Memahami Pengertian Google: Apa itu Google? Sejarah, Tujuan dan Manfaatnya!

0
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Google Sejarah Google Tujuan Manfaat Dan Fitur Serta Cara Membuka Google
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Google Sejarah Google Tujuan Manfaat Dan Fitur Serta Cara Membuka Google

Tahukah kalian apa itu pengertian Google? Google adalah mesin pencari Internet. Ini menggunakan Algoritma kepemilikan yang dirancang untuk mengambil dan memesan hasil pencarian untuk menyediakan sumber data yang paling relevan dan dapat diandalkan. Misi perusahaan Google adalah untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat. Google adalah mesin pencari No.1 di dunia, posisi yang telah menimbulkan kritik dan kekhawatiran tentang kekuatan yang dimilikinya untuk mempengaruhi aliran informasi di Web.

Mesin pencari Google sangat dominan sehingga istilah Google, sehingga Kata Google juga dapat digunakan sebagai kata kerja, sehingga ketika seseorang mencari sesuatu di Google, mereka dapat mengatakan bahwa mereka “Googled” atau seperti perintah Google it.

Pengertian Google

Pengertian Google adalah mesin pencari yang dapat digunakan untuk menemukan berbagai informasi seperti situs web, gambar, peta atau bahkan hanya jawaban untuk petunjuk teka-teki silang yang sederhana sekalipun berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Digitalunite.

Google menggunakan program komputer yang disebut “Perayap Web” atau Web Crawler yang juga dikenal dengan BOT dari Google yang melihat miliaran situs web yang tersedia di WWW (World Wide Web) dan memeriksa konten mereka untuk menemukan “kata kunci” atau yang biasa disebut dengan Keyword. Kemudian indeks ini untuk membuat situs web lebih mudah untuk menemukan mesin pencari. Jadi, jika Anda mengetikkan kata “Blog Belajar Teknologi Informasi” di kotak pencarian, sebagai contoh, Google akan menunjukkan kepada Anda semua situs web dengan informasi Teknologi.

Sejarah Awal Google

Setelah mengetahui apa itu pengertian Google di atas, kita juga harus mengetahui apa sejarah Google ini. Google, awalnya dikenal sebagai BackRub. Google yang merupakan mesin pencari yang memulai pengembangan pada tahun 1996 oleh Sergey Brin dan Larry Page sebagai proyek penelitian di Stanford University untuk menemukan file di Internet. Larry dan Sergey kemudian memutuskan nama mesin pencari mereka perlu diubah dan diputuskan menjadi Google, yang terinspirasi dari istilah Googol. Perusahaan Google saat ini berbasis di Mountain View, California.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Software Development: Tujuan dan Cara Kerjanya

Sejarah Dimulainya Google

Berdasarkan sejarah awal Google dan apa itu pengertian Google di atas. Selanjutnya, Domain google.com kemudian didaftarkan pada 15 September 1997, dan perusahaan tersebut didirikan pada 4 September 1998. Gambar Kami di atas adalah tangkapan situs dari The Internet Archive dari apa yang tampak seperti Google pada tahun 1998. Pada 10 Agustus Tahun 2015, Google kemudian menjadi perusahaan Alphabet.

Apa yang membuat Google menonjol dari kompetisinya dan membantunya terus tumbuh dan menjadi mesin pencari nomor satu adalah teknik PageRank yang menyortir hasil pencarian. Sementara menjadi salah satu mesin pencari terbaik di Internet, Google juga menggabungkan banyak layanan lainnya, seperti Google Maps dan Google Local, untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan.

Tujuan Google

Gambar Apa Itu Pengertian Google Sejarah Google Tujuan Manfaat Dan Fitur Serta Cara Membuka Google
Gambar Apa Itu Pengertian Google Sejarah Google Tujuan Manfaat Dan Fitur Serta Cara Membuka Google

Mengacu pada pengertian Google dan Sejarah Awal dan Dimulainya Google di atas, sebagai sebuah perusahaan, Misi Google adalah “Untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat secara universal”. Seperti yang kita ketahui Google mendominasi 75% pasar pencarian online. Setiap bulan jutaan pengguna unik melakukan milyaran pencarian. Sebagai pengguna, Kita tahu apa tujuan kita saat mengetik sesuatu di Google. Tapi apa sebenarnya tujuan Google sebelum dan sesudah kita klik untuk mencari? baiklah berikut adalah uraian tujuan dari Google secara detail.

Tujuan Utama Google adalah untuk menyediakan kepada pengguna hasil yang paling relevan, kualitas tertinggi berdasarkan permintaan pencarian pengguna, yaitu keinginan dan kebutuhan mereka saat melakukan pencarian online. Google harus mempercayai situs web atau bisnis sebelum peringkat itu secara organik.

1. Tujuan Google: Memberikan Hasil Pencarian Terbaik

Jadi apa tujuan Google? Tujuan Google adalah untuk memberikan hasil terbaik untuk permintaan Anda. Google secara universal dikenal sebagai tempat untuk mencari informasi. Jawaban, fakta, arah, produk, layanan dan informasi yang tampaknya tak terbatas di ujung jari kita. Kata “Google” bahkan dikategorikan sebagai kata kerja oleh Oxford English Dictionary pada tahun 2006. Untuk yang terbaik dari kemampuannya, Google menunjukkan kepada kita apa yang kita minta ketika kita memintanya.

Mengapa Google memberi kami jawaban instan untuk pertanyaan kami? Dan untuk itu, bagaimana kita tahu bahwa jawaban yang diberikan oleh Google adalah jawaban yang kita cari? Sederhananya dari perilaku dan algoritma pengguna. Algoritma Google menyaring melalui Database besar yang diisi dengan jutaan situs web, tautan, direktori, dan publikasi. Untuk memaksimalkannya para Webmaster sering menyebutnya dengan SEO (Search Engine Optimization). Selain itu, ada faktor-faktor lain yang ikut berperan, silahkan baca Faktor Penting SEO Google 2019 untuk Peringkat #1.

Baca Juga :  Pengertian Grid System: Sejarah dan Jenisnya dalam Graphic Design

2. Tujuan Google: Maksimalkan UX

Seperti yang Kami sebutkan pada pembahasan apa itu Google di atas, Google tidak hanya mengandalkan algoritma yang tidak dapat dipahami. Banyak dari kegiatan harian yang kita masing-masing terlibat dalam online memainkan peran penting dalam bagaimana mesin pencari menentukan peringkat. Itu mengenali bagaimana kita berinteraksi, apa yang kita klik, apa yang kita bagi, dan yang paling penting, apa yang tidak kita butuhkan.

Selain itu, orang yang berbagi dan merekomendasikan konten online adalah tekad lain. Jenis perilaku pengguna ini mirip dengan para peneliti yang mengutip karya-karya lain dan sumber-sumber utama dalam daftar pustaka. Perilaku pengguna, serta UX (User Experience) atau pengalaman pengguna, memiliki dampak yang signifikan terhadap bagaimana Google mencapai tujuannya dalam menyediakan hasil pencarian berkualitas tinggi.

3. Tujuan Google: Menghilangkan Konten Berkualitas Rendah dari SERP

Google terus memperbarui algoritma untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berkembang serta menghabisi SEO yang tidak wajar atau yang sering disebut dengan Black-Hat SEO. Selama lima tahun terakhir, Kami sendiri telah melihat perubahan algoritma Google yang paling signifikan. Perubahan ditujukan untuk meningkatkan hasil pencarian sehingga konten yang terbaik dan paling relevan mendapatkan paparan yang layak.

Dengan pembaruan ini, Google juga bermaksud untuk menghilangkan konten berkualitas rendah dari hasil pencarian. Situs web akan dihukum atau diberikan Penalti jika mereka gagal mengikuti pedoman kualitas.

Manfaat dan Fitur Utama Google

Berdasarkan pembahasan apa itu pengertian Google, Sejarah dan Tujuan Google di atas, berikut ini adalah apa manfaat dan fitur Utama dari Google:

  • Kotak Pencarian atau Search Box; Ketika Anda membuka dan mulai menggunakan Google, di halaman depan mereka, ada kotak pencarian sederhana tempat Anda bisa mengetik pertanyaan.
  • Jawaban; Jawaban diberikan hampir secara instan.
  • Kategori Pencarian; Anda dapat memilih untuk mencari situs web, gambar, berita, peta, dan banyak lagi.
  • Google Auto Complete; Google Auto Complete akan membuat saran untuk istilah pencarian alternatif jika Anda salah mengeja kata atau nama.
  • Anda dapat melakukan pencarian di berbagai macam negara selain Indonesia atau di seluruh dunia.
Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Parse: Apa Itu Parser? Tujuan dan Cara Kerjanya

Fitur Keamanan Google

Selain dari manfaat dan fitur utama Google di atas, berikut ini adalah fitur-fitur keamanan Google:

  • SafeSearch untuk Filter Pencarian; Anda dapat mengaktifkan ini untuk memfilter konten dewasa
  • Incognito; Anda dapat menjelajahi web secara pribadi
  • Membatasi akses ke Aplikasi dan game yang baru di-approve di tablet Anda

Google juga telah membuat dan memiliki browser mereka sendiri, yaitu Google Chrome. Perusahaan ini memiliki sisi komersial yang sangat besar, membuat dan menempatkan iklan yang sering Anda lihat di situs web. Selain itu, ada juga Google Analytics yang merupakan layanan gratis yang dapat memberikan sejumlah besar informasi tentang cara kerja situs web.

Cara Membuka Google

Gambar Bagaimana Cara Membuka Dan Mencari Situs Website Google Dalam Pengertian Google
Gambar Bagaimana Cara Membuka Dan Mencari Situs Website Google Dalam Pengertian Google

Selain memahami apa itu pengertian Google, Sejarah dan Tujuan Google, terkait hal ini banya orang-orang awam yang masih bingung bagaimana cara membuka Google. Untuk membuka dan mulai menggunakan Google sebagaimana gambar Kami di atas, Anda dapat membuka Web Browser Anda, lalu kemudian menuliskan pada bagian atas URL dengan:

https://www.google.com/

Atau, khusus untuk Indonesia dengan membuka:

https://www.google.co.id/

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan mengenai apa itu pengertian Google, Sejarah Google, Tujuan dan Manfaat serta Fitur Google di atas, dapat Kami simpulkan bahwa Google adalah sebuah perusahaan Internet, Google dinamai setelah nama dalam istilah matematika Googol, Istilah “Googol” didefinisikan sebagai nilai yang diwakili oleh yang diikuti oleh 100 nol. Google adalah mesin pencari Internet terkemuka, layanan utamanya adalah menawarkan hasil pencarian yang ditargetkan kepada konsumen yang dipilih dari lebih dari 8 miliar web Larry Page dan Sergey Brin, keduanya yang berhenti sekolah di Stanford itu, menciptakan Teknologi pencarian Google dari proyek sekolah.

Ketika Google memasuki pasar pencarian online, Yahoo lah yang memimpin pasar dalam Internet. Dalam rentang waktu singkat, Google telah menjadi mesin pencari terbaik dengan memotong pangsa pasar Yahoo dan yang lainnya.

Penutup

Demikainlah apa yang dapat Kami sampaikan kali ini tentang Apa itu Google? Pengertian Google, Sejarah Google, Tujuan Google, Manfaat dan Fitur serta Cara Membuka Google yang dibahas secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar