Internet (Web) Infrastructure: Pengertian, Apa itu Infrastruktur Internet? Sejarah, Jenis dan Macam Komponen, serta Contohnya!

Gambad Dari Pengertian Internet Web Infrastructure Apa Itu Infrastruktur Internet Sejarah Jenis Dan Macam Komponen Contoh Serta Apa Saja Bagian Bagiannya
Gambad Dari Pengertian Internet Web Infrastructure Apa Itu Infrastruktur Internet Sejarah Jenis Dan Macam Komponen Contoh Serta Apa Saja Bagian Bagiannya

Mengenal Pengertian Internet (Web) Infrastructure, Apa itu Infrastruktur Internet? Sejarah, Jenis dan Macam Komponen, Contoh, serta Bagian-Bagiannya!

Benar, seperti yang kita ketahui, adapun untuk salah satu hal terbesar tentang apa yang kita sebut dengan internet, yaitu adalah tidak ada yang benar-benar memilikinya.

True, ini adalah kumpulan jaringan global, baik besar maupun kecil.

Jaringan ini terhubung bersama dalam berbagai cara untuk membentuk satu kesatuan yang kita kenal sebagai internet.

Memang, sebenarnya, nama itu berasal dari ide jaringan yang saling berhubungan ini.

Sejak awal tahun 1969 hingga tahun 2022 sekarang ini, internet telah berkembang dari 4 (empat) sistem komputer host menjadi puluhan juta.

Terkait pengantar tentang internet (web) infrastructure di atas, namun, hanya karena tidak ada yang memiliki internet (baca pengertian dari internet di sini), ini bukan berarti internet tidak dipantau dan dipelihara dengan cara yang berbeda.

Sebagai contoh misalnya Internet Society yang merupakan sebuah kelompok nirlaba yang didirikan pada tahun 1992, mengawasi pembentukan kebijakan dan protokol yang menentukan cara kita menggunakan dan berinteraksi dengan internet.

Berkenaan akan hal tersebutlah, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap terkait pengertian dari internet (web) infrastructure, jenis, macam komponen, contoh, serta apa saja yang device atau hardware yang menjadi bagian-bagiannya.

Mari kita simak ulasannya berikut.

Pengertian Internet (Web) Infrastructure

Juga dikenal dengan istilah web applications infrastructure, internet (web) infrastructure adalah perangkat keras fisik, media transmisi, dan perangkat lunak atau software yang digunakan untuk melakukan proses interkoneksi pada komputer dan pengguna di internet atau WWW.

Mereka termasuk seperti server internet, server web, penyimpanan internet, peralatan jaringan internet, dan infrastruktur software atau perangkat lunak.

Mengutip sumber simpulan Kami yang berasar dari Situs Techtarget, secara umum, infrastruktur network (internet maupun web) tersebut adalah kerangka kerja atau arsitektur dari mana sistem dibuat.

Sebagai contoh misalnya seperti infrastruktur transportasi suatu negara terdiri dari jalan raya, rel kereta api, bandara, pelabuhan laut, dan sungai.

Meskipun tidak terlihat dengan mata telanjang, WWW (yang kita sebut dengan internet) ini juga memiliki infrastruktur yang terdiri dari banyak elemen berbeda, yang masing-masing memainkan peran penting dalam penyampaian informasi dari satu titik ke titik lainnya.

Apa itu Infrastruktur Network, Internet, atau Web?

Ilustrasi Gambar Dari Apa Itu Infrastruktur Network Internet Dan Enterprise Web Infrastructure Serta Sejarah Awalnya
Ilustrasi Gambar Dari Apa Itu Infrastruktur Network Internet Dan Enterprise Web Infrastructure Serta Sejarah Awalnya

Jadi, apa itu sebenarnya arti dari istilah kata infrastruktur network, internet, atau web ini?

Ya, jadi, seperti yang sudah kita bahas di atas, akronim ini lebih dikenal dengan sebutan internet infrastructure secara global.

Selain itu, mengutip dari sumber simpulan Kami yang berasal dari papers (artikel ilmiah) di Situs Oxford Scholarly Research Reviews, infrastruktur internet adalah istilah kolektif untuk semua peralatan, personel, dan organisasi yang mendukung pengoperasian internet.

Seperti yang kita ketahui, dalam internet (web) infrastructure, WWW (baca apa pengertian WWW di sini) atau internet sebagian besar menggunakan modal yang ada di banyak instalasi dengan retrofit perangkat lunak yang relatif kecil, menggunakan kembali modal untuk fungsi baru apa pun selama tetap konsisten dengan ujung ke ujung (end-to-end).

Ketika aplikasi, implementasi, atau penerapan internet menjadi lebih populer dan diadopsi secara luas, pengguna mendorong batas bandwidth akses internet dial-up.

Broadband memberi pengguna pengalaman yang lebih baik daripada akses dial-up.

Selebihnya, adapun untuk fitur yang paling menonjol dari tata kelola infrastruktur internet adalah perbedaannya dengan tata kelola yang ditemukan di pasar komunikasi lainnya.

Banyak peristiwa penting dalam infrastruktur internet terjadi di Amerika Serikat, tetapi ini tampaknya kurang mungkin karena internet komersial tumbuh besar dan lebih luas.

Apa itu Enterprise Web Infrastructure (EWI)?

Terkait pembahasan pengertian internet (web) infrastructure, ada juga istilah yang dikenal dengan Enterprise Web Architecture atau yang disingkat dengan EWI.

Baca Juga :  Tunggu Dulu, Lakukan 10 Hal Ini Jika Merasa Putus Asa dengan Hidup dan Masa Depan Anda!

Ini merupakan infrastruktur perusahaan (termasuk negara, kepemerintahan, universitas, dan lainnya) yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak, di mana itu merupakan pusat kehadirannya di internet.

Arsitektur ini menawarkan fondasi yang kuat untuk situs web mereka, untuk semua situs web resmi mereka, itu juga harus di-hosting di infrastruktur web perusahaan.

Sebagai bagian dari Infrastruktur Web Perusahaan, Universitas menyediakan kemampuan mesin pencari untuk situs yang berada di domain Universitas.

Mesin pencari dari Google ini menganalisis lalu lintas situs web dan memberikan laporan tentang pengunjung–dari mana mereka berasal, bagaimana mereka menggunakan situs web, dan banyak lagi.

Infrastruktur ini menyediakan hosting server yang kuat untuk departemen, unit bisnis, fakultas individu, laboratorium penelitian, dan grup yang berafiliasi dengan pihak lainnya.

Sejarah Awal Internet (Web) Infrastructure

Oke, sekarang kita sudah mengenal sedikit terkait arti dari internet (web) infrastructure.

Agar dapat lebih memahaminya, maka kita juga harus mengetahui beberapa hal terkait sejarah awal dari infrastruktur internet atau web ini.

Oke, secara sederhana, internet adalah jaringan yang sangat besar dari banyak jaringan komputer lainnya.

Berkenaan dengan hal ini, perlu kalian ketahui bahwa salah satu pemerintah negara maju, yaitu Amerika Serikat memainkan peran penting dalam menciptakan apa yang akhirnya menjadi internet selama tahun 1960-an.

Department of Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mendanai penelitian awal ke dalam teknologi packet switching, yang digunakan sistem komputer untuk berkomunikasi.

Metode atau pendekatan ini berbeda dari cara sistem telepon mentransmisikan data.

Teknologi packet switching menyebabkan pengembangan ARPANET, yang merupakan pendahulu internet.

DARPA dan Universitas Stanford mendukung pengembangan protokol komunikasi penting yang disebut dengan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP), di mana ini menentukan cara informasi ditransmisikan di internet.

TCP/IP menjadi protokol komunikasi standar yang digunakan pada ARPANET pada bulan januari 1983.

Secara umum, protokol komunikasi seperti TCP/IP adalah sarana di mana perangkat memahami dan menyetujui bagaimana dan kapan mereka akan berbagi informasi satu sama lain.

Lalu, pada tahun 1990, ARPANET digantikan oleh NSFNET, yang didirikan oleh National Science Foundation untuk menghubungkan departemen ilmu komputer universitas di seluruh Amerika Serikat.

NSF membentuk jaringan regional yang mengumpulkan lalu lintas dari universitas dan dengan demikian memasukkannya ke dalam “backbone” NSFNET.

Universitas yang terhubung ke backbone NFSNET selanjutnya menghubungkan jaringan perguruan tinggi dan individu lainnya.

Pada tahun 1995, NSF menyingkirkan backbone-nya dan mengalihkan apa yang dulunya NSFNET ke sektor komersial.

Ini menciptakan titik akses jaringan atau Network Access Point (NAP) yang memungkinkan perusahaan telekomunikasi seperti MCI dan Sprint untuk membangun backbone internet mereka sendiri, di mana penyedia layanan internet atau Internet Service Provider atau ISP (baca apa itu pengertian ISP di sini) nasional atau regional dapat terhubung.

Organisasi atau individu yang mencari akses internet kemudian harus mendapatkannya langsung dari NAP, atau berlangganan ISP seperti America Online (AOL) dengan akses NAP.

Ya, backbone (berarti tulang punggung, dalam hal ini network atau jaringan itu sendiri) itulah yang menjadi dasar infrastrukturnya, dan yang terus berkembang hingga seperti yang dapat kita lihat pada tahun 2022 sekarang ini.

Jenis dan Macam-Macam Komponen Internet atau Web Infrastructure

Gambar Dari Jenis Macam Komponen Internet Web Infrastructure Dan Contoh Contohnya Serta Apa Saja Bagiannya
Gambar Dari Jenis Macam Komponen Internet Web Infrastructure Dan Contoh Contohnya Serta Apa Saja Bagiannya

Dalam membahas tentang apa itu internet (web) infrastructure, pada subbagian ini, Kami juga akan membahas terkait apa saja tipe-tipe komponen utamanya.

Baiklah, adapun jenis dan macam-macam komponen dari internet (web) infrastructure yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Data Center

Jenis macam komponen internet (web) infrastructure pertama yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah data center.

Ya! Komponen dasarnya meliputi pusat data.

Perangkat keras atau yang sering disebut dengan hardware mungkin dilokalkan di negara-negara tertentu, tetapi infrastruktur jaringan menjangkau batas-batas internasional untuk membuat internet menjadi fenomena di seluruh dunia yang tersedia di wilayah mana pun yang memiliki jaringan lokal yang berfungsi.

Base atau rumah dari infrastruktur internet adalah pusat data, rumah tersebut adalah gedung yang aman yang menampung peralatan komputer dan perangkat konektivitas jaringan.

Ini dikelola oleh tim operator penuh waktu dan dilengkapi dengan daya yang cukup untuk menjalankan dan mendinginkan peralatannya.

Ini juga memiliki sistem untuk mengatur iklim, menekan kebakaran, dan mencegah akses yang tidak sah.

Baca Juga :  Memahami Pengertian SDK: Apa itu Software Development Kit? Tujuan dan Fungsi, Macam Komponen, Manfaat, Karakteristik serta Perbedaannya dengan API dan Contohnya!

2. Processor dan Storage Networks

Tipe komponen berikutnya yaitu adalah processor dan storage networks.

Ya! Jaringan prosesor dan perangkat penyimpanan di dalam pusat data adalah komponen kedua dari infrastruktur internet.

Mereka ni diukur dalam megabit per detik atau Megabyte per seconds (Mbps) dan jaringannya memungkinkan data ditransfer antara prosesor dan perangkat penyimpanan di pusat data dan ke pusat data lainnya.

Tujuan utamanya daripada komponen internet (web) infrastructure ke-2 (dua) ini adalah agar informasi dapat diproses untuk mencapai komputer atau perangkat pengguna akhir atau end user (baca pengertian dari istilah end user di sini).

3. Computer Server

Komponen ke-3 (tiga) internet (web) infrastructure, yaitu adalah computer server.

Komputer server adalah komputer kelas atas yang menyerupai PC desktop, tetapi dengan kapasitas penyimpanan dan pemrosesan yang jauh lebih besar.

Server diukur dalam satuan daya pemrosesan dan kemampuan penyimpanan Random Access Memory (RAM), dan harus terhubung ke catu daya, atau beberapa catu daya, serta ke jaringan dan sistem operasi yang terpasang.

Server dapat terdiri dari satu komputer, kumpulan komputer, atau bahkan sekelompok kumpulannya.

4. Storage Devices

Komponen ke-4 (empat) yaitu adalah storage devices.

Benar! Data (baca apa sebenarnya arti dari data di sini) yang pada akhirnya muncul di perangkat pengguna akhir harus disimpan di suatu tempat, jadi komponen selanjutnya dari internet (web) infrastructure adalah perangkat penyimpanan.

Kapasitas penyimpanan diukur dalam GigaByte (GB) atau TeraByte (TB), bahkan lebih banyak lagi yang berupa big data yaitu YottaByte (YB).

Perangkat penyimpanan ini mungkin lokal, artinya pada hard drive server itu sendiri, atau mereka mungkin jauh, terhubung ke satu server atau banyak melalui jaringannya.

5. Software atau Applications Server

Komponen terakhir dari infrastruktur internet yang akan Kami jelaskan dalam postingan pembahasan pengertian internet (web) infrastructure kali ini yaitu adalah software atau applications server.

Yup, perangkat lunak operasi untuk server, atau aplikasi server merupakan komponen penting lainnya, terlebih, agar berfungsi, server harus memiliki sistem operasi seperti Linux atau Windows, aplikasi server web seperti Apache atau Microsoft IIS, dan database, sebagai contoh misalnya MySQL atau Oracle.

Setelah server dilengkapi dengan perangkat lunak ini, pengguna dapat menginstal aplikasi web tambahan lainnya di dalamnya yang diperlukan.

Tentu saja, semua komponen ini bekerja sama untuk membentuk infrastruktur internet, yang mengirimkan informasi ke seluruh dunia.

Contoh dari Infrastruktur Internet atau Web Infrastructure

Oke, jadi seperti apa contoh dari internet (web) infrastructure itu?

Baik, untuk menjelaskannya, mungkin dapat kita bayangkan seperti misalnya perusahaan A adalah ISP (penyedia layanan internet) yang besar.

Di setiap kota besar, perusahaan A tersebut memiliki Point Of Precense (POP), dan POP di setiap kota adalah rak penuh modem yang digunakan oleh pelanggan ISP.

Perusahaan A menyewa jalur serat optik dari perusahaan telepon untuk menghubungkan POP bersama-sama (seperti peta konektivitas pusat data UUNET).

Lalu, kita ada perusahaan B adalah ISP perusahaan.

perusahaan B ini membangun gedung-gedung besar di kota-kota besar dan perusahaan menempatkan mesin server internet mereka di gedung-gedung ini.

Perusahaan B adalah perusahaan besar yang menjalankan jalur serat optiknya sendiri di antara gedung-gedungnya sehingga semuanya saling terhubung.

Dalam setting atau pengaturan ini, semua pelanggan perusahaan A dapat berbicara satu sama lain, dan semua pelanggan perusahaan B pun juga dapat berbicara satu sama lain, tetapi tidak ada cara bagi pelanggan perusahaan A dan pelanggan perusahaan B untuk berkomunikasi.

Oleh karena itu, Perusahaan A dan Perusahaan B setuju untuk terhubung ke Network Access Point (NAP) di berbagai kota, dan lalu lintas antara kedua perusahaan mengalir di antara jaringan di NAP.

Di dunia internet nyata, lusinan penyedia internet besar saling terhubung di NAP di berbagai kota, dan triliunan byte aliran data antara jaringan individu di titik-titik ini.

Sekali lagi, internet adalah kumpulan jaringan perusahaan besar yang setuju untuk saling berkomunikasi satu sama lain di Radio Access Network (RAN), di mana dengan cara ini, setiap komputer di internet terhubung satu sama lain.

Apa Saja Bagian Perangkat (Device) atau Hardware yang Termasuk dalam Infrastruktur Internet atau Web Infrastructure?

Lalu, apa saja bagian dari perangkat atau device (hardware) yang termasuk dalam internet (web) infrastructure ini?

Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam contohnya di atas, setiap komputer yang terhubung ke internet adalah bagian dari jaringan, bahkan yang ada di rumah Anda sekalipun.

Baca Juga :  Pengertian FaaS (Function As A Service): Prinsip, Jenis, Perbedaannya

Sebagai contoh misalnya, Anda dapat menggunakan modem dan menghubungi nomor lokal untuk menyambung ke penyedia layanan internet atau ISP.

Di tempat kerja, Anda mungkin menjadi bagian dari jaringan area lokal atau yang dikenal dengan istilah Local Area Network (LAN), tetapi kemungkinan besar Anda masih terhubung ke internet menggunakan ISP yang telah dikontrak oleh perusahaan Anda.

Sama seperti contoh sebelumnya, ketika Anda terhubung ke ISP Anda, Anda menjadi bagian dari jaringan mereka.

ISP kemudian dapat terhubung ke jaringan yang lebih besar dan menjadi bagian dari jaringan mereka, di mana ini bermakna bahwa internet hanyalah sebuah jaringan dari jaringan.

Sebagian besar perusahaan komunikasi besar memiliki tulang punggung khusus yang menghubungkan berbagai wilayah.

Bagaimana IT Infrastructure Dibuat?

Dalam membahas terkait pengertian dan arti internet (web) infrastructure, jadi bagaimana infrastruktur ini dibuat?

Begini, untuk membuat infrastruktur pusat data tradisional, bisnis, organisasi, atau perusahaan biasanya mengikuti proses formal yang dimulai dengan menganalisis dan mengakses tujuan bisnis, membuat keputusan arsitektur dan desain, membangun dan mengimplementasikan desain, lalu mengoptimalkan dan memelihara infrastrukturnya.

Prosesnya biasanya melibatkan keahlian terperinci, termasuk desain bangunan pusat data, pemilihan subsistem dan komponen, serta teknik konstruksi yang berkualitas.

Namun, perlu Kami tekankan di sini bahwa cara infrastruktur Teknologi Informasi (TI) dibuat dinamis atau terus berubah.

Pengembangan infrastruktur heterogen tradisional adalah proses yang sangat manual yang membutuhkan integrasi besar, pengoptimalan, dan upaya manajemen sistem, terutama saat mengintegrasikan server, penyimpanan, jaringan, dan komponen lain dari vendor yang beragam.

Saat ini, beberapa vendor menyediakan koleksi peralatan komputasi, penyimpanan, dan jaringan yang telah terintegrasi dan dioptimalkan sebelumnya yang mengoptimalkan perangkat keras Information Technology (IT) dan platform (baca pengertian dari akronim kata platform di sini) virtualisasi ke dalam satu sistem yang dapat digunakan, diperluas, dan dikelola dengan mudah.

Pendekatan modular ini disebut infrastruktur terkonvergensi atau Converged Infrastructure (CI).

Gagasan ini telah berkembang menjadi sistem vendor tunggal yang menawarkan integrasi dan manajemen yang lebih ketat melalui komputasi, penyimpanan, jaringan, dan virtualisasi, di mana pendekatan lanjutan (advanced) ini disebut infrastruktur atau Hyper-Converged Infrastructure (HCI).

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk membahas tentang Pengertian Internet (Web) Infrastructure, Apa itu Infrastruktur Internet? Sejarah, Jenis dan Macam Komponen, Contoh, serta Bagian-Bagiannya.

Berdasarkan penjelasan dan penguraian arti di atas, dapat kita simpulkan bahwa infrastruktur internet atau web infrastructure adalah serangkaian hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) remote atau jarak jauh yang bekerja untuk mengirim dan menerima informasi ke berbagai sistem.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa setiap contoh halaman yang dimuat di browser web komputer, aliran umpan Really Simple Syndication (RSS) ke pembaca, atau panggilan Voice over Internet Protocol (VoIP) yang dilakukan itu juga mewakili infrastruktur internet yang kompleks ini.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Internet (Web) Infrastructure, Apa itu Infrastruktur Internet? Sejarah, Jenis dan Macam Komponen, Contoh, serta Bagian-Bagiannya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang terkait teknologi jaringan, khususnya internet, web, dan WWW.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar