Virtual Background: Pengertian, Jenis dan Macam Aplikasi, Cara Menggunakan serta Pentingnya!

0
Gambar Dari Pengertian Virtual Background Apa Itu Layar Latar Belakang Virtual Dan Konferensi Video Jenis Dan Macam Aplikasi Yang Support Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Dari Pengertian Virtual Background Apa Itu Layar Latar Belakang Virtual Dan Konferensi Video Jenis Dan Macam Aplikasi Yang Support Serta Kenapa Itu Penting

Mengenal Pengertian Virtual Background, Apa itu Layar, Latar Belakang Virtual dan Konferensi Video? Jenis dan Macam Aplikasi yang Support dan Kenapa itu Penting!

Ketika Covid-19 melanda, kita semua mengalami periode yang sangat bergejolak. Salah satu perubahan terbesar dalam hidup kita adalah perubahan dalam bagaimana kita beraktivitas (seperti bekerja dan belajar dari rumah).

Sekarang tiba-tiba, kita sebagai seorang pebisnis, pegawai, guru atau dosen, secara sukarela atau tidak sukarela untuk mengundang siswa dan rekan kerja untuk bertemu di aplikasi meeting langsung ketika kita berada dalam rumah dimana seringkali biasanya kita bertemu rekan kerja di bar atau restoran.

Masa-masa baru ini telah mengubah itu dan Kami pribadi dalam menikmati kebersamaan.

Secara pribadi, Kami telah menggunakan kamar tidur pribadi sebagai kantor, jadi ada kemungkinan orang bisa melihat seperti apa kamar Kami.

Ya, virtual background hadir pada aplikasi panggilan video untuk mengatasi berbagai masalah seperti itu.

Kebanyakan orang awam hanya bisa menggunakannya saja tanpa mengetahui apa itu pengertian virtual background sebenarnya.

Terkait hal itulah dalam postingan kali ini Kami akan menjelaskan secara lebih lengkap dan detail tentang layar, latar belakan dan video conferencing serta pentingnya.

Langsung saja, berikut ini ulasannya!

Pengertian Virtual Background

Berarti layar atau latar belakang virtual, virtual background adalah environtment atau lingkungan simulasi teknologi yang muncul di belakang pengguna dalam panggilan atau konferensi video.

Seperti yang dijelaskan dari sumber Situs PCMag, latar belakang virtual dapat membuat pengguna seolah-olah orang sedang berada di pantai, tempat terkenal, atau bahkan luar angkasa.

Ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan gambar atau video di belakang mereka selama panggilan video.

Teknologi ini bekerja secara real-time dan dapat menggantikan latar belakang seseorang dengan gambar statis atau animasi serta video.

Apa itu Layar atau Latar Belakang Virtual?

Jadi apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan layar atau latar belakang virtual?

Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan virtual background secara global.

Benar! Ini adalah beberapa latar belakang virtual dasar yang tersedia di berbagai macam jenis aplikasi konferensi video sebagai contoh misalnya seperti Zoom, Google Meet dan lain sebagainya, dimana peserta dapat menambahkan gambar yang mereka inginkan di dalamnya.

Ide utama di balik teknologi Virtual Background for Video conferencing adalah kehadiran jaringan saraf atau lebih tepatnya Artificial Neural Networks (baca pengertian ANN atau Artificial Neural Network disini) yang menggunakan segmentasi potret untuk menyegmentasikan suato objek dalam gambar dari latar belakang sekitarnya.

Untuk memastikan sistem model mereka sangat akurat, seringkali developer membuat dan melatih model machine learning mereka menggunakan kumpulan data yang besar atau yang lebih dikenal dengan big data.

Untuk memastikan modelnya cukup cepat, model tersebut harus berukuran kecil dan strukturnya sederhana.

Mengurangi ukurannya seringkali dapat menyebabkan pengurangan akurasi yang sesuai.

Apa itu Video Conference (Konferensi Video)?

Kemudian, apa itu video conference atau konferensi video?

Konferensi video adalah jenis pertemuan online di mana dua orang atau lebih terlibat dalam panggilan audio-visual secara langsung.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian IDE: Apa itu Integrated Development Environment? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Contoh serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Dengan koneksi internet yang kuat, para pengguna dapat melihat, mendengar, dan berbicara satu sama lain secara real-time, di mana pun mereka berada.

Dalam dunia bisnis, orang biasanya menggunakan konferensi video untuk berkomunikasi dan berkolaborasi di dalam dan di luar organisasi.

Anda hanya perlu menyiapkan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang diperlukan untuk memaksimalkan pengalaman menggunakannya.

Ya! Konferensi video menyatukan orang-orang yang bekerja dari berbagai tempat di ruang rapat virtual.

Untuk memungkinkannya, seringkali Anda memerlukan:

  • Koneksi internet yang stabil.
  • Perangkat tampilan video (laptop, monitor desktop, atau layar televisi).
  • Komputer atau telepon konferensi.
  • Periferal lainnya (webcam, mikrofon, headset, speaker, dan lainnya).
  • Perangkat lunak konferensi video seperti Zoom, Google Meet, CloudX, Webex.

Beberapa organisasi, bisnis atau perusahaan biasanya memiliki ruang konferensi video khusus di mana mereka menyimpan kamera definisi tinggi dan tampilan video serta sistem audio berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk rapat.

Ini pastinya akan memperkuat pengalaman, dimana Anda dapat mengadakan rapat video yang efektif hanya dengan laptop dan perangkat lunak yang tepat.

Jenis dan Macam Aplikasi Meeting atau Video Conferencing yang Dapat Menggunakannya (Supported)

Ilustrasi Gambar Apa Itu Layar Latar Belakang Virtual Dan Video Conference Atau Konferensi Video Serta Jenis Dan Macam Aplikasi Yang Mendukung Atau Support
Ilustrasi Gambar Apa Itu Layar Latar Belakang Virtual Dan Video Conference Atau Konferensi Video Serta Jenis Dan Macam Aplikasi Yang Mendukung Atau Support

Berkenaan dengan penjelasan Kami di atas tentang pengertian virtual background dan apa itu video conference, lalu apa saja jenis macam aplikasi meeting atau video conferencing yang dapat menggunakan (supported) fungsi dari latar belakang virtual tersebut?

Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa dengan pembaruan teknologi di tahun 2021 sekarang, rata-rata setiap aplikasi panggilan video sudah dapat menggunakan fungsi dari latar belakang virtual.

Di bawah ini adalah beberapa jenis dan macam aplikasi yang support serta sudah bisa mengunakan virtual background yang sudah Kami kumpulkan:

  1. Zoom
  2. Google Meet, Hangout dan Duo
  3. CloudX by Telkomsel
  4. Webex
  5. Skype
  6. Teams (Microsoft)
  7. Instagram
  8. Facebook Messenger
  9. Snapchat
  10. Slack
  11. Bluejeans
  12. Whereby
  13. GoToMeeting
  14. Backboard Collaborate

Cara Menggunakan Virtual Background di Aplikasi Meeting atau Video Conferencing

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Menggunakan Layar Latar Belakang Atau Virtual Background Serta Kenapa Itu Penting
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Menggunakan Layar Latar Belakang Atau Virtual Background Serta Kenapa Itu Penting

Untuk cara menggunakannya sendiri, pada dasarnya langkah-langkahnya terbilang sangat mudah.

Secara umum, kalian dapat menggunakan fitur virtual background dengan menekan dan mencari opsi untuk latar belakang virtual.

Lebih spesifiknya, berikut ini adalah cara menggunakan virtual background di aplikasi meeting terkenal seperti Zoom dan Google Meet.

a. Zoom

Yang pertama yaitu cara menggunakan virtual background pada Zoom.

Untuk memulainya, pastikan kalian sign in di aplikasi mobile Zoom kalian, kemudian ketika dalam meeting atau rapat, pilih dan ketuk bagian more, maka akan muncul pop-up tampilan baru.

Lanjutkan dengan memilih virtual background untuk Android dan backround and filters untuk iOS.

Sekarang, pilih tampilan apa yang ingin kalian gunakan dan jika kalian ingin meng-upload gambar baru, lanjutkan dengan menekan ikon +.

b. Google Meet

Berikutnya yaitu Google Meet.

Ada 2 cara mengganti layar atau latar belakang virtual di Google Meet, yaitu adalah sebagai berikut.

1. Sebelum Menggunakan Google Meet

Cara pertama yaitu sebelum menggunakan Google Meet.

Mulai dengan membuka aplikasinya, lalu pilih meeting.

Sebelum kalian join atau bergabung, pada bagian bawah tampilan Anda, pilih effects dan lanjutkan kostumisasi yang kalian inginkan.

2. Saat atau Ketika Menggunakan Google Meet

Ke-2 (dua) yaitu saat atau ketika mneggunakan Google Meet.

Ketuk pada tampilan jendela gambar Anda, kemudian pilih effects untuk membuka pilihan latar belakangnya.

Kenapa Virtual Background itu Penting dalam Panggilan dan Konferensi Video?

Kemudian, kenapa layar, latar belakang atauu virtual background penting dalam panggilan video?

Memang, penggunaan Zoom atau Google Meet sekarang menjadi norma.

Data dan angka yang Kami dapatkan menunjukkan bahwa Zoom telah meledak dari 10 (sepuluh) juta pengguna menjadi 300 (tiga ratus) juta pengguna dalam waktu 4 bulan.

Jika cara pertemuan baru ini akan menjadi norma, ada peluang baru untuk menciptakan kesadaran brand (merek) dalam penggunaannya, latar belakang yang branded atau bahkan latar belakang virtual khusus.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian SOAP (Web Service): Apa itu SOA? Cara Kerja, Manfaat, Bagian dan API, Kelebihan Kekurangan serta Perbedaannya dengan REST!

Adapun beberapa manfaat dan alasan mengapa menggunakan virtual background itu penting adalah sebagai berikut.

1. Kreativitas

Manfaat dan pentingnya virtual background pertama yaitu kreativitas.

Jika Anda memilih untuk menggunakan latar belakang virtual, Anda dapat benar-benar bermain dengannya dan bahkan mencari sesuatu yang lucu.

Visual dari latar belakang virtual dapat berbicara banyak tanpa harus mengatakan apa-apa, ditambah lagi mereka dapat menjadi lelucon yang bagus untuk lelucon atau mengatur suasana hati pengguna yang melihatnya.

2. Mudah Dikostumisasi

Manfaat dan pentingnya berikutnya yaitu mudah dikostumisasi.

Jika Anda ingin mengunduh beberapa latar belakang dari gambar favorit atau Anda hanya menyesuaikannya dengan sponsor dan brand (merek) Anda, latar belakang virtual bukanlah suatu hal yang ribet sehingga mudah untuk diganti.

Organisasi, bisnis atau perusahaan dan sponsor suka menggunakan latar belakang virtual untuk pencitraan merek sehingga sebagai pembawa acara, Anda dapat mengubah latar belakang virtual Anda dari latar belakang bertema konferensi virtual menjadi sebuah sponsor.

3. Lebih Mudah dan Santai

Terakhir pastinya adalah itu semua bisa membuat pertemuan video kita menjadi lebih mudah dan santai.

Yup! Menggunakan latar belakang virtual menghilangkan tekanan karena Anda harus menunjukkan bagian mana pun dari rumah Anda yang belum dibersihkan, belum ditata, atau tidak ingin ditampilkan karena alasan apa pun.

Ini bisa menjadi pilihan yang bagus bagi siapa saja yang mempunyai anak-anak atau ruang kecil untuk dapat menampilkan video yang bersih dan bebas dari gangguan pastinya.

Kenapa Virtual Background di Android atau iPhone (iOS) Tidak Ada atau Tidak Muncul?

Terkait pembahasan pengertian dan artinya di atas, jika tidak ada opsi untuk mengganti virtual background di perangkat Android, iPhone atau iOS kalian, pada dasarnya ini berarti perangkat yang kalian gunakan masih belum mendukung untuk feature (fitur) atau fungsinya.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang apa penyebabnya, pastikan kalian sudah melakukan beberapa hal terlebih dahulu untuk mengatasi dan cara memunculkan fitur atau fungsinya seperti yang dijelaskan dalam video di bawah ini.

Video Cara Mengatasi Virtual Backround Zoom, iPhone (iOS) Tidak Ada Muncul

Bagaimana? Sudah bisa?

Jika tidak, maka ada beberapa hal lainnya yang perlu kalian pahami lebih lanjut sebagai berikut.

Untuk mengeceknya, kalian dapat menggunakan situs GSMArena agar detailnya lebih jelas.

1. Virtual Background Zoom

Video Penjelasan Kenapa Fitur Latar Belakang Virtual Zoom Tidak Ada

Pertama yaitu pada virtual background pada aplikasi Zoom.

Adapun untuk persyaratan minimal yang harus dimiliki oleh perangkat kalian seperti yang dijelaskan oleh pihak Zoom sendiri adalah sebagai berikut.

a. Zoom Android

Untuk persyaratan minimal perangkat Android, mereka termasuk:

  • Aplikasi seluler Zoom setidaknya harus versi 5.3.0 atau lebih tinggi.
  • Versi Android kalian minimal 8.0 atau lebih tinggi.
  • Perangkat kalian memiliki Prosesor ARM64, 8 Core atau lebih tinggi.
  • Smartphone kalian harus memiliki RAM minimal 3GB atau lebih tinggi.
  • Untuk GPU Qualcomm Adreno, minimal sudah 540 (Snapdragon 835 atau Snapdragon SDM835), atau lebih tinggi dari 615 (QCS605 atau Snapdragon SDM710).
  • Untuk GPU Mali, minimal perangkat kalian sudah menggunakan Seri G dengan versi G72 atau lebih baru dan CPU perangkat kalian harus lebih baru dari Exynos 9810, Exynos 990, atau Kirin 980.

Selain itu, pihak Zoom hanya menyediakan fungsi mengganti latar belakang tersebut untuk produsen smartphone seperti:

  • Google
  • OnePlus
  • Redmi
  • Samsung
  • Vivo
  • Xiaomi
  • Huawei

Apabila ada opsi latar belakang muncul di perangkat Anda, namun tampilannya kabur, maka kalian perlu meng-update aplikasi seluler Zoom kalian ke versi 5.6.6 (2076) atau lebih tinggi.

b. Zoom iOS

Kemudian untuk perangkat iOS yaitu:

  • Zoom mobile app dengan version 5.3.0 atau lebih tinggi.
  • Minimal kalian harus menggunakan iPhone 8, 8+, X, atau model yang lebih baru.
  • Untuk iPad 9.7 Inch, mereka setidaknya sudah generasi 5th dan 6th .
  • Untuk iPad 10.2 setidaknya harus generasi 7th atau lebih tinggi.
  • Jika kalian menggunakan iPad Pro, maka kalian tidak perlu khawatir lagi untuk dapat menggunakan fitur atau fungsi tersebut.
Baca Juga :  Inilah Penjelasan Pengertian Cloud Computing: Apa itu Komputasi Awan? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Manfaat, Karakteristik serta Perbedaannya dengan Web Hosting!

Apabila opsinya sudah muncul, namun tampilannya blurred (agak blur) maka kalian harus meng-upgrade versinya menjadi 5.6.6 (423) atau ke versi yang lebih baru.

2. Virtual Background Google Meet

Video Penjelasan Kenapa Fitur Latar Belakang Virtual Google Meet Tidak Ada

Pertama yaitu pada virtual background pada aplikasi Google Meet.

Adapun untuk persyaratan minimal yang harus dimiliki oleh perangkat kalian seperti yang dijelaskan oleh pihak Google sendiri adalah sebagai berikut.

a. Google Meet Android

Untuk dapat menggunakan fitur “Change Background and Effects” Google Meet pada perangkat Android, Anda harus menggunakan salah satu perangkat dengan persyaratan minimal sebagai berikut:

  • Untuk Samsung Galaxy, minimal versi S9 dan lebih tinggi.
  • Jika perangkat kalian adalah Google Pixel, itu setidaknya harus Google Pixel versi 3 dan lebih tinggi.
  • Perangkat serupa lainnya yang memiliki specs atau spesifikasi sejenis.

b. Google Meet iOS

Kemudian untuk perangkat iPhone dan iPad (iOS), persyaratan minimalnya termasuk:

  • Minimal perangkat iPhone 8 atau lebih tinggi.
  • Untuk perangkat iPad kalian setidaknya harus generasi 5th atau lebih tinggi.
  • Untuk sistem operasinya, minimal sudah iOS versi 12 ke atas.

Update: Secara umum, virtual background Google Meet untuk Android atau iOS, baik itu tab, iPad atau smartphone, mereka memiliki persyaratan minimal sebagai berikut.

  • Jumlah minimal RAM harus 3GB
  • Untuk CPU, setidaknya minimal harus memiliki sebanyak 4 CPU Core
  • Untuk kecepatan CPU, minimal sudah 1.6 GHz CPU clock speed atau lebih tinggi.
  • Untuk arsitektur CPU-nya setidaknya sudah ARM64 Architecture.

Kesimpulan

Seperti yang kalian lihat, di atas adalah penjelasan tentang Pengertian Virtual Background, Apa itu Layar, Latar Belakang Virtual dan Konferensi Video? Jenis dan Macam Aplikasi yang Support dan Kenapa itu Penting.

Menurut Kami pribadi virtual background juga membuat konferensi video Anda lebih profesional, memastikan bahwa audiens (baca pengertian audiens disini) Anda akan melihat tampilan yang terbaik.

Mengganti latar belakang dunia nyata Anda selama konferensi video dengan gambar atau video statis dan dinamis dapat menjadi opsi yang sering Anda perlukan untuk melibatkan lebih banyak peserta.

Dengan ini, kalian dapat memusatkan perhatian mereka pada informasi tertentu, menyembunyikan elemen yang tidak perlu dari lingkungan dunia nyata Anda dan menghadirkan lebih banyak kesenangan dalam percakapan online.

Apa pendapat Anda tentang penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan khususnya seperti Augmented Reality (AR) untuk konferensi video?

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Virtual Background, Apa itu Layar, Latar Belakang Virtual dan Konferensi Video? Jenis dan Macam Aplikasi yang Support dan Kenapa itu Penting.

Semoga dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi khususnya desktop dan mobile.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar