Memahami Pengertian Technopreneur (Teknopreneur): Apa itu Technopreneurship? Sejarah, Ciri dan Karakteristik, Contoh serta Cara Menjadi Teknopreneur yang Sukses!

0
Gambar Pengertian Technopreneur Apa Itu Technopreneurship Sejarah Ciri Ciri Dan Karakteristik Contoh Serta Bagaimana Cara Menjadi Teknopreneur Yang Sukses Dan Kenapa Itu Penting
Gambar Pengertian Technopreneur Apa Itu Technopreneurship Sejarah Ciri Ciri Dan Karakteristik Contoh Serta Bagaimana Cara Menjadi Teknopreneur Yang Sukses Dan Kenapa Itu Penting

Tahukah Anda, Pengertian Technopreneur, Apa itu Technopreneurship? Sejarah, Ciri dan Karakteristik, Contoh serta Cara Menjadi Teknopreneur yang Sukses dan Kenapa itu Penting? Technopreneurship bukanlah produk tetapi prosedur untuk menghasilkan inovasi manusia dengan bantuan dari teknologi. Ini semua adalah tentang membuat perbaikan dengan bantuan kemajuan teknologi untuk suatu organisasi, negara dan juga dunia. Jenis wirausaha ini telah membawa banyak manfaat dalam mengurangi biaya bisnis lain.

Berkat technopreneurship, itu memudahkan perusahaan untuk mengembangkan, mendistribusikan, menyimpan, mengolah, dan bahkan mengakses informasi dengan biaya rendah. Keuntungan besar yang tidak boleh kita abaikan adalah ruang fisik yang sampai sekarang dipenuhi ribuan kertas dan sekarang, mudah untuk menyimpannya sebagai elemen teknologi. Terkait hal tersebut, dalam postingan ini Kami akan membahas tentang pengertian technopreneur secara lebih detail dan lengkap. Oke langsung saja, mari simak ulasannya berikut!

Pengertian Technopreneur (Teknopreneur)

Berarti teknopreneur (dalam bahasa Indonesia), technopreneur adalah seorang enterpreneur yang ada (berada pada) bidang teknologi.

Berdasarkan pembentukan kata, technopreneur merupakan penggabungan dari dua kata yaitu technology (teknologi) dan enterpreneur, dimana artinya memiliki makna tentang bagaimana cara pemanfaatan teknologi yang sedang berkembang pesat untuk dijadikan sebagai peluang usaha.

Dalam generasi ini, salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat adalah teknologi.

Entrepreneur sendiri mengandung arti sesesorang, badan usaha atau perusahaan yang mengelola sebuah usaha dengan keberanian untuk mengambil resiko untuk mencapai keuntungan dan juga pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada.

Ya, seperti yang kita ketahui, teknologi di masa sekarang menjadi salah satu peluang yang ada, segala sesuatu yang ada di Bumi dapat melakukan perubahannya menjadi lebih baik berkat adanya teknologi, termasuk bisnis.

Technopreneur (teknopreneur) melihat perkembangan ini sebagai tantangan untuk dilampaui atau sebagai peluang untuk memperluas usaha mereka.

Mereka tidak bisa menghilangkan fakta bahwa mereka harus mengikuti trennya.

Apa itu Technopreneurship?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Technopreneurship Sejarah Ciri Dan Karakteristik Serta Contoh Teknopreneur
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Technopreneurship Sejarah Ciri Dan Karakteristik Serta Contoh Teknopreneur

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan technopreneurship itu? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, orang yang melaksanakan aktivitasnya disebut dengan technopreneur atau teknopreneur.

Secara umum, definisi technopreneurship adalah salah satu ekstensi utama kewirausahaan (terutama dalam bidang teknologi) berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs USLegal.

Pengertian technopreneurship adalah istilah yang diperuntukkan bagi pengusaha yang berdedikasi inovator di bidang teknologi informasi.

Sebagai contoh misalnya Steve Jobs (Apple), Mark Zuckerberg (Facebook), Bill Gates (Microsoft), Kevin Systorm (Instagram), Sergey Brin dan Larry Page (Google) adalah beberapa technopreneur dan pengusaha hebat di dunia teknologi informasi (baca pengertian teknologi informasi menurut para ahli disini).

Jadi, siapa itu teknopreneur? Mereka adalah orang yang paham teknologi, dinamis, kreatif, inovatif, bersemangat, dan tanpa berpikir panjang.

Mereka suka menghadapi tantangan dan tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat untuk memimpin kehidupan dengan sukses besar.

Mereka tidak memiliki rasa takut akan kegagalan dan mereka percaya kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan.

Baca Juga :  8+ Istilah dalam Graphic Design yang Harus Anda Ketahui

Sejarah Technopreneurship

Dalam membahas mengenai pengertian dan arti technopreneur serta apa itu technopreneurship, agar lebih memahaminya, maka kita juga harus mengetahui seperti apa sejarah awal istilahnya.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas sebelumnya, technopreneurship dapat didefinisikan sebagai aksi untuk mengubah sesuatu menjadi sumber daya nilai tinggi dengan mengonversi ide yang baik ke ventilasi bisnis yang mengandalkan secara berat (heavily) pada aplikasi pengetahuan manusia untuk tujuan praktis.

Terkait sejarah awalnya sendiri, adapun istilah technopreneurship ini diciptakan dari kata technology dan enterpreneur atau “teknologi” dan “kewirausahaan”.

Ya, ini pertama kali digunakan pada tahun 1987, pada saat itu, penggunaan kata technopreneurship mendapatkan popularitas yang terbilang besar karena penggunaan internet (baca pengertian internet menurut para ahli disini) yang luas selama milenium kedua hingga sekarang ini di tahun 2020.

Ada berbagai definisi dan pengertian kata technopreneurship, tergantung pada individu yang memberi makna padanya.

Mulai dari definisi yang paling teknis hingga yang paling sentimental dan bahkan yang paling aneh dari istilah ini, Anda menggunakan semuanya terkait bidang yang Anda jalankan.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Technopreneur (Teknopreneur)

Setelah kita mengetahui apa itu technopreneur atau teknopreneur dan technopreneurship serta sejarahnya, maka adalah merupakan hal yang pentng juga bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri dan karakteristik mereka bukan?

Ya! Berdasarkan pengertian technopreneur di atas, teknoprenuer adalah pengelolaan usaha dengan menggunakan basis teknologi.

Oke, Kami akan menjelaskan ciri dan karakteristiknya seperti ini, jika yang sedang Anda bayangkan adalah perusahaan besar seperti perusahaan pengelola Apple, Twitter, Google, perusahaan pembuat smartphone, dan lain sebagainya.

Hal tersebut adalah benar! Akan tetapi tidak selamanya seorang technopreneur itu adalah merupakan usaha dengan jenis yang disebutkan di atas.

Melainkan, semua jenis usaha yang mana sebelumnya hanya dikembangkan dalam dan menggunakan cara tradisional yang beralih pada usaha yang menggabungkannya dengan teknologi.

Sebagai contoh misalnya seperti perusahaan meubel yang beralih atau meningkatkan pengelolaan usahanya dengan menggunakan mesin yang lebih canggih, dimana setiap dari alatnya memiliki teknologi yang unik.

Dan juga, bagi mereka yang sebelumnya memasarkan dengan menggunakan cara yang tradisional misalnya Door to Door (pintu ke pintu) atau Mouth to Mouth (mulut ke mulut) beralih dengan menggunakan sistem online dan digital marketing (baca pengertian digital marketing disini) yang pada dasarnya menggunakan teknologi.

Mulai dari komputer dan jaringan internet, serta menciptakan sebuah inovasi baru dengan menggunakan teknologi yang terbaru dan lain sebagainya.

Sehingga dapat kita katakan bahwa semua orang bisa menjadi technopreneur karena tidak sesulit yang terliat dari namanya itu sendiri.

Itu semua terutama karena tergantung dari bagaimana keinginan masing-masing untuk belajar dan kemudian mengembangkan kemampuan diri terutama.

Betul, dalam hal ini (teknologi) yang selanjutnya digabungkan dengan peluang usaha yang sudah ada untuk menjadikan usaha tersebut menjadi sesuatu lebih baik daripada sebelumnya.

Contoh Technopreneur (Teknopreneur) dan Technopreneurship

Ilustrasi Gambar Contoh Technopreneur Dan Technopreneurship Serta Bagaimana Cara Menjadi Seorang Teknopreneur Yang Sukses
Ilustrasi Gambar Contoh Technopreneur Dan Technopreneurship Serta Bagaimana Cara Menjadi Seorang Teknopreneur Yang Sukses

Kemudian, dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan tentang contoh technopreneur atau teknopreneur dan technopreneurship.

Ya, media massa dan internet adalah faktor penyumbang utama untuk popularitas technopreneurship

.

Situs web di sana-sini, model ponsel, laptop, dan tablet PC baru di mana-mana, terbukti di setiap tempat Anda pergi, di setiap situs web yang Anda kunjungi, dan di setiap saluran yang Anda tonton.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Personal Computer (PC): Apa itu Komputer Pribadi? Sejarah, Fungsi dan Jenis-Jenisnya!

Kami pribadi tidak dapat menyangkal fakta bahwa bidang ini terbilang sangat mengasyikkan terutama di seluruh komunitas bisnis.

Banyak industri populer saat ini mengubah strategi mereka hanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sifat manusia untuk mencari inovasi dan perkembangan menambah tekanan untuk mengubah apa yang tradisional.

Technopreneurship sekarang menjadi tren bisnis yang menyesuaikan adalah bisnis yang bertahan.

Beberapa orang mungkin hanya menggambarkan kata itu dengan hanya menyebutkan nama-nama orang terkenal seperti Steve Jobs dari Apple Inc., Sergey Brin dan Larry Page dari Google, Bill Gates dari Microsoft, Mark Zuckerberg dari Facebook dan para technopreneur (teknopreneur) terkenal lainnya di luar sana.

Terkadang, hanya dengan menyebutkan nama mereka, orang akan lebih memahami konsep dan makna teknopreneur.

Dalam meningkatkannya, salah satu caranya adalah menghadiri acara yang mengasah technopreneurship, seperti yang diadakan beberapa startup, webinar dan lain sebagainya.

Jadi, apakah Anda tahu siapa teknopreneur itu? Berikut adalah beberapa contoh technopreneur dan teknopreneurship yang harus kalian ketahui.

a. Elon Musk

Contoh technopreneur dan pelaku tindakan technopreneurship yang pertama adalah Elon Musk.

Dia adalah seorang miliader dan dianggap sebagai Tech Geeks (orang yang berdedikasi dengan teknologi), dan adalah CEO dari SpaceX, PayPal, dan Tesla.

Elon Musk dikenal sebagai seorang yang terbilang pengganggu dan dia telah membuang kesalahpahaman bahwa satu-satunya cara terbaik untuk memotong biaya bisnis adalah dengan melakukan outsourcing.

Elon Musk selalu membidik kelompok technopreneur yang suka mengambil risiko.

b. Bill Gates dan Steve Jobs

Contoh technopreneur atau teknopreneur terkenal lainnya adalah seperti Bill Gates yang merupakan pendiri dan pemilik perusahaan pemenang penghargaan sepanjang masa, Microsoft dan almarhum Steve Jobs.

Ya, film yang telah dibuat tentang Steve Jobs bernama “Pirates of Silicon Valley”, itulah memberinya gelar technopreneur yang hebat.

Film biografi tentang orang itu menampilkan gambar nyata dari dunia teknologi yang kita miliki saat ini.

Ini melibatkan semua tindakan kreatif yang terlibat dalam membangun kerajaan perusahaan global, Steve Jobs Apple Computer Corporation.

Sangat menarik untuk mendapatkan teknopreneur hebat pada saat yang sama.

Kedua perusahaan ini saling bersaing di masa lalu dalam berbagai macam program.

Pertempuran teknologi komputer dan perangkat lunak ini terbilang menarik untuk ditonton.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Technopreneur atau Teknopreneur yang Sukses?

Seperti apa cara untuk menjadi seorang technopreneurship (teknopreneur) yang sukes? Ya, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini dan bertanya tentang bagaimana caranya, maka kalian berada di tempat yang tepat!

Mengapa? Pastinya karena Kami akan menjelaskan caranya disini!

Istilah “technopreneurship” menjadi hal yang sangat umum hari ini (terutama semenjak pandemi virus corona ini).

Idealnya, kata itu adalah kombinasi kewirausahaan dengan kemajuan teknologi.

Ini dipublikasikan sebagai hal besar berikutnya dalam ekosistem startup.

Untuk menjadi technopreneur (teknopreneur) yang sukses, Anda harus tetap siap menjelajahi area yang belum dipetakan.

Ini tidak terkait dengan mengeksplorasi ide-ide baru tetapi tentang mengambil risiko untuk mencari tahu sesuatu yang baru.

Baca Juga :  Memahami Pengertian VPN: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Ide itu mungkin kedengarannya tidak baik pada awalnya tetapi itu dapat bekerja dengan cemerlang saat kalian mengeksekusi.

Jadi, dengan bereksperimen, maka itu adalah satu-satunya cara untuk mengetahuinya.

Berikut adalah beberapa langkah tentang cara menjadi technopreneur yang dapat kalian lakukan untuk memulainya:

  1. Mulailah dengan membangun tim Anda.
  2. Tingkatkanlah selalu keterampilan memecahkan masalah atau yang lebih dikenal dengan istilah troubleshooting (baca pengertian troubleshooting disini).
  3. Buat dan ambil keputusan tentang strategi dan efektifitas yang ada.

Kenapa Technopreneurship Penting?

Lalu, apa pentingnya technopreneurship ini? Tentu saja, tak perlu dikatakan lagi, technopreneurship telah memainkan peran yang berpengaruh dalam penggunaan teknologi untuk memenuhi berbagai keperluan.

Pertama, membuat orang mudah untuk tetap berhubungan satu sama lain dan menghasilkan beberapa produk yang tidak terduga serta solusi yang bermanfaat bagi bangsa.

Selain itu, technopreneur juga memberikan beberapa manfaat lain bagi masyarakat dan bangsa yang berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan manusia.

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Technopreneur, Apa itu Technopreneurship? Sejarah, Ciri dan Karakteristik, Contoh dan serta Menjadi Teknopreneur yang Sukses dan Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa teknopreneur atau technopreneur adalah pengusaha zaman baru yang memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan sesuatu yang baru untuk membuat beberapa inovasi. Setelah berhasil, dia mengeksploitasi prestasinya di pasar untuk menghasilkan uang. Seorang teknopreneur menjalankan bisnis secara berbeda dari pengusaha lainnya.

Technopreneurship adalah tindakan aksi dari seorang entrepreneur yang mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan teknologi yang ada sebagai dasar pengembangan usaha yang dia jalankan atau bisa di bilang entrepreneur modern yang berbasis pada teknologi dalam menjalankan usahanya. Bisnis seorang technopreneur biasanya memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi dan leverage pengetahuan dan kekayaan intelektual yang tinggi.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Technopreneur, Apa itu Technopreneurship? Sejarah, Ciri dan Karakteristik, Contoh dan serta Menjadi Teknopreneur yang Sukses dan Kenapa itu Penting. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui istilah-istilah teknologi di dunia IT yang harus diketahui dalam dunia bisnis.

Jangan lupa bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan kerja Anda semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar