Memahami Pengertian Memory Units (MU) atau Unit Memori dan Jenisnya dalam Komputer

0
Gambar Pengertian Memory Units MU Jenis Fisik Unit Penyimpanan Dan Pengukurannya Dalam Komputer
Gambar Pengertian Memory Units MU Jenis Fisik Unit Penyimpanan Dan Pengukurannya Dalam Komputer

Apa itu sebenarnya pengertian Memory Units (MU) atau Unit Memori dalam Komputer? Secara umum, Memory Unit adalah komponen dari sebuah sistem komputer yang digunakan untuk menyimpan data, instruksi dan informasi. Memory Units (MU) atau Unit Memori sebenarnya adalah area kerja Komputer, di mana CPU menyimpan data dan instruksi. Ini juga dikenal sebagai memori utama/primer/internal.

Dalam postingan kali ini Kami akan membahas tentang pemahaman apa itu pengertian Memory Units (MU) atau Unit Memori dan Jenis Fisik, Jenis Unit Penyimpanan dan Pengukuran Memory Units (MU) atau Unit Memori secara lengkap. Simak ulasannya berikut.

Apa Itu Memory (Memori Komputer)?

Sebelum membahas pengertian Memory Units (MU) atau Unit Memori, mari kita pahami dulu apa itu Memory atau Memori. Pengertian Memory atau Memori Komputer adalah setiap perangkat fisik yang mampu menyimpan informasi apakah itu besar atau kecil dan menyimpannya sementara atau secara permanen. Sebagai contoh, Random Access Memory (RAM), adalah jenis memori yang mudah menguap yang menyimpan informasi untuk selang waktu singkat, pada sirkuit terintegrasi yang digunakan oleh sistem operasi.

Pengertian Memory Units (MU)

Pengertian Memory Units (MU) atau Unit Memori adalah jumlah data yang dapat disimpan dalam unit penyimpanan. Kapasitas penyimpanan ini dinyatakan dalam Bytes berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Tutorialspoint.

Byte adalah satuan data yang panjangnya delapan digit biner. Byte adalah unit yang digunakan sebagian besar komputer untuk mewakili karakter seperti huruf, angka atau simbol Typography (Tipografi). Setiap byte dapat menampung string bit yang perlu digunakan dalam unit yang lebih besar untuk keperluan aplikasi. Sebagai contoh, misalnya aliran bit dapat membentuk gambar visual untuk program yang menampilkan gambar. Contoh lain adalah serangkaian bit yang merupakan kode mesin dari Program Komputer.

Jenis Fisik Memory (Memori Komputer)

Memory (Memori Komputer) sering disebut dengan Memori Utama, berarti ruang penyimpanan Komputer yang secara singkat digunakan untuk ruang kerja. Ini biasanya memiliki bentuk fisik seperti sebuah chip. Memori terdiri dari empat jenis, adapun jenis dari Memory (Memori Komputer Utama) adalah sebagai berikut:

  • RAM
  • ROM
  • CMOS
  • Flash

Penyimpanan Main Memory Units (MU) atau Unit Memori Utama

Mengacu pada pengertian Memory atau Memori Komputer di atas, Memory merupakan bagian dari komputer yang menyimpan data dan instruksi untuk diproses. Adapun Jenis berbagai macam Unit Penyimpanan Main Memory Units (MU) atau Unit Memori Utama adalah sebagai berikut:

  • Bit
  • Nibble
  • Byte
  • Word

Table Unit Penyimpanan Main Memory Units (MU) atau Unit Memori

No.Unit dan Deskripsinya
1Bit (Binary Digit) atau Digit Biner adalah logis 0 dan 1 yang mewakili keadaan pasif atau aktif komponen dalam sirkuit listrik.
2Nibble adalah Sekelompok 4 bit disebut nibble.
3Byte adalah Sekelompok 8 bit disebut byte. Byte adalah unit terkecil, yang dapat mewakili item data atau karakter.
4Word adalah Kata dalam Komputer, seperti byte, Word adalah sekelompok jumlah bit tetap yang diproses sebagai satu unitMungkin sekecil 8 bit atau mungkin sepanjang 96 bit.
Baca Juga :  Cara Reset Printer Canon MP237: Cara Simple Cepat dan Mudah (Work)

Pengukuran Memory Units (MU) atau Unit Memori

Mengacu pada pengertian Memory Units (MU) atau Unit Memori di atas, Unit Memori merupakan bagian dari komputer yang menyimpan data dan instruksi untuk diproses. Meskipun terkait erat dengan CPU, pada kenyataannya itu terpisah dari itu. Adapun Jenis berbagai macam Unit Pengukuran Memory Units (MU) atau Unit Memori adalah sebagai berikut:

  • Byte
  • Kilo Byte
  • Mega Byte
  • Giga Byte
  • Tera Byte
  • Peta Byte
  • Exa Byte
  • Zetta Byte
  • Yotta Byte

Tabel Unit Pengukuran Memory Units (MU) atau Unit Memori

NamaSama DenganJumlah (Dalam Byte)
Bit1 bit1/8
Nibble4 bits1/2
Byte8 bits1
Kilobyte1024 Bytes1024
Megabyte1, 024 Kilobytes1, 048, 576
Gigabyte1, 024 Megabytes1, 073, 741, 824
Terrabyte1, 024 Gigabytes1, 099, 511, 627, 776
Petabyte1, 024 Terrabytes1, 125, 899, 906, 842, 624
Exabyte1, 024 Petabytes1, 152, 921, 504, 606, 846, 976
Zettabyte1, 024 Exabytes1, 180, 591, 620, 717, 411, 303, 424
Yottabyte1, 024 Zettabytes1, 208, 925, 819, 614, 629, 174, 706, 176

Pengertian Byte, KB, MB, GB, TB, PB, EB, ZB, YB dalam Ukuran File

Ilustrasi Gambar Pengertian Memory Units MU Jenis Fisik Unit Penyimpanan Dan Pengukurannya Dalam Komputer
Ilustrasi Gambar Pengertian Memory Units MU Jenis Fisik Unit Penyimpanan Dan Pengukurannya Dalam Komputer

Dalam membahas mengenai pengertian Memory Units (MU) atau Unit Memori, dalam pengukurannya mereka diukur dalam bentuk Bytes. Berikut adalah penjelasannya secara detail.

a. Byte

Dalam sistem komputer, satu unit data yang panjangnya delapan digit biner dikenal sebagai Byte. Pengertian Byte adalah unit yang digunakan komputer untuk mewakili karakter seperti huruf, angka atau simbol tipografi (misalnya, “h”, “7”, atau “$”). Byte juga dapat menangkap String Bit yang perlu digunakan dalam beberapa unit proses aplikasi yang lebih besar misalnya seperti aliran bit yang menyusun gambar visual untuk program yang mewakili gambar atau string bit yang menyusun kode mesin dari sebuah program komputer.

Byte disingkat dengan “B” besar sedangkan bit disingkat dengan “b” kecil. Penyimpanan dalam Komputer umumnya diukur dalam kelipatan byte. Misalnya, hard drive 640 MB menampung data 640 juta Byte atau Mega Byte dalam nominal. Kelipatan Byte terdiri dari Eksponen 2 dan umumnya dinyatakan sebagai angka desimal “dibulatkan”. Sebagai contoh, dua megabyte atau 2 juta Byte sebenarnya 2,097,152 (Desimal) byte.

b. KB (Kilo Byte)

Pengertian KB (Kilo Byte) adalah unit pengukuran memori terkecil tetapi lebih besar dari satu byte. Satu kilobyte adalah 103 atau 1, 000 byte disingkat sebagai “K” atau “KB”. KB (Kilo Byte) mendahului MegaByte, yang berisi 1,000,000 Byte. Satu KB (Kilo Byte) secara teknis 1,000 Byte, oleh karena itu, Kilobyte sering digunakan secara sinonim dengan Kibibytes, yang mengandung tepat 1,024 Byte.

KB (Kilo Byte) sebagian besar digunakan untuk mengukur ukuran file kecil. Misalnya, dokumen teks sederhana dapat berisi 10KB Data, oleh karena itu akan memiliki ukuran file 10 kilobyte. Grafik Situs web kecil seringkali berukuran antara 5KB dan 100KB. File individual biasanya membutuhkan ruang disk minimal 4 (Empat) KB (Kilo Byte).

c. MB (Mega Byte)

Pengertian MB (Mega Byte) adalah unit pengukuran memori yang lebih besar dari Kilo Byte. Satu MB (Mega Byte) sama dengan 1, 000 KB dan mendahului satuan gigabyte (GB) pengukuran memori. Satu MB (Mega Byte) adalah 106 atau 1,000,000 byte dan disingkat sebagai “MB”. Secara teknis 1 MB sama dengan 1,000,000 Byte, oleh karena itu lah Megabyte sering digunakan secara sinonim dengan mebibytes, yang mengandung tepat 1,048,576 Byte.

Megabita sebagian besar digunakan untuk mengukur ukuran file besar. Misalnya, gambar JPEG resolusi tinggi mungkin berkisar dari 1-5 megabyte. Lagu dengan panjang 3 menit yang disimpan dalam versi terkompresi mungkin berukuran sekitar 3MB, dan versi yang tidak dikompresi mungkin membutuhkan ruang disk hingga 30 MB. Kapasitas Compact Disk juga diukur dalam MegaByte (sekitar 700 hingga 800 MB), sedangkan kapasitas sebagian besar bentuk Drive media lain, seperti Hard Drive dan Flash Drive, diukur dalam Gigabyte atau Terabyte.

Baca Juga :  Pengertian Engraving (Ukiran): Sejarah dan Macam-Macam Istilahnya

d. GB (Giga Byte)

Pengertian GB (Giga Byte) adalah unit pengukuran memori yang lebih besar setelah Mega Byte. Satu gigabyte sama dengan 1.000 MB dan mendahului satuan terabyte (TB) pengukuran memori. Gigabyte adalah 109 atau 1,000,000,000 Byte dan disingkat “GB”. 1GB secara teknis 1,000,000,000 Byte, oleh karena itu, Gigabyte digunakan secara sinonim dengan gibibytes, yang mengandung tepat 1,073,741,824 Byte.

Gigabytes, kadang-kadang juga disingkat sebagai “Gigs”, dan sering digunakan untuk mengukur kapasitas perangkat penyimpanan. Misalnya seperti drive DVD standar dapat menampung data 4,7 GB. Perangkat penyimpanan yang menampung 1, 000 GB data atau lebih diukur dalam terabyte.

e. TB (Tera Byte)

Pengertian TB (Tera Byte) adalah unit pengukuran memori yang lebih besar setelah Giga Byte. Satu terabyte sama dengan 1,000 GB dan mendahului unit pengukuran memori Petabyte (PB). Terabyte adalah 1012 atau 1,000,000,000,000 Byte dan disingkat sebagai “TB”. 1TB secara teknis 1 Triliun Byte, oleh karena itu, Terabyte dan Tbibytes digunakan secara sinonim, yang mengandung tepat 1,099,511,627,776 Byte (1, 024 GB).

Sebagian besar kapasitas penyimpanan perangkat penyimpanan besar diukur dalam TeraBytes. Sekitar Tahun 2007, hard drive konsumen sudah mencapai kapasitas 1TB (Tera Byte). Sekarang, HDD diukur dalam Terabytes, misalnya seperti HDD Internal tipikal dapat menampung 2 Terabytes data sedangkan beberapa server dan Workstation High-End yang berisi banyak hard drive bahkan mungkin memiliki kapasitas penyimpanan total lebih dari 10 Tera byte.

f. PB (Peta Byte)

Pengertian PB (Peta Byte) adalah unit pengukuran memori yang lebih besar dari Tera Byte. 1 PB (Pete Byte) sama dengan 1.000 TB dan mendahului satuan exabyte pengukuran memori. Petabyte adalah 1015 atau 1,000,000,000 000,000 Byte dan disingkat sebagai “PB”. Ukuran Petabyte lebih kecil daripada Pebibyte yang mengandung tepat 1,125,899,906,842,624 (250) Byte.

Sebagian besar perangkat penyimpanan dapat menampung maksimum beberapa TB, oleh karena itu, Petabyte jarang digunakan untuk mengukur kapasitas memori satu perangkat. Sebaliknya, PB digunakan untuk mengukur total data yang disimpan dalam jaringan besar atau Server Farm. Misalnya, Raksasa Internet seperti Google dan Facebook menyimpan lebih dari 100 PB data di server data mereka.

g. EB (Exa Byte)

Pengertian EB (Exa Byte) adalah unit pengukuran memori yang lebih besar setelah Peta Byte. Satu Exabyte sama dengan 1,000 Petabyte dan mendahului satuan Zettabyte pengukuran memori. Exabyte adalah 1018 atau 1,000,000,000,000,000, byte dan disingkat “EB”. Exabytes lebih rendah daripada Exbibytes, yang mengandung tepat 1,152,921,504,606,846,976 (260) Byte.

Unit pengukuran memori exabyte sangat besar, sehingga tidak digunakan untuk mengukur kapasitas perangkat penyimpanan. Bahkan kapasitas penyimpanan data dari pusat penyimpanan cloud terbesar hanya diukur dalam PB, yang merupakan sebagian kecil dari 1 EB. Sebagai gantinya, exabytes mengukur jumlah data melalui beberapa jaringan penyimpanan data atau jumlah data yang sedang ditransfer melalui Internet untuk jangka waktu tertentu. Contohnya beberapa ratus Exabytes data ditransfer melalui Internet setiap tahun.

h. ZB (Zetta Byte)

Pengertian ZB (Zetta Byte) adalah unit pengukuran memori yang lebih besar setelah Exa Byte. Satu zettabyte sama dengan 1, 000 exabytes atau 1021 atau 1,000,000,000,000,000,000,000 byte. Zettabyte sedikit lebih kecil dari zebibyte yang mengandung tepat 1,180,591,620,717,411,303,424 (270) Byte dan disingkat “ZB”.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Chatting (Chat): Fungsi, Manfaat, Dampak dan Contoh Aplikasinya!

Satu Zettabyte berisi Satu Miliar TB atau satu Sextillion Byte yang berarti diperlukan satu Miliar dari 1 (satu) Terabyte Hard Drive untuk menyimpan satu Zettabyte Data. Secara umum, Zettabyte digunakan untuk mengukur sejumlah besar data dan semua Data di dunia hanya beberapa Zettabytes.

i. YT (Yotta Byte)

Pengertian YT (Yotta Byte) adalah unit pengukuran memori yang lebih besar setelah Zeta Byte. Satu Yottabyte sama dengan 1,000 Zettabytes. YT (Yotta Byte) adalah unit pengukuran memori SI terbesar. Yottabyte adalah 1024 ZettaBytes atau 1,000,000,000,000,000,000,000 byte dan disingkat dengan “YB”. Ini sedikit lebih kecil dari Yobibyte, yang mengandung tepat 1,208,925,819,614,629,174,706,176 Byte (280) Byte.

1 Yottabyte mengandung satu Septillion Byte yang persis sama dengan satu triliun TB. Ini adalah jumlah yang sangat besar yang dapat dievaluasi manusia. Tidak ada penggunaan praktis dari unit pengukuran besar karena semua data di dunia terbuat dari hanya beberapa zettabytes.

Processor Komputer dan Memory Units (MU) atau Unit Memori serta Penjelasannya

Prosesor komputer terdiri dari beberapa sirkuit yang menentukan, yang masing-masingnya bisa OFF atau ON. Kedua status ini dalam hal memori diwakili oleh 0 atau 1. Untuk menghitung lebih tinggi dari 1, Bits tersebut (BInary digiTS) ditangguhkan secara bersamaan.

Setiap 8 (Delapan) bit dikenal sebagai Byte. 1 byte dapat mewakili angka antara nol (00000000) dan 255 (11111111), atau 2^8 = 256 posisi yang berbeda. Tentu saja, Byte ini juga dapat digabungkan bersama untuk mewakili angka yang lebih besar. Komputer mewakili semua karakter dan angka secara internal dengan cara yang sama.

Secara praktisnya, memori diukur dalam KiloBytes (KB) atau MegaBytes (MB). Satu kilobyte tidak persis dan sama dengan 1000 byte. Sebaliknya, jumlah yang benar adalah:

2^10 yaitu 1024 Byte

Demikian pula, satu MB (MegaByte) bukan berarti 1000^2 adalah 1,000,000 Byte, melainkan:

1024^2 yaitu 1,048,576 Byte

Ini perbedaan yang luar biasa. Pada saat kita melihat satu GB (GigaByte), misalnya 1024^3 byte), perbedaan antara jumlah basis dua dan basis sepuluh hampir 71 MegaByte. Memori komputer dan ruang disk diukur dalam unit-unit ini. Tetapi penting untuk tidak membingungkan antara keduanya. “12800 KB RAM” mengacu pada jumlah memori utama yang disediakan komputer untuk CPU-nya sedangkan “128 MB Disk” melambangkan jumlah ruang yang tersedia untuk penyimpanan File, Data, dan jenis Informasi lainnya.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah paham? Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian Memory Units (MU) atau Unit Memori adalah perangkat yang menyimpan Data pada Komputer. Jenis Fisiknya adalah RAM, ROM, CMOS dan Flash. Main Memory Units (MU) atau Unit Memori Utama disimpan dalam 4 (Empat) jenis unit, yaitu Bit, Byte, Nibble dan Word.

Pengukurannya biasa diukur dalam bentuk Bytes yang dapat langsung kalian lihat pada pengertian Byte, KB (kilo Byte), MB (Mega Byte), GB (Giga Byte), TB (Tera Byte), PB (Peta Byte), EB (Exa Byte), ZB (Zetta Byte), YB (Yotta Byte) dalam Ukuran File di atas.

Penutup

Itulah ulasan Kami kali ini yang memebahas mengenai apa itu pengertian Memory Units (MU) atau Unit Memori, Apa itu Memory (Memori Komputer), Unit Penyimpanan Memory Units, Unit Pengukurannya dan Pengertian Byte, KB, MB, GB, TB, PB, EB, ZB, YB dalam Ukuran File beserta penjelasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Bagaimana menurut Anda? sudah lengkap atau belum? jangan sungkan untuk bertanya pada kolom Komentar di bawah ini. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar