Ini Dia Perbedaan Komputer dengan Laptop, Persamaan dan Tabel serta Penjelasannya!

0
Gambar Perbedaan Komputer Dengan Laptop Persamaan Serta Tabel Dan Penjelasan Lengkapnya
Gambar Perbedaan Komputer Dengan Laptop Persamaan Serta Tabel Dan Penjelasan Lengkapnya

Apa Perbedaan Komputer dengan Laptop, Persamaannya dan Tabel serta Penjelasan Lengkapnya? Benar, seperti yang sudah kita ketahui, komputer dan laptop merupakan 2 buah benda yang memiliki kegunaan yang sama, salah satunya adalah untuk membantu kita sebagau manusia dalam beraktifitas sehari-hari. Mungkin diantara kita kebingungan jika disuruh memilih dan membeli antara komputer atau laptop bukan? Sebenarnya, apa perbedaan utama dari PC dengan laptop tersebut?

Memang, terlepas dari apa yang sudah Kami sebutkan di atas, fungsi atau kegunaan dari alat ini memang sama, satu hal utama terkait perbedaan mereka yaitu adalah perangkat mereka, dimana, komputer (desktop) memiliki komponen yang tersepisan sedangkan laptop tidak. Correct! Sebelum membahasnya lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal dan mengetahui terlebih dahulu apa itu komputer dan laptop itu sendiri. Baiklah, langsung saja, berikut ini ulasannya!

Apa itu Komputer (Desktop)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Komputer Atau Desktop Dan Laptop Serta Persamaannya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Komputer Atau Desktop Dan Laptop Serta Persamaannya

Dikenal dengan sebutan PC, Komputer (desktop) adalah mesin atau perangkat yang melakukan proses, perhitungan, dan operasi berdasarkan instruksi yang diberikan oleh perangkat lunak atau perangkat keras. Komputer dirancang untuk menjalankan aplikasi dan menyediakan berbagai solusi dengan menggabungkan komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi.

Komputer biasanya disebut sebagai unit komputer fisik, serta ruang kerja pengguna grafis pada sistem operasi perangkat lunak seperti Windows desktop. Komponen yang paling umum dari komputer adalah terminal komputer yang ditenagai oleh sumber listrik. Agar mereka dapat berfungsi penuh, desktop terhubung ke monitor eksternal, keyboard, dan mouse melalui Bluetooth, WiFi, atau koneksi kabel USB, HDMI, dan VGA.

Jika komputer (desktop) tidak dikonfigurasikan untuk hotspot atau Wi-Fi, Bluetooth, atau memiliki port yang diperlukan untuk USB atau HDMI, ini harus diinstal secara manual, mungkin dengan biaya tambahan karena rata-rata pengguna mungkin tidak perlu memiliki pengetahuan teknis untuk mengaturnya.

Apa itu Laptop?

Apa itu Laptop? Laptop juga dikelan dengan Notebook. Laptop adalah komputer lengkap yang menggunakan baterai atau daya AC yang dapat bertahan selama beberapa jam. Berbeda dengan Desktop, komputer Laptop mudah diangkut dan dapat digunakan selama baterai bertahan.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Hardware: Menurut Ahli, Fungsi, Jenis, Klasifikasi dan Contohnya!

Sekarang, Laptop menjadi sangat umum di tempat-tempat umum untuk memiliki unit powering tersedia untuk ponsel dan Laptop sehingga mereka dapat digunakan hampir di mana-mana! Laptop hadir dalam berbagai ukuran dengan berbagai spesifikasi. Seperti halnya Desktop, jenis komputer tergantung pada kebutuhan konsumen.

Laptop memiliki monitor bawaan, keyboard, dan biasanya Touchpad (atau trackball). Periferal eksternal juga dapat dihubungkan menggunakan koneksi kabel yang berbeda, tergantung pada port apa yang disediakan oleh pabrikan. Pada dasarnya, Laptop dapat digunakan sebagai unit yang berfungsi penuh tanpa perangkat atau daya yang tersambung. Seiring kemajuan teknologi, Laptop menjadi lebih populer dengan konsumen rata-rata dan komputer pilihan untuk pengguna bisnis, terutama mereka yang bepergian untuk bekerja.

Persamaan PC, Komputer atau Desktop dan Laptop

Dalam membahas mengenai perbedaan PC dengan laptop, mari kita ketahui terlebih dahulu mengenal tentang apa saja persamaan mereka terlebih dahulu.

Di bawah ini adalah beberapa persamaan yang terdapat pada PC atau komputer dan laptop:

  • Kebanyakan PC, komputer atau desktop dan laptop dijual dengan perangkat lunak dan sistem operasi yang sudah diinstal sebelumnya seperti Windows, atau jika perangkat tersebut adalah komputer Apple, maka sistem operasinya adalah Mac OS.
  • Kedua unit PC, komputer atau desktop dan laptop dilengkapi dengan koneksi port yang bervariasi antara masing-masing merek dan model dan komponen CD/DVD bawaannya, namun perangkat ini sudah dihapus dan dihilangkan dalam beberapa model laptop yang lebih baru yang modern.
  • Kedua memiliki perangkat tambahan dan periferal yang dapat dihubungkan seperti hard drive atau hard disk eksternal, printer, kamera, telepon, dan lain sebagainya.
  • Komputer PC, desktop dan komputer laptop memiliki kemampuan untuk menangani sebagian besar kebutuhan komputer Anda seperti mengerjakan dokumen, mengirim email, dan menghubungkan ke Internet.
  • Tidak bergantung pada merek dan model, laptop dan komputer desktop juga dapat melihat video dan foto serta media lainnya.
  • Baik itu PC, komputer atau desktop dan laptop, spesifikasi utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya adalah CPU, memori (RAM), kapasitas hard drive dan graphic card atau kartu grafik.

Perbedaan PC, Komputer atau Desktop dengan Laptop

Ilustrasi Gambar Ruang Kerja Dalam Penjelasan Perbedaan Antara PC Komputer Desktop Dengan Laptop
Ilustrasi Gambar Ruang Kerja Dalam Penjelasan Perbedaan Antara PC Komputer Desktop Dengan Laptop

Baiklah, kembali ke topik utama kita yaitu apa perbedaan komputer dengan laptop. Adapun perbedaan PC, komputer dengan laptop dengan penjelasan lengkap serta detail adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Mengenal Pengertian OOP: Apa itu Object-Oriented Programming? Cara Kerja, Manfaat, Fitur, Prinsip Dasar, Contoh dan Perbedaannya dengan Procedural!

1. Mobilitas

Perbedaan PC atau desktop dengan laptop yang pertama adalah mobilitas. Komputer tetap berada di kantor atau rumah dan membutuhkan terminal komputer untuk dihubungkan ke monitor eksternal, keyboard, dan mouse. Sedangkan laptop memiliki komponen bawaan dan dengan demikian mudah diangkut sebagai satu perangkat lengkap yang dapat digunakan di sebagian besar lingkungan.

2. Power

Berikutnya, yang ke-2 (dua) adalah terkait komsumsi power atau daya. Laptop dapat mengalirkan daya AC, baterai, atau daya listrik, sedangkan desktop hanya dapat mengalirkan daya utama.

Seiring berkembangnya teknologi, baterai laptop pun telah meningkat dari waktu ke waktu, dan dapat bertahan hingga beberapa jam, tergantung pada seberapa banyak daya pemrosesan yang digunakan dan menjaga koneksi WiFi atau Bluetooth tetap terbuka, agar dapat menjaga untuk meningkatkan konsumsi daya baterai.

3. Kecepatan

Meskipun komputer dan laptop menjadi lebih sama dalam hal kecepatan dan kinerja spesifikasi, komputer masih tetap sebagai pilihan yang lebih kuat dan bagus untuk heavy activity atau kegiatan berat seperti game dan produksi video. Membeli laptop gaming dengan spesifikasi yang mirip dengan desktop gaming pada PC atau komputer, maka harganya akan jauh lebih tinggi daripada desktop gaming untuk keperluan game.

Jika komputer diperlukan untuk pemrosesan dasar yang diperlukan dalam pekerjaan kantor, penggunaan internet, dan melihat foto, maka laptop standar adalah pilihan yang cocok untuk Anda.

4. Spesifikasi

Secara umum, laptop dikenal memiliki spesifikasi lebih rendah daripada komputer, karena ada kompromi pada ukuran dan portabilitas dengan kinerja dan kecepatan antara keduanya.

5.Ukuran Layar

Monitor Komputer dapat bervariasi dari layar 15 inci kecil hingga yang lebih besar seperti 34 inci. Laptop memiliki layar bawaan yang juga memiliki ukuran yang bervariasi. Semakin besar layar, semakin besar dan semakin berat laptop, namun jika laptop kecil dibeli untuk mobilitas yang efektif, laptop dapat dihubungkan ke monitor eksternal yang lebih besar jika memungkinkan.

Jika menghubungkan monitor eksternal ke komputer desktop dan tetap berada di satu tempat, maka sebenarnya ukuran monitor tidak akan menjadi faktor pembatas karena pengaturannya yang tidak perlu dipindahkan sehingga beratnya tidak menjadi masalah.

6. Penyimpanan, Memori dan Data

Perbedaan PC (desktop) dengan laptop yang terakhir yaitu adalah terkait penyimpanan, memori dan data. Untuk menyimpan data dalam jumlah sangat besar, PC atau komputer desktop akan menjadi pilihan yang lebih baik dan jika diperlukan, memori tambahan dapat ditambahkan untuk meningkatkan kinerja, atau hard drive dan hard disknya dapat diganti dengan mudah. Laptop tidak dapat dengan mudah dibuat menjadi Komputer Desktop.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Application Framework: Apa itu Framework Aplikasi? Tujuan, Jenis, Manfaat, Peran dan Contohnya serta Perbedaannya dengan CMS!

Back-up atau percadangan adalah tindakan sangat disarankan untuk semua data (baca pengertian data disini), apakah itu PC, desktop komputer atau laptop, namun jika menggunakan laptop akan sangat penting untuk memiliki cadangan karena risiko kehilangan data meningkat dengan mobilitas karena pencurian, kehilangan komputer, kerusakan fisik (menjatuhkan komputer), dan lain sebagainya.

Tabel Perbedaan PC, Komputer (Desktop) dengan Laptop dan Penjelasannya

AreaKomputerLaptop
PortabilitasKomputer memerlukan perangkat eksternal agar berfungsi penuh sehingga membuatnya sulit untuk terus memindahkan atau mengangkut komputer. Biasanya tinggal atau berada di satu tempat. Laptop sangat portabel sebagai perangkat serba guna lengkap yang membuatnya mudah diangkut.
PerformaProsesor PC, komputer atau desktop selalu memimpin dengan prosesor yang lebih besar menjadikannya lebih kuat daripada laptop.Prosesor laptop belum mengejar desktop tetapi mereka masih memiliki batasan ukuran agar sesuai dengan portabilitas.
Kemudahan penggunaan dan perakitanPC, Komputer atau desktop harus diatur secara manual dengan menghubungkan perangkat yang diperlukan sambil menghindari kekacauan kabel dan mereka membutuhkan area kerja yang lebih besar daripada laptop.Laptop hanya perlu diberi daya dan dibuka sebelum siap digunakan. Ada sedikit atau tidak ada upaya untuk pengaturan dasar.
BiayaHarga PC, komputer atau desktop tingkat awal relatif terjangkau bagi sebagian besar konsumen. Ada sejumlah besar perangkat periferal yang tersedia dengan biaya tambahan tetapi sebagian besar paket cukup murah untuk rumah tangga biasa.Laptop tingkat awal memiliki harga awal yang lebih tinggi daripada desktop. Semakin tinggi spesifikasi, semakin tinggi biaya yang dapat meningkat secara signifikan untuk model laptop.
Monitor dan KeyboardTidak ada batasan ukuran dan berat perangkat eksternal karena komputer tidak dimaksudkan untuk mudah dibawa.Ukuran layar dan keyboard menentukan ukuran dan berat laptop, yang perlu dipertimbangkan karena ditujukan untuk portabilitas.
PerbaikanKomponen dalam PC, komputer desktop (terminal) dapat dilepas dan diganti dan dalam banyak kasus memungkinkan peningkatan kapasitas penyimpanan, memori, pengontrol grafik, dan lainnya.Pada laptop, hanya hard drive dan memori yang dapat diganti, tetapi kartu dan komponen lainnya tidak dapat dilepas. Untuk memutakhirkan aspek dan komponen lainnya, maka akan membutuhkan pembelian laptop baru.
Perawatan dan PerbaikanJauh lebih mudah untuk memperbaiki komponen di PC, Komputer desktop karena memungkinkan penghapusan dan penggantian banyak bagian yang tersedia dari sebagian besar toko perangkat keras komputer.Karena desainnya yang ringkas dan tidak dapat dihilangkannya sebagian besar komponen dalam laptop, maka diperlukan keahlian teknis untuk diperbaiki.
GamePC, komputer atau desktop dianggap lebih kuat untuk Permainan karena kartu grafis dan video dapat menjadi ujung atas tanpa batasan konsumsi daya dan lebih dari satu kartu video dapat dipasang.Laptop terbatas pada ruang sehingga membatasi ukuran beberapa komponen. Laptop gaming memang memiliki spesifikasi di atas rata-rata tetapi masih terbatas pada ruang untuk menjadikannya portabel. Konsumsi daya pada laptop akan meningkat secara drastis dengan aktivitas game.

Kesimpulan

Di atas, adalah Perbedaan Komputer dengan Laptop, Persamaannya dan Tabel serta Penjelasan Lengkapnya. Pada akhirnya, keputusan akhirnya tergantung pada apa kebutuhan Anda. Sementara pembahasan Kami di atas mungkin hanya membuat seolah-olah PC, komputer (desktop) adalah opsi keseluruhan terbaik. Hal tersebut memang benar, namun jika Anda membutuhkan portabilitas, laptop adalah opsi terbaik.

Ada beberapa batasan untuk dipertimbangkan, tetapi mereka tidak terlalu signifikan untuk sebagian besar pengguna. Namun, jika Anda menginginkan yang terbaik untuk masalah budget Anda dan portabilitas tidak diperlukan, PC, komputer (desktop) kemungkinan merupakan pilihan terbaik terutama jika harga adalah hal yang penting.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas tentang Perbedaan Komputer dengan Laptop, Persamaannya dan Tabel serta Penjelasan Lengkapnya, terutama dalam memilih sebelum membeli antara komputer dan laptop. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua dalam memahaminya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini serta jangan lupa memberikan pendapat Anda pada bagian komentar di bawah ini. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar