Ini Penjelasan Processor: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Tips Memilih Merknya!

Ilustrasi Gambar Pengertian Processor CPU Apa Itu Prosesor Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Komponen Dan Tips Memilih Merknya
Ilustrasi Gambar Pengertian Processor CPU Apa Itu Prosesor Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Komponen Dan Tips Memilih Merknya

Tahukah kalian, Pengertian Processor, Apa itu Prosesor? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Tips Memilih Merknya? Benar! Ketika kita membeli sebuah perangkat komputer dan smartphone, insyaallah biasanya kita pasti tidak akan melewatkan pertanyaan tentang apa prosesor yang dimiliki komputer tersebut bukan? Ya! Processor atau prosesor alias CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit, mewakili tugas CPU untuk menangani semua instruksi yang dihasilkan oleh hardware (perangkat keras) atau software yang merupakan perangkat lunak.

Kenapa kita wajib mengetahui tentang prosesor serta apa saja jenis dan tipenya yang di pakai di dalam perangkat komputer atau pun smartphone? Tentulah karena mereka merupakan komponen utama yang terdapat dalam perangkat Komputer. Nah, lalu kenapa mereka di sebut sebagai komponen utama? Betul! Tanpa adanya processor, perangkat tersebut pun tidak akan dapat berfungsi dan berjalan sebagaimana mestinya. Berkenaan dengan hal itulah, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang pengertian processor. Mari kita baca terus ulasannya di bawah ini!

Pengertian Processor (CPU)

Central Processing Unit atau CPU atau yang dikenal dengan processor adalah sirkuit logika yang merespons dan memproses instruksi dasar yang menggerakkan komputer menurut simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

CPU dipandang sebagai Integrated IC Chip atau Chip IC terintegrasi utama dan merupakan yang paling penting dalam komputer, karena mereka bertanggung jawab untuk menafsirkan sebagian besar perintah komputer. CPU akan melakukan operasi aritmatika, logika, dan I/O (input dan output) paling dasar, serta mengalokasikan perintah untuk chip dan komponen lain yang berjalan di komputer

Istilah processor digunakan secara bergantian dengan istilah Central Processing Unit (CPU), meskipun secara tegas, CPU bukanlah satu-satunya prosesor yang terdapat di komputer. GPU atau Graphics Processing Unit adalah contoh yang paling terkenal, tetapi hard drive dan perangkat lain yang terdapat di dalam Komputer juga melakukan beberapa pemrosesan secara Independen.

Namun demikian, istilah processor pada umumnya yang dipahami adalah berarti CPU. Prosesor dapat ditemukan di PC, smartphone, tablet, dan perangkat komputer lainnya. Terlepas daripada hal tersebut, perlu kalian ketahui bahwa, 2 (dua) pesaing utama di pasar processor adalah merek Intel dan AMD.

Apa itu Prosesor?

Gambar Pengertian Processor CPU Apa Itu Prosesor Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Komponen Dan Merknya
Gambar Pengertian Processor CPU Apa Itu Prosesor Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Komponen Dan Merknya

Lalu, apa itu sebenarnya prosesor? Sebagaimana yang sudah Kami jelaskan dalam penjelasannya di atas ini dikenal dengan sebutan processor (dalam bahasa Inggris), prosesor adalah komponen utama yang terdapat pada perangkat komputer yang berfungsi sebagai (sebut saja) otak daripada Komputer.

Prosesor memegang peran yang paling penting dalam sistem komputer, karena prosesor melakukan manajemen arus data untuk memproses dan menghindari terjadinya data stuck (hang) dalam pengoperasian perangkat Komputer.

Manajemen data yang dilakukan oleh processor memakai rumus perhitungan yang sangat kompleks, selain itu juga pengelolaan data yang dilakukan oleh processor pun di bantu media penyimpanan sementara seperti RAM, karena memang seperti yang kita ketahui, proses perhitungan yang dilakukannya terbilang sangat cepat.

Sebuah prosesor juga terdiri dari banyak jenis, serta setiap jenisnya tersebut biasanya mempunyai bentuk yang berbeda-beda, sesuai dengan socket yang tersedia dalam Motherboard, oleh karenanya ketika Anda membeli sebuah Motherboard baru yang lebih bagus, sebaiknya kita membawa prosesor yang kita miliki agar keduanya cocok dan dapat digunakan, demikian juga ketika Anda membeli prosesor baru, Anda juga harus membawa Motherboard yang Anda miliki.

Baca Juga :  Ini Dia 6 Alternatif Webcam yang Dapat Digunakan Selain Kamera Bawaan di PC, Komputer atau Desktop!

Walaupun akan lebih bagus jika Anda membeli prosesor beserta dengan Motherboardnya sekaligus, sehingga Anda tidak perlu memikirkan apa yang cocok untuk Anda gunakan.

Sejarah Processor

Agar lebih memahami arti processor, pastinya kita harus mengetahui paling tidak sedikit tentang sejarah awal mulanya bukan? Ya! Semikonduktor Fairchild yang didirikan pada tahun 1957 menemukan sirkuit terpadu pertama pada tahun 1959 yang menandai sejarah dimulainya mikroprosesor.

Pada tahun 1968, Gordan Moore, Robert Noyce, dan Andrew Grove mengundurkan diri dari Fairchild Semiconductor dan memulai perusahaan mereka sendiri yaitu adalah Integrated Electronics atau Intel.

Pada tahun 1971, Mikroprosesor pertama Intel 4004 ditemukan. Mikroprosesor juga dikenal sebagai Central Processing Unit atau unit pemrosesan pusat di mana jumlah periferal dibuat pada satu chip. Ini memiliki Arithmetic and Logic Unit (ALU), unit kontrol, register, sistem bus, dan clock untuk melakukan tugas komputasi.

CPU atau Pposesor adalah bagian integral dari komputer. Mereka sudah ada sejak munculnya komputer. Prosesor pertama dalam industri ini seperti yang sudah Kami sebutkan sebelumnya adalah prosesor 4004 dari Interl yang diluncurkan pada awal tahun 1970-an. Meskipun hal tersebut cukup mendasar dibandingkan dengan prosesor sekarang ini, tapi itu adalah sebuah lompatan raksasa karena mengantarkan revolusi komputer.

Tujuan Processor (CPU)

Membahas tentang pengertian apa itu prosesor, adalah merupakan hal yang penting untuk kita agar mengetahui apa tujuan mereka sebenarnya. Tujuan dari processor sendiri adalah untuk melakukan perhitungan aktual yang dilakukan oleh komputer, yang meliputi mengelola memori komputer, menangani input (masukan) dari pengguna, mengirimkan output (keluaran) kepada mereka dan melakukan perhitungan apa pun yang diperlukan.

Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, sebuah ini merupakan bagian penting dari komputer mana pun, karena tanpa unit chip seperti itu, tidak ada perangkat komputer yang dapat melakukan operasi apa pun atau menjalankan software atau perangkat lunak apa pun.

Perangkat lunak komputer dikodekan dalam bahasa mesin, yang berupa kode numerik yang dimengerti dan diproses oleh processor atau CPU sebagai serangkaian perintah sederhana. CPU berkomunikasi dengan perangkat lain yang diinstal atau terpasang pada komputer, seperti perangkat input dan output dan chip memori.

Fungsi Processor atau CPU

Berdasarkan apa yang sudah Kami bahas pada penjelasan pengertian processor di atas, untuk fungsinya sendiri pada intinya, fungsi prosesor adalah mengambil instruksi dari program atau application (aplikasi) dan kemudian melakukan perhitungan.

Proses ini dapat dipecah menjadi 3 (tiga) tahap utama yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Fetch; Ini berarti mengambil,
  2. Decode; atau dekode.
  3. Execute; Adalah eksekusi atau menjalankan.

CPU mengambil instruksi dari RAM sistem, lalu menguraikan apa sebenarnya instruksi tersebut, sebelum dieksekusi oleh bagian CPU yang relevan. Instruksi yang dijalankan, atau perhitungannya, dapat melibatkan aritmatika dasar, membandingkan angka-angka tertentu bersama-sama, atau memindahkannya dalam Memory Units (baca pengertian Memory Units disini).

Karena semua yang terdapat di komputer diwakili oleh angka, tugas-tugas sederhana itu sama dengan apa yang dilakukan CPU. Inilah yang memfasilitasi semuanya, mulai dari menjalankan Windows, hingga menonton atau men-download video YouTube.

Baca Juga :  Computer Vision: Pengertian, Apa itu Visi Komputer? Tujuan, Fungsi, Jenis, Contoh dan Pentingnya + Bedanya dengan Image Processing!

Dalam sistem yang modern, CPU tidak melakukan segalanya, tetapi masih harus memberi perangkat keras khusus angka yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka. Dan juga memberitahui Graphic Card atau kartu grafis untuk menunjukkan kemampuannya, setelah Anda mengklik dan memberikan perintah, atau seperti mengambil dan menjalankan dokumen Office Anda dari memori lokal.

Cara Kerja Processor (Prosesor)

Ilustrasi Gambar Cara Kerja Processor Atau Prosesor CPU Dalam Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Cara Kerja Processor Atau Prosesor CPU Dalam Pembahasan Pengertiannya

Memang, pada dasarnya processor merupakan sebuah hardware (baca pengertian hardware disini) yang melakukan perhitungan menggunakan input yang diterima dan kemudian menghasilkan output. Pada tingkat dasarnya mereka terbuat dari transistor yang membentuk gerbang yang bersama-sama membentuk alamat dan banyak struktur lain untuk melakukan perhitungan.

Lalu, bagaimana processor komputer bekerja? Baiklah, akan Kami jelaskan seperti inii, cara kerja CPU didefinisikan sebagai proses 3 (tiga) langkah, yakni:

  1. Mengambil instruksi dari memory.
  2. Kemudian, instruksi tersebut diterjemahkan dan prosesor mengetahui apa saja yang diperintahkan untuk dilakukan.
  3. Terakhir, instruksi dieksekusi dan operasi pun dilakukan.

Ke-3 (tiga) langkah tersebut di atas dilakukan secara berulang dalam siklus yang dimulai lagi dengan CPU mengambil instruksi selanjutnya. Langkah-langkah ini disebut sebagai Instruction Cycle of CPU yang berarti siklus instruksi CPU.

CPU menggunakan penghitung program untuk melacak instruksi mana yang harus diambil selanjutnya. Penghitung atau yang dikenal dengan sebutan counter adalah alamat Lokasi memori yang memegang instruksi berikutnya yang akan dieksekusi.

Ini disimpan dalam register, yang merupakan lokasi memori khusus di CPU itu sendiri. Penghitung program pun bertambah untuk menunjuk ke instruksi berikutnya setelah masing-masing mengambil dalam siklus instruksi.

Komponen Processor

Ilustrasi Gambar Komponen Processor Atau Prosesor CPU Dalam Membahas Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Komponen Processor Atau Prosesor CPU Dalam Membahas Penjelasan Pengertiannya

Setelah mengenal pengertian processor, sejarah, tujuan, fungsi dan cara kerjanya, kita juga harus mengetahui apa saja komponen-komponen mereka.

Ya! Untuk komponennya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa dalam prosesor, terdapat beberapa komponennya yang membentuk CPU, sehingga dapat berjalan sebagai otak dari sebuah perangkat Komputer. Beberapa komponen yang terdapat dalam processor (prosesor) termasuk seperti:

  • Memory Units atau Penyimpanan
  • Unit Kontrol
  • ALU (Unit Logika Aritmatika)

Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing Komponen processor atau prosesor.

a. Memory Units atau Storage Units

Komponen pertama adalah srotage units atau memory units. Komponen ini dapat menyimpan instruksi, data, dan hasil intermediate. Unit ini memasok informasi ke unit komputer lain bila diperlukan.

Selain itu unit ini juga dikenal sebagai unit internal storage atau penyimpanan internal atau memori utama yang sering dikenal dengan RAM (Random Access Memory). Ukurannya pun dapat memengaruhi kecepatan, daya, dan kemampuan.

b. Control Unit

Komponen berikutnya adalah control unit. Ini adalah unit yang mengontrol operasi semua bagian Kkomputer tetapi tidak melakukan operasi pemrosesan data yang sebenarnya. Fungsinya adalah bertanggung jawab untuk mengendalikan transfer data dan instruksi di antara unit komputer lainnya.

Komponen control unit mengelola dan mengoordinasikan semua unit komputer yang memperoleh instruksi dari memori, menafsirkannya, dan mengarahkan operasi komputer. Unit ini berkomunikasi dengan perangkat input/output untuk transfer data atau hasil dari penyimpanan dan mereka tidak memproses atau menyimpan data.

c. ALU (Arithmetic Logic Unit)

Yang terakhir adalah ALU atau Arithmetic Logic Unit. Komponen ini melakukan operasi aritmatika dan logika pada operan yang terdapat dalam instruksi. Unit ini terdiri dari 2 (dua) sub-bagian yaitu adalah:

  1. Arithmetic section atau bagian aritmatika
  2. Logic section atau bagian logika.
Baca Juga :  Pengertian Dual BIOS: Tujuan, Cara Kerja dan Contoh Dual BIOS

Tips Memilih Merk Prosesor

Dalam perkembangannya kita sebagai pengguna perangkat komputer yang termasuk dalam kategori menengah pasti mengenal telah mengenal ke-2 (dua) produsen komponen canggih yang menguasai pasar prosesor komputer. Benar! Mereka adalah Intel dan AMD.

Kedua produsen processor tersebut selalu bersaing dalam menghadirkan sebuah otak komputer yang paling mutakhir dan hebat. Keduanya merek tersebut selalu kita lihat dengan seksama, terutama saat membeli sebuah laptop, menentukan jenis merk apa yang akan digunakan dalam kebutuhan kita.

Kita sebagai konsumen dituntut agar jeli saat melihat spesifikasi dari perangkat komputer yang tersedia, biasanya merk processor juga dapat kita lihat melalui stiker yang tertempel kepada bagian bawah keyboard dari perangkat komputer seperti laptop, biasanya mereka terletak di bagian kanan.

Terkait cara memilihnya sendiri, untuk kebutuhan kantor biasanya orang akan lebih menentukan Intel, dan sedangkan untuk kebutuhan pembuatan terkait hal-hal berbau grafis seperti produksi video dengan menggunakan Adobe After Effects, untuk seorang gamer dan lain sebagainya biasanya akan memilih AMD.

Walaupun sebenarnya bukan melalui merk prosesor-lah yang harus kita lihat, tetapi kecepatan pemrosesannya yang harus jadikan sebagai rujukan dan acuan. Terlepas daripada pemilihan antara processor merk Intel atau AMD, itu semua tergantung dari masing-masing pengguna.

Kesimpulan

Bagaimana cukup jelaskan? Jadi, dari penjelasan Pengertian Processor, Apa itu Prosesor? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Tips Memilih Merknya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Central Processing Unit (CPU) yang sering dikenal dengan prosesor dan processor adalah perangkat keras yang memungkinkan komputer Anda berinteraksi dengan semua aplikasi dan program yang diinstal. Prosesor mengartikan instruksi program dan menciptakan output yang Anda antarmuka dengan ketika Anda menggunakan komputer.

Core processor (prosesor) dan kecepatan clock-nya menentukan berapa banyak informasi yang dapat diterima pada suatu waktu, dan seberapa cepat informasi tersebut dapat diproses di komputer Anda. Kecepatan di mana core komputer Anda dan kecepatan clock bekerja bersama-sama dikenal sebagai kecepatan pemrosesannya.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Processor, Apa itu Prosesor? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Tips Memilih Merknya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, terutama dalam memahami arti dan bagaimana memilih pocessor yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya. Terima Kasih.

1 Komentar

Tinggalkan Komentar