7+ Tips Cara Memilih Platform Software Development atau Pengembangan Perangkat Lunak dan Aplikasi (Apps) yang Baik dan Efektif!

Gambar Dari Apa Saja Kiat Tips Cara Untuk Memilih Platform Software Development Atau Aplikasi Apps Yang Baik Dan Efektif
Gambar Dari Apa Saja Kiat Tips Cara Untuk Memilih Platform Software Development Atau Aplikasi Apps Yang Baik Dan Efektif

Apa Saja Tips Cara untuk Memilih Platform Software Development atau Pengembangan Perangkat Lunak dan Aplikasi (Apps) yang Baik dan Efektif?

Oke, sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa secara teori, platform (kalian dapat membaca selengkapnya tentang platform di sini) pengembangan aplikasi atau perangkat lunak adalah apa yang membuat sebuah ide menjadi realitas.

Yup! Mereka memungkinkan pengembang dengan pengalaman pengkodean atau coding dan desain yang bervariasi untuk membuat aplikasi, dan mereka membuat siklus pengembangan yang biasanya jauh lebih cepat daripada membangun sesuatu dari awal.

Tetapi seperti halnya shortcut atau pintasan apa pun, banyak platform pengembangan aplikasi atau software development yang hadir dengan batasannya sendiri.

Menggunakan platform pengembangan aplikasi sering kali berarti melepaskan efisiensi yang disediakan oleh bahasa code (baca pengertian dari apa itu code di sini) atau kode sumber asli.

Terlebih lagi, Anda juga perlu mempelajari semua function (fungsi) dan solusi khusus untuk setiap platform baru.

Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kolaborasi antara desainer, pengembang, dan pemangku kepentingan, dan Anda berisiko selalu ketinggalan fitur terbaru dan terhebat dari sistem atau perangkat keras jika solusi yang Anda gunakan lambat diperbarui.

Baiklah, terkait hal tersebutlah, dalam postingan kali ini Kami akan membagikan apa saja tips cara memilih platform software development atau pengembangan aplikasi (apps) yang baik dan efektif pastinya.

Langsung saja, mari kita lihat ulasannya berikut di bawah ini.

Apa itu Software dan Platform Development?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Software Development Dan Platform Development
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Software Development Dan Platform Development

Oke, sebelum kita membahas lebih lanjut terkait kiat-kiat atau tips cara dalam memilih platform pengembangan perangkat lunak, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu yang dimaksud software development dan platform development.

Pengembangan perangkat lunak atau yang dikenal dengan istilah software development mengacu pada serangkaian kegiatan ilmu komputer yang didedikasikan untuk proses pembuatan, perancangan, penerapan, dan perangkat lunak pendukung.

Pengembangan atau platform development adalah mengacu pada pengembangan perangkat lunak dasar yang membuat perangkat keras berfungsi dan yang menyediakan platform untuk pengembangan aplikasi.

Yup! Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ini termasuk pengembangan Firmware, Boot Loader, dan BIOS, serta kernel sistem operasi atau yang disebut dengan Operating System (OS) dan BSP.

Seperti yang sudah Kami terangkan dalam postingan terkait pengertian platform sebelumnya, sebuah platform umumnya mengacu pada sistem operasi dan perangkat keras komputer.

Platform yang maknanya adalah wadah ini merupakan seperangkat standar yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak berdasarkan tumpukan teknologi yang tepat.

Standar ini memungkinkan pemilik dan manajer untuk membeli aplikasi dan perangkat keras yang sesuai.

7+ Tips Cara Memilih Platform Software Development atau Pengembangan Perangkat Lunak dan Aplikasi (Application, Apps, Program, APK, dan Lainnya) yang Baik dan Efektif!

Ilustrasi Gambar Dalam Kiat Tips Serta Cara Memilih Platform Software Development Atau Pengembangan Perangkat Lunak Aplikasi Apps
Ilustrasi Gambar Dalam Kiat Tips Serta Cara Memilih Platform Software Development Atau Pengembangan Perangkat Lunak Aplikasi Apps

Memang, dalam memilih untuk menggunakan platform software development, dengan kekurangannya yang ada, hal tersebut tidak berarti bahwa platform pengembangan perangkat lunak atau aplikasi tidak pernah menjadi solusi yang tepat.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian HTML Tag: Apa itu Markup Tag? Jenis-Jenis, Contoh serta Perbedaannya dengan Element dan Attribute Value pada HTML!

Semua pastinya akan terus dikembangkan berdasarkan keperluan dari pengguna platform tersebut.

Yup! Anda hanya perlu berhati-hati dan memilih solusi yang tepat untuk Anda.

Baiklah, adapun beberapa karakteristik, ciri, khususnya tips cara dalam memilih, menentukan, memutuskan menggunakan platform software development atau pengembangan perangkat lunak dan aplikasi (apps) yang harus Anda ingat akan kita bahas secara lengkap di bawah ini.

1. Pastikan Layanan Anda Selalu Mengikuti Pembaruan

Tips cara memilih platform software development atau pengembangan perangkat lunak dan aplikasi (apps) pertama yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah dengan memastikan bahwa service atau layanan yang Anda sediakan dapat mengikuti dan mengimbangi.

Seperti yang kita ketahui, industri seluler berkembang dengan pesat, dan cukup sulit untuk tetap menjadi pengembang tanpa perangkat lunak pihak ke-3 (tiga).

Benar! Banyak alat pengembangan aplikasi mengalami kesulitan mengikuti perubahan terbaru pada Android dan iOS, dan perusahaan Anda dapat tertinggal bertahun-tahun jika akhirnya menggunakan versi outdated (kadaluarsa atau usang).

Pastikan solusi yang Anda cari dapat mendukung sistem operasi terbaru sekarang, jangan hanya berharap mereka akan menyusul dengan cepat.

2. Pastikan Platform Menawarkan Peningkatan Efisiensi yang Nyata

Kemudian, dalam memilih untuk menggunakan platform software development, kita juga harus memastikan platform tersebut menawarkan improvement atau peningkatan efisiensi yang nyata.

Hindari platform yang mengharuskan Anda melakukan banyak hal sehingga Anda mungkin juga membuat kode aplikasi dari awal sendiri.

Benar sekali! Tujuan utama dari platform software development atau pengembangan perangkat lunak dan aplikasi (apps) sendiri adalah untuk membuat proses pengembangan lebih efisien.

Membuat jalan layaknya jalan pintas seperti memotong bagian pengkodean yang berlebihan dan memakan waktu menghemat waktu dan memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting, dan seperti membuat fitur baru yang menarik.

Jika Anda sering mendapati diri Anda harus kembali dan memperbaiki sesuatu yang telah dilakukan oleh platform pengembangan perangkat lunak atau aplikasi, hal itu pastinya mungkin tidak akan menghemat banyak waktu Anda pada akhirnya.

Yup! Waktu yang Anda hemat untuk pengkodean tidak boleh dihabiskan untuk debugging (baca selengkapnya terkait apa pengertian debugging di sini).

3. Hindari Black Box (Kotak Hitam) dan Framework atau Kerangka Kerja yang Berat

Benar! Sudah seharusnya ketikan kalian memilih platform pengembangan yang kalian percaya untuk menghindari black box (kode hitam) dan mendapatkan framework atau kerangka kerja yang berat.

Alat pengembangan aplikasi yang baik dapat menghemat waktu Anda dalam hal pengkodean dengan melakukan banyak pekerjaan kasar untuk Anda.

Tetapi itu tidak berarti Anda harus kehilangan pilihan untuk melakukan semuanya dengan tangan jika Anda menganggapnya perlu.

Selain itu, hati-hati juga dengan platform pengembangan aplikasi yang memperkeruh atau membatasi akses ke kode sumber aplikasi Anda atau sangat bergantung pada kerangka kerja khusus yang mereka buat, di mana Anda tidak pernah tahu apa yang ada di dalamnya.

4. Jangan Terkendala oleh Template

Kemudian, jangan juga kalian merasa dibatasi atau terkendala oleh blueprint, cetak biru, atau template.

Yup! Template (lihat selengkapnya tentang penjelasan dari templat di sini) bisa menjadi cara terbaik untuk memberikan aplikasi Anda struktur yang sudah teruji dengan cepat, tetapi struktur itu juga bisa menyempit.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Picture: Apa itu Image? Cara Kerja, Jenis dan Macam, Contoh serta Perbedaannya!

Sebuah templat harus menjadi titik awal, bukan sesuatu yang menjadi kewajiban Anda.

Apa pun yang dapat Anda peroleh dalam efisiensi tidak boleh datang dengan mengorbankan identitas merek Anda.

Jika platform pengembangan aplikasi mengharuskan Anda menggunakan salah satu templatnya atau tidak mengizinkan Anda menyesuaikan tampilan unik Anda sendiri, mungkin Anda harus mencari di tempat lain.

Yup! Memang, perlu kalian ketahui bahwa sebagian besar penyedia layanan atau platform software development atau pengembangan perangkat lunak dan aplikasi (apps) adalah berbasis templat.

5. Jangan Permasalahkan atau Kompromikan User Experience (UX) Anda

Kiat dan tips caranya yang ke-5 (lima) yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah dengan jangan mempermasalahkan atau berkompromi dengan User Experience (UX) Anda.

Sama seperti Anda tidak boleh membiarkan template mendikte tampilan perangkat lunak atau aplikasi Anda, Anda juga tidak boleh membiarkan kemampuan platform pengembangan aplikasi mendikte antarmuka pengguna Anda.

End user atau pengguna akhir Anda harus didahulukan, apa pun yang terjadi.

Tidak apa-apa jika platform platform software development atau pengembangan perangkat lunak dan aplikasi (apps) yang sudah kalian pilih memiliki elemen desain yang terbatas, selama itu adalah satu-satunya elemen yang Anda butuhkan atau platform tersebut memungkinkan Anda untuk menambahkan komponen atau plug-in khusus.

Akan tetapi jika apa yang ditawarkannya tidak sebanding dengan desain yang Anda pikirkan, mungkin ada solusi lainnya yang lebih baik untuk Anda.

6. Jangan Mengorbankan Fungsi atau Kinerja

Tips atau kiat dalam cara memilih platform selanjutnya yaitu untuk jangan mengorbankan fungsi atau kinerja.

Alasan mengapa banyak platform pengembangan aplikasi dapat memberikan aplikasi yang bekerja pada banyak platform adalah karena mereka adalah aplikasi hibrida atau yang dikenal dengan istilah hybrid app.

Ini adalah aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman web tetapi menyertakan pembungkus asli atau native package untuk menambahkan fungsionalitas.

Dan sementara aplikasi ini akan berfungsi, pukulan yang Anda terima dalam hal kecepatan dan fitur mungkin tidak sebanding dengan komprominya.

Paling tidak, cari platform pengembangan aplikasi yang mendukung pengeditan kode sumber sehingga Anda dapat membangun sendiri fitur yang hilang, jika perlu.

Yup! Selain itu, jika kecepatan dan reaktivitas merupakan faktor penting dalam aplikasi Anda, Anda harus fokus hanya pada platform pengembangan aplikasi yang benar-benar asli.

7. Jangan Mempelajari Bahasa Pemrograman yang Tidak Jelas untuk Menggunakannya

Kemudian yang ke-7 (tujuh) untuk tips cara platform software development atau pengembangan perangkat lunak dan aplikasi (apps) adalah kalian tidak perlu mempelajari bahasa kode atau pemrograman yang tidak jelas dalam menggunakannya.

Jika Anda menggunakan solusi software atau application yang hybrid, pertimbangkan bahasa mana yang digunakan selama pengembangannya.

Bahasa umum seperti Swift, Objective-C, Java, atau JavaScript sudah terbilang sangat bagus karena meskipun Anda sendiri tidak tahu bahasanya, jauh lebih mudah untuk menemukan seseorang yang tahu jika Anda perlu melakukan pengkodean manual.

Jika Anda terjebak menggunakan bahasa yang lebih tidak jelas seperti Dart, proyek Anda tidak hanya dapat terhenti saat Anda mempelajarinya, tetapi juga mungkin tidak mungkin untuk meningkatkan jumlah pengembang di tim Anda.

Cari apa yang Anda ketahui dan apa yang paling umum di industri saat ini.

Bonus: Integrasi

Terakhit, sebagai tambahan yaitu adalah integrasi.

Seberapa baik suatu alat pengembangan platform software development atau pengembangan perangkat lunak dan aplikasi (apps) terintegrasi ke dalam alat lain dapat sangat memengaruhi nilai yang ditambahkannya ke tim dan proyek.

Baca Juga :  Voice User Interface (VUI): Pengertian, Apa itu Antarmuka Pengguna Suara? Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Macam Manfaat, Contoh, dan Pentingnya!

Beberapa integrasi mengambil bentuk utilitas kontrol sumber terintegrasi dengan IDE sehingga pengembang secara otomatis menyebabkan file diperiksa setelah dia mulai mengeditnya.

Integrasi yang lebih dalam lainnya menggabungkan informasi dan merespons peristiwa antara alat untuk memberikan nilai tinggi kepada tim dan kelompok lain dalam organisasi.

Adapun untuk contoh integrasi yang lebih dalam ini adalah di mana kontrol sumber terintegrasi dengan pelacakan atau tracking untuk bug (baca pengertian tentang bug di sini) yang pada gilirannya terintegrasi dengan pelacakan insiden (atau masalah pelanggan).

Perubahan kode yang diperiksa ke kontrol sumber dapat memberi sinyal kepada pelacak bug bahwa perbaikan tersedia untuk bug yang dilaporkan dan bug itu mungkin terkait dengan laporan insiden, yang kemudian dapat diperbarui dengan status pekerjaan yang telah dilakukan yang dapat (akhirnya) menyelesaikan insiden atau masalah tersebut.

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan terkait Apa Saja Tips Cara untuk Memilih Platform Software Development atau Pengembangan Perangkat Lunak dan Aplikasi (Apps) yang Baik dan Efektif.

Ya! Meskipun platform pengembangan aplikasi bisa mewujudkan mimpi yang menjadi kenyataan, jika Anda tidak memastikan platform yang Anda pilih memberi Anda kebebasan untuk merancang produk akhir yang Anda lihat di kepala Anda, bukan produk yang mungkin dipaksakan oleh keterbatasan platform untuk Anda buat.

Cari fitur seperti integrasi API dan sistem plug-in yang tangguh, dan pastikan Anda dapat menulis kode sendiri dalam bahasa yang nyaman bagi Anda.

Yang terbaik, platform pengembangan aplikasi harus meningkatkan SOP atau alur kerja Anda yang ada, dan alat ini semakin baik setiap saat.

Jika Anda menemukan bahwa solusi yang Anda pilih tidak lagi memotongnya, jangan takut untuk mencari di tempat lain.

Dengan sedikit uji tuntas, Anda akan menemukan yang paling cocok untuk Anda.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Apa Saja Tips Cara untuk Memilih Platform Software Development atau Pengembangan Perangkat Lunak dan Aplikasi (Apps) yang Baik dan Efektif.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi, khususnya pengembangan software desktop dan mobile.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar