3+ Cara WA tanpa Save Nomor Kontak HP atau Smartphone Pengguna!

0
Gambar Bagaimana Tips Dan Trik Cara Mengirim Pesan WhatsApp WA Tanpa Harus Save Atau Simpan Nomor Kontak HP Atau Smartphone
Gambar Bagaimana Tips Dan Trik Cara Mengirim Pesan WhatsApp WA Tanpa Harus Save Atau Simpan Nomor Kontak HP Atau Smartphone

Bagaimana Cara Mengirim Pesan WhatsApp (WA) tanpa Harus Save atau Simpan Nomor Kontak HP atau Smartphone?

Seperti yang sudah kita ketahui, aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia dan meskipun sangat mudah digunakan, ada satu gangguan yang seringkali membuat Kami frustrasi.

Yup! Gangguan tersebut yaitu cara mengirim pesan tanpa menyimpan nomor di WhatsApp, atau cara mengirim pesan WhatsApp tanpa menambahkan kontak.

Memang, meski terdengar sederhana, tidak ada solusi resmi untuk mengirim pesan WhatsApp ke nomor yang belum disimpan.

Khusus kalian yang lebih suka menggunakan WhatsApp via PC, kalian dapat men-download WA PC (desktop) disini.

Oke, perlu kalian ketahui bahwa ini adalah fitur penting karena banyak pengaturan privasi WhatsApp dibatasi untuk “Kontak Saya” dan sebagai contoh misalnya Anda mungkin tidak ingin setiap orang acak yang disimpan di buku telepon Anda dapat melihat gambar profil Anda.

Itulah sebabnya dalam postingan kali ini Kami akan membahas dan mengulas secara detail dan lengkap tentang bagaimana Anda cara mengirim pesan WhatsApp tanpa menambahkan kontak atau save (simpan) nomor pengguna.

Berikut ini ulasannya!

3+ Cara Mengirim Pesan WhatsApp atau WA tanpa Save (Simpan) Nomor Kontak HP atau Smartphone Pengguna

Tips Dan Trik Kirim Pesan WA Dengan Link WA Me Dengan Siri Dan Dengan Pilihan Teks
Tips Dan Trik Kirim Pesan WA Dengan Link WA Me Dengan Siri Dan Dengan Pilihan Teks

Benar! Ada beberapa aplikasi pihak ke-3 (tiga) yang terdapat di luar sana, dimana mereka yang memungkinkan Anda mengirim pesan di WhatsApp (WA) tanpa save atau menyimpan menambahkan kontak, tetapi menggunakan aplikasi ini menurut Kami pribadi adalah sangat tidak disarankan.

Mengapa? Tentu saja banyak faktornya, salah satunya yaitu karena dapat membahayakan keamanan Anda, dan bahkan mungkin membuat akun WhatsApp Anda diblokir!

Oleh karena itu, selalu lebih baik untuk menjauh dari aplikasi semacam itu dan tidak membahayakan keamanan HP, ponsel cerdas atau smartphone (baca pengertian smartpone disini) Anda.

Oke baiklah, berikut ini adalah berbagai macam jenis cara mengirim pesan WhatsApp tanpa menambahkan kontak HP atau smartphone pengguna yang harus kalian ketahui.

1. Menggunakan URL atau Link WA.Me

Cara mengirim pesan ke nomor yang belum disimpan tanpa save, simpan menambahkan nomor kontak HP metode pertama yang akan Kami sarankan disini yaitu dengan menggunakan URL atau link WA.Me.

Langkah ini tentunya juga berfungsi untuk Android dan iOS.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti beberapa langkah sederhana di browser apa pun dan Anda siap melakukannya.

Baca Juga :  Hari Password Dunia: Apa itu? Ini Sejarah dan Bagaimana Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat!

Dengan begitu, Anda dapat mengirim pesan WhatsApp ke nomor yang belum disimpan tanpa menambahkan kontak.


Yup! Aplikasi WhatsApp (WA) memiliki cara resmi bagi pengguna untuk menghubungi nomor apa pun yang tidak tersimpan di ponsel Anda.

Semua pengguna dapat memulai obrolan dengan nomor apa pun melalui URL atau link dengan format sebagai berikut:

https://wa.me/nomorhpataukontak

Untuk menggunakannya, kalian perlu mengganti bagian terakhir dengan nomor lengkap pengguna WA yang dituju, dimana hasilnya nanti kalian akan langsung diarahkan seperti tampilan berikut.

Gambar Screenshoot Atau Tampilan Setelah Kita Klik URL Atau Link WhatsApp WA Me
Gambar Screenshoot Atau Tampilan Setelah Kita Klik URL Atau Link WhatsApp WA Me

Ingat! Kalian juga harus menambahkan kode negara dan wilayah dari nomor kontak, namun tanpa tanda ‘+’.

Berikut ini cara manual untuk menggunakan dan membuat link WA.Me:

  1. Pertama, mulailah dengan membuka browser ponsel Anda.
  2. Lalu, salin dan menempelkan tautan ini https://wa.me/nomorhpataukontak, atau link ini https://api.whatsapp.com/send?phone=nomorhpataukontakdi bilah alamat bagian atas.
  3. Pada bagian “nomorhpataukontak”, Anda harus memasukkan nomor telepon beserta kode negara, jadi jika nomor yang ingin Anda kirimi pesan adalah +6281233445566 maka tautannya menjadi https://wa.me/6281233445566. Di sini, 2 (dua) digit pertamanya yaitu (62), dimana ini merupakan kode negara Indonesia yang diikuti dengan nomor ponsel orang atau pengguna tersebut.
  4. Setelah Anda mengetik tautan, ketuk “Enter” atau “cari” untuk membuka tautan tersebut.
  5. Selanjutnya, Anda akan melihat halaman web WhatsApp dengan nomor telepon penerima dan tombol pesan berwarna hijau seperti gambar di atas, lanjutkan dengan klik atau ketuk tombol pesan hijau dan Anda pun akan diarahkan ke WhatsApp.
  6. Selesai, sekarang Anda sekarang dapat WhatsApp orang tanpa menambahkan kontak.

Bagaimana cukup mudah bukan?

Bingung? Tenang, jika beberapa dari kalian yang masih awam mengenai hal ini, kalian dapat menggunakan tools (alat) online yang sudah Kami sediakan untuk membuat URL atau link WA.Me secara otomatis.

Langsung saja, klik tombol di bawah ini untuk menggunakannya!

2. Menggunakan Shortcut atau Pintasan Siri

Khusus untuk Anda para pengguna iOS, khususnya iPhone, ada metode yang lebih mudah untuk WA tanpa save (simpan) nomor kontak HP, yaitu dengan menggunakan shortcup atau pintasan Siri.

Siri merupakan aplikasi buatan Apple yang berfungsi pada perangkat yang menjalankan iOS 12 atau versi yang lebih baru.

Silahkan kalian ikuti cara dan langkah-langkah di bawah ini untuk mengirim pesan WhatsApp (WA) ke nomor yang belum di-save atau disimpan tanpa menambahkan kontak melalui shortcut atau pintasan Siri:

  1. Mulai dengan membuka aplikasi, silahkan kalian download dan install aplikasi Siri Shortcut disini jika masih belum, ketuk tab galeri yang ada di kanan bawah, lalu tambahkan pintasan apa pun yang Anda suka, dan jalankan sekali. Ingat, Anda hanya perlu mengikuti langkah ini jika Anda belum pernah menggunakan aplikasi Siri Shortcut sebelumnya.
  2. Selanjutnya, buka Pengaturan>Shortcut>Allow Untrusted Shortcuts untuk mengaktifkan izin pintasan tidak tepercaya, dimana ini nantinya akan memungkinkan Anda untuk menjalankan pintasan Siri dari siapa pun, jadi pastikan untuk mengunduh pintasan yang dibuat oleh orang yang Anda percayai dan bahkan jika Anda mengunduh pintasan acak, periksa langkah-langkah yang terlibat untuk memastikannya melakukan apa yang Anda harapkan.
  3. Setelah selesai, buka link atau tautan ini di iPhone Anda dan klik tombol “Get Shortcut” untuk mengunduhnya.
  4. Sekarang Anda akan diarahkan ke aplikasi pintasan. Ketuk tambahkan “Add Untrusted Shortcut“.
  5. Setelah ini, Anda dapat membuka aplikasi pintasan dan mencari pintasan WhatsApp ke non-kontak di tab “My Shortcuts“. Anda dapat menjalankannya dari sini atau mengetuk ikon 3 (tiga) titik di bagian atas pintasan, lalu ketuk “Add to Home Screen” untuk membuat pintasan peluncuran cepat di layar beranda.
  6. Setelah Anda menjalankannya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor penerima. Masukkan bersama dengan kode negara dan Anda akan diarahkan ke WhatsApp dengan jendela pesan baru terbuka.
Baca Juga :  Begini Cara Memaksa Jaringan agar 4G/5G Selalu!

Yup! Dengan kemudahan penggunaan dan sifat aplikasi yang lugas, tidak diragukan lagi WhatsApp telah menjadi sangat populer di banyak negara di seluruh dunia.

Namun, hal-hal sederhana seperti mengirim pesan ke seseorang tanpa menyimpan kontak mereka masih memerlukan solusi, dan Kami kadang-kadang sering bertanya-tanya apakah ini akan ditambahkan sebagai fitur aplikasinya.

Well, sampai saat itu, artikel ini ada untuk Anda, oke, lanjut ke cara selanjutnya.

3. Menggunakan Text selection dan App Actions

Cara WA tanpa save nomor kontak ke-3 (tiga) yang akan Kami jelaskan disini yaitu dengan menggunakan text selection dan app actions.

Metode ini mungkin merupakan trik yang kurang dikenal orang-orang tetapi perlu kalian ketahui bahwa ini adalah salah satu cara yang termudah, tercepat, dan terintegrasi terbaik.

Ingat, setiap kali Anda memiliki nomor telepon di aplikasi apa pun, Anda cukup memilih teks yang sesuai, dan memeriksa tindakan yang disarankan.

Beberapa dari mereka yaitu selalu Panggil, Potong, Salin, Tempel, tetapi jika Anda mengetuk tombol tiga titik pada sisinya, Anda mungkin melihat lebih banyak opsi termasuk mengirim pesan WhatsApp.

Yup! Cukup pilih itu dan chatting (baca pengertian chatting disini), perpesanan atau obrolan Anda pun akan dimulai.

Untuk mencobanya, Anda dapat dengan mudah mengetikkan +nomor telepon (termasuk + dan kode negara di awal) di widget pencarian Google di layar beranda Anda, lalu ketuk untuk memilihnya, kemudian kalian ketuk saja tombol tiga titik yang ada.

Yup! Biasanya opsi untuk mengirim pesan WhatsApp akan muncul jika Anda memiliki perangkat yang kompatibel.

Dalam pengujian Kami pribadi, ini berfungsi pada Android 9 Pie dan 10, tetapi hanya pada perangkat stok (Piksel dan Android One).

Baca Juga :  Inilah 5 Tips Cara Menulis dan Membuat Bio IG (Instagram) untuk Bisnis yang Baik dan Benar!

Berdasarkan pengujian lainnya, ponsel Huawei, Samsung, dan OnePlus juga dapat melakukannya, namun ini tidak ada sama sekali pada WhatsApp.

Kesimpulan

Di atas, adalah kumpulan dari tips dan trik Cara Mengirim Pesan WhatsApp (WA) tanpa Harus Save atau Simpan Nomor Kontak HP atau Smartphone.

Menurut Kami pribadi, adapun cara tercepat yang dapat kalian lakukan adalah dengan langkah 1 (satu) yaitu dengan meng-generate atau menggunakan pembuat URL, link WhatsApp atau WA.Me ototomatis.

Adapun untuk cara lainnya (meskipun tidak begitu Kami sarankan), terlebih jika, pengguna mendapat bahwa langkah-langkah yang disebutkan di atas membingungkan, kalian juga dapat mengambil bantuan aplikasi untuk mempercepatnya.

Di antara aplikasi yang memiliki fitur dan fungsi tersebut, yaitu seperti aplikasi Click to Chat, selain mereka juga terbilang sangat ringan, yaitu hanya 113 Kb saja.

Iklan? Jangan khawatir, aplikasinya juga tidak mengandung iklan apa pun dan tidak memerlukan izin apa pun untuk diberikan.

Silahkan kalian klik tombol di bawah ini untuk men-download dan menginstallnya di perangkat Android kalian.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Cara Mengirim Pesan WhatsApp (WA) tanpa Harus Save atau Simpan Nomor Kontak HP atau Smartphone.

Semoga tips dan trik WA.Me kali ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan teknologi kita semua terutama untuk diterapkan dalam praktik bisnis dan umum.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar