atau program serupa.

3. Microarchitecture

Jenis kategori ke-3 (tiga) yaitu mikroarsitektur atau microarchitecture.

Arsitektur mikro atau kecil ini mendefinisikan pemrosesan data dan elemen penyimpanan atau jalur data dan bagaimana mereka harus diimplementasikan ke dalam arsitektur set instruksi.

Baca Juga :  Ini Pengertian HyperTransport (HT atau LTD), Sejarah dan Cara Kerja HyperTransport!

Ini mungkin termasuk perangkat penyimpanan DVD atau perangkat serupa.

True, semua bagian ini berjalan bersama dalam urutan tertentu dan harus dikembangkan dalam pola agar dapat berfungsi dengan benar.

4. Von-Neumann Architecture

Gambar Contoh Arsitektur Atau Von Neumann Architecture
Gambar Contoh Arsitektur Atau Von Neumann Architecture

Kemudian, ada arsitektur atau Von-Neumann architecture.

Seperti namanya, arsitektur ini diusulkan oleh seorang ahli atau pakar bernama John Von-Neumann.

Perlu Kami tekankan disini bahwa komputer sehari-hari yang kita gunakan didasarkan pada arsitektur Von-Neumann, yang didasarkan pada beberapa konsep.

Terkait sejarahnya sendiri, ini diusulkan oleh ahli atau pakar matematika yang bernama John tersebut pada tahun 1945.

Ini menjelaskan desain komputer elektronik dengan CPU-nya, yang meliputi unit logika aritmatika, unit kontrol, registry (register), memori untuk data dan instruksi, antarmuka input, output dan penyimpanan eksternal.

5. Harvard Architecture

Jenis macam architecture computer terakhir yang dapat Kami jelaskan disini, yaitu arsitektur atau Harvard architecture.

Arsitektur Harvard digunakan ketika data dan kode ada di blok memori yang berbeda dan blok memori terpisah diperlukan untuk data dan instruksinya.

Data dapat diakses oleh satu lokasi memori dan instruksi dapat diakses oleh lokasi yang berbeda.

Ini memiliki penyimpanan data yang seluruhnya terkandung dalam unit pemrosesan pusat atau CPU.

Cara Menjadi Computer Architect atau Arsitek Komputer

Ilustrasi Cara Menjadi Arsitek Atau Computer Architect Serta Tantangan Di Bidangnya Dalam Membahas Pengertian Arsitektur Komputer
Ilustrasi Cara Menjadi Arsitek Atau Computer Architect Serta Tantangan Di Bidangnya Dalam Membahas Pengertian Arsitektur Komputer

Selain membahas pengertian dan artinya, lalu bagaimana cara untuk menjadi seorang arsitek komputer atau lebih tepatnya menjadi seorang computer architect?

Oke, sebelumnya, jika kalian yang kebetulan sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tentang hal tersebut, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Benar, tentu saja karena Kami juga akan menjelaskannya disini!

Ya! Untuk menjadi seorang computer architecture (arsitek komputer) atau yang sering disebut dikenal dengan computer network architect atau arsitek jaringan komputer, kandidat harus memiliki setidaknya gelar sarjana dalam ilmu komputer, teknik, sistem informasi atau bidang terkait.

Adapun program terbaik untuk calon arsitek komputer adalah bidang berbasis komputer karena program tersebut menawarkan kepada siswa pengalaman paling praktis dalam desain database atau keamanan jaringan, keduanya merupakan hal yang penting bagi arsitek komputer.

Kelas-kelas tersebut juga mengajarkan siswa berbagai teknologi yang digunakan dalam network (jaringan) yang berbeda.

Kebanyakan beberapa mahasiswa memilih untuk menyelesaikan MBA (Master Business Administration) dengan fokus pada sistem informasi.

Memang, adapun keuntungan dari program tersebut adalah dia menawarkan kursus yang berhubungan dengan komputer dan bisnis.

Akan tetapi, setelah mendapatkan gelar, pelamar mungkin diharuskan memiliki setidaknya 5 (lima) tahun pengalaman bekerja dengan sistem Information Technology (IT) sebelum bisa mulai dipekerjakan sebagai arsitek komputer.

Beberapa arsitek komputer kemudian menjadi pengelola komputer dan sistem informasi setelah mereka memperoleh pengalaman yang memadai.

Untuk peluang karirnya sendiri, seperti yang kita lihat, selama kita memiliki komputer dan semua bagian yang masuk ke dalam sistem komputer, maka akan terus ada permintaan untuk arsitek komputer.

Computer architecture atau arsitek komputer diharapkan melihat pertumbuhan pekerjaan sebesar 6% antara tahun 2016 dan 2026 seperti yang dilaporkan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja di Amerika Serikat.

Yup! Hal ini tentunya juga akan berlaku untuk negara Indonesia.

Well, sementara komputasi awan atau cloud computing (baca pengertian cloud computing disini) telah mengurangi kebutuhan akan computer architecture, mereka akan terus diminati karena bisnis terus meningkatkan kebutuhan teknologi mereka.

Dengan komputer yang lebih berbasis teknologi, arsitektur komputer akan terus menjadi karir yang menarik bagi kandidat yang tertarik untuk mengembangkan mesin teknologi ini.

Tantangan dalam Bidang Computer Architecture

Lalu, seperti apa tantangan yang ada dalam bidang computer architecture ini?

Baca Juga :  Web Security: Apa itu Keamanan Website? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Strategi serta Kenapa Itu Penting!

Benar, membuat rancangan arsitektur, kerangka kerja dan infrastruktur komputer bisa jadi cukup menantang.

Computer architect atau arsitek komputer harus mampu mempresentasikan dan mendorong penyelarasan dan penerapan evolusi sistem kepada pemrogram, insinyur, perancang, dan pemimpin.

Hal ini berarti bahwa mereka harus dapat memperoleh dukungan dan memperoleh keselarasan untuk pendanaan proyek, strategi dan rekomendasi.

Arsitek komputer dapat melakukan analisis akar penyebab untuk memahami dan menghilangkan insiden berulang yang memengaruhi struktur dan kinerja arsitektur.

Arsitek komputer senior dapat memperbarui, memelihara dan membuat arsitektur sistem yang mendukung lini produk dan tujuan bisnis.

Mereka dapat meninjau, memodifikasi dan menyetujui desain arsitektur yang ada melalui penelitian komparatif yang cermat.

Arsitek komputer senior dapat mengkomunikasikan strategi arsitektur untuk meyakinkan manajemen eksekutif, tim teknis dan vendor pihak ke-3 (tiga).

Para arsitek komputer senior harus memiliki pengalaman yang signifikan dalam desain, pengembangan dan penerapan solusi perusahaan.

Benar! Mereka harus sepenuhnya memahami infrastruktur komputer, middleware dan integrasinya.

Arsitektur komputer melibatkan infrastruktur PC modern yang luas.

Semua komputer modern, perangkat seluler, dan teknologi serupa mengandalkan pengetahuan arsitektur ini.

Siapa pun yang ingin menjadi arsitek komputer harus mempertimbangkan untuk menjadi insinyur atau ahli dalam bidang lainnya seperti kelistrikan, perangkat lunak, atau perangkat keras komputer.

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup jelas untuk sekarang.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang Pengertian Computer Architecture, Apa itu Arsitektur Komputer? Sejarah, Tujuan, Jenis, Macam, Contoh, Cara Menjadi Computer Architect serta Tantangannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa arsitektur komputer atau computer architecture adalah spesifikasi yang merinci bagaimana seperangkat standar teknologi perangkat lunak dan perangkat keras berinteraksi untuk membentuk sistem atau platform komputer

Singkatnya, arsitektur komputer mengacu pada bagaimana sistem komputer dirancang dan teknologi apa yang kompatibel dengannya.

Seperti konteks dan makna lain dari kata “arsitektur”, arsitektur komputer diibaratkan sebagai seni untuk menentukan kebutuhan pengguna, sistem, teknologi dan membuat desain dan standar yang logis berdasarkan persyaratan tersebut.

Contoh yang sangat bagus dari arsitektur komputer adalah arsitektur Von-Neumann, yang masih digunakan oleh kebanyakan jenis komputer saat ini.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Computer Architecture, Apa itu Arsitektur Komputer? Sejarah, Tujuan, Jenis, Macam, Contoh, Cara Menjadi Computer Architect serta Tantangannya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang hardware atau perangkat keras, khususnya komputer.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

1 Komentar

Tinggalkan Komentar