Pengertian Keyword (SEO): Macam-Macam Keyword dan Penggunaannya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Keyword
Ilustrasi Gambar Pengertian Keyword

Pengertian Keyword adalah

Apa itu Keyword? dan apa Macam-Macam Keyword? Keyword atau Kata kunci adalah ide dan topik yang menentukan tentang konten Anda. Dalam hal SEO, kata-kata dan frasa yang dimasukkan oleh pencari ke mesin pencari juga disebut “permintaan pencarian.” Jika Anda merebus semua yang ada di halaman Anda. Semua gambar, video, salin, dan lainnya hingga kata dan frasa sederhana, itu adalah kata kunci utama Anda.

Sebagai pemilik Website dan pembuat konten, Anda ingin kata kunci pada halaman Anda relevan dengan apa yang dicari orang sehingga mereka memiliki peluang lebih baik untuk menemukan konten Anda di antara hasilnya.

Mengapa Keyword penting?

Berdasarkan pengertian Keyword di atas, Kata kunci itu adalah sesatu yang penting karena merupakan kunci antara apa yang dicari orang dan konten yang Anda sediakan untuk memenuhi kebutuhan itu. Tujuan Anda dalam menentukan peringkat pada mesin pencari adalah untuk mengarahkan lalu lintas organik ke situs Anda dari halaman hasil mesin pencari (SERP), dan kata kunci yang Anda pilih untuk target (artinya, yang antara lain, yang Anda pilih untuk dimasukkan dalam konten Anda) akan tentukan lalu lintas seperti apa yang Anda dapatkan. Jika Anda memiliki toko golf, misalnya, Anda mungkin ingin peringkat untuk “klub baru” tetapi jika Anda tidak hati-hati, Anda mungkin akhirnya menarik lalu lintas yang tertarik untuk menemukan tempat baru untuk menari setelah gelap.

Kata kunci sama banyaknya dengan audiens Anda, tetapi juga tentang konten Anda, karena Anda dapat menggambarkan apa yang Anda tawarkan dengan cara yang sedikit berbeda dari beberapa orang yang memintanya. Untuk membuat konten yang berperingkat baik secara organik dan mengarahkan pengunjung ke situs Anda, Anda perlu memahami kebutuhan pengunjung tersebut dan bahasa yang mereka gunakan dan jenis konten yang mereka cari. Anda dapat melakukan ini dengan berbicara dengan pelanggan Anda, mengunjungi forum dan grup komunitas, dan melakukan riset kata kunci Anda sendiri dengan alat seperti Keyword Explorer.

Macam-Macam Keyword

Setelah mengetahui pengertian Keyword, adapun macam-macam Keyword, antara lain sebagai berikut:

Baca Juga :  Pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) dan Fungsinya

a. Head Keywords

Keyword bisa jadi luas dan berjangkauan jauh (ini biasanya disebut Head Keywords), atau mereka dapat menjadi kombinasi yang lebih spesifik dari beberapa istilah ini sering disebut “Long-Tail Keywords”

b. Singular Keywords

Singular Keywords atau Kata kunci tunggal mungkin tampak menjadi tujuan utama Anda karena sering kali memiliki volume pencarian yang tinggi dan menggoda. Namun, mereka biasanya memiliki persaingan yang sangat sulit. Anda mungkin ingin toko pakaian butik Anda mendapat peringkat untuk “pakaian,” tetapi akan sulit untuk peringkat di atas Zappos dan Nordstrom.

Di atas persaingan yang kuat itu, kata kunci tunggal bisa sangat membingungkan. Jika seseorang mencari “Kucing” Anda tidak tahu apakah mereka menginginkan daftar ras kucing, informasi tentang makanan kucing, tempat untuk membeli kerah anjing, atau hanya situs dengan foto-foto kucing yang lucu.

c. Long-Tail Keywords

Long-Tail Keyword atau Kata kunci ekor panjang biasanya memiliki maksud yang lebih jelas. Misalnya, “makanan anjing organik terbaik untuk anak anjing,” atau “anjing pejalan kaki murah Seattle”. Anda juga akan menemukan bahwa kata kunci ekor panjang memiliki lebih sedikit persaingan, dengan ruang untuk situs yang lebih kecil untuk didobrak dan membuat tanda mereka pada SERP.

Menggunakan Keyword di halaman Anda

Mengacu pada pengertian Keyword di atas, tidak ada gunanya hanya melemparkan kata kunci ke halaman Anda. Membuat konten yang menarik adalah yaitu memberikan nilai nyata bagi orang-orang nyata, tidak hanya mengirim petunjuk kepada teman robot kami di Google.

Ada beberapa aturan dasar penggunaan kata kunci yang harus Anda ikuti untuk memulai. Kata kunci unik harus digunakan pada setiap halaman situs Anda di area yang biasanya dilihat oleh bot dan manusia untuk meyakinkan mereka bahwa Anda memiliki apa yang mereka cari. Ini termasuk tag judul dan isi konten Anda, yang mengarah ke poin penting atau perangkap Clickbait. Anda mungkin percaya bahwa Anda menarik lebih banyak klik dengan menawarkan judul-judul yang samar-samar menggiurkan untuk konten Anda, tetapi dengan menyamarkan tentang apa sebenarnya halaman itu, Anda memilih keluar dari beberapa kekuatan kata kunci.

Baca Juga :  Pengertian CRO (Conversion Rate Optimization): Manfaat, Cara Mengukur

Anda juga dapat melihat bagaimana kerja Keyword atau kata kunci utama Anda ke dalam URL Anda, tag H1 pada halaman, deskripsi meta, dan alt atribut gambar pada halaman. Semua tempat ini akan membantu petunjuk mesin pencari tentang apa konten Anda sebenarnya.

Menggunakan kata kunci Anda di area ini adalah cara paling dasar untuk menargetkan konten Anda untuk pencarian. Ini tidak akan langsung menembak Anda ke atas hasil, tetapi itu penting untuk SEO dan gagal mengambil langkah-langkah dasar ini dapat mencegah Anda dari peringkat dengan cara lain.

Keyword untuk merumuskan strategi konten

Ilustrasi Gambar Pengertian Keyword
Ilustrasi Gambar Penggunaan Keyword

Meskipun Anda sering dapat memulai dengan kata kunci dan membuat konten di sekitar istilah itu, terkadang konten Anda sudah ada, dan Anda perlu mencari cara untuk mencocokkannya dengan kata kunci. Untuk melakukan ini, buat apa yang dikenal sebagai “konten ke kata kunci peta.” Membuat peta ini dapat membantu Anda memahami dampak dari konten yang ada dan mengidentifikasi tautan atau celah lemah yang perlu diisi.

Karena kata kunci menentukan setiap halaman situs Anda, Anda dapat menggunakannya untuk mengatur konten Anda dan merumuskan strategi. Cara paling dasar untuk melakukan ini adalah memulai membuat Spreadsheet (“konten Anda ke peta kata kunci”) dan mengidentifikasi kata kunci utama Anda untuk setiap artikel. Anda kemudian dapat membangun lembar Anda untuk kebutuhan Anda sendiri, menambahkan volume pencarian kata kunci, lalu lintas Organik, otoritas halaman dan metrik lain yang penting bagi bisnis Anda.

Idealnya, Anda ingin setiap halaman di situs Anda menargetkan kata kunci utama yang unik. Secara umum, beranda Anda akan menargetkan istilah industri yang sangat luas dan saat Anda membuat halaman kategori, halaman produk, dan artikel, mereka akan menelusuri milik Anda dan menargetkan kebutuhan yang lebih spesifik.

Baca Juga :  Pengertian Sales Funnel: Dasar, Cara Kerja dan Konsep Sales Funnel

Penutup

Demikianlah tulisan singkat Kami kali ini mengenai pengertian Keyword dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Kalian yang sedang belajar Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar