Mengenal Pengertian Blog: Apa itu? Definisi, Sejarah, Tujuan dan Struktur Dasar Blog!

0
Gambar Pengertian Blog Apa Itu Blog Blogging Dan Blogger Definisi Sejarah Tujuan Struktur Dan Perbedaannya Dengan Website
Gambar Pengertian Blog Apa Itu Blog Blogging Dan Blogger Definisi Sejarah Tujuan Struktur Dan Perbedaannya Dengan Website

Apa Pengertian Blog, Apa itu Blog, Blogging dan Blogger? Definisi, Sejarah, Tujuan dan Struktur Dasarnya serta Perbedaannya? Banyak orang yang telah mendengar istilah blogging, namun kebanyakan dari mereka gagal memahami apa arti sebenarnya, juga bagaimana dengan membaca, seseorang dapat berdampak atau meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Seringkali pengunjung website ini bertanya kepada Kami tentang apa itu blog, dan apa bedanya dengan situs web?

Ya! Jika Anda berpikir untuk memulai blog atau situs web, memahami istilah-istilah ini akan membantu Anda mencapai tujuan. Blog mewakili buku harian online atau jurnal yang terletak di situs web. Konten blog biasanya mencakup teks, gambar, video, animasi .gif dan bahkan pemindaian dari buku harian atau jurnal offline fisik lama dan dokumen hard copy lainnya. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang blog secara detail dan lengkap. Simak ulasannya dengan seksama!

Pengertian Blog

Blog adalah jenis dari website di mana konten yang ada di dalamnya disajikan dalam urutan kronologis terbalik (konten yang lebih baru muncul lebih dulu). Konten blog sering disebut sebagai entri dan juga “postingan blog” berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Wpbeginner.

Blog biasanya dijalankan oleh individu atau sekelompok kecil orang untuk menyajikan informasi dalam gaya percakapan mereka. Namun, sekarang ada banyak blog perusahaan yang menghasilkan banyak konten gaya informasi.

Secara umum, Blog adalah tulisan atau artikel online atau jurnal yang terletak di situs web. Karena blog dapat eksis dan ada hanya untuk penggunaan pribadi, dalam berbagi informasi dengan grup secara eksklusif atau untuk melibatkan publik, pemilik blog dapat mengatur blog mereka untuk akses pribadi atau publik.

Apa itu Blog, Blogging dan Blogger?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Blogging Dan Blogger
Ilustrasi Gambar Apa Itu Blogging Dan Blogger

Jadi, apa itu blog? Seperti yang sudah Kami uraikan di atas, web-log atau blog lebih merupakan buku tulisan pribadi yang dibagikan orang secara online, dan kembali ke tahun 1994. Dalam jurnal online ini, Anda dapat berbicara tentang kehidupan sehari-hari Anda atau membagikan hal-hal yang Anda lakukan. Tetapi, orang melihat peluang untuk mengkomunikasikan informasi dengan cara baru. Maka dimulailah dunia blogging yang keren seperti sekarang ini.

Blogging adalah segala hal yang mengacu pada keterampilan pengelolaan blog. Pada awal tahun 2000-an, istilah blogging muncul di semua fase yang berbeda ketika beberapa blog politik lahir. Selain itu, blog yang membahas tentang cara-cara juga mulai bermunculan. Lembaga-lembaga yang sudah mapan pun mulai mencatat perbedaan antara jurnalisme dan blogging.

Belakangan ini, blogger menjadi terkenal karena berbagai alasan. Terutama karena dapat menjadikan sebuah Karier atau pekerjaan alternatif bagi banyak orang, lebih banyak orang memilih untuk bergabung dengan jajaran. Jadi siapa blogger ini? Blogger adalah individu yang suka berbagi bagian dari hidup mereka dengan Anda. Mereka memposting berbagai topik dari seni, desain rumah, pertukangan, dan lain sebagainya. Blogger bersifat mobile dan tidak perlu berada di satu tempat. Mereka hidup di Internet!

Definisi Blog, Blogging dan Blogger

Berdasarkan Kamus Cambridge, Blog adalah catatan reguler dari pikiran, pendapat, atau pengalaman yang Anda letakkan di internet untuk dibaca orang lain.

Blog merupakan singkatan dari weblog yang merupakan jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru muncul terlebih dahulu. Blog merupakan sebuah platform (baca pengertian platform disini), di mana penulis atau bahkan sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

Blogging adalah sekumpulan banyak keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan dan mengendalikan sebuah blog. Melengkapi halaman web dengan alat untuk membuat proses penulisan, postingan, linking atau menautkan, dan sharing atau berbagi konten lebih mudah di internet (baca pengertian internet disini).

Baca Juga :  Inilah Pengertian Affiliate Marketing: Apa itu Pemasaran Afiliasi? Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Contohnya!

Lalu apa blogger itu? Seorang blogger adalah seseorang yang menjalankan dan mengendalikan sebuah blog. Blogger membagikan pendapatnya tentang berbagai topik untuk audiens target.

Sejarah Blog

Dalam membahas mengenai apa itu pengertian blog, rasanya ada yang kurang bukan, jika kita tidak mengetahui apa sejarah blog. Begini, blog dimulai sebagai perpanjangan alami dari peningkatan penggunaan komputer dan penciptaan bentuk-bentuk awal internet sebagai jaringan militer, ilmiah dan akademik pemerintah.

Sebelum adanya WWW (World Wide Web), komunitas orang berinteraksi di jaringan ini. Individu membuat konten untuk diri mereka sendiri atau orang lain dan menyimpan konten tersebut di komputer yang terhubung ke jaringan. Sebelum blog menjadi populer, komunitas ini sering berkomunikasi dan berbagi konten yang sering diperbarui melalui papan pesan komunitas. Istilah “Newsgroup” yang diciptakan untuk menggambarkan banyak dari diskusi ini dan bidang berbagi informasi.

Blog yang paling pertama mulai muncul sekitar tahun 1994 atau 1995 sebagai buku harian akses terbuka di mana individu berbagi pembaruan tentang kehidupan mereka, seperti pemikiran pribadi dan fakta tentang peristiwa yang berkaitan dengan keluarga mereka, studi akademik, karier, perjalanan, dan topik lainnya. Penulis buku harian online awal yaitu seperti Claudio Pinhanez, Justin Hall dan Carolyn Burke. Media dan publik benar-benar mulai memperhatikan konten dan mendokumentasikan pembentukannya sekitar tahun 1996 dan 1997.

Tanggal dan tahun tepatnya penggunaan pertama dari istilah “blog” ini masih diperdebatkan oleh para ahli. Sebagian besar percaya bahwa hal tersebut terjadi pada tahun 1999 sebagai pemotongan alami dari deskripsi tertentu dari jenis konten ini, “Web Log” atau “Weblog” ke dalam bentuk singkat.

Ada beberapa perdebatan tentang pengucapannya, jelas, istilah tersebut menggambarkan buku harian atau log yang terletak dan dapat diakses di World Wide Web. Seiring berjalannya waktu, beberapa orang berpikir bahwa “Weblog” harus diucapkan “We Blog” untuk merujuk pada individu yang melakukan tindakan atau aktivitas blogging.

Tujuan Blog

Ilustrasi Gambar Tujuan Blog Dalam Membahas Penjelasannya
Ilustrasi Gambar Tujuan Blog Dalam Membahas Penjelasannya

Berdasarkan penjelasan pengantar pengertian Blog di atas, ada banyak alasan orang-orang untuk memulai personal blog atau blog pribadi serta memulai business blogging. Blogging untuk bisnis, proyek, atau apa pun yang mungkin dapat menghasilkan Anda uang, sebenarnya memiliki tujuan yang sangat mudah, jadi apa tujuannya?

Tujuan umum blog adalah membuat pembaca Anda tahu siapa Anda. Apakah Anda adalah perusahaan besar, bisnis kecil hingga menengah atau band satu orang yang bekerja dari kamar cadangan Anda, dengan memiliki blog Anda memanusiakan brand atau merek Anda. Banyak situs web yang membosankan. Mereka tidak mewakili opini dan kepribadian yang penuh warna dari para wirausahawan dan pebisnis di belakang mereka. Blog memungkinkan pendapat dan kepribadian tersebut bersinar.

Dalam sebuah bisnis, Anda mengandalkan konsumen untuk terus membeli produk dan layanan Anda. Sebagai bisnis baru, Anda mengandalkan blog untuk membantu Anda menjangkau konsumen ini dan menarik perhatian mereka. Tanpa blogging, situs web Anda tidak akan terlihat, sedangkan dengan menggunakan dan menjalankan blog membuat Anda dapat dicari dan menjadi lebih kompetitif.

Tujuan utama sebuah blog untuk bisnis adalah untuk menghubungkan Anda dengan audiens yang relevan. Satu lagi terkait tujuannya, yaitu adalah untuk meningkatkan traffic (lalu lintas pengunjung) Anda dan mengirimkan arahan berkualitas ke situs web Anda.

Semakin sering dan lebih baik postingan blog Anda, semakin tinggi peluang situs Anda ditemukan dan dikunjungi oleh audiens target Anda. Yang artinya, sebuah Blog adalah alat marketing yang efektif. Tambahkan ajakan bertindak atau yang biasa disebut call to action atau CTA yang bagus, dimana hal itu akan mengubah lalu lintas situs web Anda menjadi arahan berkualitas tinggi.

Intinya sebuah blog memungkinkan Anda untuk menunjukkan otoritas Anda dan membangun brand

atau merek dalam Bisnis Anda. Ketika Anda menggunakan pengetahuan niche Anda untuk membuat postingan yang informatif dan menarik, hal tersebut akan membangun kepercayaan dengan audiens Anda. Blogging yang bagus membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel. Blog memastikan kehadiran dan otoritas pada saat yang sama.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Contactless Card: Apa itu Nirsentuh dan Contactless Payment? Sejarah, Tujuan, Cara Kerja dan Contohnya serta Apakah itu Aman?

Struktur Dasar Blog

Gambar Dari Struktur Dasar Blog Yang Harus Anda Ketahui | Rifqimulyawan.com
Gambar Dari Struktur Dasar Blog Yang Harus Anda Ketahui | Rifqimulyawan.com

Seperti yang sudah Kami singgung dalam penjelasan apa itu blog di atas, tampilan blog dapat berubah seiring waktu, terlebih lagi di tahun 2020 ini, blog dapat menyertakan banyak item yang berbeda. Tetapi, sebagian besar blog menyertakan beberapa fitur dan struktur dasar untuk standarnya.

Berikut ini adalah penjelasan dari fitur dan struktur-struktur dasar sebuah blog beserta penjelasannya:

  • Header; Bagian atas blog, biasanya diisi dengan menu atau bilah navigasi.
  • Main content; Area konten utama dengan tulisan blog yang disorot atau terbaru.
  • Sidebar; Bilah yang ada di samping, biasanya ada profil sosial, konten favorit, atau ajakan bertindak.
  • Footer; Dengan tautan yang relevan, tentang, kebijakan privasi, halaman kontak, dan lain sebagainya.

Seperti yang kalian lihat, di atas adalah gambar struktur dasar blog. Setiap item-nya memiliki kepentingannya sendiri dan membantu pengunjung untuk menavigasi melalui blog Anda. Silahkan copy-paste ke blog atau website Anda:

https://rifqimulyawan.com/wp-content/uploads/Struktur-Dasar-Blog-Rifqimulyawan.com_.png

Perbedaan Blog dan Website

Ilustrasi Gambar Apa Perbedaan Blog Dengan Website Dalam Membahas Pengertian Blog
Ilustrasi Gambar Apa Perbedaan Blog Dengan Website Dalam Membahas Pengertian Blog

Banyak orang masih bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara sebuah blog dan website atau situs web? Benar! Bahkan lebih menantang untuk membedakan antara keduanya sekarang ini. Banyak perusahaan mengintegrasikan blog ke situs mereka untuk melakukan fungsi yang sama.

Berikut ini akan Kami jelaskan secara rinci tentang apa perbedaan sebuah blog dengan website.

Blog harus selalu diperbarui dan di-Update. Contoh yang baik dari blog termasuk seperti blog berbagi resep makanan atau perusahaan yang menulis tentang berita industri mereka. Blog mempromosikan enggagement atau keterlibatan pembaca yang sempurna. Pembaca mendapat kesempatan untuk berkomentar dan menyuarakan keprihatinan mereka yang berbeda kepada semua pemirsanya.

Sedangkan website, di sisi lain, terdiri dari konten yang disajikan di halaman statis. Pemilik website statis jarang memperbarui halaman mereka. Sebaliknya, pemilik blog terus memperbarui situs mereka dengan postingan blog baru secara teratur.

Dari perspektif pengunjung, konten di website biasanya tidak akan berubah dari satu kunjungan ke kunjungan berikutnya. Untuk konten di blog, mereka memiliki potensi untuk menawarkan sesuatu yang baru setiap hari, minggu, atau bulan. Tergantung pada jadwal penerbitan pemilik blog.

Kenapa Blogging Menjadi Populer?

Membahas mengenai blog, perlu kalian ketahui bahwa, blog tumbuh setiap hari bahkan setiap jam dan menit, blog di dunia ini terus bermunculan! Oleh Karenanya, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu melihat faktor di balik munculnya kata blogging.

Pada tahap awal munculnya blog, kata “blog” ini langsung menjadi mainstream, karena layanan berita mulai menggunakannya sebagai alat untuk penjangkauan dan pembentukan opini. Itu menjadi sumber informasi baru. Melalui blogging, perusahaan membuat Klien dan Pelanggan selalu tahu tengtang pembaruan dan Update mereka. Semakin banyak orang mengunjungi blog Anda, semakin banyak eksposur dan kepercayaan merek yang akan Anda dapatkan.

Personal Blog dan Niche Blogger, mereka melihat potensi untuk menjangkau lebih banyak orang yang tertarik pada topik tertentu. Melalui sebuah media blog, pengunjung pun dapat berkomentar dan berinteraksi dengan Anda atau merek Anda yang membantu Anda membuat jaringan pengikut Anda.

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapatkan uang melalui blogging? Setelah blog Anda mendapatkan perhatian dan penggemar yang cukup, Anda dapat mencari cara untuk mendapatkan uang dari blog Anda. Melalui blog, Anda dapat menawarkan layanan dan menjual produk yang terkait dengan topik atau niche blog Anda.

Kenapa Sekarang Banyak Orang Nge-Blog atau Ngeblog?

Apakah Anda ingin memiliki blog sendiri? Betul! Kebanyakan orang saat ini membuat blog karena berbagai alasan. Setiap manusia memiliki kisahnya sendiri. Karena itulah, melalui Internet, seorang blogger dapat berkomunikasi dengan sekelompok orang yang lebih besar.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Growth Hacking: Apa itu Growth Hacker? Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Strategi, Contoh dan Bagaimana Cara Memulainya?

Mengapa blogging begitu populer? Seperti yang sudah Kami singgung sebelumya, blog memungkinkan Anda untuk berbicara tentang topik apa pun dan mengekspresikan pendapat Anda. Anda akan menemukan beberapa blogger menulis pada setiap aktivitas yang terjadi pada siang hari.

Hal ini dapat berkisar dari masalah kecil seperti bangun tidur, hingga masalah besar seperti hak dan kewajiban manusia maupun perubahan iklim sekalipun! Ingatlah bahwa sebagai blogger yang menjalankan blog Anda sendiri, Anda harus bergantung pada topik yang Anda sukai dan berusaha menjadi salah satu blog terbaik di web.

Apakah Blogger Dibayar?

Blogger memang mendapatkan uang, tetapi ini bukan jenis profesi yang akan membuat Anda cepat kaya. Sebelum Anda dapat mulai memonetisasi blog Anda, Anda perlu membangun SEO (baca pengertian SEO disini) untuk peringkat di Google SERP dan pengaruh Anda. Dan hal tersebut membutuhkan banyak waktu dan konten berkualitas. Peluang menghasilkan uang tidak akan muncul sampai Anda memperoleh kredibilitas di lapangan. Jadi, terjunlah ke bisnis Anda sekarang!

Mengacu pada penjelasan pengertian blog di atas, berikut ini adalah cara Anda untuk menghasilkan uang melalui media blog:

  • Menjual ruang iklan di blog Anda secara pribadi atau melalui Google AdSense.
  • Menjadi mitra afiliasi secara pribadi atau melalui jaringan iklan.
  • Jual produk digital Anda sendiri seperti e-book dan tutorial.
  • Menjual keanggotaan untuk akses ke konten atau saran eksklusif.
  • Menggunakan blog Anda sebagai alat pemasaran konten untuk bisnis Anda.

Jika Anda memulai blog sebagai cara untuk memasarkan dan meningkatkan bisnis yang ada, Anda dapat membuat dan mulai menawarkan produk Digital Anda secara eksklusif seperti e-book (baca pengertian e-book disini), panduan, atau kursus online. Dengan begitu, Anda akan mendorong mereka satu langkah lebih jauh ke saluran penjualan Anda.

Kesimpulan

Baiklah, dari penjelasan tentang Apa Pengertian Blog, Apa itu Blog, Blogging dan Blogger? Definisi, Sejarah, Tujuan dan Struktur Dasarnya serta Perbedaannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Blog adalah jenis situs web di mana kontennya disajikan dalam urutan kronologis terbalik (konten yang lebih baru muncul lebih dulu). Konten blog sering disebut sebagai entri atau postingan, artikel dan lain sebagainya.

Blog biasanya dikelola oleh individu atau sebagian orang untuk menyajikan informasi dalam gaya menulis mereka. Kami harap Anda telah mempelajari sesuatu yang penting dalam dunia blogging. Jika Anda berhasil memulai sebuah blog maka langkah Anda selanjutnya adalah mengerjakan konten blog Anda agar pembaca di masa depan Anda puas dan menjadi terlibat. Jangan ragu untuk melihat daftar sumber daya blogging kami yang luas yang akan membantu Anda menjalankan dan mengembangkan blog baru Anda.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan kali ini yang membahas mengenai Apa Pengertian Blog, Apa itu Blog, Blogging dan Blogger? Definisi, Sejarah, Tujuan dan Struktur Dasarnya serta Perbedaannya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua dalam memahami apa itu blog. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar