Pengertian Typography (Tipografi): Sejarah dan Istilah Teknisnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Typography
Ilustrasi Gambar Pengertian Typography

Pengertian Typography (Tipografi)

Apa itu Typography? Typography (Tipografi) adalah seni dan teknik mengatur jenis untuk membuat bahasa tertulis dapat dibaca, dibaca, dan menarik ketika ditampilkan. Susunan jenis melibatkan pemilihan tipografi, ukuran titik, panjang garis, spasi-baris (depan), dan spasi-huruf (pelacakan), dan menyesuaikan ruang antara pasangan huruf (kerning).

Istilah Typography (Tipografi) juga diterapkan pada gaya, pengaturan, dan tampilan huruf, angka, dan simbol yang dibuat oleh proses. Desain jenis adalah kerajinan yang berkaitan erat, kadang-kadang dianggap sebagai bagian dari tipografi; sebagian besar tipografi tidak mendesain tipografi, dan beberapa tipe desainer (Graphic Design) tidak menganggap dirinya tipografi. Tipografi juga dapat digunakan sebagai perangkat dekoratif, tidak terkait dengan komunikasi informasi.

Dalam konteks komunikasi visual, susunan teks ini dikenal sebagai tipografi dan merupakan bagian penting dari berbagai gaya seni dan komunikasi. Secara umum, Typography (Tipografi) adalah cara teks disusun dan disajikan. Dalam buku komik Batman lama, misalnya, efek suara seperti “bap!” diatur dalam kata atau gelembung pikiran untuk menunjukkan kekuatan dan efek pertarungan. Demikian pula, jika Anda melihat perangkat yang Anda gunakan saat ini, ada kemungkinan besar bahwa nama merek ditampilkan dengan berani di depan mata Anda.

Sejarah Typography (Tipografi)

Mengingat Typography adalah susunan teks, Anda dapat membayangkan bahwa tipografi memiliki sejarah panjang yang terkait erat dengan kata cetak. Contoh-contoh awal tipografi berasal dari Yunani dan Romawi kuno, biasanya dalam bentuk segel kekaisaran dan dadu yang digunakan untuk menghasilkan uang. Segel kerajaan pada dokumen, misalnya, akan dibuat menggunakan stempel logam yang dicelupkan ke dalam lilin dan disajikan sebagai jenis tanda tangan.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Alphanumeric (Alphameric): Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

Sekitar 1041, tipografi mulai berevolusi menjadi apa yang kita kenal sebagai hari ini dengan penemuan tipe bergerak oleh rakyat jelata Cina Bi Sheng. Menggunakan ubin tanah liat, Sheng menciptakan sistem di mana setiap karakter Cina diwakili pada ubin tunggal, sehingga memungkinkan kata-kata dan frasa dicetak di atas kertas menggunakan tinta.

Seiring waktu, ubin keramik diganti dengan balok kayu, tetapi proses pencetakan masih lambat dan memakan waktu karena harus dilakukan dengan tangan. Ini semua berubah sekitar tahun 1440, ketika Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak mekanik pertama. Tidak seperti cetakan buatan tangan sebelumnya, pers Gutenberg menggunakan pelat logam dan sistem mekanis untuk mereproduksi teks dengan cepat dan lebih efisien daripada yang pernah dilakukan sebelumnya. Faktanya, proses Gutenberg sangat efektif dan efisien sehingga banyak elemen yang masih digunakan sampai sekarang dalam proses pencetakan.

Teks dapat direproduksi sebelum mesin cetak, tetapi waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mewujudkannya lebih atau kurang menghalangi produksi massal teks tertulis. Dengan bantuan mesin cetak, ide-ide dan konsep-konsep baru dapat dibagikan dalam komunitas dan, ketika dibawa oleh para pelancong, dapat membuat jalan mereka di seluruh dunia. Jadi, pers Gutenberg adalah semacam titik nyala yang memicu revolusi global dalam berbagi gagasan.

Istilah Teknis Typography

Mengacu pada pengertian Typography di atas, kecuali jika Anda seorang seniman visual atau desainer grafis, Anda mungkin tidak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan semua pekerjaan yang digunakan dalam mendesain teks. Memang, tipografi tidak hanya mengatur dan menerapkan surat itu adalah sarana komunikasi yang membutuhkan pelatihan, keterampilan, dan lebih dari sedikit kreativitas.

Bayangkan bahwa Anda melihat poster yang mengiklankan beberapa ponsel baru dan semua teks terjepit di dekat bagian atas pekerjaan yang ceroboh seperti itu mungkin tidak akan mengilhami Anda untuk kehabisan dan membeli telepon. Sebaliknya, jika garis-garis teks dengan jelas diberi jarak dan memungkinkan Anda untuk dengan cepat menyerap semua informasi poster, itu akan memiliki efek yang lebih besar. Ini jarak vertikal teks dikenal sebagai memimpin, dan itu bisa sangat penting di baris teks yang memiliki keturunan, yang merupakan huruf seperti “g” atau “y” yang telah menggantung di bawah garis dasar.

Baca Juga :  10+ Istilah dalam Front End (Development) yang Harus Anda Ketahui

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Typography (Tipografi) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar