Memahami Pengertian Content Marketing: Apa itu Pemasaran Konten? Manfaat, Contoh dan Cara Memulainya! Kenapa itu Penting?

0
Gambar Pengertian Content Marketing Apa Itu Pemasaran Konten Manfaat Contoh Dan Bagaimana Cara Memulainya Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Pengertian Content Marketing Apa Itu Pemasaran Konten Manfaat Contoh Dan Bagaimana Cara Memulainya Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Anda, Pengertian Content Marketing, Apa itu Pemasaran Konten? Manfaat, Contoh, Cara Memulai dan Kenapa itu Penting? Bukan rahasia lagi bahwa bentuk pemasaran tradisional, yang hanya mengganggu anggota audiens saja, sudah menjadi kurang efektif daripada sebelumnya untuk mencapai prospek dan mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan. Itulah sebabnya pemasaran konten atau yang lebih dikenal dengan istilah content marketing telah menjadi cara populer bagi bisnis untuk menjangkau dan melibatkan audiens (baca pembahasan tentang apa itu audiens disini) target mereka.

Dengan memberikan konten bermanfaat kepada anggota audiens untuk mengedukasi mereka tentang produk dan layanan Anda serta menunjukkan kepada mereka bagaimana produk dan layanan tersebut secara efektif menyelesaikan titik dan tantangan mereka. Dengan melakukan itu, maka Anda dapat meningkatkan conversion (konversi), meningkatkan awareness atau kesadaran brand (merek), meningkatkan pendapatan, dan banyak lagi. Oke baiklah, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu content marketing terutama dalam dunia digital marketing. Mari kita simak ulasannya!

Pengertian Content Marketing

Berarti pemasaran konten (dalam bahasa Indonesia), content marketing adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Contentmarketinginstitute.

Pada akhirnya, pemasaran konten akan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Selain itu, pemasaran tradisional menjadi kurang efektif, seiring berkembangnya zaman (terutama di tahun 2020 ini), sebagai marketer atau pemasar yang berpikiran maju, Anda tahu mana yang merupakan cara terbaik.

Apa itu Pemasaran Konten?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Content Marketing Atau Pemasaran Konten Dan Apa Saja Manfaatnya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Content Marketing Atau Pemasaran Konten Dan Apa Saja Manfaatnya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan pemasaran kontent? Seperti yang sudah Kami terangkan di atas pada pengertian content marketing di atas, pemasaran konten adalah jenis pemasaran yang terdiri dari pembuatan, penerbitan, dan promosi konten secara strategis (termasuk posting blog, e-mail, video, dan podcast).

Pemasaran konten biasanya digunakan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan merek, menarik pengunjung atau pengguna, menghasilkan arahan penjualan, atau mendorong pembelian dan pendapatan.

Alih-alih melempar produk atau layanan Anda, Anda memberikan konten yang benar-benar relevan dan bermanfaat bagi prospek dan pelanggan Anda untuk membantu mereka memecahkan masalah mereka.

Perlu kalian garis bawahi, keyword atau kata kuncinya di sini adalah “berharga” yang mengubah definisi ini dari definisi yang dapat menggambarkan hampir semua bentuk iklan atau pemasaran.

Baca Juga :  11+ Istilah dalam Media Sosial yang Harus Anda Ketahui

Anda bisa tahu apakah sepotong konten merupakan jenis yang bisa menjadi bagian dari content marketing campaign atau kampanye pemasaran konten jika orang mencarinya ketimbang menghindarinya.

Manfaat Content Marketing

Mengacu pada penjelasan tentang apa itu pengertian content marketing dan artinya di atas, perlu kalian ketahui bahwa pemasaran konten dapat membantu Anda melibatkan audiens dan membangun hubungan, yang pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Ada tantangan tertentu di dalamnya, hal ini termasuk memikirkan ide konten yang bagus dan menemukan waktu untuk menulisnya. Namun, pemasaran konten memiliki manfaat tersendiri di balik sifat rahasianya itu.

Ada banyak manfaat content marketing terlepas dari apakah itu pemasaran ke bisnis ke bisnis (B2B) atau konsumen ke konsumen (B2C) pada pemasaran konten, beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan visibilitas brand (merek) produk Anda.
  • Mengembangkan hubungan yang langgeng dengan audiens Anda.
  • Meningkatkan kesadaran dan pengakuan merek.
  • Menciptakan kesetiaan dan kepercayaan, dengan pelanggan dan prospek Anda saat ini.
  • Membantu Anda membangun otoritas dan kredibilitas.
  • Memposisikan bisnis Anda sebagai ahli dalam industri Anda.
  • Menghasilkan lalu lintas ke situs Anda untuk meningkatkan generasi lead (arahan).
  • Membuka saluran komunikasi melalui berbagi sosial dan komentar.
  • Membantu pelanggan Anda bergerak melalui keputusan pembelian lebih cepat.
  • Memberikan nilai tanpa timbal balik.

Contoh Content Marketing (Pemasaran Konten)

Ilustrasi Gambar Pengertian Content Marketing (Pemasaran Konten)
Ilustrasi Gambar Contoh Content Marketing (Pemasaran Konten)

Membahas mengenai apa itu arti content marketing (pemasaran konten) adalah merupakan hal yang pentin bagi Kami untuk juga menjelaskan seperti apa contoh dalam penggunaannya sendiri.

Ya! Ada banyak jenis content marketing, karena ada jenis konten yang bahkan terlalu banyak untuk dibahas di sini. Maksud Kami disini adalah dengan memberi Anda pengantar pemasaran konten dan membuat Anda berpikir seperti seorang content marketer atau pemasar konten.

Kenapa? Agar Anda melihat peluang di sekitar Anda. Kalian mungkin akan segera menemukan 50 (lima puluh) lebih ide pemasaran konten setiap harinya. Dan Anda bahkan tidak akan bisa berhenti melihat peluang untuk membuat konten!

Oke baiklah, berikut ini adalah 5 (lima) contoh content marketing atau pemasaran konten yang pada umumnya dan terbilang populer digunakan.

1. Infographic

Contoh content marketing yang pertama adalah jenis infographic atau infografis, ini umumnya tampil seperti grafik yang panjang dan vertikal yang mencakup statistik, grafik, dan informasi (baca pengertian informasi disini) lainnya.

Infografis dapat mmenjadi efektif karena dapat menyebar di media sosial dan diposting pada halaman situs web selama bertahun-tahun. Anda bisa mendapatkan infografis yang dirancang secara profesional dengan mempekerjakan freelancer

di situs seperti Projects atau dengan mengerjakannya sendiri dengan menggukan aplikasi web seperti Canva.

Baca Juga :  Pengertian Engraving (Ukiran): Sejarah dan Macam-Macam Istilahnya

2. Website

Contoh berikutnya adalah website. Tapi, apa perbedaan antara halaman web normal dan halaman web yang merupakan content marketing? Oke, pertimbangkan panduan pemula untuk SEO dari MOZ, yang merupakan situs penyedia alat dan sumber daya terkait SEO (baca pengertian Search Engine Optimization disini).

Benar, sumber daya ini, ditawarkan secara gratis, telah dilihat jutaan kali, dan mendatangkan banyak pelanggan yang sebaliknya mungkin tidak akan pernah menemukan situs tersebut beserta dengan layanan yang mereka tawarkan.

3. Podcast

Tahukah Anda lebih dari 6 juta orang saat ini mendengarkan podcast di negara seperti Amerika Serikat dan bahkan Indonesia juga mengalami peningkatan terkait penggunanya? Benar, Ini telah menjadi media konten yang populer karena kenyamanannya, Anda dapat menikmatinya sambil bersantai atau dalam perjalanan.

Itulah sebabnya banyak bisnis mulai membuat podcast. Mereka membantu meningkatkan kesadaran merek, membangun hubungan dengan anggota audiens, dan mempromosikan produk, layanan, dan mitra mereka.

4. Video

Menurut penelitian dari pakar atau ahli digital merketing baru-baru ini, lebih dari 50% konsumen mengatakan mereka ingin melihat video dari brand (merek) yang berinteraksi dengan mereka.

Selain itu, marketing atau pemasaran video dapat meningkatkan konversi, meningkatkan ROI, dan membantu Anda membangun hubungan dengan anggota audiens.

Anda dapat memilih untuk membagikan konten pemasaran video Anda di platform media sosial, halaman situs, atau di situs web partner (mitra) Anda untuk memperluas jangkauan Anda di berbagai media.

5. E-Book dan Buku

Contoh yang terakhir adalah e-book dan buku. Content marketer atau pemasar yang piawai tidak menjual buku hanya untuk menjual buku, mereka menjual buku sebagai bahan dan alat pemasaran.

Meskipun sekarang menerbitkan sendiri lebih mudah dari sebelumnya, masih ada persepsi bahwa hal itu sulit dan hanya para profesional yang memiliki reputasi baik yang dapat menerbitkan buku bisnis yang bagus.

Bagaimana Cara Memulai Content Marketing?

Kemudian, bagaimana cara yang tepat untuk memulai content marketing kita? Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan pemasaran konten, sering dipasangkan dengan SEO dan Page Rank (PR).

Jika Anda terlalu sibuk untuk melakukannya sendiri dan tidak siap untuk mengelolanya sendiri, maka mempekerjakan perusahaan mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Tetapi jika Anda ingin terjun dan melakukan pemasaran konten Anda sendiri, cara termudah adalah mulai blogging.

Walaupun memang, pada awalnya akan sulit, tetapi semakin banyak Anda melakukannya maka akan semakin baik Anda melakukannya. Dengan mengikuti tips dan trik dari website seperti Kami, Anda akan dengan cepat mempelajari cara membuat konten untuk situs web atau blog (baca pengertian blog disini) Anda yang akan melibatkan pembaca dan mengubah mereka menjadi pelanggan atau klien.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Conversion: Apa itu Konversi? Dasar, Contoh dan Cara Mengetahuinya! Kenapa itu Penting dalam Dunia Digital Marketing?

Mengapa Content Marketing (Pemasaran Konten) Penting?

Sekarang ini, terutama di tahun 2020, strategi outbound marketing atau pemasaran keluar tidak seefektif untuk menjangkau anggota audiens dan mengubah prospek seperti sebelumnya.

Pemasaran konten telah menjadi cara populer bagi bisnis untuk mengatasi masalah ini. Selain memperluas jangkauan Anda, pentingnya content marketing atau pemasaran konten akan membantu bisnis Anda:

  • Mendidik prospek Anda tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan.
  • Meningkatkan conversion atau konversi.
  • Membangun hubungan antara pelanggan dan bisnis Anda.
  • Terhubung dengan audiens Anda untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana produk dan layanan Anda mengatasi tantangan mereka.
  • Menciptakan rasa kebersamaan di sekitar merek Anda.

Kesimpulan

Oke baiklah, jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan tentang Pengertian Content Marketing, Apa itu Pemasaran Konten? Manfaat, Contoh, Cara Memulai dan Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan sekarang bahwa pemasaran konten atau content marketing adalah strategi digital marketing (pemasaran digital) di mana perusahaan membuat konten yang jujur, transparan, dan mendidik secara konsisten untuk profil pembeli yang ideal.

Biasanya, tujuannya adalah untuk menggunakan publikasi dan promosi konten untuk mendorong traffic atau lalu lintas situs web organik, meningkatkan lead generation yang berkualitas, dan kemudian akhirnya akan memberdayakan tim penjualan untuk mengurus lebih banyak pembelian.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan yang menjelaskan mengenai Pengertian Content Marketing, Apa itu Pemasaran Konten? Manfaat, Contoh, Cara Memulai dan Kenapa itu Penting kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Kalian semua terutama dalam mengetahui serta mempelajari istilah dalam dunia digital marketing atau pemasaran digital.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman, kerabat serta rekan bisnis Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar