Apa Itu Application (Aplikasi)? Ini Pengertian, Jenis dan Mekanismenya

0
Apa Itu Application? Ilustrasi Gambar Pengertian Application Aplikasi
Apa Itu Application? Ilustrasi Gambar Pengertian Application Aplikasi

Pengertian Application (Aplikasi) Adalah

Apa itu Application (Aplikasi)? Application (Aplikasi) juga disebut sebagai program aplikasi atau perangkat lunak aplikasi adalah paket perangkat lunak komputer yang melakukan fungsi spesifik secara langsung untuk pengguna akhir atau, dalam beberapa kasus, untuk aplikasi lain. Aplikasi ini dapat berupa aplikasi mandiri atau sekelompok program. Program ini adalah serangkaian operasi yang menjalankan aplikasi untuk pengguna.

Contoh aplikasi termasuk pengolah kata (Ms. Word), Database Program seperti DBMS, Web Browser, alat pengembangan, editor gambar dan platform komunikasi. Aplikasi menggunakan sistem operasi komputer (OS) dan program pendukung lainnya, biasanya perangkat lunak sistem, berfungsi. Aplikasi meminta layanan dari dan berkomunikasi dengan teknologi lain melalui antarmuka pemrograman aplikasi atau Application Programming Interface (API).

Application (Aplikasi) vs. System Software (Perangkat Lunak Aplikasi)

Mengacu pada pengertian Application (Aplikasi) di atas, tidak seperti perangkat lunak aplikasi, System Software (program perangkat lunak sistem) beroperasi di latar belakang dan tidak secara langsung berinteraksi dengan pengguna Komputer. Perangkat lunak sistem mengelola pengoperasian komputer atau Instance dan biasanya mencakup OS, hypervisor dan driver. Ini umumnya adalah program tingkat rendah atau dasar dibandingkan dengan aplikasi menghadap pengguna akhir.

AppliAplikasi menggunakan perangkat lunak sistem untuk mengakses sumber daya perangkat keras dasar, seperti memori (Harddisk, Ram, dan lainnya), penyimpanan, dan utilitas lainnya. Misalnya, aplikasi bergantung pada perangkat lunak sistem untuk akses ke sistem file untuk mengelola dan menyimpan file.

Jenis Application (Aplikasi)

Application (Aplikasi) ini dapat bervariasi dalam banyak hal, termasuk bagaimana mereka dibangun, platform apa yang mereka jalankan, apakah itu open source atau proprietary atau untuk pasar mana mereka digunakan.

Baca Juga :  Pengertian Hardware: Fungsi, Jenis dan Contohnya Secara Lengkap

Misalnya, pengembang aplikasi Smartphone (seluler) menulis kode mereka sebagai aplikasi asli, web, atau hibrid – dan istilah ini juga dapat menjelaskan aplikasi desktop. Pengembang kode aplikasi asli untuk berjalan pada perangkat keras tertentu, seperti kamera atau GPS, dan dalam bahasa pemrograman yang sama dengan OS yang mendasarinya. Misalnya, aplikasi Foto pada Mac OS X ditulis dalam Objective-C bahasa yang sama yang digunakan Mac OS X.

Pengguna akhir biasanya mengakses aplikasi web melalui browser web, seperti Google Chrome. Pengembang dapat menulis aplikasi web dalam beberapa bahasa, termasuk JavaScript, CSS, dan HTML, tetapi mereka tidak dapat mengakses perangkat keras tempat aplikasi diinstal. Aplikasi hibrid memiliki API yang dapat mengakses sumber daya perangkat, mirip dengan aplikasi asli, tetapi biasanya ditulis dalam bahasa seperti HTML dan CSS. Selain itu, pengembang sering membuat kode aplikasi seluler untuk bekerja pada platform perangkat tertentu.

Aplikasi juga dapat dikelompokkan ke dalam kategori berdasarkan gaya lisensi. Program perangkat lunak berpemilik, seperti Adobe Photoshop adalah aplikasi yang dimiliki berdasarkan hak cipta. Pengguna akhir dapat membeli atau melisensikan aplikasi eksklusif melalui vendor yang menyediakan perangkat lunak. Mereka tidak dapat memodifikasi aplikasi ini, mereka hanya dapat menambahkan fungsionalitas melalui add-on pihak ketiga. Aplikasi open source, seperti WordPress, menyediakan kode sumber untuk pengguna akhir dan pengembang untuk digunakan dan dimodifikasi. Perusahaan perangkat lunak dan pengembang individu biasanya membuat aplikasi open source tersedia secara bebas di bawah lisensi generik atau publik, seperti GNU.

Pengembang atau tim pengembang dapat membuat aplikasi untuk pasar vertikal tertentu. Aplikasi vertikal biasanya melayani kebutuhan industri atau departemen tertentu, seperti sistem penagihan medis. Sebaliknya, aplikasi horizontal, seperti pengolah kata atau browser web berlaku untuk berbagai industri.

Baca Juga :  Pengertian PPI (Pixel Per Inch): Contoh dan Perbedaan PPI dengan DPI

Mekanisme Pengiriman Application

Apa Itu Application? Ilustrasi Gambar Pengertian Application Aplikasi
Ilustrasi Gambar Pengertian Application Aplikasi Dan Mekanismenya

Pengembang memiliki banyak opsi berbeda untuk mendapatkan aplikasi mereka kepada pengguna akhir. Dalam beberapa dekade terakhir, hampir semua aplikasi diinstal langsung pada PC dan Server pengguna.

Saat ini, banyak aplikasi dikirim sebagai aplikasi Web. Kode untuk aplikasi ini berada di server Web, dan pengguna mengakses aplikasi melalui browser Web. Contoh umum aplikasi Web termasuk email berbasis web atau Web Email, platform Media Sosial, Wiki, dan lelang online.

Perbedaan antara aplikasi Web dan situs web sedikit berbeda. Namun, secara umum, situs web terutama memiliki konten statis dengan beberapa elemen interaktif, sedangkan aplikasi Web memiliki konten dinamis dan dirancang untuk interaksi pengguna.

Tipe yang ketiga, aplikasi perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), terkait erat dengan aplikasi Web. Seperti halnya aplikasi Web, pengguna umumnya mengakses aplikasi SaaS melalui browser Web. Namun, beberapa aplikasi SaaS juga dapat diakses melalui aplikasi seluler asli di perangkat seperti ponsel cerdas atau tablet. Selain itu, data pengguna untuk aplikasi SaaS disimpan dalam lingkungan komputasi awan (yang mungkin atau mungkin tidak berlaku untuk aplikasi Web), dan banyak aplikasi SaaS memungut biaya berlangganan, yang kurang umum untuk aplikasi Web. Contoh-contoh terkenal dari aplikasi SaaS termasuk Salesforce, Microsoft Office 365 dan Adobe Creative Cloud.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai Apa itu Application dan penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar