Inilah Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis, Komponen, Perannya dalam Bisnis serta Contohnya!

0
Gambar Pengertian Brainware Fungsi Jenis Komponen Peran Brainware Dalam Bisnis Dan Perusahaan Serta Contohnya
Gambar Pengertian Brainware Fungsi Jenis Komponen Peran Brainware Dalam Bisnis Dan Perusahaan Serta Contohnya

Tahukah kalian, Apa Pengertian Brainware, Fungsi, Jenis, Komponen, Peran Brainware dalam Bisnis dan Perusahaan serta Contohnya? Benar, dalam dunia teknologi terdapat 3 (tiga) objek utama yang terdapat di dalamnya, beberapa dari mereka yaitu adalah hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware. Sederhananya begini, perangkat lunak adalah perangkat yang digunakan di dalam perangkat keras, sedangkan perangkat keras adalah perangkat yang digunakan untuk menjalankan software atau perangkat lunak, dan kemudian yang terakhir adalah brainware.

Secara Umum, brainware mewakili seseorang yang menjalankan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Brainware merupakan objek utama yang mengontrol perangkat tersebut. Istilah ini juga sering dikenal dengan sebutan user atau pengguna, beberapa orang mengartikan istilah ini sama dengan istilah peopleware. Dalam tulisan kali ini, Kami akan memberikan ulasan secara detail tentang apa itu Brainware. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Brainware

Jadi, apa itu brainware? Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer (baca pengertian komputer disini). Adapun beberapa contoh pekerjaaan atau profesi dari brainware ini adalah seperti programmer, netter, dan para pengguna perangkat komputer lain sebagainya.

Brainware juga sering disebut dengan perangkat intelektual yang memakai dan menjelajahi kemampuan hardware (perangkat keras) ataupun software (perangkat lunak). Seperti yang sudah Kami singgung di atas, seorang pengguna komputer biasa disebut dengan user.

Fungsi Brainware

Ilustrasi Gambar Fungsi Brainware Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Fungsi Brainware Dalam Membahas Pengertiannya

Dalam membahas apa itu brainware, perlu kalian ketahui bahwa brainware memiliki peranan langsung terhadap optimalnya segala sesuatu terkait manajemen informasi suatu bisnis yang sedang berkembang.

Terkait hal tersebut, adapun beberapa fungsi brainware yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Sebagai unit manajemen; Brainware sebagai unit manajemen terhadap segala hal yang berkaitan dengan database dalam komputer. Bisnis dan persahaan harus memiliki komponen brainware sebagai sekelompok orang yang akan mengelola manajemen informasi perusahaan.
  • Sebagai pengendali dan pengawasan; Sebagai pengendali dan pengawasan terhadap jaringan komputerisasi di dalam perusahaan. Tanpa adanya peran brainware, maka hal itu dapat berakibat kepada kurangnya pengawasan terhadap database perusahaan dan meningkatkan kemungkinan data diretas oleh kompetitor.
  • Sebagai pemimpin bisnis dan perusahaan; Seorang pemimpin perusahaan, dia harus termasuk brainware, yakni sebagai otak atau CPU-nya perusahaan untuk mengendalikan kearah mana perusahaan akan dibawa. Pemimpin yang tidak memiliki kapasitas dibidangnya bisa menyebabkan perusahaan salah arah atau berjalan di tujuan yang menyimpang. Tentu, hal ini akan berakibat buruk bagi kelangsungan perusahaan.
  • Memberi pengaruh pada pelaksanaan sistem; Komponen brainware terutama manajer perusahaan berpengaruh paling signifikan terhadap pelaksanaan sistem manajemen untuk menghasilkan sistem informasi yang akurat dan berguna bagi kelangsungan perusahaan.
Baca Juga :  Memahami Pengertian LAN: Menurut Ahli, Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik, serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Pada sebuah perusahaan bisnis yang sedang berkembang, fungsi brainware ini harus diupayakan untuk dimiliki karena, terkait hal tersebut merupakan langkah untuk menuju keteraturan sistem informasi manajemen.

Sistem informasi yang baik akan menghasilkan informasi-informasi (baca pengertian informasi disini) yang bermanfaat secara langsung terhadap perkembangan perusahaan beserta keamanannya.

Jenis-Jenis Brainware

Setelah mengetahui arti brainware, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja macam atau jenis-jenis dari brainware ini. Pada umumnya jenis mereka dapat dibagi dalam beberapa bagian yang dapat menunjang adanya internal checking yang memadai.

Adapun beberapa jenis brainware tersebut adalah sebagai berikut:

a. Komputer Operator

Komputer operator adalah bagian yang bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem informasi yang dapat berhubungan langsung dengan komputer. Operator harus mengikuti langkah-langkah dan instruksi yang telah ditentukan dalam manual yang telah disusun oleh seorang programmer.

b. Teknisi

Jenis berikutnya adalah teknisi, ini adalah bagian yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan terkait segala sesuatu atau jenis dari Komputer. Seorang teknisi, dia harus memiliki keterampilan pengetahuan teknis terkait dalam bidang teknologi yang luas serta menguasai pemecahan masalah dan lain sebagainya.

c. Trainer

Trainer adalah brainware yang memiliki pengetahuan yang lebih di banding lainnya. Trainer bertanggung jawab untuk dapat mendidik atau mengajar di bidangnya.

d. Konsultan

Konsultan adalah seorang brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang pemandu yang ahli dalam bidangnya.

e. Manajer Proyek

Manajer proyek adalah brainware yang akan bertanggung jawab sebagai leader atau pemimpin yang memberi command atau komando atau perintah di suatu proyek tertentu.

f. Programmer

Programmer adalah brainware yang bertugas dalam membuat dan memberikan logika sebuat software atau aplikasi komputer sehingga dapat memfasilitasi kebutuhan manusia.

g. Desainer Grafis

Desainer grafis adalah seorang brainware yang memiliki pengetahuan keterampilan terutama dalam dunia desain grafis. Seorang graphic designer, harus mahir dalam hal membuat animasi atau objek animasi.

Baca Juga :  Pengertian Growth Hacking: Growth Hacker, Cara Kerja dan Contohnya

Komponen Brainware

Ilustrasi Gambar Komponen Barinware Dalam Apa Itu Pengertian Brainware Jenis Fungsi Peran Dan Contoh Brainware
Ilustrasi Gambar Komponen Barinware Dalam Apa Itu Pengertian Brainware Jenis Fungsi Peran Dan Contoh Brainware

Berdasarkan penjelasan Kami di atas, brainware merupakan adalah orang yang memiliki, membangun, mengawasi dan mengendalikan sistem informasi (baca pengertian sistem informasi disini) yang ada dalam organisasi atau bisnis.

Untuk mencapai tujuan dalam sebuah bisnis dan perusahaan yang diimplementasikan, mereka membutuhkan beberapa komponen brainware yang harus ada sebagai pendukung manajemen sistem informasi untuk meningkatkan kemampuan dalam persaingan dengan kompetitor.

Adapun beberapa Komponen-komponen brainware yang harus dimiliki sebuah perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Sistem Analis

Sistem Analis adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan penelitian di dalam pemilihan software (perangkat lunak) beserta dengan kebutuhan yang sesuai dengan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang sistem analis, dia harus memiliki keahlian seperti manajerial, teknis, analisis dan interpersonal dan lain sebagainya.

2. Progammer

Progammer adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menguasai salah satu atau lebih programming language atau bahasa pemograman dalam dunia Komputerisasi. Seorang progammer bertugas untuk menciptakan dan mempersiapkan program-program yang dapat mendukung sistem komputer yang akan dibuat atau sedang dirancang.

3. Administrator

Administrator adalah seseorang yang memiliki tugas dan kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi beserta program yang dijalankan pada sebuah komputer maupun jaringan yang ada dalam organisasi, bisnis, perusahaan atau pun perorangan.

4. Konsultan

Konsultan adalah seorang yang memiliki pengetahuan dibidang komputerisasi namun biasanya tidak berperan untuk menangani secara langsung, konsultan hanya sebagai seorang penasehat yang handal.

Bisnis atau perusahaan memerlukan komponen ini untuk mencari solusi terkait cara dalam manajemen sistem informasi yang tepat dan meminimalisir terjadinya pengelolaan data yang tidak baik.

5. Project Manajer

Project manajer adalah seorang pemimpin atau pemberi command (komando) dari suatu proyek tertentu. Project manajer juga biasa disebut sebagai mandor. Dalam sebuah bisnis dan perusahaan tentu terdapat banyak proyek yang dipimpin oleh mereka. Komponen ini merupakan komponen penting sebagai bentuk pengendalian dan pengawasan kegiatan.

Peran Brainware dalam Bisnis dan Perusahaan

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, seorang brainware dalam dunia komputerisasi adalah seseorang yang terlibat dalam process dan operasi serta pengaturan sistem yang ada dalam perangkat komputer.

Dalam dunia bisnis dan perusahaan serta pengembangannya, seorang brainware adalah seseorang maupun sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual untuk mengeksplorasi jaringan dari sistem Informasi terutama dalam bidang manajemen.

Baca Juga :  Memahami Pengertian E-learning: Menurut Ahli, Sejarah, Tujuan, Manfaat dan Karakteristiknya!

Jadi, secara khusus, peran brainware dalam bisnis dan perusahaan diperlukan untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk kelangsungan organisasi atau perusahaan dalam hal kompetisi dan persaingan. Hal tersebut karena sistem informasi memiliki peranan yang penting dalam menghadapi persaingan bebas.

Contoh Brainware

Disamping dari apa yang sudah Kami jelaskan sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa contoh brainware yang harus diketahui.

1. Sistem Jaringan

Contoh yang pertama adalah Sistem Jaringan, ini merupakan jenis sistem operasi yang dimaksudkan untuk dapat menangani jaringan. Secara umum, sistem operasi ini terdiri dari banyak layanan dan layanan yang dimaksudkan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi file, layanan berbagi printer, layanan DNS, layanan HTTP, dan lain sebagainya.

2. Departemen EDP

Merupakan singkatan dari Electronic Data Processing, EDP adalah segala hal merujuk pada penggunaan metode otomatis untuk memproses data komersial. Biasanya, EDP akan menggunakan kegiatan yang relatif sederhana dan berulang untuk memproses informasi serupa dalam volume besar. Manajer EDP menjaga departemen EDP.

Pada dasarnya di semua perusahaan ada departemen yang mengurus semua pekerjaan terkait komputer. Selain itu, beberapa perusahaan juga menyebutnya sebagai Departemen TI dan Departemen EDP.

3. Netter

Contoh brainware yang terakhir adalah Netter, ini adalah individu atau seseorang, organisasi yang akan menggunakan, menjelajahi internet untuk mencari informasi. Sebagai contoh, misalnya browsing untuk mencari situs dalam internet yang biasanya disebut juga dengan surfing dan atau keyword explorer.

Netter akan mengeksplorasi menggunakan mesin pencari Google, Yahoo atau Bing dan kemudian mengetikkan keyword (kata kunci) tertentu seperti baju, maka hal tersebut akan menampilkan situs terkait tentang baju.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian Brainware, Fungsi, Jenis, Komponen, Peran Brainware dalam Bisnis dan Perusahaan serta Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, brainware adalah seseorang atau individu yang sering beraktivitas dalam menggunakan perangkat komputer baik untuk bekerja, bermain game ataupun mengembangkan aplikasi. Intinya hal ini adalah mengacu kepada user atau pengguna.

Penutup

Demikianlah tulisan dan penjelasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian Brainware, Fungsi, Jenis, Komponen, Peran Brainware dalam Bisnis dan Perusahaan serta Contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua dalam memahaminya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini serta jangan lupa memberikan komentar Anda terkait pembahasan ini. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar