Memahami Apa Itu Pengertian BOT: Sejarah, Jenis, Manfaat dan Perbedaannya dengan Robot

0
Gambar Apa Itu Pengertian BOT Sejarah Jenis Dan Manfaat BOT Serta Perbedaan BOT Dengan Chat BOT Dan Robot
Gambar Apa Itu Pengertian BOT Sejarah Jenis Dan Manfaat BOT Serta Perbedaan BOT Dengan Chat BOT Dan Robot

Sebetulnya, apa sih BOT itu? BOT merupakan kependekan dari “Robot”. Secara Umum, Pengertian BOT adalah Program otomatis yang berjalan melalui Sistem. Beberapa BOT berjalan secara otomatis, sebaliknya Sistem yang dijalankan secara Manual hanya menjalankan perintah ketika mereka menerima Input tertentu. Ada banyak jenis BOT, tetapi beberapa contoh umum termasuk Web Crawlers BOT, Chat BOT, dan Malicious BOT.

Web Crawlers digunakan oleh Search Engine (Mesin Pencari) untuk memindai Situs Web secara teratur. BOT dalam Istilah ini “merayapi” Situs Web dengan mengikuti tautan di setiap halaman. Perayap menyimpan konten setiap halaman dalam indeks pencarian. Dengan menggunakan Algoritma yang kompleks, mesin pencari dapat menampilkan halaman paling relevan yang ditemukan oleh Perayap Web untuk permintaan pencarian tertentu.

Pengertian BOT

BOT adalah Aplikasi Software (Perangkat Lunak) yang diprogram untuk melakukan tugas tertentu. BOT berjalan secara Otomatis, yang berarti mereka berjalan sesuai dengan instruksi mereka tanpa pengguna manusia perlu memulai mereka. BOT sering meniru atau menggantikan perilaku pengguna manusia. Biasanya mereka melakukan tugas berulang, dan mereka bisa melakukannya lebih cepat daripada yang bisa dilakukan pengguna manusia berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Cloudflare.

BOT biasanya beroperasi melalui Jaringan. lebih dari setengah lalu lintas Internet adalah BOTyang memindai konten, berinteraksi dengan Website, mengobrol dengan pengguna, atau mencari target serangan. Beberapa BOT yang bermanfaat, seperti Search Engine BOT (BOT Mesin Pencari) yang mengindeks konten untuk pencarian atau Service BOT (BOT Layanan) pelanggan yang membantu pengguna. BOT lain “buruk” dan diprogram untuk masuk ke akun pengguna, memindai Web untuk informasi kontak untuk mengirim spam, atau melakukan kegiatan berbahaya lainnya. Jika terhubung ke Internet, BOT akan memiliki alamat IP yang terkait.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Domain: Cara Kerja, Jenis dan Cara Mendaftarkannya!

Sejarah Awal BOT

Mengacu pada apa itu pengertian BOT di atas, Chat BOT adalah salah satu jenis program otomatis pertama yang disebut “Bot” dan menjadi populer di tahun 1990-an, dengan munculnya ruang obrolan Online. BOT ini adalah skrip yang mencari pola teks tertentu yang dikirimkan oleh peserta ruang obrolan dan merespons dengan tindakan otomatis. Misalnya, bot obrolan mungkin memperingatkan pengguna jika bahasanya tidak sesuai.

Jika pengguna tidak mengindahkan peringatan, BOT mungkin bisa meng-Kick pengguna dari saluran dan bahkan dapat memblokir pengguna kembali. Jenis BOT obrolan yang lebih canggih, yang disebut “Chatter BOT” dapat merespons pesan dalam bahasa Inggris yang sederhana, yang tampak seperti orang yang sebenarnya. Kedua jenis BOT obrolan digunakan untuk moderasi ruang obrolan, yang menghilangkan kebutuhan individu untuk memantau ruang obrolan individual.

Jenis-Jenis BOT

Gambar Chat BOT Dalam Pengertian BOT Sejarah Jenis Dan Manfaat BOT Serta Perbedaan BOT Dengan Chat BOT Dan Robot
Gambar Chat BOT Dalam Pengertian BOT Sejarah Jenis Dan Manfaat BOT Serta Perbedaan BOT Dengan Chat BOT Dan Robot

Mengacu pada pengertian BOT di atas, ada banyak macam jenis BOT dan yang ada. Adapun beberapa jenis BOT adalah sebagai berikut:

a. Chat BOT

Chat BOT adalah BOT yang mensimulasikan percakapan manusia dengan merespons frasa tertentu dengan respon yang terprogram.

b. Web Crawlers

Web Crawlers seperti GoogleBOTs adalah Bot yang memindai konten pada halaman Website di seluruh Internet.

c. Sosial BOT

BOT Sosial adalah BOT yang beroperasi di platform Media Sosial.

d. Malicious BOT

Malicious BOT adalah BOT yang mengikis konten, menyebarkan konten Spam, atau melakukan serangan isian kredensial.

Manfaat Menggunakan BOT

Berdasarkan penjelasan apa itu pengertian BOT di atas, Inilah Manfaat BOT untuk Organisasi dan Grup Perusahaan yang mengadopsi BOT di bisnis mereka:

1. Mengurangi Biaya

Chat BOT menggantikan jumlah karyawan yang diperlukan untuk menangani panggilan layanan pelanggan. BOT akan menangani pertanyaan pelanggan rutin, sementara masalah rumit dialihkan ke perwakilan layanan pelanggan.

2. Jangkauan Audiens dan Pelanggan yang Lebih Besar

BOT digunakan di Internet seperti Media Sosial untuk terhubung dengan lebih banyak orang dan meningkatkan Engagement. Posting Media Sosial pun dapat diotomatisasi dengan menggunakan BOT.

Baca Juga :  Pengertian SEA (Search Engine Advertising): Cara Kerja dan Manfaatnya

3. Layanan yang Lebih Baik

Kenapa lebih baik? karena BOT bekerja 24 Jam tanpa istirahat, dan ia mengingat setiap instruksi dan setiap prosedur. BOT menjawab pertanyaan Pelanggan secara Instan dan dengan akurasi yang andal dan tepat.

Perbedaan BOT dengan Chat BOT dan Robot

Gambar ROBOT Dalam Pengertian BOT Sejarah Jenis Dan Manfaat BOT Serta Perbedaan BOT Dengan Chat BOT Dan Robot
Gambar ROBOT Dalam Pengertian BOT Sejarah Jenis Dan Manfaat BOT Serta Perbedaan BOT Dengan Chat BOT Dan Robot

Apa perbedaan Bot dengan Chat BOT dan Robot? Sebagaimana yang sudah Kami jelaskan dalam pengertian BOT di atas, Anda mungkin memperhatikan Istilah-istilah ini dan yang lain seperti itu semakin muncul di layar Anda. Sementara mereka masing-masing mewakili kemajuan Teknologi, penting untuk mengetahui arti masing-masing dan bagaimana mereka berbeda untuk memastikan Anda tetap mendapat informasi tentang bagaimana mereka dapat berdampak pada Anda.

Apa itu BOT?

Menurut Merriam-Webster, definisi BOT adalah Program Komputer yang melakukan tugas berulang Otomatis. Untuk memperluas definisi ini, BOT juga bertindak sebagai alat utama untuk mengotomatisasi interaksi dan keterlibatan dengan konten situs web dalam skala besar.

BOT dalam internet bukanlah konsep baru. Mesin Pencari seperti Google banyak menggunakan BOT, yang sering dikenal sebagai Web Crawlers, untuk menganalisis konten dan mengindeks web. Penggunaan BOT dalam kasus mereka memungkinkan Situs dikatalogkan jauh lebih cepat dan lebih terukur daripada yang bisa dilakukan manusia sendirian.

Seperti halnya semua Teknologi, BOT tentu dapat disalahgunakan. Kami melihat contoh-contoh ini dalam serangan Internet, akun Spam Media Sosial dan Tempat penjualan kembali belanja Online. “BOTNET” ini cenderung memberi BOT nama buruk dan menginspirasi konotasi negatif dan jahat. Namun, ketika memikirkan BOT, adalah merupakan hal yang penting untuk mempertahankan perspektif yang baik.

Apa itu Chat BOT?

Chat BOT adalah salah satu Jenis BOT yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia secara percakapan, berdasarkan pemrogramannya. Mereka mengotomatiskan proses berinteraksi dengan pengunjung Situs Web Anda dan pengikut Media Sosial dalam upaya untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik. Idealnya, ini membantu Situs Anda mempertahankan keberadaan uluran tangan, bahkan ketika Anda atau tim Anda tidak bisa merespons percakapan Pelanggan Anda.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Virus Malware Android dengan Cepat dan Mudah

Tapi justru kualitas obrolan yang mirip manusia ini yang membuat mereka merasa aneh. Ini menimbulkan gagasan tentang “Scary Chat BOT” dan membuat perbedaan antara BOT, Chat BOT, dan Robot bahkan lebih penting untuk diketahui.

Apa itu Robot?

Definisi Robot sangat beragam. Secara Umum, pengertian Robot adalah Perangkat yang secara otomatis melakukan tugas yang rumit dan seringkali berulang (seperti pada jalur perakitan industri) misalnya penggunaan Robot dalam pembuatan Mobil.

Robot adalah sebuah mesin yang menyerupai makhluk hidup yang mampu bergerak secara mandiri (seperti dengan berjalan atau berguling-guling) dan melakukan tindakan kompleks (seperti menggenggam dan memindahkan benda).

Sering Robot didefinisikan sebagai mesin yang dibuat menyerupai manusia atau binatang dalam penampilan dan perilaku. Kesamaan yang menghubungkan masing-masing definisi ini adalah penekanan pada keberadaan Robot. Untuk mengatasi ini, kita dapat mulai berpikir tentang Robot sebagai mesin fisik yang dirancang untuk melakukan pekerjaan fisik, berdasarkan pada pemrogramannya. Kecuali Anda berada di industri manufaktur, jenis Teknologi ini tidak selalu sama dengan apa yang Anda coba capai dalam dunia Digital Marketing.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan mengenai apa itu Pengertian dan Definisi BOT di atas, dapat kita simpulkan bahwa, BOT adalah perangkat lunak atau program komputer yang didukung AI yang menangani interaksi perasaan manusia di Ssitus Web, aplikasi layanan mandiri, Platform Sosial, dan lain sebagainya. Banyak bisnis telah menggunakannya untuk dukungan pelayanan kepada pelanggan. Adapun beberapa teknik yang digunakan dalam BOT antara lain adalah sebagai berikut:

  • Front-End Interface
  • Natural Language Processing (NLP)
  • Dialog Manager

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Apa itu Pengertian BOT, Sejarah BOT, Jenis-Jenis BOT, Manfaat Menggunakan BOT dan Perbedaan BOT dengan Chat BOT dan Robot dengan pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar