Mengenal Pengertian User-Generated Content (UGC): Manfaat, Jenis serta Cara Membuat dan Membangunnya yang Baik dan Benar!

0
Gambar Pengertian User Generated Content Apa Itu UGC Jenis Manfaat Serta Cara Membuat Dan Membangunnya Yang Baik Dan Benar
Gambar Pengertian User Generated Content Apa Itu UGC Jenis Manfaat Serta Cara Membuat Dan Membangunnya Yang Baik Dan Benar

Tahukah Anda, Pengertian User-Generated Content, Apa itu UGC? Jenis, Manfaat serta Cara Membuat dan Membangunnya yang Baik dan Benar? Memang, bagi kebanyakan pemilik brand dan perusahaan, media sosial seperti Instagram merupakan platform utama yang digunakan untuk UGC atau yang sering dikenal dengan User Generated Content. Pengguna membuat dan berbagi postingan yang menampilkan brand mereka, memaparkan produk dan layanan Anda kepada audiens mereka.

Secara lebih lanjutnya lagi, Anda dapat membagikan konten itu dengan audience (baca pengertian audience disini) Anda sendiri, dimana hal tersebut dalam prosesnya sendiri akan meningkatkan kredibilitas Anda. Lalu, apa hebatnya konten yang dibuat oleh pengguna, dan kenapa sebuah brand atau merek Anda harus peduli? Berbenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian UGC atau yang sering disebut dengan User Generated Content dalam dunia digital marketing ini. Mari simak ulasannya berikut!

Pengertian User Generated Content

Sering disebut dengan UGC, User-Generated Content adalah segala hal yang mengacu pada semua jenis informasi konten yang dibuat oleh pengguna berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Webopedia.

UGC disini, mereka bisa hadir dalam bentuk video, foto digital dan jenis media lainnya yang dimiliki oleh platform online yang disediakan untuk pengguna akhir lainnya. Dalam dunia online marketing, mereka juga sering dikenal dengan UCC atau User Created Content.

Apa itu UGC?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan UGC? Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, UGC yang merupakan singkatan dari User-Generated Content ini didefinisikan sebagai segala jenis konten yang telah dibuat dan diletakkan di sana oleh kontributor yang tidak (atau belum) dibayar atau, dengan menggunakan istilah yang lebih baik yaitu adalah penggemar (fans).

User-generated content dapat merujuk pada gambar, video, testimonial, tweet, postingan blog, dan segala sesuatu di antaranya dan merupakan tindakan pengguna yang mempromosikan merek daripada merek itu sendiri.

Penggunaan UGC atau konten yang dibuat pengguna ini bermanfaat bagi kedua belah pihak dari perusahaan, dan pengguna. Perusahaan mendapat manfaat dari sejumlah besar ide dan fresh content (konten segar).

Selain itu, terdapat investasi yang bagus di dalamnya, bagi pengguna sendiri, pembuatan UGC ini memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dengan brand atau merek favorit mereka, mengekspresikan diri mereka secara kreatif, mendapatkan gift (hadiah) dan diskon untuk tindakan itu, serta bahkan membuat perubahan kecil dalam program perusahaan.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian AM dan PM: Apa Kepanjangan dan Contohnya!

UGC disini artinya, kampanye iklan yang berfokus pada penjualan, kampanye yang menggunakan konten buatan pengguna atau User-Generated Content disini didasarkan pada kejujuran dan ketulusan.

Jenis User-Generated Content atau UGC

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis UGC Atau User Generated Content Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis UGC Atau User Generated Content Dalam Membahas Pengertiannya

Setelah mengetahui apa itu ugc dan pengertian user-generated content beserta penjelasannya di atas, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja jenis-jenisnya bukan?

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis ugc atau user-generated content yang harus kalian ketahui.

1. Blog

Jenis User Generated Content (UGC) yang pertama adalah blog. Ini merupakan tulisan-tulisan yang ada pada sebuah halaman website.

2. Komentar

Berikutnya adalah komentar. Komentar di postingan media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya adalah juga merupakan jenis UG.

3. Rating dan review

Ratings dan reviews (ulasan), pada dasarnya adalah evaluasi dan penilaian yang diberikan oleh pelanggan, klien, atau konsumen pada sebuah bisnis, professional atau pun layanan.

Ini diberikan berdasarkan pengalaman konsumen dan tingkat kepuasan mereka. Selain itu mereka juga merupakan salah saru jenis UGC atau User Generated Content yang perlu kalian ketahui.

4. Video

Kemudian ada juga video. Video yang dibuat oleh pengguna untuk memperkenalkan dan mempromosikan sebuah brand atau merek adalah UGC atau User Generated Content yang paling populer di tahun 2020 ini.

5. Gambar

Gambar adalah representasi visual dari sesuatu. Gambar yang dibuat oleh konsumen atau pengguna ini juga merupakan jenis UGC atau User Generated Content terutama yang sering kita lihat di media sosial Instagram.

6. Podcast

Podcast atau siniar (siaran web) ini merupakan serangkaian berkas media digital yang diterbitkan dan dapat di unduh secara online.

7. Iklan

Yang terakhir adalah iklan dan bentuk konten lainnya yang dibuat oleh pengguna juga merupakan jenis UGC atau User Generated Content yang populer. Biasanya ini diberi label oleh para influencer dengan sponsored post atau video.

Manfaat User Generated Content (UGC)

Dalam membahas mengenai penjelasan apa itu UGC, kita juga harus mengetahui apa sebenarnya manfaat dari penggunaan User Generated Content (UGC) ini.

Mengacu kepada penjelasan di atas, berikut ini adalah manfaat dari konten yang dibuat oleh pengguna terutama pada sebuah bisnis.

1. Kredibilitas

Manfaat yang pertama yaitu adalah kedibilitas. Salah satu bonus paling penting yang dapat digunakan oleh pengguna konten adalah kepercayaan pengguna.

Ketika Anda menunjukkan minat pada pikiran, ide, perasaan, keterbukaan, perhatian, dan rasa hormat Anda terhadap mereka, Anda akan membuat orang sangat percaya diri pada perusahaan dan bisnis Anda.

2. Menjangkau Pengguna Baru

Ketika beberapa orang mulai mempercayai Anda, orang lain pun akan melihatnya, dan ada peluang besar bahwa Anda akan tertarik pada perusahaan dan bisnis Anda. Inilah fenomena pembuktian sosial, yang mungkin pernah Anda dengar lebih dari satu kali.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Multichannel Marketing: Apa itu Pemasaran Multi Saluran? Tujuan, Manfaat dan Cara Membuat dan Perbedaannya dengan Omnichannel!

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar dan ahli, 92% pengguna sebuah brand atau merek berbagi kepada teman dan kerabat mereka.

Bukti sosial memiliki pengaruh kuat pada orang-orang, dan dengan bantuan darinya, Anda dapat memperluas audiens Anda secara signifikan. Orang-orang cenderung lebih percaya pada sebuah brand atau merek dan perusahaan yang terkenal.

Dengan demikian, UGC atau konten buatan pengguna ini tidak hanya harus memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, tetapi juga untuk menjangkau pengguna baru.

3. Potensi untuk Viral

Kemungkinan besar untuk mendapatkan potensi menjadi viral, viralitas UGC atau konten buatan pengguna akan lebih besar daripada hanya konten biasa, karena orang cenderung berbagi kreativitas mereka dengan teman, kerabat, dan kenalan mereka.

4. Dampak Positif SEO

Ugc atau user-generated content juga memiliki efek dan dampak positif pada SEO (baca pengertian SEO atau Search Engine Optimization disini).

Situs Kissmetrics oleh Neil Patel mengungkapkan bahwa jika kita mempertimbangkan 20 brand atau merek teratas di dunia, hasil mereka di peringkat lebih tinggi, yaitu sebesar 25% karena konten buatan pengguna atau UGC ini sukses yang mereka terapkan.

Hal ini berarti bahwa sejumlah besar traffic (lalu lintas organik) dan konten dikaitkan dengan link (tautan) balik ke situs website perusahaan tersebut.

5. Membuat Pengguna untuk Membeli

Perlu kita ketahui, bahwa adalah merupakan tugas yang paling sulit bagi orang-orang untuk membeli produk sebuah bisnis secara langsung.

Menurut laporan perusahaan l2 Inc., User Generated Content (UGC) ini meningkatkan tingkat konversi pembelian pengguna untuk membeli sebesar 4,6%.

Cara Membuat dan Membangun User Generated Content (UGC) yang Baik dan Benar

Ilustrasi Gambar Cara Membuat Dan Membangun UGC Yang Baik Dan Benar Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Cara Membuat Dan Membangun UGC Yang Baik Dan Benar Dalam Penjelasan Pengertiannya

Konten yang dibuat pengguna atau UGC atau User-Generated Content) ini pada dasarnya adalah konten apa pun yang dibuat oleh kontributor tidak dibayar yang dapat menyumbangkan apa pun mulai dari gambar, video, dan postingan blog hingga testimonial dan forum diskusi.

Salah satu elemen unik dari konten yang dibuat pengguna adalah meningkatkan kepercayaan konsumen, membangun hubungan dan disukai oleh mesin pencari di atas konten lainnya.

Berikut ini adalah cara dalam membuat serta membangun User Generated Content (UGC) yang baik dan benar yang harus kalian terapkan pada bisnis kalian.

1. Analisis Target Audiens Anda

Untuk menemukan tempat yang lebih baik untuk ugc Anda harus meng-analisis target audiens Anda. Jika audiens target Anda sebagian besar adalah kaum muda atau millenials, gunakan jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Jika Anda bekerja dengan para remaja dan orang dewasa, buat tempat khusus untuk situs web khusus Anda untuk memberikan feedback atau umpan balik kepada mereka.

Baca Juga :  Apa Itu Property dan Value? Ini Pengertian, Syntax (Sintaksis) dan Contohnya dalam Deklarasi atau CSS Declaration!

Antarmuka yang ramah pengguna seharusnya tidak menyebabkan masalah pada mereka untuk meninggalkan ulasan. Tawarkan klien Anda untuk meninggalkan feedback atau umpan balik mereka setelah mereka melakukan pembelian.

2. Jadilah Kreatif dan Orisinal

Buat kompetisi reguler berupa dan jangan lupa tentang hadiah giveaway. Buat halaman di situs media sosial berikan posting, kuesioner, kompetisi. Tanyakan klien Anda, apakah mereka suka dan ingin membagikannya. Hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah seperti dengan memberikan giveaway.

Orang akan sangat senang mendapatkan sesuatu secara gratis dan Anda juga dapat meminta mereka untuk membuat postingan dengan hashtag atau tagar khusus.

Membuat konten berkualitas tinggi memang membutuhkan banyak waktu, uang, dan energi. Oleh karena itu, konten yang dibuat pengguna sangat bermanfaat.

Dengan bantuan, Anda dapat menghemat banyak uang dan, tanpa banyak usaha, mendapatkan banyak fresh idea atau ide segar yang unik, akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan kesadaran brand atau merek Anda.

Kesimpulan

Baiklah sudah dapat intinya kan? Jadi, dari pembahasan dan penjelasan Pengertian User-Generated Content, Apa itu UGC? Jenis, Manfaat serta Cara Membuat dan Membangunnya yang Baik dan Benar di atas, dapat kita simpulkan bahwa, yang dimaksud dengan UCC, UGC atau User-Generated-Content adalah segala bentuk media visual yang dibuat oleh pengguna sistem online, dapat diakses melalui media sosial dan platform online lainnya.

Setiap jenis UCC atau UGC adalah hadiah dari pelanggan yang bahagia untuk Anda, tetapi hadiah tersebut tidak akan memiliki value atau nilai jika Anda tidak menggunakannya untuk meningkatkan proses marketing Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentan Pengertian User-Generated Content, Apa itu UGC? Jenis, Manfaat serta Cara Membuat dan Membangunnya yang Baik dan Benar. Semoga tulisan ini dapat menjadi referensi dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua, terutama dalam belajar teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan bisnis Anda sekalipun. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar