Mengenal Pengertian Resolution: Apa itu Resolusi? Jenis dan Macam, Pengukuran serta Apa yang Terjadi ketika itu Ditingkatkan atau Diturunkan!

0
Gambar Pengertian Resolution Apa Itu Resolusi Tujuan Jenis Dan Macamnya Serta Pengukurannya Dan Apa Yang Terjadi Ketika Itu Ditingkatkan Atau Diturunkan
Gambar Pengertian Resolution Apa Itu Resolusi Tujuan Jenis Dan Macamnya Serta Pengukurannya Dan Apa Yang Terjadi Ketika Itu Ditingkatkan Atau Diturunkan

Tahukah Anda, Pengertian Resolution, Apa itu Resolusi? Jenis dan Macamnya, Pengukuran serta Apa yang Terjadi ketika itu Ditingkatkan atau Diturunkan? Benar, dalam komputer, resolution mewakili jumlah piksel (titik warna individual) yang terdapat pada monitor layar, dinyatakan dalam jumlah piksel pada sumbu horizontal dan jumlah pada sumbu vertikal. Ketajaman gambar pada tampilan tergantung pada resolusi dan ukuran monitor. Pixel resolution atau resolusi piksel yang sama akan terlihat lebih tajam pada monitor yang lebih kecil dan secara bertahap akan kehilangan ketajamannya pada monitor yang lebih besar karena jumlah piksel yang sama tersebar pada jumlah inci yang lebih besar.

Sistem tampilan komputer (baca pengertian komputer disini) tertentu akan memiliki resolusi maksimum yang tergantung pada kemampuan fisiknya untuk memfokuskan cahaya. Misalnya, sistem tampilan yang mendukung resolusi maksimum 1280 x 1023 piksel juga dapat mendukung resolusi 1024 x 768, 800 x 600, dan resolusi 640 x 480. Perhatikan bahwa pada layar monitor ukuran tertentu, resolusi maksimum dapat menawarkan gambar yang lebih tajam tetapi tersebar di ruang yang terlalu kecil untuk dibaca dengan baik. Oke, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian resolution atau resolusi serta jenis dan macamnya. Baiklah, berikut ini ulasannya!

Pengertian Resolution

Berarti resolusi (dalam bahasa Indonesia), resolution adalah ukuran yang digunakan untuk menggambarkan ketajaman dan kejernihan gambar atau gambar dan sering digunakan sebagai metrik untuk menilai kualitas monitor, printer, gambar digital dan berbagai perangkat keras dan teknologi perangkat lunak lainnya berdasarkan simpulan Kami yang mengacu pada sumber Situs Technopedia.

Istilah ini sangat populer di industri mobile (seluler) untuk menggambarkan kemampuan tampilan perangkat seluler, dan juga di media hiburan untuk membedakan kualitas visual film dan untuk membedakan antara High-Definition (HD) atau definisi tinggi dan Standard Definition (SD) atau film definisi standar.

Apa itu Resolusi?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Resolusi Dalam Membahas Arti Resolution Dan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Resolusi Dalam Membahas Arti Resolution Dan Pengertiannya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan resolusi ini? Betul, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan resolution dalam istilah global.

Resolusi adalah istilah yang luas dan mungkin memiliki arti yang berbeda ketika digunakan di berbagai bidang teknologi.

Dalam industri komputer dan media, ini sebagian besar mengacu pada resolusi tampilan dan jumlah elemen gambar (piksel atau hanya titik) yang dapat ditampilkan baik secara horizontal maupun vertikal oleh layar.

Resolusi dalam hal ini kemudian akan merujuk pada berapa banyak piksel yang dapat dihasilkan oleh tampilan secara horizontal (lebar) dan vertikal (tinggi). Ukuran ini juga berlaku untuk gambar digital.

Baca Juga :  Memahami Pengertian CSS: Apa itu CSS Specificity? Sejarah, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Jenis dan Contoh serta Cara Menggunakannya!

Untuk audio, resolusi mengacu pada kedalaman bit rekaman digital, atau jumlah bit informasi yang disimpan dalam sampel. Ini juga berkorelasi langsung dengan kualitas rekaman.

Sedangkan untuk printer, resolusi menunjuk pada Dots Per Inchi (DPI) atau titik per inci dari bahan yang dihasilkan printer, yang juga menunjukkan seberapa kecil dan halus titik-titik tersebut. Dimana, semakin tinggi DPI, semakin tajam hasil cetakannya.

Tujuan Resolution atau Resolusi

Dalam membahas apa itu pengertian resolution, maka adalah merupakan hal yang penting juga bagi kita untuk mengetahui apa sebenarnya tujuan dari penggunaannya sendiri.

Seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya, ini mengacu pada ketajaman dan kejernihan gambar. Terkait tujuannya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa istilah ini paling sering digunakan untuk menggambarkan monitor, printer, dan gambar grafik yang dipetakan.

Dalam kasus dot-matrix dan printer laser, resolution (resolusi) menunjukkan jumlah titik per inci atau DPI. Sebagai contoh misalnya, seperti printer 300-DPI (Dots Per Inch) adalah printer yang mampu mencetak 300 titik berbeda dalam satu garis sepanjang 1 inci.

Hal ini berarti, mereka (printer tersebut) dapat mencetak 90.000 titik per inci persegi.

Kemudian untuk monitor grafis, resolusi layar menandakan jumlah titik (piksel) di seluruh layar. Sebagai contoh misalnya, layar 640-by-480 pixel mampu menampilkan 640 titik berbeda pada masing-masing 480 garis, atau sekitar 300.000 pixel.

Ini diterjemahkan ke dalam pengukuran DPI berbeda tergantung pada ukuran layar, misalnya, monitor VGA 15 inci (640×480) menampilkan sekitar 50 titik per inci.

Printer, monitor, scanner (pemindai), dan perangkat I/O lainnya sering diklasifikasikan dengan kategori resolusi tinggi (high), resolusi menengah (mid), atau resolusi rendah (low).

Adapun untuk rentang resolution atau resolusi aktual untuk masing-masing nilai ini terus berubah seiring dengan meningkatnya teknologi (baca selengkapnya tentang pengertian teknologi disini).

Jenis dan Macam Resolution (Resolusi)

Setelah mengetahui apa arti dari istilah resolution atau resolusi dan tujuannya di atas, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja jenis dan macamnya terutama dalam dunia teknologi.

Baiklah, adapun beberapa jenis dan macam-macam resolution atau resolusi yang harus kalian ketahui agar lebih memahaminya adalah sebagai berikut.

a. Computer Monitor Resolution

Jenis dan macamnya yang pertama adalah resolusi dalam monitor komputer atau computer monitor resolution. Ini adalah jenis yang mengacu pada perkiraan jumlah piksel yang dapat ditampilkan oleh device atau perangkat.

Ini dinyatakan sebagai jumlah titik horisontal dengan jumlah titik vertikal, sebagai contoh misalnya, resolusi 800 x 600 berarti perangkat tersebut dapat menampilkan 800 pixel

dengan 600 pixel ke bawah.

Secara total, layar ini menampilkan 480.000 pixel. Perlu kalian ketahui juga bahwa resolusi monitor komputer pada umumnya meliputi:

  • 1366 x 768
  • 1600 x 900
  • 1920 x 1080
  • 2560 x 1440
  • 3840 x 2160 (sering disebut sebagai resolusi 4K)
Baca Juga :  Inilah Pengertian Influencer: Apa itu Influencer Marketing? Sejarah, Fungsi, Jenis dan Cara Mengidentifikasinya!

b. TV Resolution

Berikutnya yaitu adalah resolusi TV atau TV resolution. Dalam Televisi (TV), resolusinya mirip dengan monitor, namun mereka dinyatakan sedikit berbeda.

Kualitas gambar TV lebih berfokus pada kerapatan piksel daripada jumlah piksel kotor. Dengan kata lain, jumlah piksel per unit area (umumnya satu inci) menentukan kualitas gambar, daripada jumlah total piksel.

Dengan demikian, resolusi TV dinyatakan dalam piksel per inci atau Pixel Per Inch (PPI atau “p” saja). Resolusi TV yang paling umum adalah 720p, 1080p, dan 2160p, dimana semuanya dianggap High-Definition (HD) atau definisi tinggi.

c. Image Resolution

Jenis dan macamnya yang terakhir adalah resolusi gambar atau image resolution.

Resolusi gambar elektronik (seperti foto, graphics atau grafik, dan lain sebagainya) adalah resolusi yang mengacu pada jumlah piksel yang dikandungnya, biasanya dinyatakan dalam jutaan pixel (piksel), atau Megapixel (MP).

Kamera digital dan kamera ponsel cerdas biasanya dinilai oleh jumlah megapiksel dalam gambar yang diambil.

Semakin besar resolusi gambar, semakin baik kualitasnya. Seperti halnya monitor komputer, pengukurannya juga dinyatakan sebagai lebar dengan tinggi, yang kemudian dikalikan untuk menghasilkan angka dalam Megapixel (MP) atau megapiksel.

Sebagai contoh misalnya, gambar dengan lebar 2048 pixel sampai 1536 pixel(2048 x 1536) berisi 3.145.728 pixel, dengan kata lain, ini adalah gambar dengan ukuran 3,1 Megapixel (3MP).

Baik itu pada monitor komputer, TV, atau gambar, sekali lagi Kami tekankan bahwa resolution disini adalah indikator kejelasan dan kualitas tampilan atau gambar.

Pengukuran Resolution atau Resolusi

Ilustrasi Gambar Pengukuran Resolution Atau Resolusi Dalam Teknologi Digital
Ilustrasi Gambar Pengukuran Resolution Atau Resolusi Dalam Teknologi Digital

Agar lebih memahaminya lebih lanjut, dalam postingan ini Kami juga akan menjelaskan sedikit tentang cara pengukuran mereka dalam dunia teknologi digital.

Perlu kalian ketahui bahwa pengukuran display resolution atau resolusi layar, ini tidak diukur dalam Dots Per Inch (DPI) atau titik-titik per inci seperti halnya dengan printer.

Namun, resolusi dan ukuran monitor fisik secara bersamaan memungkinkan Anda menentukan piksel per inci.

Biasanya, monitor desktop atau PC memiliki tempat antara 50 dan 100 Pixel Per Inch (PPI) atau piksel per inchi.

Sebagai contoh misalnya, monitor VGA dengan ukuran 15 inci (pada mode tampilannya) memiliki resolusi 640 piksel sepanjang garis horizontal 12 inci atau sekitar 53 PPI atau piksel per inci.

Layar VGA yang lebih kecil akan memiliki lebih banyak piksel per inci.

Apa yang Terjadi Jika Resolution Ditingkatkan atau Diturunkan?

Jika kalian masih bingung apa yang akan terjadi jika jumlah ukuran resolution atau resolusi ini dinaikkan dan dikurangi, maka kalian berada di tempat yang tepat, karena Kami juga akan membahasnnya disini.

Baca Juga :  Memahami Pengertian DevOps: Apa itu Development and Operations? Menurut Ahli, Sejarah, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Metode dan Budayanya?

Ya, ketika sebuah ukuran resolution (resolusi) meningkat, gambar pun terlihat menjadi lebih tajam karena kerapatan piksel yang lebih tinggi.

Bahkan, teks dan gambar juga dapat menjadi lebih kecil karena lebih banyak PPI atau piksel per inci persegi ditampilkan.

Sebagai contoh misalnya, jika kita beralih dari 800×600 ke 1024×768 pada Windows, maka itu akan meningkatkan jumlah piksel sebanyak 306.432.

Pixel tambahan tersebut kemudian ditambahkan ke layar dengan jumlah teks yang sama, sehingga membuat teks tampak lebih kecil.

Lalu, apa yang terjadi ketika resolusi dikurangi atau menurun? Betul, itu adalah kebalikan dari apa yang terjadi ketika Anda meningkatkan ukuran resolution, dimana teks akan muncul lebih besar, gambar tidak tajam, dan kinerja pun menjadi menurun.

Kesimpulan

Oke, berdasarkan penjelasan dan pembahasan mengenai Pengertian Resolution, Apa itu Resolusi? Jenis dan Macamnya, Pengukuran serta Apa yang Terjadi ketika itu Ditingkatkan atau Diturunkan di atas, sekarang dapat kita simpulkan bahwa resolusi atau resolution adalah jumlah bit yang digunakan untuk merekam nilai sampel dalam sinyal digital. Resolusi gambar biasanya dijelaskan dalam PPI, yang mengacu pada berapa banyak piksel yang ditampilkan per inci dari suatu gambar.

Resolusi yang lebih tinggi berarti bahwa ada lebih banyak Pixel Per Inch (PPI), menghasilkan lebih banyak informasi piksel dan menciptakan gambar yang tajam dan berkualitas tinggi. Ketika Anda mengubah resolusi gambar, Anda mengatakan berapa banyak piksel yang ingin Anda hidup di setiap inci gambar.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan Kami yang membahas tentang Pengertian Resolution, Apa itu Resolusi? Jenis dan Macamnya, Pengukuran serta Apa yang Terjadi ketika itu Ditingkatkan atau Diturunkan kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui istilah-istilah teknologi yang harus diketahui terutama dalam dunia graphics design atau desain grafis.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman, kebarat, rekan kerja atau bisnis kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar