Begini Cara untuk Mengetahui Tanggal Akun Email Google (Gmail) Dibuat!

0
Gambar Tampilan Aplikasi Google Email
Gambar Tampilan Aplikasi Google Email

Bagaimana Cara Mengetahui Tanggal Akun Email Google Dibuat Pertama Kali? Jika Akun Google Anda pernah diretas atau jika Anda tidak dapat masuk ke akun Gmail Anda karena Anda tidak lagi memiliki akses ke nomor ponsel Anda atau alamat email alternatif, Google akan meminta Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan keamanan sebelum mengembalikan akun Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini antara lain sebagai berikut:

  • Apa kata sandi terakhir yang Anda gunakan untuk masuk ke Akun Google Anda?
  • Kapan terakhir kali Anda bisa masuk ke Akun Google Anda?
  • Kapan Anda membuat Akun Google Anda (Google Creation Date)?

Semua pertanyaan ini adalah pertanyaan yang diperlukan dan jika Anda tidak yakin tentang tanggal pastinya, Google mengatakan bahwa Anda dapat memberikan “Perkiraan Terbaik” Anda. Oleh karena itu disarankan agar Anda Membuat Catatan Tanggal Pembuatan Akun Google Anda di tempat yang aman, tetapi dari mana Anda mendapatkan informasi ini? Berikut akan Kami beri ulasannya secara singkat, padat dan jelas untuk Mengetahui Tanggal Akun Email Google Dibuat Pertama Kali.

Kapan Saya Membuat Akun Google (Gmail) Pertama Saya?

Google mengumpulkan banyak informasi tentang penggunanya dan aktivitas mereka secara online. Sebagian besar orang yang memiliki akun Google memahami bahwa perusahaan mengumpulkan informasi, tetapi kebanyakan dari kita akan kagum mengetahui seberapa luas informasi itu.

Tidak seperti beberapa perusahaan yang agak menipu tentang praktik pengumpulan informasi mereka, Google setidaknya biasanya berterus terang tentang kegiatan mereka, sesuai dengan moto perusahaan sebelumnya “Jangan Menjadi Jahat”. Apakah mereka berhasil dalam misi itu adalah masalah pendapat saja, tetapi pengguna individu memiliki kemampuan untuk melihat banyak hal yang dikumpulkan Google tentang mereka dan bahkan pilihan untuk menyingkirkan setidaknya sebagian darinya.

Mengapa Anda perlu dan harus tahu Kapan Akun Google Anda Dibuat? Ya, untuk suatu hal, jika Anda pernah terkunci dari Akun Google Anda, tanggal yang Anda buat itu adalah salah satu pertanyaan pemulihan yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan kembali akses ke akun. Oleh karena itu, ada baiknya mencari tahu dan menyebarkan informasi itu ke suatu tempat (mungkin tidak di salah satu alat akun Google Anda). Di bawah ini, Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Cara mengetahui kapan Akun Email Google Dibuat Pertama Kali dari banyak hal yang dikumpulkan Google tentang Anda, termasuk tanggal pembuatan Akun Google Anda yang sudah Kami rangkum Efektifitasnya!

Baca Juga :  Berikut Ini 10 Tips Mendesain Aplikasi Mobile (Seluler) Pertama Anda yang Baik dan Benar!

Video Cara Mengetahui Tanggal Pembuatan Akun Google E-Mail atau GMail Kita Pertama Kali Dibuat

Di bawah ini adalah video tutorial lengkap Kami untuk Cara Mengetahuinya. Jika kalian tidak suka melihat video, kalian dapat langsung mempraktekkan langkah-langkahnya yang sudah Kami jelaskan dalam postingan ini.

Cara Melihat Kapan Akun Google Kita Pertama Kali Dibuat

Cara Mengetahui Tanggal Akun E-Mail (Gmail) Google Anda Dibuat Pertama Kali atau Google Account Creation Date

Gambar Ikon Google Email Dan Bagaimana Cara Mengetahui Tanggal Akun Email Google Dibuat (Creation Date)
Gambar Ikon Google Email Dan Bagaimana Cara Mengetahui Tanggal Akun Email Google Dibuat (Creation Date)

1. Mengecek Email Pertama dari Google Team

Gambar Cara Melihat Dan Menemukan Tanggal Akun Email Google Dibuat (Creation Date)
Gambar Cara Melihat Dan Menemukan Tanggal Akun Email Google Dibuat (Creation Date)

Cara ini merupakan cara Logis dan paling mudah untuk dilakukan. Cara Termudah untuk Mengetahui Kapan Akun Google Anda Dibuat (Google Creation Date) yang pertama ini adalah dengan membuka kembali E-Mail yang pertama kali dikirimkan oleh Google. Cara tercepatnya dapat Anda lakukan seperti Gambar di atas. Adapun langkah-langkahnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Masuk ke Akun E-Mail Google atau Gmail Anda
  • Pada bagian atas kanan, Klik Nomor Halaman E-Mail, lalu pilih Terlama atau Oldest
  • Kemudian, Cari E-Mail Pertama dari Google. Biasanya pesannya berisi selamat datang di Akun Google Baru Anda

Dalam Contoh seperti Gambar Kami di atas, E-Mail pembuatan pertama kalinya adalah 24/02/12

Catatan: Cara mengetahui kapan Akun Email Google (Gmail) dibuat yang pertama ini akan dapat digunakan dengan cepat dan mudah, kecuali Anda pernah menghapus semua pesan dari Google, terutama Pesan Selamat Datang dari Google Team.

2. Mengecek Pengaturan POP/IMAP Forwarding

Menemukan Tanggal Akun Email Google Anda Dibuat Pertama Kali Dengan Cek POP IMAP
Menemukan Tanggal Akun Email Google Anda Dibuat Pertama Kali Dengan Cek POP IMAP

Sebagian besar pengguna membuat Akun Google agar bisa menggunakan fasilitas Email google dari dalam Gmail itulah Anda dapat mengetahuinya. Cara untuk Mengetahui Kapan Akun Google Anda Dibuat Pertama Kali (Google Creation Date) yang ke-2 (Dua) adalah dengan mengecek Pengaturan POP/IMAP Forwarding. Adapun langkah-langkah untuk Mengecek Pengaturan POP/IMAP Forwarding adalah sebagai berikut:

  • Buka Gmail dan pilih Setting (ikon roda gigi) untuk mengakses Pengaturan Gmail.
  • Pilih Penerusan dan POP/IMAP atau Forwarding and POP/IMAP.
  • Lihatlah bagian Download POP dan baris pertama, Status: Pop diaktifkan untuk semua E-Mail yang telah tiba sejak … (Bagian yang ada tanda merahnya)
  • Tanggal pada baris itu (Bertanda Merah) adalah tanggal Anda membuat Akun Google Anda

Catatan: Cara yang pertama ini hanya akan berfungsi dan berlaku jika Anda meng-Enable dan mengaktifkan POP/IMAP setelah hari pertama Anda membuat Akun E-Mail Google Anda (mengaktifkannya pada bagian Settings). Jika tidak bisa, Anda bisa mencoba menggunakan langkah selanjutnya.

3. Melalui Google API

Cara yang selanjutnya yang dapat Kami bagikan dalam pembahasan Cara untuk Mengetahui Kapan Akun Google Anda Dibuat (Google Creation Date) adalah dengan Melalui Google API. Perlu Anda ketahui, cara yang mungkin menjadi pilihan terakhir ini adalah cara yang paling rumit namun sangat Ampuh dan terbukti (Work) dapat melihat Tanggal pembuatan Akun Google (Creation Date) Anda. Cara ini mungkin akan terlihat familiar, jika Anda pernah menggunakan Application Programming Interface (API) dari Google. Simak caranya di bawah ini:

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working di Windows 10, 8 dan 7 untuk Semua Versinya!

a. Buka Link Google API

Gambar Tampilan Halaman Google Drive API V2
Gambar Tampilan Halaman Google Drive API V2

Pertama-tama, buka Akun Goggle API Anda, kemudian buka Drive API V2. Jika Anda belum pernah menggunakan API Google, Anda dapat langsung men-Download dan Membuka Langsung Link Google API di bawah ini untuk mengambil dan melihat Data pembuatan Akun Google (Creation Date) Anda.

b. Mengisi Data Google Drive API V2

Mengisi Data Google Drive API V2 Untuk Mengetahui Tanggal Akun Email Google Dibuat
Mengisi Data Google Drive API V2 Untuk Mengetahui Tanggal Akun Email Google Dibuat

Setelah Anda membuka Link di atas dan Anda sudah menuju tampilan Google Drive API V2, Isikan padi Bagian Kanan, yaitu pada bagian Try This API dan pastikan tampilannya seperti di atas, dan isikan pada kolom dan Field File ld dengan:

root

Biarkan Field yang lainnya Kosong. Centang ke-2 (Dua) bagian Google OAuth 2.0 dan API Key seperti Gambar Kami di atas, kemudian lanjutkan dan memilih Execute

Anda akan diminta untuk Login jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan Google API.

Masuk Menggunakan Akun Anda
Masuk Menggunakan Akun Anda

c. Tanggal Akun Google (Creation Date) Dibuat Pertama Kali akan Tampil

Tanggal Kapan Akun Google Anda Dibuat Pertama Kali Dapat Anda Lihat Pada Bagian Created Date
Tanggal Kapan Akun Google Anda Dibuat Pertama Kali Dapat Anda Lihat Pada Bagian Created Date

Setelah Anda melakukan semua langkah sebelumnya, geser dan Scroll sedikit ke bagian bawah pada bagian. Seperti yang kalian lihat pada Gambar di atas, Anda akan menemukan tanggal Akun Google Pertama Kali dibuat (Creation Date), pada bagian CreatedDate, dalam contoh ini Kami menggunakan Akun Google yang dibuat pada tanggal:

Created Date: 2019-02-01 (Tahun-Bulan-Hari)

Selesai, sekarang Anda dapat mengetahui tanggal Akun Email (Gmail) Google Anda dibuat.

Catatan: Ini adalah perubahan User Interface dalam Google API yang sudah Kami Update. Poin penting dari Kami yaitu adalah Klik, Download dan Buka Link di atas, kemudian akan muncul tampilan Google API, isi pada Bagian Kanan, masukkan pada Kolom atau FieldFileId“, kemudian masukkan String “Root” dan pilih “Execute“.

4. Melalui dan Menggunakan Google Takeout

Cara yang ke-4 (Empat) ini adalah cara tambahan yang bisa Anda lakukan untuk melihat Tanggal Akun Email Google Anda Pertama Kali Dibuat, yaitu dengan membuka Google Takeout dan pilih untuk mengekspor Data Anda. Anda akan diminta masuk untuk mengonfirmasi ekspor.

Catatan: Cara yang ke-4 (Empat) Kami disini, adalah cara untuk mengetahui Kapan Anda Pertama Kali menghubungkan Akun Google (Gmail) Anda ke Device (Android atau iPhone dan lainnya) Anda.

a. Masuk ke Google Takeout

Mulai dengan masuk terlebih dahulu ke Halaman Google Takeout dengan meng-klik tombol Kami di bawah ini.

b. Pilih dan Centang Data Anda

Tampilan Awal Pertama Google Takeout
Tampilan Awal Pertama Google Takeout

Setelah masuk, selanjutnya Anda akan tampilan seperti ini untuk memilih Data Mana yang akan Anda ambil dari Akun Google Anda.

Baca Juga :  Begini Cara Menghafal Pasal-Pasal UUD 1945 dengan Cepat dan Mudah, Semuanya!

Lanjutkan dengan Pilih dan Centang hanya pada bagian Android Device Configuration Service saja. Lanjutkan dengan memilih Next Step.

c. Pilih Create Archive

Lanjutkan Dan Kemudian Pilih Create Archive
Lanjutkan Dan Kemudian Pilih Create Archive

Tunggu hingga prosesnya selesai, maka akan muncul pada bagian atas seperti Gambar Kami di bawah ini. Kemudian Pilih dan Tekan Download untuk menyimpan Archive atau Arsip Data Google Takeout Anda.

Download Archive Atau Arsip Google Takeout Anda
Download Archive Atau Arsip Google Takeout Anda

d. Buka File Google Takeout Anda

Setelah Anda men-Downloadnya, lanjutkan dengan membuka File Google Takeout. Buka Folder Android Device Configuration Service seperti Gambar Kami di bawah ini.

Buka Hasil Download Anda Dan Buka Folder Android Device Configuration Service
Buka Hasil Download Anda Dan Buka Folder Android Device Configuration Service

Kemudian Buka File yang paling atas dalam Folder tersebut.

Buka File Yang Paling Atas
Buka File Yang Paling Atas

Buka dengan menggunakan Browser Anda. Dalam Tutorial kali ini, Kami menggunakan Browser Google Chrome untuk membukanya.

e. Data Penggunaan Pertama Kali Akun Google Anda akan Tampil

Data Tanggal Penggunaan Pertama Akun Dapat Anda Lihat Pada Bagian Recent Successful Android Device Configuration Service Connections
Data Tanggal Penggunaan Pertama Akun Dapat Anda Lihat Pada Bagian Recent Successful Android Device Configuration Service Connections

Selesai, Anda dapat melihat Data dan Tanggal Penggunaan Akun Google Pertama Kali di Device Anda pada bagian Recent Successful Android Device Configuration Service Connections seperti Gambar Kami di atas.

Kesimpulan

Di atas, adalah Tangkuman Kami dari berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk Mengetahui Tanggal Akun Email Google Pertama Kali Dibuat yang dapat Anda coba sekarang juga! Kesimpulan Kami, Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Cara Nomor 3 (Tiga), dimana dengan cara tersebut Kami sudah Berhasil untuk Mengetahui Kapan Tanggal Pembuatan E-Mail (Gmail) Akun Google Kami.

Jika Anda tidak bisa masuk ke Akun Anda, maka satu-satunya Alternatif Anda adalah mencoba menggunakan Langkah Kami di atas pada Akun Google Anda yang lainnya sebagai acuan perkiraan Akun Anda dibuat dengan melihat Tanggal Pembuatan Akun Anda yang lainnya.

Penutup

Itulah cara yang dapat Kami bagikan pada tulisan kali ini tentang Cara Mengetahui Tanggal Akun Email Google Dibuat. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin Mengetahui mengetahuinya untuk jaga-jaga jika suatu saat terjadi masalah pada akun Google Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar