Inilah Pengertian E-Government: Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangannya!

0
Gambar Pengertian E Government Apa Itu Electronics Government Tujuan Fungsi Jenis Manfaat Serta Kelebihan Dan Kekurangannya
Gambar Pengertian E Government Apa Itu Electronics Government Tujuan Fungsi Jenis Manfaat Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Tahukah Kalian Pengertian E-Government, Apa itu Electronics Government (eGovernment)? Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat serta Kelebihan dan kekurangannya? Ya! Seperti yang kita ketahui, masuknya ledakan Teknologi ke dalam setiap aspek kehidupan telah mengubah cara bagaimana orang hidup, cara mereka bekerja, cara perusahaan berbisnis dan bagaimana Pemerintah melayani rakyat mereka. Dengan bantuan vendor TI besar, pemerintah menyadari bahwa dengan menerapkan prinsip dan Teknologi yang sama yang mendorong Revolusi bisnis, mereka dapat mencapai transformasi serupa.

Seperti penjelasan di atas, mereka pun telah mengakui perlunya mengubah cara mereka melakukan bisnis, untuk menyediakan layanan dan Informasi yang berpusat pada warga negara. Ya! Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap tentang Apa itu Pengertian E-Government. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian E-Government

Dikenal dengan Electronics Government (Pemerintah Elektronik), E-Gov, Digital Government, Online Government dan dalam konteks tertentu dikenal dengan Transformational Government. E-Government adalah segala hal yag mengacu pada penggunaan Teknologi Internet sebagai Platform untuk bertukar Informasi, menyediakan layanan dan bertransaksi dengan warga negara, bisnis, dan senjata Pemerintah lainnya. E-Government dapat diterapkan oleh Legislatif, Kehakiman, atau Administrasi, untuk meningkatkan efisiensi internal, pemberian layanan publik, atau proses pemerintahan yang demokratis berdasarkan simpulan yang Kami dari Situs Igi-Global.

Apa itu Electronics Government (eGovernment)?

Jadi, Apa itu sebenarnya E-Government atau Electronics Government (eGovernment)? Mengacu pada Pengertian E-Government di atas, Pemerintahan Elektronik atau Electronics Government adalah cara pemakaian atau penggunaan daripada Teknologi Informasi dalam meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan dan juga pihak-pihak lain.

Pemerintahan Elektronik atau E-Government berasal dari dari kata Bahasa Inggris yaitu adalah Electronics government merupakan penggunaan dari Teknologi dari Pemerintah agar dapat memberikan Informasi dan juga pelayanan bagi warganya, baik itu urusan bisnis, ataupun hal-hal lain yang terkait dengan mereka (Pemerintahan).

E-Government ini dapat diaplikasikan pada Legislatif, Yudikatif, atau Administrasi Publik, dalam meningkatkan efisiensi internal. Berbicara tentang pelayanan Publik, atau Proses Kepemerintahan yang Demokratis, adapun beberapa praktik dari penyampaian yang utama yaitu adalah seperti Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) dan Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari Electronics Government ini, yaitu adalah meningkatnya Efisiensi, kenyamanan, serta Aksesibilitas yang lebih baik dari Pelayanan Publik. Dalam Pengertian lainnya, Electronics Government (eGovernment) ini adalah Pemerintah Digital, Pemerintah Online serta Pemerintah Transformasi.

Tujuan E-Government

Selain mengenal Pengertian E-Government atau Electronics Government (eGovernment), kita juga harus mengetahui tentang Apa sebenarnya Tujuan E-Government. Mengacu pada penjelasan di atas, adapun beberapat Tujuan E-Government yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Membentuk Jaringan Informasi dan juga Transaksi Layanan Publik, dimana mereka tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat, serta juga dengan biaya yang dapat terjangkau oleh warga.
  • Pembentukan Interaksi yang Interaktif dengan Dunia Usaha atau Bisnis.
  • Pembentukan Mekanisme serta juga Channel atau saluran Komunikasi dengan seluruh Lembaga Negara dan Penyediaan Fasilitas Publik.
  • Membentuk Sistem Manajemen serta Proses Kerja yang Transparan dan Efisien, dan memperlancar Transaksi serta layanan antar Forum ata Agensi Pemerintah.
Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Hybrid App (Mobile): Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Manfaat, Fitur, Jenis Implementasi, Contoh serta Perbedaannya dengan Aplikasi Native dan Web!

Fungsi E-Government

Setelah mengetahui Pengertian E-Government dan Tujuannya di atas, adapun Fungsi Utama E-Government yaitu adapau untuk meningkatkan mutu Layanan Publik, dengan melalui pemanfaatan Teknologi dan Komunikasi dalam proses penyelenggaraan Pemerintah Wilayah agar terbentuknya Kepemerintahan yang bersih, transparan dan yang dapat menjawab tuntutan Perubahan secara efektif.

E-Government atau Electronics Government (eGovernment) merupakan penerapan TIK atau ICT (Information Communication and Technologies) dalam operasi pemerintah, mencapai tujuan publik dengan cara digital. Prinsip Dasar dari E-Government, didukung oleh kerangka kerja kelembagaan E-Government yang efektif, yaitu adalah untuk meningkatkan kerja internal sektor publik dengan mengurangi biaya keuangan dan waktu transaksi sehingga dapat lebih mengintegrasikan aliran kerja dan proses dan memungkinkan pemanfaatan sumber daya yang efektif di seluruh berbagai lembaga sektor publik yang mengincar solusi berkelanjutan. Melalui inovasi dan E-Government atau Electronics Government, pemerintah di seluruh dunia dapat lebih efisien, memberikan Layanan yang lebih baik, menanggapi tuntutan Warga Negara akan transparansi dan akuntabilitas, menjadi lebih inklusif dan dengan demikian, mereka dapat mengembalikan kepercayaan Warga Negara pada Pemerintah mereka.

Jenis-Jenis E-Government

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis E Government Atau Electronics Government Dalam Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis E Government Atau Electronics Government Dalam Pembahasan Pengertiannya

Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam Pengertian E-Government di atas, E-Government atau Electronics Government memiliki Tujuan dan Fungsi yang ditujukan untuk Warga Negara, terlepas daripada hal tersebut E-Government juga memiliki beberapa Jenis. Adapun beberapa Jenis E-Government atau Electronics Government tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

a. G2C (Government to Citizen)

Jenis E-Government yang pertama adalah G2C (Government to Citizen). G2C (Government to Citizen) adalah sebuah hubungan dalam bentuk Teknologi Informasi yang memiliki tujuan untuk memperbaiki hubungan antara Pemerintah dengan rakyat serta juga utuk mempermudah Warga, terutama dalam mencari berbagai macam Informasi yang tersedia terkait Kepemerintahan.

b. G2B (Government to Business)

G2B (Government to Business) adalah suatu Tipe dan Jenis Hubungan Kepemerintahan dengan Bisnis, karena dalam bidang Bisnis ini, sangat dibutuhkan relasi yang sangat baik antara Pemerintah dengan kalangan Bisnis atau Usaha. Tujuan dari G2B (Government to Business) adalah terciptanya kemudahan berbisnis Warga kalangan Pembisnis.

c. G2G (Government to Government)

G2G (Government to Government) adalah Jenis Hubungan Kepemerintahan yang dibuat untuk memenuhi berbagai Informasi yang diperlukan antara Pemerintah yang satu dengan Pemerintah lainnya. G2G (Government to Government) bertujuan untuk buat memperlancar serta mempermudah terjalinnya kerjasama antara Pemerintahan yang bersangkutan.

d. G2E (Government to Employees)

G2E (Government to Employees) adalah Tipe Jenis Hubungan yang ditujukan untuk para Pegawai Pemerintahan atau Pegawai Negeri Sipil atau yang sering disebut dengan ASN (Aparat Sipil Negara) untuk meningkatkan kinerja serta kesejahteraan para Pegawai yang bekerja di salah satu Institusi Kepemerintahan.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Falsafah Keperawatan: Konsep Inti dan Perbedaannya dengan Disiplin Ilmu Lainnya!

Manfaat E-Government

Dalam membahas Apa itu Pengertian E-Government atau Electronics Government

(eGovernment), tentu kita juga harus mengetahui apa saja Manfaat E-Government. Berdasarkan penjelasan E-Government atau Electronics Government di atas, berikut ini adalah beberapa Manfaat E-Government:

  • E-Government atau Electronics Government digunakan untuk memperbaiki Kualitas Layanan dari Kepemerintahan pada Stakeholder, atau lebih tepatnya, yaitu yang terkait dalam hal-hal Kinerja Efektivitas dan Efisiensi yang di terdapat dalam berbagai bidang kehidupan bernegara.
  • Untuk meningkatkan Transparansi Kontrol atau Control Transparation dan Akuntabilitas penyelenggaraan Kepemerintahan, yaitu adalah dalam penerapan konsep Good Corporate Governance yang berarti Tata Kelola Kepemerintahan yang baik.
  • E-Government bermanfaat untuk mengurangi total dari pengeluaran atau biaya Administrasi, Relasi, dan juga Interaksi secara signifikan dari Kepemerintahan dalam kegiatan mereka sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan E-Government

Ilustrasi Gambar Kelebihan Dan Kekurangan E Government Atau Electronics Government Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Kelebihan Dan Kekurangan E Government Atau Electronics Government Dalam Membahas Pengertiannya

Terlepas daripada penjelasan Pengertian E-Government atau Electronics Government di atas, E-Government ini juga memiliki Kelebihan dan Kekurangannya. Di bawah ini akan Kami jelaskan beberapa Kelebihan dan Kekurangan tentang E-Government.

a. Kelebihan E-Government

Berikut ini adalah beberapa Kelebihan E-Government terutama untuk rakyat, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pelayanan atau Services yang Lebih Baik pada Warga; Informasi dapat disediakan 24Jam, 7 Hari dalam Satu Minggu, tanpa harus untuk menunggu dimulainya operasi Kantor tempat kerja. Informasi juga dapat dicari darimanapun tanpa harus secara fisik datang ke Kantor Kepemerintahan.
  • Peningkatan Hubungan antara Pemeritah, Pelaku Usaha, dan Masyarakat Umum; Adanya keterbukaan atau Transparansi, maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak pun menjadi lebih baik.
  • Pemberdayaan Masyarakat Melalui Informasi yang Mudah untuk Diperoleh; Dengan adanya informasi yang mencukupi itu, rakyat akan belajar agar mereka dapat memilih pilihannya. Sebagai contoh, misalnya seperti Data tentang sekolah, jumlah kelas, daya tampung siswa, passing grade, dan lain sebagainya. Informasi tersebut dapat ditampilkan secara Online serta juga dipakai oleh para Orang Tua terutama dalam memilih Sekolah apa yang sesuai dengan Anak mereka.
  • Program Kepemerintahan yang Lebih Efisien; Sebagai contoh, misalnya Koordinasi Pemerintahan sekarang dapat dilakukan melalui E-Mail atau bahkan Video Conference.
  • Kebijakan Pemerintah Lebih Mudah untuk Diketahui; Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang kita sebut dengan E-Government ini membuat Warga semakin mudah didalam mengakses kebijakan pemerintah dan sehingga Program-Program yang dirancang oleh pemerintah pun dapat berjalan dengan lancar.
  • Dapat Menerima Masukan dari Masyarakat dengan Efisien; Masyarakat bisa memberi masukan tentang kebijakan-kebijakan yang dibuat dari pemerintah dan sehingga bisa memperbaiki kinerja pemerintahan. Selain tampilan dan juga pula paduan rona yang menarik, informasi-infromasi yang tersaji sangatlah lengkap dan up-to-date.
  • Semua Bersifat Terbuka; Semuanya menjadi terbuka, baik itu untuk Pihak Pemerintah atau juga Warga.

b. Kekurangan E-Government

Berikut ini adalah beberapa Kekurangan E-Government terutama untuk rakyat yang perlu kalian ketahui.

  • Kurangnya Kesetaraan Akses Internet; Kelemahan Utama terkait E-Government yaitu adalah kurangnya kesamaan atau kesetaraan dalam Akses Publik untuk Internet. Wilayah-Wilayah terpencil, biasanya sulit untuk mendapatkan Akses Internet.
  • Munculnya Peluang Cyber Crime; Semakin bebasnya Warga mengakses Website Kepemerintahan, tentunya hal tersebut akan membuka peluang munculnya Cyber Crime (Kejahatan Dunia Maya) yang dapat menghambat Sistem yang terdapat pada E-Government. Misalnya Kasus Pembobolan Website KPU disaat penyelenggaraan Pemilu dari Crack yang dilakukan oleh seorang Cracker.
  • Kurangnya Interaksi; Berkurangnya Interaksi atau Komunikasi antara Staf atau Admin (Pemerintah) kepada rakyat, karena E-Government dibentuk agar dapat saling berinteraksi antara Pemerintah, Rakyat, dan Pihak lain yang berkepentingan dengan Fokus secara Online.
  • Sistem Manajemen yang Kurang; Pelayanan yang diberikan Pemerintah hingga saat belum ditunjang oleh Sistem Manajemen dan proses kerja yang bagus, hal tersebut karena kurannya kesiapan Peraturan, Prosedur dan Keterbataasan Sumber Daya Manusia terutama dalam menjalankan Sistem Komputer pada Pemerintahan.
  • Hyper-Surveillance: Setelah pemerintah mulai berkembang dan menjadi lebih canggih, warga negara akan dipaksa untuk berinteraksi secara elektronik dengan pemerintah dalam skala yang lebih besar. E.g Ini berpotensi menyebabkan kurangnya privasi bagi warga sipil karena pemerintah mereka mendapatkan lebih banyak informasi tentang mereka.
  • Biaya; Meskipun sejumlah besar uang dihabiskan untuk pengembangan dan implementasi E-Government atau Electronics Government, hasil dan efek dari uji coba Pemerintah berbasis Internet seringkali sulit untuk diukur atau tidak memuaskan.
Baca Juga :  Memahami Pengertian Smartphone: Apa itu Ponsel Cerdas? Menurut Ahli, Sejarah, Jenis, Macam-Macam OS dan Fiturnya!

Kesimpulan

Jadi, dari penjelasan mengenai Pengertian E-Govnerment, Apa itu Electronics Government (eGovernment)? Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat serta Kelebihan dan kekurangannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa Pengertian E-Government adalah Pemerintahan elektronik (atau e-Government) adalah Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau ICT untuk fungsi dan prosedur pemerintah dengan tujuan meningkatkan efisiensi, transparansi, dan partisipasi warga.

Definisi ini menunjukkan bagaimana E-Government menggunakan Teknologi sebagai alat pendukung dalam pengembangan tata pemerintahan yang baik. Aplikasi E-Government yang tepat memungkinkan untuk tingkat efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi dalam tugas-tugas pemerintah, peningkatan proses dan prosedur, meningkatkan kualitas layanan publik, serta meningkatkan penggunaan Informasi dalam proses pengambilan keputusan dan memungkinkan Komunikasi yang lebih baik di antara Kantor Pemerintah yang berbeda.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami berikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian E-Government, Apa itu Electronics Government (eGovernment)? Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat serta Kelebihan dan kekurangannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Kita semua serta dapat menambah Pengetahuan dan Wawasan Kita semua terutama dalam memahaminya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar