Windows 11: Download, Install, Jenis Fitur, Update, Macam Requirements serta Rilisnya Terbarunya!

0
Gambar Dari Windows 11 Download Install Jenis Fitur Update Macam Requirements Serta Tanggal Rilis Terbarunya
Gambar Dari Windows 11 Download Install Jenis Fitur Update Macam Requirements Serta Tanggal Rilis Terbarunya

Windows 11, Download dan Instalasi, Jenis Fitur, Update, Macam Requirements serta Tanggal Rilis Terbarunya!

Benar, beberapa hari ini, termasuk Kami pribadi sudah menantikan pembaruan Microsoft Windows yang terbaru ini.

Meskipun kabar tentang Windows 11 telah bocor beberapa minggu sebelumnya, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan secara resmi mengumumkan Windows 11 pada tanggal 24 Juni 2021.

Yup! Kami juga memutuskan untuk menunggu hingga sekarang ini untuk menulis tentang Windows 11 yang pada dasarnya adalah Windows 10 tetapi dengan perombakan visual.

Windows 11 menghadirkan beberapa perubahan menarik termasuk bilah tugas baru (new task) dan menu mulai atau start menu-nya, pengalaman Out-Of-Box Experience (OOBE) yang dapat dikatakan benar-benar merupakan fitur baru, tampilan tugas, kontrol jepret jendela (snap controls), ikon baru, dan banyak lagi.

Oke, berkenaan dengan hal tersebutlah, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap tentang Windows 11, cara download dan installation-nya, jenis fitur, update, requirements serta kapan tanggal rilis aktualnya.

Baiklah langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini.

Windows 11 Terbaru?

Windows versi 11 terbaru, apakah sudah bisa di-download dan diinstal?

Ya, terkait hal tersebut, adapun hal pertama yang Kami perhatikan adalah angka “11” yang tertulis di wallpaper yang ditempatkan Microsoft di halaman programnya.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa dalam beberapa minggu belakang, Windows 11 ISO telah tersebar, bocor (leaked) dan dapat diunduh atau di-download dengan detail “Windows 11 Dev Build 21996.1”.

Hal itu pastinya terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar link (tautan) download atau unduhan telah dihapus, walaupun beberapa tautan masih ada jika Anda melakukan pencarian menyeluruh di Google.

Yup! Kalian juga dapat mencari file .iso Windows 11 terbaru di situs torrent untuk mengunduh dan menginstal build tersebut untuk Windows 11.

Windows 11 Download dan Installation-nya

Meskipun ada banyak orang yang sudah menunggu-nunggu dan tidak sabar tentunya untuk mengunduh Windows 11, perlu Kami tekankan disini bahwa melakukan download dan menginstal Windows 11 sekarang adalah ilegal karena belum ada rilis official dari Microsoft sendiri.

Betul! Semua tautan atau link download yang kalian temukan di mesin pencari untuk mengunduh Windows 11 sudah pasti ilegal.

Itu sebabnya dalam postingan ini Kami menyarankan Anda untuk tidak mengunduh Windows 11 sampai Microsoft secara resmi mengumumkannya dan menyediakan tautan unduhan resminya terlebih secara khusus untuk tipe tertentu dari sebuah perangkat.

Jika Anda telah mengunduh file ISO Windows 11 melalui pihak ke-3, Anda dapat menginstalnya menggunakan prosedur yang sama seperti untuk Windows 10, yaitu sebagai berikut:

  • Buat USB yang dapat di-boot menggunakan Rufus atau Yumi.
  • Boot sistem menggunakan USB bootable Windows 11.
  • Ikuti instruksi untuk menginstal Windows 11, dimana proses instalasi hampir sama dengan Windows 10.

Harap dicatat bahwa ini hanya versi dev build Windows 11 yang bocor (leaked) saja, serta tidak boleh digunakan dalam produksi.

Anda hanya boleh menginstalnya pada sistem pengujian (system testing).

Setelah menginstal Windows 11, kalian dapat memeriksa versi terbarunya dengan membuka:

Run>Winver

Dengan begitu, Anda akan menemukan bahwa Windows bernama Windows 11, yang menunjukkan bahwa ini akan menjadi versi Windows sebelas yang gambarnya dapat kalian lihat di bawah ini.

Gambar Windows 11 Detail Tentang Atau About
Gambar Windows 11 Detail Tentang Atau About

Satu hal yang perlu diperhatikan di sini yaitu jika Anda menjalankan Hyper-V di Windows 10 atau Windows Server, Windows 11 tidak akan diinstal di Hyper-V.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Data Visualization: Apa itu Visualisasi Data? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis, Macam Kategori dan Contohnya serta Kenapa itu Penting!

Yup, itu hanya akan diinstal pada mesin fisik yang sebenarnya atau pada VMware.

Hal ini karena pembatasan TPM tersebut terhadap ISO.

Windows 11 memerlukan Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0 untuk dapat diinstal pada sistem apa pun.

Jenis-Jenis Fitur Windows 11 dalam Update Terbarunya

Meskipun Kami pribadi masih belum menguji Windows 11 di sistem pengujian Kami secara keseluruhan, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa fitur yang didiskusikan orang-orang di Twitter dan melalui web.

Dalam subbagian ini, Kami juga akan menerangkan terkait apa saja jenis-jenis fitur Windows 11 dalam update terbarunya sebagai berikut.

1. OOBE Experience yang Baru

Jenis fitur terbaru Windows 11 pertama yaitu bagian OOBE experience yang baru.

Saat Anda membersihkan menginstal Windows 11, Anda akan melihat perubahan yang terbilang cukup menyegarkan di bagian antarmuka Out Of Box Experience (OOBI) mereka.

Meskipun prosesnya sama dengan Windows 10, di versi 11 ini UI atau User Interface-nya telah ditingkatkan.

Adapun satu-satunya hal yang dapat Kami katakan sedikit dipersulit Microsoft adalah menginstal Windows 11 dengan akun lokal (local account).

Microsoft akan bersikeras agar Anda harus sign-in (masuk) ke Windows 11 dengan ID Microsoft, walaupun kalian sudah menginstallnya dengan akun pengguna lokal.

Gambar Opsi Masuk Atau Sign In Option Windows 11 Terbaru
Gambar Opsi Masuk Atau Sign In Option Windows 11 Terbaru

Seperti yang dapat kalian lihat, untuk melanjutkannya pada layar mari tambahkan akun Anda, pilih akun offline dari opsi masuk.

Microsoft akan terus mengganggu Anda tentang pengalaman terbatas yang Anda miliki dengan akun offline, namun jika Anda hanya ingin menge-test-nya saja, kalian dapat melanjutkan untuk menyelesaikan proses instalasi.

2. Taskbar dan Start Menu yang Baru

Gambar Awal Atau Start Menu Terbaru Windows Sebelas
Gambar Awal Atau Start Menu Terbaru Windows Sebelas

Jenis feature selanjutnya yaitu taskbar dan start menu yang baru.

Windows 11 masuk dengan bilah tugas rata tengah dan menu awalnya juga tampil dengan rata tengah.

Betul! Ini adalah perubahan besar karena sejak Windows 3.1, dimana bilah tugas dan menu mulai selalu berada di kiri bawah secara default (atau bawaannya).

Jika Anda lebih suka dengan task bar (bilah tugas) dan menu start di sisi kiri, maka kalian Anda dapat melakukannya dengan mengubah opsi di “Settings” Windows.

Menu start Windows 11 tidak dilengkapi dengan live tiles, sebaliknya, hanya ikon saja yang dapat ditampilkan.

Anda juga dapat melakukan ping aplikasi ke menu mulai dan jika Anda ingin melihat daftar semua programnya, kalian hanya perlu menekan tombol “All apps” di sudut kanan atas start menu.

3. Tampilan Baru Task View

Gambar Desktop Task View Windows 11
Gambar Desktop Task View Windows 11

Kemudian, ada tampilan baru task view dalam Windows 11.

Yup! Pergantian tampilan tugas dengan menggunakan shortcode “Alt-Tab” kini jadi jauh lebih mudah di Windows 11.

Windows versi sebelas ini menunjukkan preview (pratinjau) langsung dari setiap jendela yang terbuka seperti yang dapat kalian lihat di bawah ini.

Gambar Task View Terbaru Windows Sebelas
Gambar Task View Terbaru Windows Sebelas

Anda dapat tab melalui setiap jendela atau memilih jendela pilihan Anda dengan menggunakan alat mouse.

Selain itu, jika Anda mengklik tombol tampilan tugas atau task view di bilah tugas (taskbar), Anda akan dapat mengatur jendela program di beberapa desktop virtual serta Anda juga dapat membuat beberapa environment atau lingkungan desktop di jendela tampilan tugas.

4. Window Snap Controls

Gambar Snap Controls Terbaru Dalam Windows Versi Sebelas
Gambar Snap Controls Terbaru Dalam Windows Versi Sebelas

Fitur baru yang ke-4 (empat) yaitu window snap controls.

Baca Juga :  Begini Cara Download Video di YouTube dengan Mudah tanpa Aplikasi!

Jika Anda memiliki monitor besar dan Anda sering bekerja dengan banyak jendela terbuka dan aktif secara bersamaan, maka fitur ini adalah sebuah keuntungan bagi Anda.

Yup!! Windows 11 hadir dengan kontrol snap default.

Jika Anda mengarahkan kursor ke tombol resizer di sebelah tombol tutup jendela aktif, itu akan menampilkan daftar perataan yang dapat Anda buat untuk mengalirkan jendela program di layar.

5. Widget

Gambar Widgets Panel Windows Versi Sebelas Terbaru
Gambar Widgets Panel Windows Versi Sebelas Terbaru

Dalam penggunaan langkah yang menarik, Microsoft telah menghapus widget flyout taskbar news & interests yang telah bekerja sekian lama.

Panel widget baru menggantikan news & interest dan disematkan ke bilah tugas secara default.

Anda harus masuk ke akun Microsoft Anda untuk menggunakan widget.

Melihat hal ini, menurut Kami pribadi, sepertinya widget lama Windows 7 dan sebelumnya yang bagus akan kembali ke Windows 11 serta Anda dapat tetap up to date dengan berita dan informasi pilihan Anda menggunakan widget Windows ini.

6. Microsoft Store Baru

Fitur baru Windows 11 terakhir yang akan Kami jelaskan dalam postingan kali ini yaitu adalah Microsoft Store baru.

Kalian tahu, mengapa Kami sangat antusias menulis postingan ini?

Ya, tentu saja karena secara mengejutkan, Microsoft mengumumkan Microsoft Store baru yang memungkinkan pengembang atau developers menggunakan aliran pendapatan mereka sendiri.

Toko aplikasi pihak ke-3 (tiga) akan dapat mengintegrasikan diri dengan Microsoft Store, sehingga banyak aplikasi yang hanya berfungsi pada platform tertentu, kini akan tersedia untuk pengguna Windows 11.

Bingung? Sebagai contoh misalnya, pengguna Windows 11 kini dapat mengunduh dan menginstal aplikasi Android melalui Amazon Store yang akan terintegrasi dengan Microsoft Store.

Ini akan membuka peluang besar bagi publisher (penerbit) dan konsumen atau end user (baca pengertian end user disini).

Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat memainkan game Android dan menggunakan aplikasi Android di dalam PC Anda tanpa menggunakan perangkat lunak virtualisasi (seperti emulator) apa pun.

Pasti keren bukan?

Macam Requirements atau Persyaratan Sistem Windows Versi 11

Lalu, apa saja macam-macam syarat atau requirements minimal yang harus dimiliki sebuah perangkat komputer atau PC agar dapat menggunakan Windows 11?

Sebelumnya, izinkan Kami disini untuk membagikan kabar baik.

Betul! Kabar baik tersebut yaitu adalah bagi kalian yang baru saja membeli laptop atau komputer dengan Windows 10 pra-instal (pre-installed) akan memenuhi syarat untuk upgrade gratis ke Windows 11 segera setelah mereka available atau tersedia.

Opsi pembaruan atau upgrade gratis akan tersedia sepanjang tahun 2021 dan pastinya akan terus berlanjut hingga tahun 2022.

Memang, tentunya tidak semua pengguna akan mendapatkan upgrade gratis ke Windows 11 mengingat versi sebelas ini memerlukan persyaratan sistem yang lumayan.

Terlepas daripada itu, masih harus dilihat berapa biaya Windows 11 bagi konsumen yang ingin membeli copy atau salinan barunya.

Untuk memeriksa apakah Anda memenuhi syarat untuk peningkatan gratis, buka halaman Windows 11 dan unduh aplikasi pemeriksaan kesehatan PC.

Berikut ini adalah beberapa macam syarat atau requirements Windows 11 terbaru yang harus kalian ketahui:

  • Secara umum, Windows 11 memiliki persyaratan yang identik dengan Windows 10.
  • Windows 11 memerlukan Trusted Platform Module (TPM) 2.0 untuk penginstalan (installation).
  • Tidak dapat diinstal pada sistem tanpa modul TPM 2.0.
  • Prosesor atau processor minimal 1 GHz dengan 2 core (inti) dan kompatibilitas 64-bit atau System on a Chip (SoC).
  • Graphic cards atau kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX 12.
  • layar minimal 9″ 720p, RAM 4 Gb, penyimpanan 64 Gb dan UEFI yang memiliki atau berkemampuan boot aman (secure boot).
Baca Juga :  Pengertian XSS (Cross-Site Scripting): Jenis, Tujuan, Cara Kerja dan Mencegahnya

Kapan Tanggal Rilis Windows 11 dan Berapa Harga atau Biayanya?

Jadi, kapan tepatnya tanggal release (rilis) Windows 11 dan berapa harga atau biaya pembeliannya?

Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa Windows 11 adalah sistem operasi atau operating system (baca pengertian operating systems disini) yang sepenuhnya terpisah dari Windows 10.

Dan Windows 10 sendiri, seperti yang juga diterangkan oleh Microsoft ketika awal rilisnya, mereka diperkirakan akan hidup sebagai entitas yang terpisah serta akan didukung hingga 2025.

Windows 11 tidak tersedia untuk diunduh saat ini seperti yang dapat kalian lihat pada gambar berikut yang langsung Kami ambil dari situs Microsoft.

Gambar Screenshoot Dari Situs Microsoft Tentang Tanggal Rilis Download Dan Persyaratan Sistem Windows 11 Terbaru
Gambar Screenshoot Dari Situs Microsoft Tentang Tanggal Rilis Download Dan Persyaratan Sistem Windows 11 Terbaru

Beberapa situs dan forum pengembangan software mengatakan bahwa Microsoft akan membuatnya tersedia untuk diunduh mulai bulan juni-juli 2021 dan seterusnya.

Pertama, ini hanya akan tersedia untuk Windows Insiders.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang program Windows Insiders dan bagaimana cara download (mengunduh) Windows 11 jika sudah tersedia untuk Insiders.

Yup! Bersama dengan Insiders, Windows 11 akan tersedia untuk pemilik PC Windows 10 yang memenuhi syarat.

Kesimpulan

Baiklah, di atas adalah penjelasan dan pembahasan tentang Windows 11, Download dan Instalasi, Jenis Fitur, Update, Macam Requirements serta Tanggal Rilis Terbarunya.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa Windows versi 11 akan segera tersedia di tahun 2021 ini dan oleh karena itu tunggu saja untuk official release dari pihak Microsoft.

Adapun beberapa fitur yang sudah Kami jelaskan di atas hanya beberapa dari banyaknya fitur baru yang diperkenalkan di Windows 11.

Kami akan terus menambahkan fitur barunya di sini saat Kami bereksperimen dengan sistem operasi baru tersebut.

Bagaimana? Apa pendapat Anda tentang Windows 11 yang baru?

Apakah wajib kita upgrade Windows 10 kita menjadi Windows 11 bahkan ketika Microsoft dapat merilis fitur yang sama untuk Windows 10?

Apakah menurut kalian ada niat Microsoft di balik rilis Windows 11 ini?

Apakah mereka mengubah sistem bisnis mereka ke model perangkat lunak layanan (software as a service) atau lainnya?

Jangan lupa beritahu Kami pendapat kalian dengan mengirimkannya di kolom komentar di bawah.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Windows 11, Download dan Instalasi, Jenis Fitur, Update, Macam Requirements serta Tanggal Rilis Terbarunya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi desktop dan komputer.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada kerabat, teman, rekan kerja serta rekan bisnis kalian semua khususnya jika kalian dapati apa yang Kami bagikan ini bermanfaat dan selebihnya jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar