Pengertian UX (User Experience): Dasar, Faktor dan Bedanya dengan UI

0
Ilustrasi Gambar Pengertian UX (User Experience)
Ilustrasi Gambar Pengertian UX (User Experience)

Pengertian UX (User Experience)

Apa itu UX (User Experience) atau Pengalaman Pengguna? Pengertian UX (User Experience) adalah tentang bagaimana perasaan orang tentang menggunakan suatu sistem. Pengalaman pengguna menyoroti aspek pengalaman, afektif, bermakna dan berharga dari interaksi manusia-komputer (HCI) dan kepemilikan produk, tetapi juga mencakup penggunaan dan efisiensi sistem. User Experience (UX) bersifat subyektif, karena ini tentang kinerja individu, perasaan dan pemikiran tentang sistem. Pengalaman pengguna adalah dinamis, karena itu berubah seiring waktu seiring perubahan situasi.

Pengertian UX (User Experience) Menurut Para Ahli

Ada banyak definisi untuk pengalaman pengguna. Di bawah kumpulan definisi ditemukan dari literatur dan di Web.

1. Alben (1996)

Menurut Alben (1996) pengertian UX (User Experience) adalah semua aspek tentang bagaimana orang menggunakan produk interaktif bagaimana rasanya di tangan mereka, bagaimana perasaan mereka, bagaimana perasaan mereka tentang hal itu ketika mereka menggunakannya, bagaimana itu melayani tujuan mereka, dan seberapa baik itu cocok dengan keseluruhan konteks di mana mereka menggunakannya.

2. Grup Nielsen-Norman

Menurut mereka pengertian UX (User Experience) adalah semua aspek interaksi pengguna akhir dengan perusahaan, layanan, dan produknya. Persyaratan pertama untuk pengalaman pengguna yang patut dicontoh adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tepat, tanpa repot atau repot. Berikutnya adalah kesederhanaan dan keanggunan yang menghasilkan produk yang menyenangkan untuk dimiliki, kesenangan untuk digunakan. Pengalaman pengguna yang sebenarnya jauh melebihi memberi pelanggan apa yang mereka inginkan, atau menyediakan fitur daftar periksa. Untuk mencapai pengalaman pengguna yang berkualitas tinggi dalam penawaran perusahaan, harus ada penggabungan yang mulus dari layanan berbagai disiplin ilmu, termasuk teknik, pemasaran, desain grafis dan industri, dan desain antarmuka.

Baca Juga :  CSS Adalah: Pengertian, Penggunaan dan Cara Menerapkan CSS

3. Shedroff

Menurut Shedroff pengertian UX (User Experience) adalah pengalaman keseluruhan, secara umum atau spesifik, pengguna, pelanggan, atau anggota audiens memiliki produk, layanan, atau acara. Di bidang Kegunaan, pengalaman ini biasanya didefinisikan dalam hal kemudahan penggunaan. Namun, pengalaman itu mencakup lebih dari sekadar fungsi dan aliran, tetapi pemahaman yang disusun melalui semua indera.

4. UPA

Menurut UPA pengertian UX (User Experience) adalah setiap aspek interaksi pengguna dengan produk, layanan, atau perusahaan yang membuat persepsi pengguna secara keseluruhan. Desain pengalaman pengguna sebagai bentuk antarmuka, termasuk tata letak, desain visual, teks, merek, suara, dan interaksi. UE berupaya mengoordinasikan interaksi terbaik yang mungkin dilakukan oleh pengguna.

5. UXnet.org dan Interaction-Design.org

Menurut UXnet.org dan Interaction-Design.org pengertian UX (User Experience) atau Pengalaman Pengguna (disingkat: UX) adalah kualitas pengalaman yang dimiliki seseorang ketika berinteraksi dengan desain tertentu.


6. Mäkelä & Fulton Suri (2001)

Menurut Mäkelä & Fulton Suri (2001), pengertian UX (User Experience) adalah Hasil dari tindakan yang termotivasi dalam konteks tertentu. Pengalaman pengguna sebelumnya dan mempengaruhi ekspektasi pengalaman saat ini; pengalaman saat ini mengarah pada lebih banyak pengalaman dan harapan yang dimodifikasi.

7. Hassenzahl & Tractinsky (2006)

UX (User Experience) Konsekuensi dari keadaan internal pengguna (kecenderungan, harapan, kebutuhan, motivasi, suasana hati, dan lainnya.), Karakteristik sistem yang dirancang (misalnya kompleksitas, tujuan, kegunaan, fungsi, dan lainnya.) Dan konteks (atau lingkungan) dalam di mana interaksi terjadi (misalnya pengaturan organisasi/sosial, kebermaknaan kegiatan, kesukarelaan penggunaan, dan lainnya.)

Dasar UX (User Experience)

Pengalaman pengguna (UX) berfokus pada memiliki pemahaman yang mendalam tentang pengguna, apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka hargai, kemampuan mereka, dan juga keterbatasan mereka. Ini juga memperhitungkan tujuan dan sasaran bisnis kelompok yang mengelola proyek. UX mempromosikan praktik terbaik yang meningkatkan kualitas pengguna.

Baca Juga :  Pengertian Smart Home: Perkembangan dan Manfaatnya Secara Lengkap

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi UX

Inti dari UX adalah memastikan bahwa pengguna menemukan nilai dalam apa yang Anda berikan kepada mereka. Peter Morville mewakili ini melalui Pengalaman Pengguna Honeycomb, dia mencatat bahwa agar ada pengalaman pengguna yang bermakna dan berharga, informasi harus:

  • Berguna; Konten Anda harus orisinal dan memenuhi kebutuhan
  • Dapat Digunakan; Situs harus mudah digunakan
  • Diinginkan; Gambar, identitas, merek, dan elemen desain lainnya digunakan untuk membangkitkan emosi dan penghargaan
  • Dapat Ditemukan; Konten harus dinavigasi dan dapat ditemukan di tempat dan di luar lokasi
  • Diakses; Konten harus dapat diakses oleh para penyandang cacat
  • Kredibel; Pengguna harus percaya dan percaya pada apa yang Anda katakan kepada mereka

Perbedaan antara UX (User Experience) dan UI (User Interface)

Ilustrasi Gambar Pengertian UX (User Experience)
Ilustrasi Gambar Perbedaan UX (User Experience) dengan UI (User Interface)

Mengacu pada pengertian UX (User Experience) tanpa menyebutkan UI, atau antarmuka pengguna. Keduanya sering campur aduk, atau bahkan disatukan sebagai disiplin yang sama. Ada analogi yang bagus untuk membantu menjelaskan perbedaan. Bayangkan tubuh manusia, tulang adalah kode, UX adalah segalanya internal yang membuat tubuh berfungsi dengan baik, dan UI adalah segalanya di luar yang membuat tubuh terlihat bagus dan menarik.

UI berfokus pada bagaimana produk terlihat dan beroperasi. Ini mencakup semuanya, mulai dari merancang aliran navigasi website, hingga desain visualnya. Namun UX, mengambil desain itu dan memastikannya beresonansi dengan pengguna, berdasarkan elemen-elemen dari honeycomb UX (User Experience) .

Karena keduanya berinteraksi sangat dekat satu sama lain dan sering disalahpahami, banyak organisasi kehilangan manfaat karena mendedikasikan para praktisi di setiap bidang dan sesuatu yang oleh banyak profesional UX (User Experience) percaya adalah kebutuhan untuk UX (User Experience) yang hebat.

Baca Juga :  5 Statistik Blog yang Harus Diukur untuk Blog Anda

Penutup

Demikianlah ulasan singkat kali ini yang membahas mengenai pengertian UX (User Experience) atau Pengalaman Pengguna dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar