Memahami Pengertian Typography: Apa itu Tipografi? Sejarah, Manfaat, Elemen Dasar dan Istilah Teknisnya serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Pengertian Typography Apa Itu Tipografi Sejarah Manfaat Elemen Dasar Dan Istilah Teknisnya Serta Kenapa Itu Penting Dalam Bisnis
Gambar Pengertian Typography Apa Itu Tipografi Sejarah Manfaat Elemen Dasar Dan Istilah Teknisnya Serta Kenapa Itu Penting Dalam Bisnis

Tahukah Kalian, Pengertian Typography, Apa itu Tipografi? Sejarah, Manfaat, Elemen Dasar, Istilah Teknisnya dan Kenapa itu Penting? Benar sekali, dengan hadirnya tipografi, maka itu akan dapat memunculkan perasaan, mengingatkan Anda pada brand (merek) tertentu, atau menciptakan suasana. Jika tipografi itu buruk, maka hal tersebut bisa mengganggu, atau bahkan tidak dapat dibaca sama sekali. Bayangkanlah saat-saat terakhir kali Anda bingung dengan jenis tulisan berantakan yang terdapat dalam aplikasi.

Ya! Kita dapat disesatkan oleh tanda dan penunjuk atau signane yang tidak jelas, kita diharuskan berjuang untuk memahami pamflet atau produk kemasan yang tidak terbaca tersebut. Ketika Anda memikirkannya, seni dan ilmu tipografi adalah dasar dari semua komunikasi seperti logo, salinan iklan, berita utama di majalah, dan judul surat kabar atau bab dalam sebuah buku. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian typography. Baiklah, berikut ini ulasannya!

Pengertian Typography

Berarti tipografi (dalam bahasa Indonesia), typography adalah seni mengatur huruf dan teks dengan cara yang membuat salinan dapat dibaca, jelas, dan menarik secara visual bagi pembaca berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs CareerFoundry.

Tipografi melibatkan gaya font (baca pengertian font disini), penampilan, dan struktur, yang bertujuan untuk mendapatkan emosi tertentu dan menyampaikan pesan tertentu.

Jadi, singkatnya, tipografi adalah apa saja hal-hal yang menghidupkan teks.

Apa itu Tipografi?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Typography Dan Sejarahnya Dalam Membahas Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Typography Dan Sejarahnya Dalam Membahas Penjelasan Pengertiannya

Kemudian, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan tifografi ini? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dekenal dengan typography dalam istilah teknologi.

Tifografi adalah seni dan teknik mengatur jenis untuk membuat bahasa tertulis dapat dibaca, dibaca, dan menarik ketika ditampilkan.

Susunan jenis melibatkan pemilihan tipografi, ukuran titik, panjang garis, spasi-baris (depan), dan spasi-huruf (tracking), dan menyesuaikan ruang antara pasangan huruf (kerning).

Istilah typography (tipografi) juga diterapkan pada gaya, pengaturan, dan tampilan huruf, angka, dan simbol yang dibuat dari proses.

Tipografi juga dapat digunakan sebagai perangkat dekoratif, tidak terkait dengan komunikasi informasi.

Secara umum, typography adalah bagaimana cara teks disusun dan disajikan. Dalam buku komik Batman lama, hal itu misalnya, efek suara seperti “bap!” yang diatur dalam kata atau gelembung pikiran untuk menunjukkan kekuatan dan efek pertarungan.

Demikian pula, jika Anda melihat perangkat yang Anda gunakan saat ini, ada kemungkinan besar bahwa nama brand (merek) ditampilkan secara lengsung (berani) di depan mata Anda.

Sejarah Typography (Tipografi)

Agar lebih memahami apa itu arti typography, tentunya kita juga harus mengenal sedikit tentang sejarah awal istilah katanya bukan?

Ya! Mengingat typography adalah susunan teks, Anda dapat membayangkan bahwa tipografi memiliki sejarah panjang yang terkait erat dengan kata cetak.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Definisi: Menurut Ahli, Tujuan, Ciri, Jenis, Macam-Macam dan Syaratnya!

Contoh-contoh awal tipografi ini berasal dari negara Yunani dan Romawi kuno, biasanya dalam bentuk segel kekaisaran dan dadu yang digunakan untuk menghasilkan uang.

Sebagai contoh, misalnya segel kerajaan pada dokumen, akan dibuat menggunakan stempel logam yang dicelupkan ke dalam lilin dan disajikan sebagai jenis tanda tangan.

Sekitar tahun 1041 SM, tipografi mulai berevolusi menjadi apa yang kita kenal sebagai hari ini dengan penemuan tipe bergerak oleh rakyat jelata Cina Bi Sheng.

Dengan menggunakan ubin tanah liat, Sheng menciptakan sistem di mana setiap karakter Cina diwakili pada ubin tunggal, sehingga memungkinkan kata-kata dan frasa dicetak di atas kertas menggunakan tinta.

Seiring waktu, ubin keramik atau tanah liat tersebut diganti dengan balok kayu, tetapi proses pencetakan masih lambat dan memakan waktu karena harus dilakukan dengan tangan.

Ini semua berubah sekitar tahun 1440 SM, ketika seorang ahli atau pakar bernama Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak mekanik pertama.

Tidak seperti cetakan buatan tangan sebelumnya, Gutenberg menggunakan pelat logam dan sistem mekanis untuk mereproduksi teks dengan cepat dan lebih efisien daripada yang pernah dilakukan sebelumnya.

Faktanya, proses Gutenberg sangat efektif dan efisien sehingga banyak elemen yang masih digunakan sampai sekarang (di tahun 2020 saat ini) dalam proses pencetakan dan lainnya.

Memang, teks dapat direproduksi sebelum mesin cetak, tetapi waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mewujudkannya lebih atau kurang akan menghalangi produksi massal teks tertulis.

Dengan bantuan mesin cetak, ide-ide dan konsep-konsep baru dapat dibagikan dalam komunitas dan, ketika dibawa oleh para pelancong, dapat membuat jalan mereka di seluruh dunia.

Manfaat Typograhpy atau Tipografi

Kemudian, setelah mengetahui apa itu pengertian typography dan apa itu tipografi di atas, disini Kami juga akan menjelaskan beberapa manfaat terutama dalam menggunakannya.

Benar sekali, tipografi jauh lebih dari sekedar memilih font yang indah, ini adalah komponen vital dari desain antarmuka pengguna.

Tipografi yang baik akan membentuk hierarki visual yang kuat, memberikan keseimbangan grafis ke situs web, dan mengatur nada keseluruhan produk.

Typography harus memandu dan menginformasikan pengguna Anda, mengoptimalkan keterbacaan dan aksesibilitas, dan memastikan pengalaman pengguna yang sangat baik.

Oke, di bawah ini akan Kami jelaskan secara lebih rinci terkait manfaat-manfaat dari typography.

1. Membangun Pengakuan Brand

Manfaat typography yang pertama adalah membangun pengakuan brand (merek) atau juga dikenal dengan istilah brand-awareness.

Tipografi yang baik tidak hanya akan meningkatkan kepribadian situs web, tetapi pengguna Anda secara subliminal akan mulai mengaitkan jenis huruf yang ditampilkan di situs Anda dengan merek Anda.

Typography unik dan konsisten akan membantu Anda membangun pengikut yang kuat, membangun kepercayaan dengan pengguna Anda, dan membantu memajukan merek Anda.

2. Memengaruhi Tingkat Pengambilan Keputusan

Manfaat berikutnya adalah mempengaruhi tingkat pengambilan keputusan.

Tipografi memiliki efek mendalam pada cara pengguna mencerna dan memahami informasi yang disampaikan oleh teks.

Jenis eye-catching jauh lebih persuasif daripada font yang lemah yang tidak memperkuat pesan dari teks.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Password: Jenis dan Contohnya serta Bagaimana Cara Membuat Secure Password!

3. Menarik Perhatian

Yang terakhir adalah menarik perhatian

terutama para audiens atau pembaca.

Tipografi yang baik dapat menjadi perbedaan antara seseorang yang tinggal di situs web Anda selama satu menit atau setengah jam.

Adalah merupakan hal yang penting bahwa website (baca pengertian website disini) Anda dapat merangsang dan mudah diingat secara visual, dan dalam proses ini, tipografi memainkan peran yang besar.

Elemen Dasar Typography

Ilustrasi Gambar Elemen Dasar Dan Istilah Teknis Typography Dalam Penjelasan Pengertian Tipografi
Ilustrasi Gambar Elemen Dasar Dan Istilah Teknis Typography Dalam Penjelasan Pengertian Tipografi

Selain membahas tentang apa arti typography, adalah merupakan hal yang penting bagi Kami untuk juga menjelaskan apa saja elemen-elemen dasarnya.

Banyak orang secara keliru berpikir bahwa tipografi hanya tentang font dan warna, tetapi ada yang lebih dari itu dalam hal memenuhi keinginan mata.

Pertama, jenis huruf merujuk pada nama gaya teks. Tipografi yang paling umum termasuk Arial dan Helvetica.

Kedua, font merujuk pada gaya jenis huruf tertentu, lebar dan tinggi. Font yang paling umum termasuk Courier, Calibri, Verdana, Tahoma dan Times New Roman.

Semua tipografi datang dalam berbagai ukuran. Ketinggian setiap karakter individu disebut x-height.

Saat memasangkan font bersama-sama, sebagian besar desainer grafis biasanya memilih jenis huruf dengan tinggi x yang serupa.

Di sisi lain, lebar yang ditetapkan mengacu pada area tubuh huruf dan ruang buffering yang mengikuti.

Cara paling populer untuk mengukur tipe ini disebut sistem dot (titik). Satu poin sama dengan 1/72 inci dan 12 poin sama dengan satu pica.

Istilah Teknis Typography (Tipografi)

Mengacu pada penjelasan pengertian typography di atas, kecuali jika Anda seorang seniman visual atau graphic designer (desainer grafis), Anda mungkin tidak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan semua pekerjaan yang digunakan dalam mendesain teks.

Memang, tipografi tidak hanya mengatur dan menerapkan surat itu adalah sarana komunikasi yang membutuhkan pelatihan, keterampilan, dan lebih dari sekerdar kreativitas saja.

Bayangkan bahwa Anda melihat poster yang mengiklankan beberapa smartphone atau ponsel baru dan semua teksnya terlihat terjepit di dekat bagian atas, hal itu mungkin tidak akan mengilhami Anda untuk membelinya bukan.

Sebaliknya, jika garis-garis teks dengan jelas diberi jarak dan memungkinkan Anda untuk dengan cepat menyerap semua informasi poster tersebut, maka itu akan memiliki efek yang lebih besar.

Perlu kalian ketahui bahwa istilah teknis jarak vertikal teks dikenal sebagai lead, dan itu bisa sangat penting di baris teks yang memiliki keturunan, yang merupakan huruf seperti “g” atau “y” yang telah menggantung di bawah garis dasar.

Kenapa Typography Penting?

Jika kalian kebetulan sedang bertanya-tanya tentan pentingnya typography terutama dalam bisnis dan maketing, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Seperti yang sudah Kami jelaskan pada bagian manfaat typography di atas, ada beberapa manfaat menggunakan jenis huruf yang tepat.

Salah satunya yaitu typography penting untuk menarik perhatian pembaca dan menyampaikan suasana hati atau perasaan tertentu.

Ini memengaruhi konsentrasi, tingkat minat, dan kemauan pembaca untuk terus membaca. Dan yang lainnya, font presentasi yang menarik secara visual memfasilitasi komunikasi dan keterlibatan audiens.

Baca Juga :  Pengertian Engraving (Ukiran): Sejarah dan Macam-Macam Istilahnya

Dari sudut pandang teknis, ukuran font dan tipe yang berbeda digunakan untuk menetapkan kepentingan dan fungsi konten, seperti menggunakan tipografi terpisah untuk header, paragraf dan poin-poinnya.

Dalam hal desain grafis, tipografi yang tepat membantu menciptakan harmoni, kontinuitas, dan kesederhanaan.

Dimana pada akhirnya, bagi perusahaan dan organisasi yang secara teratur berkomunikasi dengan publik, jenis huruf merupakan hal penting yang akan menetapkan dan membangun pengakuan brand (merek).

Perlu kalian ketahui bahwa hasil penelitian dapat dengan jelas menunjukkan bahwa tipografi yang tepat mendorong hasil terbaik dalam hal pemasaran konten.

Penelitian menunjukkan bahwa orang secara tidak sadar lebih menyukai font seperti Arial, Verdana dan Comic Sans.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa pemilihan font akan secara langsung mempengaruhi reaksi pembaca dan persepsi artikel.

Informasi ini sangat berguna bagi para profesional marketing (pemasaran) yang merancang konten dan gambar dalam dunia digital marketing (baca pengertian digital marketing disini).

Kesimpulan

Oke baiklah, jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Typography, Apa itu Tipografi? Sejarah, Manfaat, Elemen Dasar, Istilah Teknisnya dan Kenapa itu Penting di atas, sekarang dapat kita simpulkan bahwa tipografi, typography adalah seni visual untuk menciptakan kata-kata tertulis. Sebelum era digital, tipografi adalah kerajinan yang agak khusus yang terbatas pada dunia desain buku dan majalah dan berbagai iklan dan pekerjaan umum. Rambu-rambu jalan, papan iklan, dan kemasan produk adalah beberapa contoh di mana tipografi digunakan di dunia fisik.

Namun begitu internet (baca pengertian internet disini) menjadi media grafis, seni tipografi meledak ke ribuan arah yang berbeda. Belum pernah sebelumnya dalam sejarah bahwa ada kata yang dicetak muncul dalam keragaman visual yang begitu banyak. Desainer web sekarang memiliki font yang tak terhitung jumlahnya untuk dipilih, karena pembuat font akan menjual dan membagikan karya mereka secara online.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan yang membahas mengenai Pengertian Typography, Apa itu Tipografi? Sejarah, Manfaat, Elemen Dasar, Istilah Teknisnya dan Kenapa itu Penting kali ini. Semoga ini bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar