Mengenal Pengertian Bing: Apa itu Bing? Sejarah, Fitur-Fitur Utama, Perbedaannya dengan Google, dan Perkembangannya dengan Teknologi AI!

Gambar Dalam Pengertian Bing Apa Itu Bing Sejarah Bing Fitur Dan Perbedaan Bing Dengan Google
Gambar Dalam Pengertian Bing Apa Itu Bing Sejarah Bing Fitur Dan Perbedaan Bing Dengan Google

Memahami Pengertian Mengenal Pengertian Bing: Apa itu Bing? Sejarah, Fitur-Fitur Utama, Perbedaannya dengan Google, dan Perkembangannya dengan Teknologi AI!

Bing bukan sekadar sebuah mesin pencari, tetapi lebih dari itu!

Secara ringkat, mereka merupakan hasil evolusi dari langkah strategis Microsoft untuk merumuskan kembali dan memperbarui pengalaman pencarian mereka.

Ini mencakup kombinasi dari fitur-fitur yang telah ada sebelumnya, yang diintegrasikan dalam satu platform (silahkan kalian baca arti dari istilah kata platform di sini) yang dirancang ulang dan kemudian diberi merek “Bing” yang keren.

Meskipun agresif dalam mempromosikan dan mengenalkannya sebagai alternatif utama bagi pengguna internet.

Sebelum Bing hadir, Microsoft memiliki dua mesin pencari dan sejumlah properti web yang masing-masing memiliki fokus yang berbeda dalam menemukan informasi.

Yup! Mereka muncul sebagai hasil dari upaya untuk menggabungkan elemen-elemen ini ke dalam satu antarmuka yang lebih terpadu dan memadukan berbagai fitur.

Namun, perlu dicatat bahwa Bing tidak hanya tentang penyediaan hasil pencarian web. Bing juga mencakup fitur-fitur lain seperti pencarian gambar, video, peta, dan bahkan integrasi dengan layanan Microsoft lainnya.

Oke, berkaitan hal tersebutlah, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara detail dan lengkap tentang apa itu Bing, pengertian, sejarah, serta hal utama lainnya.

Mari kita simak ulasannya berikut!

Pengertian Bing

Bing adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh Microsoft dan terutama dikenal sebagai situs web mesin pencari yang dapat diakses dengan mengunjungi Bing.com berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Lifewire.

Sering disebut sebagai Bing Search, meskipun terutama dikenal sebagai situs web mesin pencari yang dapat diakses melalui Bing.com, ada berbagai cara lain bagi pengguna untuk mengakses layanan pencarian web Bing.

Selain melalui situs web, mereka yang ingin menggunakan Bing dapat mengaksesnya melalui peramban web Microsoft Edge, yang terintegrasi dengan mesin pencari Bing.

Bing juga memiliki aplikasi seluler (mobile) yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian melalui perangkat ponsel mereka.

Sebagai produk Microsoft, Bing juga sering terintegrasi dengan sistem operasi Windows dan berbagai produk Microsoft lainnya, menjadikannya salah satu opsi utama bagi mereka yang mencari informasi secara daring.

Apa itu Pencarian Bing?

Gambar Pengertian Bing Apa Itu Bing Sejarah Bing Fitur Dan Perbedaan Bing Dengan Google
Gambar Pengertian Bing Apa Itu Bing Sejarah Bing Fitur Dan Perbedaan Bing Dengan Google

Jadi apa itu Pencarian Bing?

Ya, Seperti yang sudah Kami terangkan secara singkat di atas pada bagian pengertiannya, Bing merupakan mesin pencarian web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Microsoft.

Layanan ini berasal dari mesin pencari Microsoft sebelumnya yaitu MSN Search, Windows Live Search, dan kemudian Live Search.

Bing menyediakan berbagai layanan pencarian, termasuk produk pencarian web, video, gambar, dan peta.

Dalam Browser Microsoft Edge, Bing secara otomatis dapat diakses ketika Anda melakukan pencarian web menggunakan bilah pencarian Edge karena itu adalah mesin pencari default browser.

Yup, jadi, ketika Anda melakukan pencarian di Edge menggunakan bilah pencarian, Anda akan dibawa langsung ke hasil pencarian Bing.

Selain itu, mereka juga terintegrasi dengan berbagai fitur dan layanan di Microsoft Edge, seperti saran pencarian saat Anda mulai mengetik, serta tautan cepat ke berbagai halaman yang relevan dengan hasil pencarian Anda.

Integration yang keren ini membuat penggunaan Bing menjadi lebih lancar dan nyaman bagi mereka yang menggunakan Microsoft Edge sebagai peramban web pilihan mereka.

Sejarah Singkat Bing (Search Engine)

Setelah mengetahui apa itu pengertian Bing, kita tentu harus juga mengenal apa sejarahnya.

Oke, mari kita mulai begini, awalnya, Bing diumumkan pada 28 Mei tahun 2009 oleh CEO Microsoft, Steve Ballmer, dan secara resmi diluncurkan pada bulan Juli, tahun yang sama.

Bing muncul untuk menghadapi Live Search dan MSN Search, dengan tujuan untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik dan mengatasi beberapa keterbatasan yang ada pada mesin pencari sebelumnya.

Untuk meningkatkan transisi yang lancar, Microsoft membeli Powerset, perusahaan yang mengembangkan mesin pencari bahasa organik untuk ruang internet, pada tahun 2008.

Hal ini membantu Bing dalam mengintegrasikan teknologi pencarian yang lebih canggih, seperti pemahaman bahasa alami (dengan teknologi Natural Language Processing atau NLP) dan hasil pencarian yang lebih kontekstual.

Pada tahun-tahun berikutnya, Bing terus mengalami perkembangan dan peningkatan.

Meskipun Bing masih memiliki persaingan yang signifikan dengan Google, namun layanan ini berhasil mengumpulkan basis pengguna yang cukup besar dengan peningkatan kontinu dalam kualitas hasil pencariannya.

Baca Juga :  Digital System: Pengertian, Apa itu Sistem Digital? Tujuan dan Fungsi, Manfaat, Contoh serta Perbedaannya dengan Analog System!

Jika kita melihat harga pasar saham Bing, cukup jelas bahwa itu tidak jauh berada di belakang dari saingan terdekatnya, Google.

Meskipun Google tetap menjadi pemain dominan dalam pasar pencarian, Bing telah berhasil menjadi salah satu alternatif yang populer, terutama di antara pengguna produk-produk Microsoft seperti Windows dan Microsoft Edge.

Seiring berjalannya waktu, Bing terus melakukan inovasi dan pengembangan untuk menjaga daya saingnya dalam dunia pencarian web yang terus berkembang hingga seperti sekarang ini di tahun 2024 di mana perkembangannya sudah mendukung teknologi chatbot seperti ChatGPT.

Fitur-Fitur Utama Bing

Setelah mengetahui apa itu pengertian Bing dan sejarah singkatnya di atas, pastinya kita juga perlu untuk mengetahui fitur utama yang mereka tonjolkan.

Adapun beberapa fitur-fitur utama Bing yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

a. Gambar Latar Belakang Bing

Fitur utama yang pertama yaitu gambar latar belakang Bing.

Ya! Kami tidak dapat mengabaikan antarmuka pengguna intuitifnya yang menarik banyak perhatian dari penggunanya, dan inilah alasannya, Bing memiliki gambar latar belakang yang indah yang berubah setiap hari.

Beraneka ragam gambar ditampilkan untuk memberikan gambaran tentang apa yang dapat dilihat oleh pengguna.

Sebagai contoh misalnya, Bing menunjukkan gambar latar belakang orang-orang, tempat-tempat petualang seperti gunung, kehidupan laut, atau bahkan kota-kota populer.

Anda dapat dengan mudah memanfaatkan gambar-gambar ini dengan mengatur dengan apa yang paling Anda sukai sebagai latar belakang desktop Anda.

b. Bing Rewards

Bing Rewards diluncurkan kembali pada tahun 2010.

Sangat mengesankan bagaimana Bing memasukkan ini sebagai bagian dari persamaan, di mana sepertinya Bing sadar dan murah hati bagi penggunanya.

Sederhananya, pengguna dapat memperoleh kredit setiap kali mereka mencari dengan Bing sebagai insentif untuk terus menggunakan mesin pencari.

Strategi ini telah sangat meningkatkan pangsa pasar Bing, tepatnya, di AS.

Benar! Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke akun Microsoft Anda melalui PC atau tablet.

Dari titik ini, Anda mendapatkan akses ke jumlah poin yang dapat ditukarkan.

Selain itu, yang lebih menarik adalah Aplikasi Bing yang tersedia di toko Apple dan Google Play.

Dengan menggunakan Aplikasi ini, Anda dapat mencari apa saja dan mendapatkan poin dengan kenyamanan ponsel Anda.

c. Tingkat Loyalitas Bing Rewards

Fitur utama selanjutnya yaitu seperti tingkat loyalitas Bing Rewards.

Mesin pencari memiliki formula sistematis untuk memberikan kembali kepada penggunanya.

Cukup jelas bahwa level paling atas datang dengan jumlah hadiah terbanyak.

Level entri yang merupakan paket “Anggota”, dapat diakses oleh semua pengguna baru yang tinggal di AS dan berusia di atas 13 tahun.

Perlu dicatat bahwa pengguna dibatasi hanya untuk satu akun anggota.

d. Pencarian Visual Bing

Pencarian visual Bing adalah salah satu fitur yang cenderung sangat futuristik.

Jadi, inilah kemampuannya.

Anda sebenarnya dapat mengambil foto masalah matematika, atau suku cadang kendaraan tertentu, dan mencari untuk mendapatkan hasil yang paling otentik dan pasti.

Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan gambar untuk mencari apa saja di Bing.

Yang penting, mesin pencari yang mendalam membawa pengalaman baru tentang kontrol privasi di tangan pengguna.

Anda dapat mengaktifkan mode pribadi untuk menyembunyikan semua pencarian pribadi Anda dari riwayat browser Anda.

e. Bing Timeline

Bing Timeline adalah fitur yang memfilter hasil untuk menampilkan informasi penting kepada Anda melalui garis waktu yang terinci dengan baik.

Algoritma Bing menghasilkan timeline (baca penjelasan arti dari timeline di sini) tentang kepribadian terkenal dan menangkap semua pencapaian mereka dengan cara yang rumit.

Contohnya sebagai ilustrasi, Jika Anda mencari nama-nama ikonis individu, misalnya, dari latar belakang atletik, Bings menjabarkan daftar lengkap semua pencapaian mereka di sepanjang perjalanan karier mereka.

f. Video Pop-out Hover

Lalu, ada juga vitur Video Pop-out Hover.

Ya! Fitur luar biasa lainnya yang mengungkap pengalaman atau UX (User Experience) yang mulus saat mencari video di Bing.

Biasanya, Bing menampilkan video resolusi tinggi dari platform populer seperti YouTube, MTV, Hulu, CBS, dan MSN.

Sistem navigasinya pun cukup fleksibel dan mudah digunakan saat memeriksa pratinjau.

Bing memiliki filter pencarian canggih yang memungkinkan pengguna untuk mengklasifikasikan video berdasarkan tanggal, resolusi, sumber, atau panjangnya.

Kami pribadi tentunya tidak dapat mengabaikan mode pratinjau Bing yang memungkinkan pengguna memiliki cuplikan singkat konten dalam video.

g. Bing Ads (Iklan)

Selanjutnya adalah Bing Ads (iklan).

Sepertinya Microsoft waspada dan mengetahui semua tren saat ini.

Dengan prevalensi iklan Google di begitu banyak halaman web, ini adalah semacam panggilan kebangkitan untuk Microsoft.

Untuk mendapatkan landasan yang stabil di industri ini, Microsoft Advertising menjadi pusat perhatian.

Iklan berbayar membantu Anda menjangkau jaringan online dengan cara yang cerdas dan berpengetahuan luas.

Baca Juga :  Pengertian FaaS (Function As A Service): Prinsip, Jenis, Perbedaannya

Menguntungkannya, periklanan Microsoft memungkinkan pengguna untuk mengimpor kampanye lain seperti Iklan Google dengan cara yang sederhana.

h. Integrasi Bing

Terakhir, fitur penting yang menjadikan alat pencarian alternatif terbaik ini sangat kuat yaitu integrasi Bing.

Saat ini, Bing membagi hasil pencarian untuk memiliki bagian yang mencantumkan sejumlah teman Facebook yang dapat mencerahkan pengguna lebih banyak tentang kueri.

Selain itu, Windows 10 menggunakan “Smart Search” Bing untuk menampilkan hasil untuk semua permintaan yang dikirimkan melalui Internet pada Windows Start Screen.

Benar! Itu belum semuanya, masih ada lagi integrasi Bing lainnya.

Kembali pada tahun 2013, Apple yang tak terduga untuk menyingkirkan Google dan membuat hubungan dekat dengan Bing adalah awal dari babak baru untuk mesin pencari.

Namun, hal ini karena mereka kompatibel dengan perangkat yang menggunakan iOS 7 dan di atasnya.

Perbedaan Bing dengan Google

Sebagaimana yang sudah Kami jelaskan di atas, dalam penjelasan apa itu pengertian, sejarah, dan beberapa fitur utamanya di atas, Bing merupakan alat mesin pencari yang dimiliki oleh Microsoft.

Alat pencarian ini menampilkan hasil yang akurat berdasarkan permintaan pencarian pengguna.

Mereka juga menetapkan beberapa layanan pencarian.

Key atau kunci di antara mereka termasuk hasil web, gambar, video, dan peta.

Bing sangat terkenal karena kemampuan listing Bing yang dapat memberi Anda hasil yang komprehensif tentang semua restoran di sekitar blok Anda.

Baik Bing dan Google adalah mesin pencari yang melakukan salah satu tugas paling dasar dari web Browser sehari-hari, tetapi bagaimana mereka berdua dapat berbeda satu sama lain? Berikut ini adalah empat perbedaan utama mereka.

a. Tampilan dan Antarmuka Sistem

Pertama mari kita mulai dengan perbedaan pada tampilan dan antarmuka sistem.

Perbedaan antara Bing dan Google segera terlihat hanya berdasarkan antarmuka masing-masing.

Halaman pencarian utama Google terkenal dengan desain sederhana dan minimal, sedangkan Bing adalah kebalikannya, seringkali dipenuhi dengan fotografi yang indah dan tautan ke berita terbaru.

Bing masih memiliki bilah pencarian sederhana, mudah ditemukan, tetapi tidak di tengah-tengah halaman web seperti bilah pencarian Google.

b. Kualitas Hasil Pencarian

Perbedaan penting selanjutnya yaitu pada kualitas hasil pencarian.

Sebagian besar, konsensusnya adalah tidak ada banyak perbedaan dalam kualitas antara hasil pencarian yang dihasilkan oleh Bing dan Google.

c. Opsi Pencarian Lanjutan

Kemudian, ada disparitas pada opsi pencarian lanjutan.

Baik Bing maupun Google menyediakan opsi pencarian dan filter canggih untuk mempersempit hasil pencarian, tetapi opsi dan filter lanjutan Google lebih mudah ditemukan daripada Bing.

d. Program Penggunaan Insentif dan Reward

Terkahit, yaitu program penggunaan insentif dan reward.

Meskipun ada program reward yang memungkinkan Anda menerima hadiah atau uang untuk pencarian Google sehari-hari Anda, Bing tampaknya memiliki program hadiah yang paling dapat diandalkan bagi mereka yang ingin mendapatkan uang dari hasil pencarian web mereka.

Ini terutama terjadi karena program reward atau hadiah Bing, Microsoft Rewards, secara langsung terkait dengan Microsoft.

Bing Vs Google, Mana yang Lebih Bagus?

Baik, jadi jika dihadapkan dengan mesin pencari terbaik (saat ini) Google, mana yang lebih baik antara Bing dengan Google?

Oke, untuk ini sebelumnya perlu Kami arahkan terlebih dahulu agar kalian membaca referensi tentang penjelasan apa itu pengertian Google di sini.

Bing Vs Google adalah pertempuran tanpa akhir di mana setiap pesaing menunjukkan kekuatan, kecakapan, dan kecerdasannya tersendiri.

Pada contoh pertama, masuk akal untuk menyatakan bahwa keduanya luar biasa dengan caranya sendiri.

Tapi karena Bing adalah topik yang Kami bahas kali ini, mari kita lihat bagaimana hal itu terbukti melampaui Google.

Untuk memulai, kapasitas prediksi Bing adalah satu hal untuk dilebihkan.

Secara khusus, ini menunjukkan kecerdasannya yang tajam seperti memprediksi biaya penerbangan.

Untuk tingkat yang lebih besar, ini memprediksi apakah biaya penerbangan akan meningkat.

Selain itu, Anda bisa membuat perbandingan dengan perusahaan penerbangan lain untuk memutuskan maskapai yang paling cocok dan waktu untuk membeli tiket.

Untuk diperdebatkan, membuat pilihan antara Bing dan Google mempersempit preferensi pribadi.

Jika Anda lebih tertarik pada pencarian gambar dan video, Bing cenderung sangat kompeten dalam hal itu.

Di sisi lain, Google mendominasi dengan selisih yang signifikan karena memiliki YouTube.

Hal itu tidak berarti bahwa Bing tidak membantu pencarian video.

Faktanya, tata letak unik dari gambar mini video yang memainkan pratinjau hasil tertentu adalah salah satu fitur spektakuler yang sangat diandalkan.

Menggunakan Pencarian Mobile dengan Aplikasi Pencarian Bing

Gambar Screenshoot Aplikasi Mobile Atau Smartphone Bing Dalam Mengenal Apa Itu Pengertian Bing
Gambar Screenshoot Aplikasi Mobile Atau Smartphone Bing Dalam Mengenal Apa Itu Pengertian Bing


Untuk lebih memahami Bing, fitur, pengertian, dan arti berdasarkan penguraian defininya di atas, jika Anda merasa perlu melakukan sebagian besar pencarian web di perangkat seluler, cobalah aplikasi pencarian Bing secara langsung.

Yup! Aplikasi yang bernama “Bing Search” ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Smartphone: Apa itu Ponsel Cerdas? Menurut Ahli, Sejarah, Jenis, Macam-Macam OS, dan Fiturnya + Pembahasannya!

Aspek mesin pencari dari aplikasi ini masih memberikan kualitas hasil pencarian yang sama dengan situs web utama Bing, tetapi aplikasi seluler Bing menawarkan beberapa fitur penting seperti Near Me, Fun, dan Gas:

  • Near Me; Ketuk ini dan Bing akan secara otomatis mengisi daftar restoran berperingkat tinggi di dekat Anda dan daftar objek wisata lokal untuk dikunjungi.
  • Fun (Hiburan); Bing akan menampilkan sejumlah game yang Mobile Friendly atau ramah mobile yang menyenangkan dan kuis yang bisa Anda gunakan.
  • Gas; Bing akan secara otomatis menghasilkan daftar pompa bensin terdekat dengan alamatnya dan harga bensin terbaru.

Bing dan Google mungkin mesin pencari paling terkenal di dunia, tetapi mereka bukan satu-satunya.

Betul! Masih ada banyak lagi mesin pencari web hebat lainnya seperti DuckDuckGo dan Dogpile.

Bing dengan Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan

Oke, khusus buat kalian yang penasaran dengan perkembangannya, khususnya pada bidang teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, perlu kalian ketahui bahwa di sini Kami juga akan menguraikan sedikit terkait itu.

Perkembangan Bing dengan teknologi AI (khususnya seperti implementasi kemampuan ChatGPT) dibandingkan dengan mesin pencari lainnya mencakup:

  1. Pengembangan Bing dengan ChatGPT; Bing dapat memanfaatkan teknologi seperti ChatGPT untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna melalui fitur pencarian berbasis teks atau bahasa alami. Dengan memadukan ChatGPT, Bing dapat memberikan jawaban yang lebih kontekstual dan relevan terhadap pertanyaan pengguna, membantu mereka mendapatkan informasi dengan lebih cepat dan efektif.
  2. Peningkatan Pengalaman Pencarian; Dengan integrasi teknologi ChatGPT, Bing dapat memberikan pengalaman pencarian yang lebih personal dan berorientasi pada konteks. Meskipun ChatGPT tidak secara langsung adalah mesin pencari, ia dapat berperan dalam menyajikan jawaban dan informasi yang lebih mendalam dalam interaksi dengan pengguna.
  3. Kompleksitas Pencarian yang Lebih Tinggi; Dalam beberapa kasus, pencarian tidak hanya tentang menemukan informasi tetapi juga memahami konteks yang lebih luas. ChatGPT dapat membantu Bing dalam memahami pertanyaan yang lebih kompleks, yang mungkin melibatkan analisis teks, sintesis informasi, dan pemahaman konteks yang lebih dalam.

Kesimpulan

Baiklah, di atas merupakan penjelasan mengenai apa itu Pengertian Bing, Apa itu Pencarian Bing, Sejarah, Fitur dan Perbedaan Bing dengan Google yang dapat kita baca dan pahami.

Secara keseluruhan, dapat kita pahami dan simpulkan bahwa Bing adalah sebuah mesin pencari yang dikembangkan dan dioperasikan oleh Microsoft, yang muncul sebagai hasil evolusi dari mesin-mesin pencari sebelumnya yang mereka miliki, seperti Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Meskipun mungkin tidak sepopuler Google, Bing memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik dan lebih kontekstual bagi penggunanya serta kini mulai mendapat perhatian dari masyarakat luas dengan perkembangan penerapat teknologi Artificial Intelligence (AI) di dalamnya.

Yup! Mesin pencari ini menggunakan lebih dari 1.000 sinyal yang beragam untuk mengurutkan halaman web dalam hasil pencarian atau Search Engine Results Page (SERP), memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang relevan dan bermanfaat.

Selain pencarian web standar, Bing juga menyediakan berbagai fitur dan layanan tambahan seperti pencarian video, gambar, dan peta.

Meskipun persaingan dengan Google tetap ada dan tidak mungkin berakhir, Bing telah berhasil membangun pangsa pasar yang signifikan, terutama di kalangan pengguna produk-produk Microsoft, dan terus melakukan inovasi dalam upayanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih berkualitas dan kontekstual.

Penutup

Demikianlah postingan dan beberapa penguraian dapat Kami sampaikan di sini tentang apa itu Pengertian Bing, Apa itu Pencarian Bing, Sejarah, Fitur dan Perbedaan Bing dengan Google dan Bagaimana Cara Menggunakan Pencarian Mobile dengan Aplikasi Pencarian Bing.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan di sini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi internet dan komputer.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami di sini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Postingan ini juga tersedia dalam versi:


Tinggalkan Komentar