Ini Dia 6 Alternatif Webcam yang Dapat Digunakan Selain Kamera Bawaan di PC, Komputer atau Desktop!

1
Gambar Dari Alternatif Webcam Yang Dapat Digunakan Selain Menggunakan Kamera Bawaan PC Desktop Komputer Atau Laptop Yang Baik
Gambar Dari Alternatif Webcam Yang Dapat Digunakan Selain Menggunakan Kamera Bawaan PC Desktop Komputer Atau Laptop Yang Baik

Apa Alternatif Webcam yang Dapat Digunakan Selain Menggunakan Kamera Bawaan PC, Desktop, Komputer atau Laptop?

Pernah ingin menjalankan stasiun TV Anda sendiri? Benar! Kamera web atau yang lebih kita kenal dengan webcam memungkinkan Anda melakukan hal itu.

Dengan salah satu kamera mungil bermata seukuran serangga yang terhubung ke komputer Anda, sehingga Anda dapat menyiarkan foto, video diri atau rumah Anda ke seluruh dunia!

Kamera digital pun bekerja dengan cara yang hampir sama.

Namun tidak seperti kamera digital, kamera ini dirancang untuk membuat foto digital yang relatif ringkas yang mudah diunggah ke halaman web atau dikirim melalui internet.

Lalu, apa solusinya jika webcam kita tidak bisa digunakan atau rusak?

Oke Terkait hal itu, dalam postingan ini Kami akan menjelaskan tentang alternatif webcam yang bisa kalian gunakan selain kamera bawaan.

Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Apa itu Webcam?

Sebelumnya, apa itu yang dimaksud dengan webcam?

Kamera, web camera atau webcam adalah kamera digital ringkas yang dapat Anda sambungkan ke komputer untuk menyiarkan gambar video secara real-time (waktu nyata).

Sama seperti kamera digital, kamera ini menangkap cahaya melalui lensa kecil di bagian depan menggunakan jaringan kecil pendeteksi cahaya mikroskopis yang terpasang di microchip pengindera gambar.

Tidak seperti kamera digital, webcam tidak memiliki chip memori internal atau kartu memori flash, yang artinya mereka tidak perlu “mengingat (menyimpan)” gambar karena dirancang untuk menangkap dan mengirimkannya segera ke komputer.

Itulah mengapa biasanya webcam memiliki kabel USB yang keluar dari belakang, atau minimal konektor sebagai penghubungnya.

Kabel Universal Serial Bus (USB) memasok daya ke kamera web dari komputer dan mengambil informasi digital yang ditangkap oleh sensor gambar webcam kembali ke komputer.

Seiring dengan perkembangannya, sekarang ini, khususnya di tahun 2020 seperti sekarang, beberapa kamera bekerja secara nirkabel (wireless) dan tidak perlu terhubung ke komputer.

Biasanya mereka menggunakan Wi-Fi untuk mengirimkan gambar mereka ke router internet Anda, yang kemudian dapat membuatnya tersedia untuk mesin lain di jaringan rumah Anda atau, menggunakan internet, kepada siapa pun, di mana pun di dunia dan di bumi ini.

6 Alternatif Webcam yang Dapat dan Bisa Anda Gunakan Selain Kamera PC, Desktop Komputer atau Laptop Bawaan!

Seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya, teknologi webcam semakin berkembang hingga tahun sekarang ini.

Namun dengan hanya ada sedikit pilihan alternative yang tersedia, pasti hal itu bisa membuat frustasi jika Anda membutuhkan webcam sekarang.

Namun, ada beberapa alternatif untuk web camera standar yang mungkin tidak Anda ketahui dan bahkan mungkin sudah Anda miliki.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Personal Computer (PC): Apa itu Komputer Pribadi? Sejarah, Fungsi dan Jenis-Jenisnya!

Banyak perangkat saat ini menggunakan kamera sampai batas tertentu, dan Anda mungkin terkejut mengetahui banyak dari itu yang dapat diubah menjadi webcam ketika emergency (darurat).

Beberapa opsi hebat lainnya masih tersedia sebagai web camera alternatif, baik Anda menggunakan kembali perangkat yang Anda gunakan setiap hari atau sesuatu yang telah berdebu di lemari Anda selama bertahun-tahun.

Oke baiklah, di bawah ini adalah beberapa alternatif pengganti selain kamera standar bawaan yang harus kalian ketahui.

1. Ponsel, Smartphone atau Tablet Anda

Gambar Dari Kamera Ponsel Smartphone Dan Tablet
Gambar Dari Kamera Ponsel Smartphone Dan Tablet

Alternatif webcam yang pertama adalah ponsel, smartphone atau tablet Anda.

Ini adalah opsi yang pertama kali akan digunakan ketika mencari alternatif kamera web.

Dan itu terbilang masuk akal, karena sebagian besar perangkat seluler (mobile) modern memiliki kamera yang mengesankan dan beberapa bahkan melebihi kamera web kelas atas.

Anda dapat mencoba menghubungkan kamera ponsel, smartphone atau tablet Anda ke komputer Anda dengan menggunakan aplikasi pihak ke-3 (tiga).

Kami pribadi lebih menyarankan menggunakan aplikasi Iriun.

Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan komputer Anda, lalu unduh dan instal aplikasi dan driver yang sesuai untuk platform Anda dari situs web.

Tenang, aplikasi ini tentunya kompatibel dengan MacOS dan Windows. Dengan begitu, ponsel atau tablet Anda akan muncul sebagai opsi kamera normal di komputer Anda.

Yup! Sangat menyenangkan melihat opsi sederhana ini tersedia serta dapat digunakan oleh hampir semua orang.

2. Kamera Canon

Gambar Dari Kamera Atau Canon Camera Sebagai Alternatif Webcam
Gambar Dari Kamera Atau Canon Camera Sebagai Alternatif Webcam

Alternatif berikutnya yaitu kamera Canon.

Ya! Canon merilis beberapa driver yang memungkinkan beberapa kamera EOS, EOS Mirrorless, dan Powershot-nya diubah menjadi webcam.

Program ini saat ini masih tersedia dalam versi beta untuk MacOS dan Windows, tetapi cukup mudah untuk menginstalnya.

Selain itu, Canon juga menyediakan instruksi untuk menjadikan sebagai kamera web.

Setelah Anda memasang driver untuk kamera yang sesuai dan kamera Anda terpasang, maka selesai, sekarang Anda dapat menggunakan kamera Canon sebagai webcam.

Keuntungan yang jelas dari menggunakan kamera Canon adalah kualitas gambarnya.

Tentu saja, Anda mungkin memerlukan sesuatu seperti tripod untuk memposisikan kamera Anda dengan benar, tetapi itu tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Satu hal yang perlu Anda kelola dan perhatikan adalah masa pakai baterai kamera Anda.

Anda dapat menggunakan baterai ke adaptor AC untuk mengisi daya saat digunakan, tetapi itu bervariasi berdasarkan model.

3. Kamera Panasonic

Gambar Kamera Atau Panasonic Camera
Gambar Kamera Atau Panasonic Camera

Selanjutnya, kalian dapat menggunakan kamera Panasonic sebagai pengganti webcam komputer Anda yang tidak bisa digunakan atau rusak.

Jika Anda memiliki kamera Panasonic, Anda masih dapat melakukan hal serupa seperti yang sudah Kami jelaskan di atas untuk kamera Canon.

Yup! LUMIX Tether for Streaming baru saja dirilis dan memungkinkan beberapa kamera Panasonic yang dapat untuk dihubungkan langsung ke komputer Anda dan bertindak serta berfungsi sebagai webcam.

Baca Juga :  Memahami Pengertian User Flow: Apa itu Alur Pengguna? Tujuan dan Manfaatnya, Peran, Contoh serta Bagaimana Cara Meningkatkannya!

LUMIX Tether sendiri telah ada untuk beberapa waktu sebelumnya, tetapi fokusnya pada pengambilan gambar yang tertambat saja, sehingga memiliki elemen Graphical User Interface (GUI) seperti penanda area fokus pada umpan videonya.

Namun versi baru ini menghilangkan elemen tersebut, sehingga Anda dapat menggunakan kamera Panasonic Anda sebagai webcam kelas atas.

Menginstal dan menggunakan LUMIX Tether terbilang cukup sederhana.

Yang perlu Anda khawatirkan saat menggunakannya yaitu adalah memastikan mode “Live” sudah diaktifkan di software (perangkat lunak) itu sendiri, itulah yang menghapus elemen GUI yang kami sebutkan sebelumnya.

Selain itu, perlu Kami tekankan disini bahwa ini hanya tersedia untuk Windows.

Tentu saja, kamera Panasonic memiliki masalah baterai yang sama dengan kamera Canon.

Panasonic tidak membuat adaptornya sendiri seperti Canon, jadi Anda harus mengandalkan penawaran hardware (perangkat keras) pihak ke-3 (tiga) yang kompatibel untuk setiap model kameranya.

4. Kamera Wyze

Gambar Dari Kamera Atau Wyze Cam
Gambar Dari Kamera Atau Wyze Cam

Alternatif yang ke-4 (empat) disini yaitu adalah kamera Wyze.

Layaknya Canon dan Panasonic, Wyze telah merilis driver untuk mengubah Wyze Cam v2 atau Wyze Cam Pan menjadi sebuah webcam untuk MacOS atau Windows 10.

Well, ini sedikit lebih teknis dan rumit karena Anda juga harus mem-flash software ke kamera itu sendiri..

Untuk mulai menjadikannya sebagai webcam, yaitu dengan menyiapkan beberapa alat yang diperlukan.

Pertama yaitu kartu MicroSD dan kabel USB-A ke USB-A.

Kemudian download dan install driver untuk platform Anda yang sesuai, masukkan dan letakkan juga firmware yang sesuai untuk Cam v2 atau Cam Pan Anda ke kartu MicroSD, lalu memasukkan kartu MicroSD ke Wyze Cam yang dicabut.

Setelah itu, tahan tombol “Setup” sambil mencolokkan kamera, terus tahan hingga lampu menjadi biru solid, lalu Anda tinggal menunggu kamera melakukan boot ulang dan selesai.

5. Xbox One Kinect

Gambar Dari Kamera Atau XBox One Kinect Cam
Gambar Dari Kamera Atau XBox One Kinect Cam

Kamera untuk pengganti selain webcam ke-5 (lima) yaitu adalah Xbox One Kinect.

Hmmm, ya! Kinect mungkin dapat dikatakan gagal sebagai cara revolusioner untuk bermain video game.

Tetapi jika Anda memilikinya atau Anda menemukan alat bekasnya secara online dengan harga murah, maka itu dapat kalian jadikan menjadi webcam yang cukup hebat.

Anda memerlukan adaptor untuk menyambungkan Kinect Anda ke PC, tetapi setelah itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh dan menginstal driver yang disediakan Microsoft.

Yup! Sesederhana itu, adapun bagian terbaik tentang menggunakan Kinect sebagai webcam Anda adalah ia mendukung Windows Hello, yang berarti Anda dapat menggunakan recognition (pengenalan) wajah di Windows untuk membuka lock atau kunci komputer Anda.

Itu adalah fitur bonus yang bagus serta menjadikan Kinect pilihan yang bagus untuk semua pengguna Windows.

Mungkin tidak perlu dikatakan lagi, tetapi sekarang ini, opsi ini hanya tersedia untuk Windows.

6. PlayStation Eye

Gambar Dari Kamera Atau Playstation Eye Cam
Gambar Dari Kamera Atau Playstation Eye Cam

Oke, alternatif webcam terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu adalah Playstation Eye.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Yandex: Apa itu Yandex N.V.? Tujuan dan Fungsi, Jenis serta Macam Layanan, Cara SEO dan Perbedaannya dengan Google Search Engine!

Memang, ini merupakan perangkat video game lainnya yang gagal.

Mengingat PlayStation Eye dirilis untuk PlayStation 3, jika Anda kebetulan memilikinya (walaupun mungkin sudah lama berdebu).

Namun, melalui penggunaan driver pihak ketiga yang disebut CL Eye (berbayar), sekarang dapat bertindak sebagai webcam yang sempurna, bahkan dengan bentuknya yang terlihat seperti webcam sebenarnya!

Setelah menginstal CL Eye, colokkan PlayStation Eye ke PC, desktop, komputer atau laptop Anda, dan Anda siap menggunakannya.

CL Eye akan menyertakan program bernama “PS3EyeTest.exe,” yang dapat Anda jalankan untuk menguji kamera dan bahkan menyesuaikan beberapa pengaturan seperti kontras dan white balance.

Memang, kualitas kamera Eye sama sekali tidak akan membuat Anda terpesona, tetapi masih cukup baik untuk beberapa video call.

Selain itu, sama seperti Kinect, yang satu ini juga hanya untuk Windows.

Kesimpulan

Oke bagaimana, sudah dapat pengganti yang cocok? Ya! Di atas adalah Alternatif Webcam yang Dapat Digunakan Selain Menggunakan Kamera Bawaan PC, Desktop, Komputer atau Laptop yang dapat Anda coba sekarang juga terutama jika kamera web utama kita bermasalah, tidak bisa digunakan dan bahkan rusak.

Saran Kami pribadi, cukup gunakan ponsel, smartphone atau tablet Anda sebagai alternatif kamera webnya.

Mengapa? Ya! Tentunya karena jenis perangkat portable seperti mereka seringkali memiliki daya yang lama.

Ini berarti manfaatnya kurang lebih sama dengan webcam yang sebenarnya, tentunya dengan bonus dan tambahan kualitas gambar kamera yang lebih baik.

Banyak aplikasi pihak ke-3 (tiga) yang dapat kalian gunakan untuk melakukannya, dimana Kami sendiri lebih menyarankan menggunakan Iriun saja.

Selain tersedia secara gratis, Iriun memiliki jumlah maksimal 4 kamera sebagai webcam untuk digunakan sebagai kamera alternatifnya!

Penutup

Demikianlah ulasan dan postingan daftar yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Alternatif Webcam yang Dapat Digunakan Selain Menggunakan Kamera Bawaan PC, Desktop, Komputer atau Laptop.

Semoga apa yang sudah Kami jelaskan disini dapat bermanfaat serta dapat membantu masalah Anda dalam memilih penggantinya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat serta rekan bisnis kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

1 Komentar

Tinggalkan Komentar