Pengertian File: Pengertian Menurut Ahli, Jenis dan Fungsi dari File Lengkap

0
File-Pada-Komputer
Ilustrasi File pada Komputer

Pengertian File

Apa itu file? Pengertian File adalah kumpulan dari data dan juga informasi yang saling berhubungan dan juga tersimpan di dalam ruang penyimpanan sekunder. Definisi dari file ini dapat juga diartikan sebagai arsip atau data yang mana ia disimpan di dalam komputer.

Secara konsepnya, file ini memiliki beberapa tipe, diantaranya yaitu adalah tipe data terdiri dari character, numeric, dan binary. Selain itu, ada juga file yang bertipe program.

Pada umumnya file pada komputer ini tersimpan di dalam folder tertentu, tergantung di mana si pemilik file ingin menyimpannya. Masing-masing dari file ini memiliki ekstensi yang berbeda sesuai dengan jenis filenya.

Pengertian dari ekstensi file adalah tanda yang membedakan antara satu jenis file pada jenis file lainnya. Misalkan, file gambar akan memiliki ekstensi .jpg, .gif, .png, .jpeg dan lain-lainnya. Sedangkan untuk file video, ia akan memiliki ekstensia mpeg, avi, mp4, wmv, 3gp dan lain-lainnya.

Pengertian File Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pada bidang ilmu komputer pernah menjelaskan mengenai definisi file, yakni, sebagai berikut:

1. McLeod (Pearson)

Menurut McLeod (Pearson) pengertian file adalah koleksi rekaman (record) yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, seperti satu file dari seluruh record yang berisi bidang kode-kode mata kuliah dan namanya.

2. Rachmad Hakim S.

Menurut Rachmad Hakim S pengertian file adalah kumpulan dokumen yang berisi informasi tertentu dan dapat dibuka dengan menggunakan program komputer tertentu.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Alphanumeric (Alphameric): Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

3. Edi S. Mulyanta

Menurut Edi S Mulyanta pengertian file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital yang berguna dalam hal pertukaran dan penyimpanan data.

4. Hendrayudi

Menurutnya definisi file adalah data-data yang tersimpan dalam sebuah media yang memiliki informasi besar file, tanggal dan jam penyimpanan, ciri file, nama file, dan atribut file tersebut.

Jenis-Jenis File Dalam Komputer dan Fungsinya

Ilustrasi Gambar Pengertian File
Ilustrasi Gambar Jenis File

Mengacu pada pengertian file yang tersebut di atas, kata file ini diperuntukkan kepada bidang komputerisasi. Setelah memahami apa itu yang disebut dengan file, pastinya kita juga perlu mengetahui apa saja jenis file yang ada di komputer.

Jenis-jenis file yang ada di dalam komputer ada banyak sekali formatnya. Berikut ini adalah jenis-jenis dari file yang ada dalam komputer berdasarkan format filenya:

a. File System

Beberapa ekstensi dalam file sistem diantaranya adalah sys, com, bak, bat, tmp, dan exe. File sistem ini berfungsi untuk menjalankan program yang ada di dalam komputer sesuai dengan peruntukkannya, dan juga menjalankan berbagai aplikasi yang diinstalkan ke dalam komputer.

b. File Video

Beberapa ekstensi pada file video ini adalah mpg, wmv, mp4, 3gp, avi, flv, KV. Masing-masing dari ekstensi ini menunjukkan bahwa masing-masing video memiliki jenis berbeda dan juga memiliki pemutar yang berbeda. Tidak semua dari jenis video dapat diputar dengan software yang biasanya terinstal di dalam komputer. Ada juga beberapa jenis video yang hanya bisa diputar dengan software tertentu.

c. File Dokumen

Beberapa ekstensi pada file dokumen ini diantaranya adalah doc, odt, doc, xls, ods, pdf, ppt, txt. Masing-masing dari ekstensi tersebut menunjukkan jenis file dokumennya, dan hanya bisa dibuka jika di dalam komputer terinstal software atau aplikasi yang sesuai.

Baca Juga :  Pengertian FaaS (Function As A Service): Prinsip, Jenis, Perbedaannya

d. File Gambar

Beberapa ekstensi file gambar ini diantaranya adalah jpg, jpeg, png, gif, tif, dan lain-lain. Pada umumnya gambar yang dihasilkan oleh kamera digital atau kamera manual, gambarnya akan berekstensi jpg atau jpeg. Gambar berekstensi tif, png, dan lainnya biasanya hasil penyimpanan dari software tertentu, misalnya Photoshop, CorelDraw, AutoCad, dan lain-lainnya.

e. File Suara

Beberapa ekstensi dari file suara diantaranya adalah wav, mp3, midi, dan rm. Sama halnya dengan file komputer lainnya, tidak semua file suara dapat dibuka dengan menggunakan satu aplikasi saja.

f. Open Proprietary Formats

Format arsip yang bersifat terbuka atau universal atau open format ini bisa dibuka dengan dan juga aplikasi lain yang mengikuti standar.

Open Proprietary Formats (File format bersifat terbuka)
MP3, GIF, PNG, OGG, motroska (.mkv), zip, tar, 7z

Selain yang disebutkan di atas, pastinya masih ada banyak jenis file yang ada di dalam komputer sesuai peruntukkannya. Pada umumnya masing-masing jenis file komputer ini dikelompokkan didalam folder khusus sesuai dengan jenisnya. Dengan pengelompokkan file di dalam folder khusus maka user (pengguna) dapat menemukan file tersebut dengan mudah ketika dibutuhkan atau ketika sedang dicari.

Format File untuk Aplikasi

Ketika aplikasi developer (pengembang aplikasi) membuat aplikasi yang menyimpan file, memilih jenis format sangat penting. Untuk beberapa program akan wajar apabila menggunakan open format, agar kompatible dengan aplikasi lain.

Memilih format arsip, tetapi dilain perkara pemilihan format tertutup (format yang dibentuk sendiri) akan dirasa lebih aman apabila file Anda tidak ingin bocor keluar. Disisi lain orang akan lebih suka pelaksanaan dengan ada banyak pilihan, dengan dan juga pertimbangan file yang disimpan dapat dibuka dengan aplikasi lain juga.

Baca Juga :  CSS Adalah: Pengertian, Penggunaan dan Cara Menerapkan CSS

Kebanyakan developer kini berpindah memakai open file format. Lantaran dirasa lebih fleksibel lantaran file dapat dibuka lewat platform (linux, windows, android, MacOS, iOS).

Untuk dapat memakai format arsip terbuka, Anda perlu mempelajari anggaran dan cara penulisan nya. Anda bisa langsung merujuk ke Wikipedia Open File Format dan kunjungi official site masing-masing pengembang agar dapat melihat dan mengunduh dokumentasi dari file format tadi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian file, jenis-jenis file, dan fungsi file pada komputer. Semoga bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar