Memahami Pengertian LAN: Menurut Ahli, Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik, serta Kelebihan dan Kekurangannya!

0
Gambar Pengertian LAN Apa Itu Local Area Network Menurut Ahli Fungsi Jenis Ciri Dan Karakteristik Komponen Serta Kelebihan Dan Kekurangannya
Gambar Pengertian LAN Apa Itu Local Area Network Menurut Ahli Fungsi Jenis Ciri Dan Karakteristik Komponen Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Tahukah kalian Pengertian LAN, Apa itu Local Area Connection? Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik, Komponen serta Kelebihan dan Kekurangannya? Benar! Local Area Network merupakan sebuah jaringan dari perangkat komputer, dimana cakupan wilayah jaringan yang mereka miliki terbilang cukup kecil atau terbatas. Sebagai contoh saja, misalnya seperti jaringan komputer tempat kerja di kantor, sekolah, tempat tinggal, atau seperti yang terdapat hanya di dalam satu ruangan saja.

Biasanya jaringan LAN ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada yang di dalam wilayah kecil atau berdekatan. Misalnya seperti jaringan komputer yang ada di dalam ruang laboratorium komputer kampus atau sekolah yang saling terhubung sehingga proses pertukaran data yang terjadi pun dapat untuk dilakukan dengan cepat. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu LAN. Langsung saja! Berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian LAN

Merupakan kepanjangan dari Local Area Network, LAN adalah kumpulan perangkat yang terhubung bersama dalam satu lokasi fisik, seperti gedung, kantor, atau rumah berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Cisco.

LAN dapat berupa kecil atau besar, mulai dari jaringan rumah dengan satu pengguna ke jaringan perusahaan dengan ribuan pengguna dan perangkat di perusahaan atau sekolah. Terlepas dari ukurannya, adapun karakteristik definisi tunggal LAN adalah menghubungkan perangkat yang berada dalam satu area terbatas.

Sebaliknya, Wide Area Network (WAN) atau Metropolitan Area Network (MAN) dimana mereka mencakup area geografis yang lebih besar. Beberapa WAN dan MAN menghubungkan banyak LAN secara bersamaan.

Apa itu Local Area Network?

Lalu, apa itu Local Area Network? ini adalah jaringan komputer yang menjangkau area yang dapat dikatakan relatif kecil. Seringkali, suatu LAN terbatas pada satu ruangan, bangunan atau kelompok bangunan, namun suatu LAN dapat dihubungkan ke LAN lainnya pada jarak berapa pun melalui saluran telepon dan gelombang radio.

Jadi, kita sudah dapat mengetahui dua hal tentang LAN hanya dari nama “Local Area Network” sebuah perangkat yang ada di dalam jaringan dan bersifat lokal. Dan itu adalah bagian lokal yang benar-benar mendefinisikan LAN dan membedakannya dari jenis jaringan lain seperti WAN (Wide Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network).

Seperti yang Kami jelaskan pada penjelasan apa itu LAN di atas, ini biasanya berada dalam area kecil, biasanya satu bangunan, tetapi itu bukanlah syarat pasti dari sebuah LAN. Area tersebut mungkin juga seperti rumah Anda atau bisnis kecil, serta hanya terdiri dari beberapa perangkat saja. LAN juga mungkin berada dalam area yang jauh lebih besar, seperti seluruh gedung kantor yang berisi ratusan atau ribuan perangkat.

Pengertian LAN Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu LAN, maka kita dapat merujuk kepada pendapat para pakar dan ahli terkait definisi mereka tentang LAN.

Baca Juga :  Begini Cara Mendapatkan Sofware Secara Gratis (Jenis Apapun) serta Tips dalam Mencarinya!

Adapun pengertian LAN menurut para ahli yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

1. Bonnie Suherman

Menurut Bonnie Suherman, arti LAN adalah sebuah jaringan yang terbatas yang ada pada tempat atau ruangan tunggal yang ada di dalam suatu gedung atau menghubungkan beberapa gedung yang ada di dalam sebuah area geografis tertutup.

2. Angga Wibowo

Menurut Angga Wibowo, definisi LAN adalah sebuah jaringan yang bersifat pribadi atau lokal. Biasanya jaringan ini digunakan dalam ruang lingkup yang terbilang kecil, sebagai contoh, misalnya dalam sebuah ruangan kantor, kampus, dan lingkungan sejenis lainnya.

3. Teguh Wahyono

Menurut Teguh Wahyono, pengertiani LAN adalah sebuah jaringan komputer lokal yang mempunyai cakupan wilayah yang tidak terlalu besar. Jaringan LAN, mereka hanya mempunyai cakupan wilayah serta radius yang kurang lebih 20 km saja dan bisa saja lebih sempit.

4. Arief Ramadhan

Menurut Arief Ramadhan, LAN adalah sebuah jaringan perangkat Komputer yang memiliki area cakupan yang terbatas dalam area atau lokasi tertentu saja.

5. Agus J. Alam

Menurut Agus J. Alam, definisi LAN adalah suatu jaringan yang terdiri atas satu perangkat komputer atau lebih, yang terdapat (berada) di dalam suatu lokasi tertentu.

Fungsi Jaringan LAN

Membahas mengenai apa arti LAN, pada dasarnya fungsi utama jaringan LAN adalah untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer di dalam jaringan dan sehingga proses kerja menjadi lebih mudah serta cepat.

Adapun beberapa tujuan dan fungsi LAN yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut:

  • Untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer yang ada di dalam suatu ruang, tempat atau daerah yang kecil.
  • Untuk memungkinkan dilakukannya komunikasi antar perangkat komputer dan perangkat dalam jaringan.
  • Untuk memungkinkan serta mempercepat proses distribusi data serta program antar perangkat komputer yang di dalam jaringan.
  • Membantu untuk menghemat biaya operasional, karena perangkat yang terdapat dalam satu jaringan tersebut bisa digunakan secara bersamaan. Sebagai contoh misalnya seperti printer, server, dan perangkat komputer terkait lainnya.

Jenis-Jenis LAN

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis LAN Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis LAN Dalam Penjelasan Pengertiannya

Menurut pelopor dan perusahaan jaringan yang terkemuka Cisco, secara umum terkait penjelasan LAN, terdapat 2 (dua) jenis LAN yaitu adalah

  1. LAN Klien/Server
  2. LAN Peer-To-Peer

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis LAN tersebut.

1. Client/Server LAN

Jenis yang pertama adalah client/server LAN atau klien/server. Ini terdiri dari beberapa perangkat (klien) yang terhubung ke server utama atau pusat. Server disini adalah yang mengelola penyimpanan file, akses application (aplikasi), akses perangkat, dan lalu lintas jaringan.

Untuk client atau kliennya, mereka dapat berupa perangkat apa pun yang terhubung yang menjalankan atau mengakses aplikasi atau internet. Klien terhubung ke server, baik dengan Kabel LAN atau melalui koneksi nirkabel.

Biasanya, application suite dapat disimpan di server LAN. Pengguna dapat mengakses database, e-mail, berbagi dokumen, mencetak, dan layanan lainnya melalui aplikasi yang berjalan disServer LAN, dengan akses read (baca) dan write (tulis) yang dikelola oleh jaringan atau seorang administrator TI. Sebagian besar bisnis menengah ke atas, pemerintah, penelitian, dan jaringan pendidikan adalah menggunakan LAN berbasis klien/server.

2. Peer-To-Peer LAN

Jenis LAN yang selanjutnya adalah peer-to-peer LAN. Ini tidak memiliki server pusat dan tidak dapat menangani beban kerja yang berat seperti yang bisa dilakukan oleh LAN klien/server, sehingga biasanya mereka adalah lebih kecil.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Address Bus: Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya dengan Data Bus pada Komputer!

Pada jenis LAN peer-to-peer, masing-masing perangkat terbagi secara merata dalam fungsi jaringannya. Perangkat berbagi sumber daya dan data melalui koneksi kabel atau nirkabel ke perangkat jaringan komputer seperti switch atau router. Sebagian besar jaringan yang ada di rumah atau bisnis kecil, biasanya adalah jenis peer-to-peer.

Ciri dan Karakteristik LAN

Ilustrasi Gambar Ciri Ciri Dan Karakteristik LAN Dalam Membahas Penjelasannya
Ilustrasi Gambar Ciri Ciri Dan Karakteristik LAN Dalam Membahas Penjelasannya

Perlu kalian ketahui bahwa LAN memiliki beberapa ciri-ciri dan Karakteristik yang membedakannya dengan jaringan lainnya seperti MAN atau Metropolitan Area Network dan WAN atau Wide Area Network.

Adapun beberapa ciri dan karakteristik LAN tersebut adalah sebagai berikut:

  • LAN biasanya berada didalam ruang lingkup geografi yang lebih sempit. Sebagai contoh misalnya seperti area kantor, kampus, sekolah, tempat tinggal dan bisnis kecil.
  • Ini memiliki kecepatan transfer atau perpindahan data yang lebih tinggi dan stabil dari pada nirkabel atau wireless.
  • Mereka dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya jalur telekomunikasi. Dengan istilah lain, LAN tidak membutuhkan akses internet dan bisa digunakan secara lokal untuk perpindahan data (baca pengertian data disini).

Komponen Dasar Jaringan LAN

Mengacu pada pengertian LAN di atas, ini terdiri oleh beberapa komponen dasar yang diatur sedemikian rupa sehingga mereka dapat menghubungkan beberapa perangkat jaringan komputer (baca pengertian perangkat jaringan komputer disini) dan alat teknologi lainnya.

Adapun beberapa komponen dasar jaringan LAN tersebut adalah sebagai berikut:

  • Workstation; Ini adalah node atau host yang berupa sebuah sistem perangkat komputer.
  • Server; Adalah suatu hardware atau perangkat keras, dimana yang kegunaannya adalah untuk melayani permintaan jaringan dan workstation yang terhubung dengan suatu jaringan.
  • Link; Adalah bagian dari jaringan LAN yang menghubungkan peralatan seperti workstation dan server secara fisik.
  • Network Interface Card atau NIC; Ini adalah rangkaian elektronik yang dirancang khusus dan spesifik untuk menangani network protocol.
  • Network Software; Adalah software (perangkat lunak) yang dipakai untuk membuat jaringan LAN berfungsi sebagaimana mestinya.

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Setiap jaringan komputer atau apapun itu yang merupakan buatan manusia, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan LAN, mereka pasti juga memiliki keuntungan dan kerugian dalam penggunaannya. Di bawah ini akan Kami jelaskan juga beberapa di antara mereka agar kalian dapat lebih memahami artinya.

a. Kelebihan LAN

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi kelebihan LAN.

  • Berbagi sumber daya atau resource; Dengan LAN, maka user atau pengguna dapat dengan mudah saling berbagi resource atau sumber daya yang ada yang di setiap perangkat komputer.
  • Data terpusat; Data yang terdapat terhadap setiap perangkat komputer yang di dalam jaringan LAN dapat disimpan di satu tempat, yang disebut dengan server. Jadi, dengan adanya server tersebut, maka setiap pengguna bisa mengakses file secara terpusat via dan melalui masing-masing komputer.

b. Kekurangan LAN

Berikut ini adalah beberapa hal yang terdapat dan menjadi kekurangan LAN.

  • Keamanan yang rentan; Hal ini terjadi karena setiap perangkat komputer dapat diakses oleh setiap penggunanya. Mungkin saja ada user atau pengguna yang tidak bisa menjaga kerahasiaan data dan password yang dimilikinya, sehingga pengguna tersebut malah dapat menerobos masuk dan menyalahgunakannya.
  • Masalah pada server pusat; Apabila terjadi masalah terhadap server utama, maka hal tersebut akan berakibat buruk kepada seluruh jaringan LAN. Sebagai contoh, misalnya jika server utama terinfeksi virus, maka semua komputer yang ada dalam jaringan pun juga berpotensi untuk terinfeksi.
  • Instalasinya dan penerapannya cenderung mahal; Memang, pada dasarnya pengeluaran terkait biaya instalasi LAN, tergantung besarnya infrastruktur serta letak geografi, dan jenis topologi jaringannya baik itu topologi Mesh, Star, Bus dan Ring akan membutuhkan biaya yang besar. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan pemilihan jenis kabel, kabel jenis outdoor yang kuat dan tahan lama biasanya tersedia dengan harga yang mahal.
Baca Juga :  Pengertian Biometrics (Biometrik): Sejarah, Cara Kerja, Jenis dan Contohnya

Node pada LAN

Sebagian besar LAN menghubungkan workstation dan komputer pribadi. Setiap node disini adalah komputer individu dalam LAN memiliki CPU sendiri yang digunakan untuk mengeksekusi perintah atau program, serta juga dapat mengakses data dan perangkat yang berada dalam jaringan LAN.

Hal ini berarti bahwa, ada banyak pengguna yang dapat berbagi perangkat mahal, seperti printer laser dan lainnya, serta juga data (ini juga merupakan salah satu keuntungan penggunaan LAN). Pengguna juga dapat menggunakan LAN untuk berkomunikasi satu sama lain, dengan mengirim e-mail atau terlibat dalam sesi chatting atau obrolan dalam sebuah jaringan.

LAN mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sangat cepat, jauh lebih cepat daripada data dapat ditransmisikan melalui saluran telepon, namun jaraknya pun terbatas serta mereka juga memiliki batasan jumlah komputer untuk dapat dimasukkan ke dalam suatu jaringan LAN.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian LAN, Apa itu Local Area Connection? Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik, Komponen serta Kelebihan dan Kekurangannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa LAN adalah sekelompok komputer dan perangkat periferal yang berbagi jalur komunikasi umum atau tautan nirkabel ke server dalam area geografis yang berbeda.

Local area network atau jaringan area lokal dapat melayani sedikitnya dua atau tiga pengguna di kantor pusat atau beberapa ratus pengguna di kantor pusat perusahaan. Pemilik rumah dan administrator jaringan TI mengatur LAN sehingga node jaringan dapat berbagi sumber daya seperti perangkat komputer seperti printer atau penyimpanan jaringan dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah postingan dan ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini tentang pembahasan Pengertian LAN, Apa itu Local Area Connection? Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik, Komponen serta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan kalian semua terutama dalam memahami artinya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar