Memahami Pengertian Color Value: Apa itu Nilai Warna? Bagian-Bagian (Hue, Value, Saturation) serta Kenapa itu Penting dalam Graphic Design!

0
Gambar Pengertian Color Value Apa Itu Nilai Warna Bagian Value Hue Dan Saturation Serta Kenapa Itu Penting Dalam Graphic Design Atau Desain Grafis
Gambar Pengertian Color Value Apa Itu Nilai Warna Bagian Value Hue Dan Saturation Serta Kenapa Itu Penting Dalam Graphic Design Atau Desain Grafis

Tahukah Anda, Pengertian Color Value, Apa itu Nilai Warna, Bagian-Bagian (Hue, Value dan Saturation) serta Kenapa itu Penting dalam Graphic Design atau Desain Grafis? Sebelumnya, perlu Kami terangkan terlebih dahulu bahwa sebuah warna muncul ketika cahaya dengan panjang gelombang berbeda menyerang mata kita. Objek tidak memiliki warna sendiri, hanya kemampuan untuk memantulkan panjang gelombang cahaya tertentu kembali ke mata kita, warna dapat bervariasi dalam kondisi yang berbeda.

Sebagai contoh misalnya, rumput bisa tampak abu-abu di pagi atau sore hari atau hijau terang di siang hari. Benar sekali! Sebuah warna akan nampak berbeda tergantung pada apakah Anda melihatnya di bawah sinar matahari pijar, floresen atau alami. Sekali lagi, warna juga berubah sesuai dengan lingkungannya. Terkait hal tersebut, dalam postingan yang akan Kami bagikan kali ini, disini Kami akan membahas tentang apa itu maksud color value (nilai warna) secara lebih detail dan lengkap. Langsung saja berikut ini ulasannya!

Pengertian Color Value

Berarti nilai warna (dalam bahasa Indonesia), color value sebenarnya adalah bayangan lightness atau penerangan warna terang berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Color value atau nilai warna sering disajikan dalam bagan atau grafik untuk membantu pengembang atau orang lain untuk memilih dari berbagai nuansa warna tertentu untuk keperluan penerapan proyek visual baik itu warna pada website atau hanya pada desktop biasa.

Dalam dunia teknologi IT professional atau orang lain sering menggunakan istilah lightness (penerangan) dan color value (nilai warna) secara bergantian.

Apa itu Nilai Warna?

Gambar Apa Itu Nilai Warna Dalam Membahas Pengertian Color Value Dan Bagian Bagiannya
Gambar Apa Itu Nilai Warna Dalam Membahas Pengertian Color Value Dan Bagian Bagiannya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan nilai warna? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini sering dikenal dengan istilah color value dalam graphic design, nilai warna menggambarkan tingkat terang dan gelap suatu warna.

Menentukan nilai rona warna yang akan Anda beri cat atau lukis adalah salah satu langkah pertama dari berhasilnya sebuah lukisan. Teori ini adalah tujuan mendasar dari sketsa underpainting dan nilai grisaille.

Skala nilai warna dimulai dengan terang dan berakhir dengan gelap. Kategori lain di antaranya mungkin termasuk terang-sedang, sedang dan sedang-gelap.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian OOP: Apa itu Object-Oriented Programming? Cara Kerja, Manfaat, Fitur, Prinsip Dasar, Contoh dan Perbedaannya dengan Procedural!

Sekali lagi Kami terangkan bahwa color value (nilai warna) untuk proyek digital biasanya direpresentasikan pada grafik digital, skala atau langit-langit untuk dipilih pengguna.

Selain nilai warna, pengguna dapat menambahkan jumlah warna merah, green (hijau) atau blue (biru) yang berbeda, atau warna utama lainnya untuk membuat rona warna sekunder.

Terkait sejarahnya sendiri, nilai warna merupakan hal yang penting dalam memberikan pilihan yang tepat untuk skala warna yang luas yang dimungkinkan dan diwujudkan dengan hardware (perangkat keras) setelah tahun 1990-an.

Sebelum waktu itu, pada warna digital sebagian besar terbatas pada beberapa warna primer individu. Kemajuan teknologi color display (layar warna) yang cepat telah menyebabkan lebih banyak penekanan pada penerapan nilai warna tertentu untuk tampilan.

Bagian-Bagian Colour atau Warna (Hue, Value dan Saturation)

Setelah mengetahui apa arti color value (nilai warna) dan pengertiannya, selanjutnya kita akan membahas mengenai apa saja bagian-bagian yang terdapat pada sebuah colour atau warna.

Colour (warna) adalah produk sampingan visual dari spektrum cahaya seperti yang ditransmisikan melalui media transparan, atau ketika diserap dan dipantulkan dari permukaan.

Warna adalah panjang gelombang cahaya yang diterima mata manusia dan diproses dari sumber yang dipantulkan. Warna terdiri dari 3 (tiga) bagian integral atau secara keseluruhannya, termasuk:

  1. Hue (rona)
  2. Value (nilai)
  3. Saturation (kejenuhan) atau chroma

Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian tersebut secara detail.

1. Hue (Rona)

Bagian color atau warna yang pertama adalah hue atau rona. Ini lebih spesifik dijelaskan berdasarkan panjang gelombang dominan dan merupakan item pertama yang kita sebut (yaitu “kuning”) ketika menambahkan dalam tiga komponen warna.

Hue juga merupakan istilah yang menggambarkan dimensi warna yang siap kita alami ketika kita melihat warna, atau bentuknya yang paling murni yang mana pada dasarnya mengacu pada warna yang memiliki saturasi penuh, termasuk:

  • Ketika mendiskusikan “pigmen primer” yaitu Cyan Magenta Yellow (CMY), tidak ada putih, hitam, atau abu-abu yang ditambahkan ketika 100% murni.
  • Desaturasi penuh setara dengan abu-abu gelap berlumpur, karena hitam sejati biasanya tidak dimungkinkan dalam kombinasinya (CMY).
  • Ketika membahas spektral “cahaya primer” yaitu Red Green Blue (RGB), rona murni setara dengan saturasi penuh ditentukan oleh rasio panjang gelombang dominan terhadap panjang gelombang lain dalam warna.

2. Value (Nilai)

Bagian integral berikutnya yaitu adalah value atau nilai. Ini mengacu pada terang atau gelapnya suatu warna. Value menunjukkan jumlah cahaya yang dipantulkan.

Baca Juga :  Ini Dia 10 Alternatif Adobe After Effects Terbaik untuk Windows, Linux dan Mac (Gratis dan Berbayar)!

Ketika mengacu pada pigmen, nilai gelap dengan hitam ditambahkan disebut “shades atau bayangan” dari nama hue (rona) yang diberikan. Nilai cahaya dengan pigmen putih ditambahkan disebut “tints” dari nama rona.

3. Saturation (Kejenuhan) atau Chroma

Kemudian ada juga saturation, kejenuhan atau chroma. Saturasi menentukan kecemerlangan dan intensitas suatu warna. Ketika rona pigmen “toned” atau “kencang” putih dan hitam (abu-abu) ditambahkan ke warna untuk mengurangi saturasi warna.

Dalam hal model warna terang “aditif”, saturasi bekerja pada skala berdasarkan pada seberapa banyak atau seberapa sedikit warna lain terwakili dalam warna.

Dalam diagram skala sederhana di bawah ini, model pertama menunjukkan jumlah pigmen hitam, putih, atau abu-abu yang ditambahkan ke hue (rona). Model dan contoh dari gambar kedua menggambarkan skala yang sama tetapi menjelaskan fenomena berdasarkan sifat (spektral) cahaya.

Gambar Skala Diagram Sederhana Dalam Penjelasan Bagian Dan Pengertian Color Hue Value Dan Saturation
Gambar Skala Diagram Sederhana Dalam Penjelasan Bagian Dan Pengertian Color Hue Value Dan Saturation

Kenapa Tones dan Color Value Penting dalam Graphic Design?

Apa arti tones atau nada serta color value dalam konteks lukisan itu sederhana. Hal ini adalah bagaimana warna terang atau gelap, bukan apa warna sebenarnya atau hue (rona).

Namun menerapkan tone dalam lukisan sering mengganggu artis (dalam hal ini adalah pelukis) karena mereka terganggu oleh daya tarik warna yang kuat.

Setiap warna dapat menghasilkan berbagai nada, seberapa terang atau gelap ini tergantung pada warnanya. Penting untuk menyadari bahwa tone atau nada bersifat relatif, itulah sebabnya seberapa gelap atau terang mereka tampaknya tergantung pada apa yang terjadi di sekitar mereka.

Nada yang jelas terang dalam satu konteks mungkin tampak lebih gelap di konteks lain jika dikelilingi oleh nada yang lebih terang.

Jumlah atau kisaran nada yang dapat diproduksi juga bervariasi. Warna hue yang lebih terang (seperti kuning) akan menghasilkan kisaran nada yang lebih kecil daripada nada yang lebih gelap (seperti warna hitam).

Mengapa nada penting? Inilah yang dikatakan dari pengertian menurut ahli warna Henri Matisse dalam bukunya A Painter’s Notes, 1908, “Ketika saya menemukan hubungan semua tones atau nada, hasilnya pastilah harmoni yang hidup dari semua nada, harmoni yang tidak berbeda dengan musikal komposisi.”

Dengan kata lain, jika sebuah lukisan akan berhasil, Anda harus mengatur tones dan color valueAnda dengan benar, jika tidak, itu hanya akan menjadi gangguan visual. Adapun salalh satu langkah pertama untuk melakukan ini adalah menghapus warna dari equation (persamaan) untuk membuat rentang nada hanya menggunakan warna hitam.

Baca Juga :  Memahami Pengertian MFA: Apa itu Multi-Factor Authentication? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Teknologi serta Contohnya!

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas sekarang. Jadi, dari penjelasan dan pembahasan Pengertian Color Value, Apa itu Nilai Warna, Bagian-Bagian (Hue, Value dan Saturation) serta Kenapa itu Penting dalam Graphic Design atau Desain Grafis di atas, dapat kita simpulkan bahwa nilai warna atau color value mengacu pada terang atau gelapnya rona. Menambahkan putih ke rona menghasilkan warna bernilai tinggi, sering disebut warna. Menambahkan warna hitam ke rona menghasilkan warna bernilai rendah, sering disebut warna.

Intensitas, juga disebut kroma atau saturasi, mengacu pada kecerahan warna. Warna berada pada intensitas penuh ketika tidak dicampur dengan hitam atau putih (hue murni). Anda dapat mengubah intensitas warna, membuatnya lebih kusam atau lebih netral dengan menambahkan abu-abu ke warna. Anda juga dapat mengubah intensitas warna dengan menambahkan pelengkapnya. Saat mengubah warna dengan cara ini, warna yang dihasilkan disebut tones (nada).

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Color Value, Apa itu Nilai Warna, Bagian-Bagian (Hue, Value dan Saturation) serta Kenapa itu Penting dalam Graphic Design atau Desain Grafis. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi dunia IT yang harus diketahui.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar