Cyber Marketing: Pengertian, Apa itu Pemasaran Siber (Dunia Maya)? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Fitur serta Haruskah Beralih?

0
Gambar Dari Pengertian Cyber Marketing Apa Itu Pemasaran Siber Atau Dunia Maya Tujuan Dan Fungsi Jenis Jenis Macam Fitur Serta Haruskah Atau Wajibkah Beralih Dari Pemasaran Tradisional Menggunakannya
Gambar Dari Pengertian Cyber Marketing Apa Itu Pemasaran Siber Atau Dunia Maya Tujuan Dan Fungsi Jenis Jenis Macam Fitur Serta Haruskah Atau Wajibkah Beralih Dari Pemasaran Tradisional Menggunakannya

Mengenal Pengertian Cyber Marketing, Apa itu Pemasaran Siber atau Dunia Maya? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Fitur serta Haruskah Beralih Menggunakannya?

Seperti yang kita ketahui, istilah pemasaran atau digital marketing (baca pengertian digital marketing disini) menjadi populer ketika komputer mulai digunakan dalam pemasaran secara luas.

Sebelumnya, komputer lebih banyak digunakan untuk menyimpan, memproses, dan melaporkan berbagai informasi terkait pemasaran.

Namun, dengan masuknya internet, kemungkinan penanganan data online hampir meledakkan penggunaan komputer.

Aplikasi ini telah melipatgandakan penggunaan komputer di rumah konsumen lebih cepat daripada yang ada di antara organisasi.

Fakta ini telah membantu pemasar secara substansial untuk melihat ke dalam pemasaran cyber.

Akibatnya, pemasaran digital saat ini juga lebih dilihat sebagai pemasaran berbasis internet daripada hanya pemasaran berbasis komputer.

Oke, berkenaan akan hal itu, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian cyber marketing (pemasaran siber), tujuan, fungsi, jenis dan macamnya serta perlukah kalian beralih menggunakannya.

Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Cyber Marketing

Berarti pemasaran siber dalam bahasa Indonesia, cyber marketing adalah istilah mengacu pada penggunaan komputer yang diberdayakan dengan internet untuk mempromosikan produk dan service (layanan) di bagian pasar target.

Pemasaran siber ini mencakup semua kemungkinan cara beriklan melalui internet seperti e-mail, situs web, spanduk online, forum online, dan media sosial.

Seperti yang dijelaskan berdasarkan sumber dari simpulan yang dari Situs W3spoint, cyber marketing dapat didefinisikan sebagai pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan komputer dengan internet untuk mempromosikan atau mengiklankan produk dan layanan di segmen pasar sasaran.

Benar! Dunia pemasaran cyber (siber) ini terbilang sangat besar dan tak terbatas karena dunia maya ini menjangkau setiap manusia di bumi hanya di ujung jari mereka dengan telepon dan koneksi internet (baca pengertian internet disini).

Apa itu Pemasaran Siber atau Dunia Maya?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pemasaran Siber Atau Dunia Maya Serta Jenis Dan Macam Fitur Cyber Marketing Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pemasaran Siber Atau Dunia Maya Serta Jenis Dan Macam Fitur Cyber Marketing Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan pemasaran siber atau dunia maya ini?

Ya, seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, akronim ini lebih sering dikenal dengan sebutan cyber marketing secara global.

Pemasaran siber, dunia maya, atau pemasaran internet merupakan pemasaran yang melibatkan pemasaran produk dan layanan melalui internet.

Ini mencakup semua jenis metode periklanan yang tersedia di internet seperti e-mail, website, analitik, banner atau spanduk online, forum online, iklan klik, search engine atau mesin pencari, dan media sosial.

Bisnis, organisasi atau perusahaan serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menggunakan berbagai bentuk pemasaran dunia maya, termasuk iklan bergambar, pengoptimalan mesin pencari, media sosial, email, atau pemasaran afiliasi.

Pemasaran dunia maya juga memungkinkan bisnis untuk menargetkan niche (ceruk) tertentu.

Mereka dapat membuat iklan dan situs web yang khusus untuk produk, layanan, atau topik tertentu.

Sebagai contoh misalnya, alih-alih memiliki kehadiran online hanya untuk menjual kamera digital, bisnis kecil dapat fokus pada jenis kamera tertentu dalam merek tertentu.

Yup! Ini akan memberikan kesempatan bagi pemilik bisnis untuk memantapkan dirinya sebagai expert atau ahli dalam ceruk kecil tersebut.

Tujuan dan Fungsi Cyber Marketing

Agar kita dapat lebih memahami tentang apa itu pengertian dan arti daripada cyber marketing, maka tentunya kita juga harus mengetahui apa tujuan dan fungsinya.

Baca Juga :  Pilih Software atau Manual? Pahami 4 Perbedaan Software Payroll dan Manual!

Oke! Konsep pemasaran cyber sepenuhnya didasarkan pada pemasaran produk atau layanan melalui internet melalui berbagai cara seperti iklan bergambar, kampanye pemasaran mesin pencari, pemasaran blog, pemasaran konten, pemasaran viral, membuat video orang menggunakan produk, media sosial, dan pemasaran e-mail.

Untuk tujuan utamanya sendiri, dibandingkan dengan sistem pemasaran tradisional, pemasaran cyber terbilang sedikit lebih hemat atau murah dan dapat memberikan peluang untuk menjangkau sekelompok pelanggan yang menggunakan komputer.

Terkait sejarahnya sendiri, sebelum 2 (dua) dekade yang lalu konsep pemasaran cyber masih dapat dikatakan tidak relevan, tetapi masuknya internet secara revolusioner telah meningkatkan penggunaan komputer di rumah daripada di kantor atau organisasi karena kemampuan penanganan data online.

Banyak para marketer atau pemasar menemukan peluang baru untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dengan cara baru.

Fungsi cyber marketing ini pastinya memajukan sistem pengiriman output melalui proses yang membuntuti jutaan pelanggan, mengelompokkannya secara online, memberikan pilihan untuk memilih produk yang disesuaikan, menetapkan harga, memberikan informasi dan layanan yang sesuai terkait produk dan mengirimkan produk ke pelanggan dengan sistem distribusi yang tepat.

Sebagai contoh misalnya seperti transaksi dan detail karakteristik setiap pelanggan yang dapat disimpan untuk peluang bisnis di masa depan dengan pelanggan dan juga membantu untuk mengetahui tentang preferensi pelanggan tentang produk atau layanan.

Jenis Cyber Marketing (Pemasaran Siber)

Selanjutnya, dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan beberapa hal terkait jenis-jenis dari cyber marketing.

Dari pembahasan arti dan pengertian di atas, sudah jelas bahwa cyber marketing mengambil bentuk yang sedikit berbeda dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Untuk memahami poin-poin perbedaan ini dengan benar, mari kita lihat dan pahami lebih lanjut masing-masing jenis, bagian atau area pemasaran cyber sebagai berikut.

a. Full Cyber Marketing

Jenis cyber marketing yang pertama adalah pemasaran siber penuh atau full cyber marketing.

Bisnis, organisasi, perusahaan atau usaha kecil yang hanya memiliki kehadiran pemasaran online mengikuti strategi pemasaran cyber penuh.

Bisnis pemasaran cyber jenis full atau penuh memiliki keunggulan tertentu.

Sebagai contoh misalnya seperti biaya iklan online relatif murah dibandingkan dengan iklan tradisional.

Bisnis seringkali dapat memiliki jangkauan yang lebih luas dan keberhasilan kampanye Internet juga dapat dilacak dengan mudah dengan menggunakan layanan seperti Google Analytics.

b. Partial Cyber Marketing

Jenis ke-2 (dua), sekaligus terakhir yang dapat Kami jelaskan dalam postingan kali ini yaitu adalah pemasaran siber parsial, sebagian atau partian cyber marketing.

Bisnis, organisasi, perusahaan atau usaha kecil yang menggunakan metode pemasaran tradisional dan online mengikuti strategi pemasaran cyber parsial.

Seiring dengan berbagai jenis metode pemasaran Internet, bisnis ini akan menggunakan iklan surat kabar, billboard, iklan televisi, surat langsung dan iklan cetak.

Strategi pemasaran perusahaan-perusahaan ini memanfaatkan sepenuhnya setiap jalur komunikasi untuk menjangkau pelanggan.

Perlu kalian ketahui, pendekatan ini dapat menjadi kurang efektif dari segi biaya karena uang harus dialokasikan di banyak bidang.

Untuk sebagian besar bisnis kecil, khususnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), ini bukanlah pendekatan terbaik.

Macam-Macam Fitur Cyber Marketing

Setelah kita mengetahui arti, pengertian, tujuan dan fungsi pemasaran siber, kemudian, apa saja macam-macam feature atau fitur yang ada dalam pemasaran siber atau cyber marketing itu?

Dalam membahas tentang arti cyber marketing, perlu untuk diketahui bahwa fitur-fitur pemasaran siber berikut membuat perbedaan antara konsep pemasaran tradisional.

1. Detail Konsumen

Dalam pemasaran dunia maya, berbagai alat penambangan data diterapkan untuk memberikan detail data detail konsumen dan alat ini menggunakan proses penyortiran, pengelompokan, dan pengkorelasian karakteristik serupa konsumen dalam suatu kelompok.

Perilaku pembelian pelanggan dan transaksi sebelumnya juga dapat menghasilkan data yang secara otomatis terkait dengan profil pelanggan.

Data ini membantu untuk membuat produk yang disesuaikan dan untuk mengelompokkan seluruh pasar ke dalam subkelompok untuk mengidentifikasi target pelanggan yang sebenarnya.

Baca Juga :  Pengertian Firewall: Apa itu Firewall Policies dan Network Security? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Metode dan Kenapa itu Penting?

2. Pengembangan Produk

Macam fitur berikutnya yaitu pengembangan produk.

Memproduksi produk yang disesuaikan adalah salah satu fitur penting dan untuk tujuan itu, pemasar menggunakan alat pengoptimalan produk untuk menyelaraskan kebutuhan pelanggan dengan tujuan pemasaran.

Yup! Dengan fitur ini, marketer atau pemasar dapat mengukur profitabilitas pada setiap tahap penyesuaian.

Saat ini banyak produk termasuk audio, video, produk terkait cyber serta buku juga sudah tersedia di pasar dalam bentuk digital dan produk digital tersebut dapat langsung ditampilkan, disajikan dan disampaikan melalui internet.

Selain itu, produk lain yang lebih bersifat fisik tetapi memiliki komponen digital juga dapat hadir di internet.

3. Branding

Macam fitur berikutnya yaitu adalah branding.

Branding adalah citra suatu produk atau jasa kepada pelanggan yang membedakannya dari produk sejenis lainnya.

Produk di internet bisa mendapatkan keuntungan dari branding untuk pameran berulang.

4. Penetapan Harga

Fitur ke-4 (empat) yang akan Kami jelaskan disini yaitu fitur penetapan harga.

Internet menyediakan berbagai macam harga untuk produk yang berbeda dan fitur penting mereka.

Pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan membandingkan fitur yang kurang berharga dengan fitur yang penting.

Yup! Karena pasar dibanjiri dengan berbagai produk dari organisasi yang berbeda dan fitur yang beragam, pelanggan memiliki pilihan untuk memeriksa ulasan dari sesama pelanggan sebelum membuat keputusan untuk membeli.

Pelanggan mendapatkan manfaat dari penetapan harga dan tawar-menawar yang lebih baik.

Berkenaan dengan hal ini, adapun beberapa fitur penting terkait lainnya dari pemasaran dunia maya adalah kemudahan dan kecepatan pengumpulan harga melalui sistem pengiriman uang elektronik.

5. Promosi

Berikutnya adaalah promosi.

Mempromosikan produk atau iklan menghasilkan rantai dampak seperti penciptaan kesadaran, minat, keinginan, dan tindakan di benak pelanggan.

Benar! Pemasaran internet dapat menyempurnakan dampak ini dengan baik.

Dengan ini, maka pelanggan dapat dengan mudah berpindah dari satu dampak ke dampak lainnya dengan memasukkan karakteristik pribadinya.

Sebagai contoh misalnya seperti produk dan harga yang disesuaikan serta promosi khusus juga dimungkinkan dalam pemasaran cyber.

6. Distribusi

Kemudian, ada juga fitur distribusi.

Cyber ​​marketing juga dianggap menyerang rantai distribusi.

Dengan munculnya konsep pemasaran melalui internet, tugas perantara distribusi telah outdated (usang).

Jadi, penghematan biaya dan waktu distribusi merupakan kontribusi signifikan dari pemasaran cyber.

7. Riset Pasar

Feature atau fitur dalam cyber marketing terakhir yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah riset pasar.

Riset pasar khusus juga dapat dilakukan di internet dengan menerapkan berbagai alat pengumpulan data (baca pengertian data disini) berbantuan komputer.

Meskipun pemasaran dunia maya (cyber marketing) juga memiliki batasan tertentu, namun aksesibilitas dan popularitas platform (baca pengertian platform disini) khususnya sosial untuk memberikan ruang yang luas untuk berkomunikasi dan berurusan dengan pelanggan dengan cara yang lebih murah dan efektif.

Haruskah Beralih dari Pemasaran Tradisional dengan Menggunakan Cyber Marketing?

Ilustrasi Contoh Gambar Haruskah Atau Wajibkah Bisnis Organisasi Perusahaan Dan UMKM Beralih Dari Pemasaran Tradisional Atau Konvensional Ke Cyber Marketing
Ilustrasi Contoh Gambar Haruskah Atau Wajibkah Bisnis Organisasi Perusahaan Dan UMKM Beralih Dari Pemasaran Tradisional Atau Konvensional Ke Cyber Marketing

Lalu, wajibkah kita beralih dari pemasaran tradisional dengan menggunakan cyber marketing?

Well, sebelumnya, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini kebetulan sedang menanyakan haruskah beralih dari pemasaran tradisional atau konvensional, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena disini Kami juga akan menjelaskan terkait harus atau wajibkah peralihan ke cyber marketing tersebut.

Pertama-tama, perlu untuk diketahui bahwa pemasaran siber bukanlah opsi yang terbait, tentunya dengan menyesuaikan jenis atau tipe bisnis apa yang sedang Anda jalankan.

Selain itu, perhatikan juga bahwa pemasaran cyber tidak selalu bebas dari masalah.

Kejahatan dunia maya (atau penipuan) adalah masalah utamanya.

Dengan cara yang sama, kualitas fasilitas terkait menentukan efektivitas pemasaran cyber.

Menurut para ahli, beberapa orang berpendapat bahwa itu adalah fasilitas untuk memanfaatkan informasi yang diperlukan, itu bukan pilihan pemasaran penuh untuk semua transaksi marketing (pemasaran).

Baca Juga :  Ini Dia Contoh End User Computing, Development dan Device yang Harus Kalian Ketahui!

Terlepas daripada itu, cyber marketing atau pemasaran siber tentunya tidak dapat menggantikan tempat (atau peran) transaksi face-to-face atau tatap muka.

Pemasaran siber membuat kesepakatan antara penjual dan pembeli menjadi sesuatu yang terbilang mekanis (tidak memiliki emosi dan ekspresi gestural, seperti sapaan hangat, senyum, penyambutan, pemberian hadiah, dan lain sebagainya).

Dalam kasus masalah dengan produk atau layanan, hal tersebut tentunya dapat melipatgandakan kesulitan pelanggan.

Pemasaran Siber (Internet) Hanya untuk Masyarakat yang Cerdas dan Maju!

Pemasaran siber atau cyber marketing membutuhkan infrastruktur dasar, tingkat melek huruf yang adil, mentalitas yang sehat, dan rasa saling percaya.

Betul! Hanya sedikit orang yang bisa mempraktekkan atau mengadopsi cyber marketing.

Memang, dengan cara pemasarannya berkembang pesat, terutama untuk promosi dan distribusinya, cyber marketing terus berkembang dan maju di negara kita.

Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan yang baik, namun pastinya masih tidak dapat menggantikan seluruh sistem pemasaran (marketing system).

Kesimpulan

Baiklah, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk penguraian tentang Pengertian Cyber Marketing, Apa itu Pemasaran Siber atau Dunia Maya? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Fitur serta Haruskah Beralih Menggunakannya.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pemasaran siber atau cyber marketing adalah pemasaran yang dilakukan melalui media teknologi komputer dan internet seperti sebuah promosi yang disebarkan di internet melalui e-mail dan banner website.

Berkenaan dengan sejarahnya, sejak awal abad ke-21 (dua puluh satu), penggunaan komputer tidak hanya terbatas pada pengumpulan, penyimpanan, dan pemrosesan data, tetapi penerapannya telah mengalami perubahan revolusioner dengan lahirnya internet.

Lambat laun pesatnya pertumbuhan aplikasi internet dapat mempengaruhi berbagai bidang seperti pendidikan, perdagangan, pemasaran, komunikasi, manajemen, serta hiburan, sehingga hal itu menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Sekarang populasi penggunaan internet juga meningkat pesat.

Untuk promosi produk atau jasa, pemilik UMKM hingga industri raksasa dapat memilih salah satu jalan utama antara pemasaran konvensional dan cyber.

Tidak seperti metode konvensional, pemasaran cyber benar-benar didasarkan pada sistem internet termasuk promosi, berbagi informasi produk, komunikasi, menerima umpan balik, mendistribusikan dan menerima pembayaran dari pelanggan, meskipun itu adalah satu-satunya keputusan pemilik untuk memilih salah satu jalan sesuai dengan mereka.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Cyber Marketing, Apa itu Pemasaran Siber atau Dunia Maya? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Fitur serta Haruskah Beralih Menggunakannya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan bisnis online.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar