Strategic Information System (SIS): Apa itu Sistem Informasi Strategis? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam serta Pentingnya!

0
Gambar Dari Pengertian Strategic Information System SIS Apa Itu Sistem Informasi Strategis Tujuan Fungsi Jenis Dan Macam Serta Pentingnya Dan Mengapa Bisnis Perlu Fokusnya
Gambar Dari Pengertian Strategic Information System SIS Apa Itu Sistem Informasi Strategis Tujuan Fungsi Jenis Dan Macam Serta Pentingnya Dan Mengapa Bisnis Perlu Fokusnya

Mengenal Strategic Information System (SIS), Pengertian, Apa itu Sistem Informasi Strategis? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam serta Pentingnya!

Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa strategi sistem informasi merupakan fitur penting dalam dunia startup dan teknologi informasi.

Singkatnya, ini membantu perusahaan dan perusahaan untuk mengalokasikan, menyimpan, memproses data, memindahkan data dan informasi yang mereka kembangkan, terima dan juga memungkinkan dan menyediakan berbagai tools (alat).

Strategi tersebut juga memberikan layanan untuk membantu perusahaan menerapkan metrik dan alat analitis dalam repositori informasi mereka.

Benar hal ini memungkinkan mereka mengenali peluang yang banyak akal untuk melakukan expansion (perluasan) dan cara-cara sederhana dalam peningkatan operasi serta efisiensi pasokan.

Berkenaan dengan hal itu, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lengkap tentang pengertian dan apa itu yang dimaksud dengan strategic information system.

Oke langsung saja, berikut adalah ulasannya!

Pengertian Strategic Information System

Berarti sistem informasi strategis (dalam bahasa Indonesia), strategic information system atau SIS adalah sistem komputer yang digunakan di setiap level (tingkatan) organisasi yang mengubah tujuan operasional, produk layanan, serta hubungan lingkungan agar dapat membantu organisasi mendapatkan keunggulan kompetitif.

Seperti yang juga dijelaskan dari sumber situs Wikipedia, Strategic Information System (SIS) merupakan sistem informasi yang dikembangkan sebagai tanggapan atas inisiatif bisnis perusahaan.

Dengan ini, maka kita sebagai penggunanya dapat memberikan produk atau layanan dengan biaya lebih rendah, yang dibedakan dan berfokus pada segmen pasar tertentu.

Apa itu Sistem Informasi Strategis?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Sistem Informasi Strategis Tujuan Fungsi Serta Jenis Dan Macam SIS Atau Strategic Information System
Ilustrasi Gambar Apa Itu Sistem Informasi Strategis Tujuan Fungsi Serta Jenis Dan Macam SIS Atau Strategic Information System

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan sistem informasi strategis ini?

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan istilah Strategic Information System (SIS).

Sistem informasi strategis adalah sistem manajemen yang membantu menetapkan tujuan dan mengatur kegiatan untuk suatu organisasi.

Yup! Ini memungkinkan Anda untuk mengatur informasi dan ide tentang cara kerja perusahaan Anda.

Terkait sejarah dari SIS atau sistem informasi strategis ini sendiri, perlu kalian ketahui bahwa pada tahun 1990-an, beberapa perusahaan didirikan atas dasar gagasan “Strategic Information System”, dimana ini merupakan cara yang bagus untuk mengatakan bahwa mereka menggunakan komputer untuk mengumpulkan data yang membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik.

Contoh penerapan SIS dapat berupa basis data (baca arti dari data disini) informasi yang dikumpulkan oleh pemerintah untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara.

Tujuan Strategic Information System (SIS)

Agar kita dapat lebih memahami tentang arti dan apa itu pengertian strategic information system, maka pastinya kita juga harus memahami betul apa tujuan utama dari istilah SIS ini.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian DBMS: Menurut Para Ahli, Tujuan, Macam, Ciri, Karakteristik, Komponen dan Contohnya!

Sistem informasi strategis atau strategic information system dikembangkan dan bertujuan untuk menanggapi dunia usaha dan banyak inisiatif bisnis.

Seperti yang dapat kalian pikirkan, informasi strategis digunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan merumuskan strategi bisnis oleh organisasi.

Ini memungkinkan perusahaan, organisasi dan lain sebagainya dapat memberikan layanan atau produk dengan harga yang lebih rendah, dibedakan dan terutama berkonsentrasi pada bagian pasar yang menuntut, atau yang inovatif.

Betul! Ini pastinya dapat membantu perusahaan menyusun strategi bisnis, strategi bersaing, mengambil keputusan manajemen dan dengan demikian mendapatkan keunggulan kompetitif serta mencapai pengurangan anggaran (biaya).

Fungsi Sistem Informasi Strategis atau SIS

Setelah kita mengetahui apa itu arti dan tujuan dari sistem informasi strategis atau SIS, berikutnya kita juga harus memahami fungsi dari strategic information system.

SIS atau strategic information system, ini berfungsi untuk memberikan informasi (baca pengertian informasi disini) yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat.

Sistem informasi strategis dapat digunakan oleh perusahaan, pemerintah, dan individu untuk membuat keputusan yang lebih baik di dunia yang semakin serba cepat seperti di tahun 2021 sekarang ini.

Benar, hal ini membuat mereka menjadi banyak digunakan dalam bisnis.

Sebagai contoh misalnya, aplikasi online dari sistem ini adalah ERP (Enterprise Resource Planning).

Yup! Penting untuk memiliki sistem SIS untuk perusahaan Anda, dimana itu pastinya memungkinkan Anda melacak dan menyimpan informasi tentang kinerja perusahaan Anda, serta kinerja masing-masing karyawan.

Jenis dan Macam SIS (Strategic Information System)

Dalam membahas tentang apa itu arti dari strategic information system, tentunya hal tersebut tidak terlepas daripada apa saja jenis dan macam istilah SIS ini bukan?

Memang, sistem informasi strategis terbilang berbeda dari sistem informasi manajemen lain yang sebanding, sebagai contoh misalnya:

  • Mereka mengubah cara perusahaan bersaing.
  • Mereka memiliki fokus eksternal (melihat ke luar).
  • Mereka terkait dengan risiko proyek yang lebih tinggi.
  • Mereka inovatif (dan tidak mudah ditiru).

Benar! Ini terutama berkaitan dengan penyediaan dan organisasi dan anggotanya bantuan untuk melakukan tugas-tugas rutin secara efisien dan efektif.

Oke, kembali ke subbagian kita, di bawah ini adalah beberapa jenis-jenis dan macam Strategic Information System (SIS) yang harus kalian ketahui.

a. Operation Support System (OSS)

Jenis dan macamnya yang pertama yaitu adalah sistem pendukung operasi atau Operation Support System (OSS).

Ini merupakan komponen perangkat lunak yang memungkinkan penyedia layanan untuk memantau, mengontrol, menganalisis, dan mengelola layanan di jaringannya

Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mengawasi transaksi, operasi, kontrol, pasokan rantai, dan manajemen.

Selain itu jenis ini juga membantu memfasilitasi pembicaraan internal dan eksternal, dan memperbarui database utama pusat organisasi.

Baca Juga :  Pengertian AMA (Ask Me Anything) pada Media Sosial (Reddit)

b. Management Support System (MSS)

Kemudian, yaitu sistem pendukung manajemen atau Management Support System (MSS).

Ini adalah sistem berbasis komputer yang seharusnya digunakan oleh, atau setidaknya untuk mendukung, manajer.

Sistem ini memfasilitasi dan memberikan informasi dan data yang tepat kepada manajer untuk rutinitas yang mudah dalam proses pengambilan keputusan.

Sistem pendukung keputusan atau Decision Support System (DSS) merupakan alat yang membantu memecahkan masalah tertentu terkait masalah dalam manajemen.

Kenapa Strategic Information System atau Sistem Informasi Strategis itu Penting?

Ilustrasi Gambar Kenapa Strategic Information System SIS Itu Penting Dan Mengapa Bisnis Harus Fokus Dalam Sistem Informasi Planning Atau Rencana Dan Strateginya
Ilustrasi Gambar Kenapa Strategic Information System SIS Itu Penting Dan Mengapa Bisnis Harus Fokus Dalam Sistem Informasi Planning Atau Rencana Dan Strateginya

Jadi, kenapa SIS, Strategic Information System atau sistem informasi strategis itu penting?

Sebelumnya, jika kalian masih bertanya-tanya tentang apa pentingnya, maka dapat Kami katakan disini bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskan tentang pentingnya istilah SIS itu disini.

Ya, seperti yang sudah Kami singgung di atas, ini merupakan jenis sistem informasi yang selaras dengan strategi dan struktur bisnis.

Sistem informasi strategis menyediakan hubungan antara tuntutan organisasi dan teknologi informasi terkini.

Tactic (taktik) ini membantu organisasi untuk menguasai pasar dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memenuhi persyaratannya yang menantang terhadap variasi berkelanjutan di lingkungan perusahaan.

Mengapa Bisnis Perlu Fokus pada Sistem Informasi dan Planning (Rencana) Strategisnya?

Lalu, mengapa sebuah bisnis, perusahaan atau organisasi perlu fokus pada sistem informasi dan planning (rencana) strategisnya?

Yup! Bisnis pastinya akan menjadi semakin bergantung pada sistem informasi, tetapi bagaimana gambaran besarnya? Aspek organisasi apa yang paling penting untuk diukur?

Perlu Kami tekankan disini, saat kami memikirkan praktik terbaik bidang IT, Kami cenderung memikirkan pengembangan perangkat lunak atau yang lebih dikenal dengan software development (baca pengertian software development disini) proses di balik pembuatan, pengujian, dan penerapan aplikasi atau sistem.

Tapi itu hanya sebagian dari gambarannya dan tepatnya, ada lebih banyak analisis bisnis dan manajemen proyek daripada hanya sistem informasi yang tertutup.

Terkait alur kerjanya, ini mengacu pada proses bagaimana bisnis berpindah dari A ke B, seperti menangani permintaan layanan pelanggan, atau proses bagaimana produk berpindah dari desain ke pasar dan akhirnya ke dukungan.

Selanjutnya yaitu dalam perencanaan, disini bisnis perlu memastikan mereka memiliki semua sumber daya yang diperlukan, seperti tenaga kerja.

Sistem informasi strategis pada dasarnya melibatkan memiliki visi jangka panjang, menetapkan tujuan, dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

SIS menjaga organisasi tetap fokus pada visinya.

Ini digunakan untuk memberikan informasi tentang situasi saat ini dari individu, kelompok atau organisasi.

Sistem informasi strategis adalah sistem konseptual yang membantu dalam memahami lingkungan sekarang dan masa depan di mana seseorang atau organisasi beroperasi dan merupakan sistem informasi bisnis atau Business Information System (BIS) dengan fitur pendekatan sistematis untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengambil data serta Integrasi dengan sistem lain.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Typographic Hierarchy: Apa itu Hirarki Tipografi? Faktor, Contoh, Tips Cara Menerapkannya dan Kenapa itu Penting?

Penting bagi perusahaan Anda untuk memiliki visi, strategi, dan struktur organisasi yang jelas.

Yup! Karyawan Anda harus selaras dengan strategi ini, sehingga setiap orang memiliki tujuan yang sama.

Kesimpulan

Baiklah, sekarang Kami pikir sudah cukup untuk ulasan tentang Strategic Information System (SIS), Pengertian, Apa itu Sistem Informasi Strategis? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam serta Pentingnya.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa sistem informasi strategis atau Strategic Information System (SIS) adalah adalah sistem yang membantu organisasi dalam identifikasi, akuisisi, pemeliharaan, penggunaan, dan disposisi sumber datanya.

SIS membantu organisasi mengevaluasi persyaratan data mereka dan memelihara catatan dengan biaya minimum dan efektivitas maksimum.

Berkenaan dalam hal tersebut, saran Kami pribadi sebelum membuat sistem baru, strategi sangat penting untuk kelancaran operasional bisnis dan pelayanan.

Pertama-tama, perusahaan harus mengidentifikasi persyaratan mereka dan kemudian mengerjakan analisis strategis dan analisis SWOT.

Pengembangan sistem informasi baru harus menjawab kebutuhan dan persyaratan, apakah itu di tingkat melaksanakan transaksi atau di beberapa data yang kompleks dan mendukung tingkat sistem informasi.

Normalisasi persyaratan, pengelolaan informasi, tujuan, dan otorisasi sistem informasi tentunya juga harus dilakukan terlebih dahulu.

Secara keseluruhan, sistem ini seringkali mencakup ukuran keuangan yang berfokus terutama pada konsekuensi jangka pendek dari keputusan manajer mengenai pertanyaan seperti ekspansi pendapatan, inflasi pasar, pemanfaatan aset, manajemen sumber daya dan arus kas di pasar yang berfluktuasi.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Strategic Information System (SIS), Pengertian, Apa itu Sistem Informasi Strategis? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam serta Pentingnya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi informasi dan dunia bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada kerabat, teman, rekan kerja serta rekan bisnis kalian semua khususnya jika kalian dapati apa yang Kami bagikan ini bermanfaat dan selebihnya jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar