Rifqi Mulyawan, Ini Alasan dan Penyebab Kenapa Saya Menyukai Data Science!

Rifqi Mulyawan Alasan dan Penyebab Menyukai Data Science Dan Analytics
Rifqi Mulyawan Alasan dan Penyebab Menyukai Data Science Dan Analytics

Apa Saja Alasan dan Penyebab, Kenapa Kita Harus Menyukai Data Science dan Analytics? Benar, big data (baca pengertian big data menurut para pakar di sini), ini selalu menjadi tren dan semua orang membicarakannya. Namun kenyataannya, sebenarnya kebanyakan dari mereka tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana melakukannya.

It’s kinda, ya semua orang berpikir semua melakukannya, jadi semua orang mengklaim bahwa mereka melakukannya.

Ketika awal tahun 2013, ilmu data masih baru dikenal.

Saat ini, semakin banyak orang mulai menjelajahi ruang ilmu data dan jatuh cinta dengan perjalanan mencoba mengubah dunia.

Saya terus menelusuri praktik terkait dengan ilmuwan data, di mana pada akhirnya saya bertanya-tanya, apa sebenarnya yang begitu memuaskan tentang bekerja sebagai ilmuwan data?

Setelah sedikit pertimbangan, saya pun berusaha untuk mengidentifikasi beberapa alasan penting mengapa saya menyukai ilmu data dan analitik atau analytics (baca pengertian dari istilah analytics di sini).

Yup, terkait hal itulah, dalam postingan khusus kali ini, Kami akan membagikan dan bercerita sedikit terkait apa saja alasan dan penyebab untuk mencintai dan menyukai data science atau ilmu data.

Baiklah, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini!

Beberapa Hal Tentang Data Science

Data Science Dan Analytics Itu Menarik
Data Science Dan Analytics Itu Menarik

Bagi saya, ilmu data adalah cara untuk menjadi seorang yang bisa disebut sebagai detektif.

Untuk setiap kasus baru, Anda harus masuk ke bidang baru untuk mencoba memahami cara kerjanya, memijat data sampai Anda memahaminya, mencoba memperoleh semua pengetahuan di bidang tersebut tanpa harus menjadi seorang spesialis.

Benar! Karena saya sangat ingin tahu tentang teknik yang sangat berbeda dalam sains, bagi saya, itulah yang saya inginkan.

Memang, ketika Anda menjadi seorang ilmuwan data atau data scientist, Anda menghabiskan banyak waktu, atau setidaknya saya melakukannya, berbicara dengan spesialis di bidangnya dan seringkali mereka memiliki banyak pengetahuan implisit.

Kesenangan dalam Data Science Merupakan Perjalasan untuk Penemuan, Wawasan, dan Inovasi

Bagi saya, kegembiraan dalam ilmu data adalah dalam perjalanan menuju pencapaian tiga jenis hasil yang signifikan.

Beberapa pencapaian tersebut termasuk:

  1. Penemuan
  2. Wawasan
  3. Inovasi

Saya selalu belajar melakukan analisis data, kebanyakan dengan menggunakan metode standar.

Tetapi ketika saya pertama kali menemukan algoritme (baca pengertian algoritme di sini) yang menarik secara matematis yang dapat digunakan untuk menjelajahi kumpulan data besar dengan cara baru untuk mencapai hasil baru, saya terpikat dan kemudian memutuskan untuk terjun lebih dalam.

Baca Juga :  Pengertian QoS (Quality of Service): Parameter, Cara Kerja dan Cara Menerapkannya

Data Science Adalah Masa Depan

Benar! Lebih baik menjadi yang terdepan daripada tertinggal!

Saya pikir ilmu data adalah masa depan bidang teknologi, khususnya terkait ekonometrika terapan, saya pasti akan mengatakan

Ilmu data, menurut saya, adalah masa depan pekerjaan semacam ini.

Ini memberikan kita cara untuk melakukannya secara efisien, dapat ditiru, dan mendapatkan hasil yang bagus.

Anda memiliki lebih banyak tools atau alat dan lebih banyak fleksibilitas dalam cara Anda mengumpulkan data, cara Anda dapat mengeksploitasi banyak basis data sekaligus, dan menghasilkan sesuatu yang sangat berguna juga.

Data Scienctist dan Machine Learning Engineer Adalah Garis Depan Revolusi Artificial Intelligence Mendatang

Big Data memungkinkan para ilmuwan dan pembelajaran mesin mengubah dunia kita dengan cara yang menakjubkan, setidaknya seperti halnya revolusi industri 4.0 (baca pengertian industri 4.0 di sini).

Betul! Mulai dari membuat obat baru yang menyelamatkan jiwa hingga mobil yang dapat mengemudi sendiri hingga iklan yang dipersonalisasi yang mengganggu.

Ya, namun, harus saya akui bahwa bid gata juga memiliki efek negatif, seperti mengurangi privasi.

Terkait itu, ada beberapa istilah kutipan yang mungkin perlu kita tanamkan di benak kita sebagai berikut.

Kunci aturan dalam Data Mining yaitu adalah untuk Jangan melakukannya pada data orang lain jika Anda tidak ingin itu dilakukan pada data Anda

Kunci Aturan Data Mining Rifqi Mulyawan

Ilmu Data Membuat Saya Merasa Kuat

Fakta bahwa ilmu data adalah area yang berkembang pesat, sehingga sebagian besar pekerjaan ilmuwan data, setidaknya seperti yang saya bayangkan, memperbarui metode, alat, dan alur kerjanya.

Saya sangat suka pekerjaan sampingan yang saya fokuskan dapat berkembang dengan kemajuan ilmu data, sehingga saya tidak pernah bosan.

Saya suka berpikir bahwa dengan semakin banyaknya data yang tersedia untuk dianalisis, menggunakan dan merancang alat baru untuk mendapatkan efisiensi adalah bagian penting dari pekerjaannya.

Dan tentu saja, saya merasa belajar tentang dan menggunakan alat-alat seperti itu sangat bermanfaat.

Mampu Membuat Model dari Data untuk Kemampuan Prediktif

Meskipun “ilmu data” mengacu pada serangkaian tugas dan proses yang agak terkait, perlu saya sampaikan bahwa apa yang paling saya sukai yaitu adalah yang berkaitan dengan prediksi.

Salah satu karakteristik yang menentukan manusia adalah kemampuan kita untuk mengambil data yang tersedia dan menggunakannya untuk membuat prediksi, betapapun pasti atau tidak pasti, tentang masa depan, betapapun jauh atau dekat.

Mampu memperoleh, memproses, dan membangun model dari data, yang pada akhirnya akan digunakan untuk kemampuan prediktif mereka, baik itu untuk perawatan kesehatan, keputusan keuangan, layanan pelanggan, atau hasil liga sepak bola, menurut saya sangat menarik!

Kemampuan prediktif ini, bagi saya, adalah inti dari kemanusiaan dan juga inti dari ilmu data, walaupun keindahan sederhana dari paralel ini terlalu sering diabaikan.

Data Science sebagai Sarana Menjinakkan Informasi yang Tidak Terstruktur dan Mengumpulkan Wawasan

Ini adalah waktu yang menyenangkan untuk hidup, karena ada lebih banyak data yang tersedia daripada sebelumnya.

Baca Juga :  Cyberpreneur: Apa itu Cyberpreneurship? Tujuan dan Fungsi, Macam Keunggulan, Contoh serta Perbedaannya!

Ada lebih banyak data daripada yang bisa kita analisis, apalagi yang bisa kita pahami.

Dalam konteks itu, ilmu data adalah sarana Kami untuk menjinakkan informasi yang tidak terstruktur dan mengumpulkan wawasan.

Mempelajari ilmu data penting bagi saya karena orang-orang mengunggah banyak teks yang dapat memberi tahu kita tentang pandangan dunia dan nilai-nilai mereka, jika saja kita tahu cara menganalisisnya.

Data Science dan Machine Learning Memungkinkan Kita untuk Mencoba Berbagai Ide Menggunakan Metode Ilmiah

Ilmu data memungkinkan kita untuk mencoba berbagai ide menggunakan metode ilmiah.

Menerapkan penalaran matematika untuk masalah dunia nyata sangat memuaskan, di mana pada akhirnya, bidang ilmu data berkembang pesat dan selalu ada hal baru untuk dipelajari.

Ini adalah sesuatu yang sangat saya nikmati, mempelajari konten baru dan berbagi pengetahuan saya dengan orang lain.

Salah satu hal yang membuat ilmu data begitu menarik adalah seberapa cepat ia berkembang!

Oleh karena itulah, kita harus terus belajar, jika tidak, kita akan tertinggal!

6 Alasan Utama Kenapa Saya Menyukai Data Science dan Analytics

Alasan Utama Kenapa Harus Menyukai Data Science Dan Analytics
Alasan Utama Kenapa Harus Menyukai Data Science Dan Analytics

Oke, sudah dapat gambarannya kan?

Di bawah ini juga akan saya jelaskan poin lainnya terkait alasan utama saya menyukai data science dan analytics:

  1. Data dan analitik memungkinkan pembuatan keputusan yang tepat dan berhenti menebak-nebak; Saya tidak pernah suka membuat keputusan berdasarkan firasat, karena firasat bisa saja mengatakan sebuah hal pada suatu waktu, dan sesuatu hal yang sangat berbeda pada hari berikutnya. Data adalah “apa adanya” meskipun juga dapat dengan mudah disalahgunakan.
  2. Analisis data memberikan jawaban objektif yang dapat mengakhiri suatu argumen; Manfaat tambahannya adalah, sebagai ilmuwan data, khususnya ketika saat berada dalam diskusi, Anda jelas mendapat keuntungan!
  3. Ilmu data dan analitik sangan menarik; Dengan risiko membuat pernyataan yang terlalu berani, alat untuk menangani data dalam jumlah besar dan melakukan analitik sangat mungkin berkembang lebih cepat daripada bidang teknologi lainnya saat ini. Dengan alat yang lebih baik, muncul pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kita seharusnya melakukan analitik dan bagaimana kita harus menggunakan informasi yang dihasilkan, dan semua itu pastinya berkembang dengan sangat cepat.
  4. Memuaskan rasa ingin tahu; Seperti yang dikatakan dalam ilmu agama, “Cari Kebenarannya” agar kita merasa tenang!
  5. Misterius; Katakan, apa itu ilmu data? Dalam bidang baru seperti itu, sulit menemukan konsensus seputar satu definisi tunggal. Tapi menurut saya, data science adalah proses menciptakan nilai dari data. Big data terdiri dari data yang sangat besar sehingga volumenya menjadi masalah tersendiri. Tidak hanya memahami data, atau cara membuat prediksi berdasarkan data, tetapi fakta bahwa ada begitu banyak data yang bahkan sesuatu hal yang sederhana seperti menghitung biasa memerlukan teknologi khusus. Itulah salah satu hal yang membedakan ilmu data dari statistik.
  6. Dapat diterapkan ke banyak lingkup yang berbeda; Menerapkan ilmu data ke data industri perjalanan, jadwal, pemesanan, pencarian dan ke data yang belum tentu berasal data industri perjalanan, tetapi entah bagaimana itu dapat memengaruhi perjalanan, seperti nilai tukar mata uang atau data cuaca.
Baca Juga :  Windows 11: Download, Install, Jenis Fitur, Update, Macam Requirements serta Rilisnya Terbarunya!

Kesimpulan

Baiklah, seperti yang dapat kalian baca, di atas adalah postingan terkait Apa Saja Alasan dan Penyebab, Kenapa Kita Harus Menyukai Data Science dan Analytics.

Anda mungkin sudah akrab dengan subbidang dalam ilmu data, seperti Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, model, algoritma, atau bahkan sudah mengetahui tentang Deep Learning.

Anda mungkin berpikir bahwa “ilmu data” itu keren tetapi juga membingungkan atau bahkan mengintimidasi.

Yup! Saya merasakan hal yang sama di awal.

Tetapi ketika saya melihat sejarah pemrosesan bahasa alami (juga dikenal sebagai Natural Language Processing atau NLP, subjek untuk membuat komputer memahami bahasa manusia), saya mulai menoleh ke bidang ilmu data!

Bagi saya, hal tentang ilmu data yang membuatnya begitu menarik bagi dunia modern adalah keberadaannya yang tak tertandingi.

Betul! Mereka ada di mana-mana, walaupun pada akhirnya ini hanya seperangkat tools atau keterampilan yang berasal dari ilmu komputer dan matematika, dan rangkaian keterampilan ini dapat diterapkan secara universal untuk belajar dari masa lalu dan meningkatkan kinerja masa depan dalam disiplin apa pun yang dapat Anda pikirkan.

Itulah yang membuat ilmu data sangat relevan, di mana cakupan dan potensinya sangat besar untuk meningkatkan kehidupan di berbagai sektor.

Saya senang memikirkan masa depan di mana keputusan berdasarkan data menjadi semakin umum di seluruh dunia.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Apa Saja Alasan dan Penyebab, Kenapa Kita Harus Menyukai Data Science dan Analytics.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi, khususnya terkait data science.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar