Memahami Pengertian Clickbait: Apa itu? Jenis, Ciri dan Dampak Umpan Klik!

0
Gambar Pengertian Clickbait Apa Itu Click Bait Atau Umpan Klik Jenis Ciri Dan Dampaknya
Gambar Pengertian Clickbait Apa Itu Click Bait Atau Umpan Klik Jenis Ciri Dan Dampaknya

Tahukah Anda Pengertian Clickbait, Apa itu Click Bait atau Umpan Klik? Jenis, Ciri-Ciri, Dampak, Clickbait dalam Media Sosial dan Salahkah Menggunakannya? Benar! Ada banyak cara yang dilakukan orang agar kontennya di buka, di klik serta di tonton orang. Salah satu upaya yang biasa lakukan merupakan menggunakan trik yang disebut degnan Clickbait pada judul sebuah Konten seperti Video yang ada di YouTube. Terlebih lagi, beberapa tahun terakhir, ada lonjakan Pemasar dan Pemilik Usaha Kecil yang berusaha menemukan Rute yang lebih mudah untuk meningkatkan Traffic (Lalu Lintas) dengan memproduksi dan mempromosikan apa yang disebut “Clickbait“.

Pada dasarnya, Clickbait merupakan judul jebakan yang mengundang siapa saja yang melihatnya untuk meng-Klik. Judulnya biasanya terlihat menggetarkan dan memancing rasa ingin tahu kita yang sudah melihatnya, ketika di buka, kontennya biasa saja, bahkan terkesan berlebihan dan agak berlebihan atau dapat dibilang lebay. Kali ini Kami akan membahas Apa itu Pengertian Clickbait secara lengkap. Baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Clickbait

Sering disebut sebagai umpan tautan atau URL, umpan klik. Clickbait adalah Hyperlink pada halaman Website yang membujuk pengunjung untuk mengklik untuk terus membaca Artikel. Tautan atau Link Clickbait sering akan meneruskan pengguna ke halaman yang membutuhkan pembayaran, pendaftaran, atau merupakan satu dari serangkaian halaman untuk membantu mendorong tampilan halaman untuk Situs tersebut berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Computerhope.

Apa itu Click Bait atau Umpan Klik?

Jadi, Apa itu sebenarnya Click Bait? Click Bait adalah jebakan yang mengundang klik, seolah-olah menyimpan sesuatu yang jika di buka akan mengejutkan para pembaca maupun penonton (untuk konten Video).

Seperti penjelasan Kami di atas, Clickbait yang juga ditulis sebagai Click Bait yang berarti Umpan Klik, adalah konten online yang menggunakan topik sensasional serta deskripsi teks untuk mempengaruhi seseorang agar orang agar mengklik dan melihat konten asli di sumber publikasi. Clickbait cenderung menyebar dengan cepat melalui Media Sosial dan situs berbagi, seperti Youtube, Facebook dan Twitter.

Baca Juga :  Memahami Pengertian PDF: Sejarah, Fungsi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan serta Contohnya!

Jenis Clickbait

Mengacu pada penjelasan dan Pengertian Clickbait di atas, Clickbait ini terbagi dalam beberapa jenis, yaitu adalah untuk Penghasilan dan untuk Topik Konten. Adapaun penjelasan Jenis Clickbait antara lain adalah sebagai berikut:

a. Clickbait untuk Penghasilan

Jenis Clickbait yang pertama yaitu adalah Clickbait untuk Penghasilan. Setiap klik melalui dan tindakan yang membuat pengguna melihat artikel sumber, umumnya memuat pendapatan berbasis iklan untuk publikasi. Semakin banyak klik yang diterima sebuah Artikel, maka semakin ada banyak pendapatan yang diperoleh oleh sang pembuat.

Untuk alasan ini, Clickbait dibuat untuk menarik sejumlah besar pembaca dan juga seringkali menggunakan pedoman kualitas dan sumber yang diteliti. Beberapa Artikel Clickbait akan memakai sejumlah besar Gambar atau Video yang tersebar di beberapa halaman untuk lebih meningkatkan jumlah klik oleh pengguna. Setiap halaman yang memiliki Clickbait ini biasanya selalu berisi beberapa Iklan.

b. Clickbait untuk Topik Konten

Berikutnya adalah Clickbait untuk Topik Konten. Judul artikel clickbait adalah elemen yang utama. Headline atau topik clickbait tidak jarang ditulis untuk memanipulasi perasaan atau menarik perhatian. Misalnya, topik utama yang dapat menimbulkan emosi kemarahan seperti:

"Anda pasti akan Marah dengan Apa yang Terjadi Kepada Gadis Kecil Ini!"

Clickbait Jenis lain yang didesain dan dibuat dengan sedemikian rupa untuk membuat orang penasaran seperti:

"Orang ini Menemukan Amplop Tertutup!
Anda Pasti tidak Akan Percaya Apa yang Terdapat di Dalamnya!"

Seringkali, Informasi utama Clickbait dan juga kontennya bersifat Sensasional, Provokatif, atau Kontroversial. Jenis-Jenis topik utama ini bersama dengan Gambar yang menarik dan mengembangkan dan berkomentar di Media Sosial merupakan semua elemen umum Clickbait.

Ciri-Ciri Clickbait

Ilustrasi Gambar Ciri Ciri Clickbait Atau Umpan Klik Dalam Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Ciri Ciri Clickbait Atau Umpan Klik Dalam Pembahasan Pengertiannya

Setelah kita mengetahui Apa itu Clickbait atau Umpan Klik, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja Ciri-Ciri Clickbait. Adapun beberapa ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Judul yang dimilikinya yang terkesan mengejutkan, wah, sensasional, mengundang sesuatu, misteri dan tersembunyi sehingga menarik pembaca atau penonton kepada pada saat tersebut
  • Seringkali menggunakan tanda seru (!) pada awal kata maupun akhir kalimat judul serta juga menggunakan ada banyak titik-titik
  • Umumnya, memakai kata “Inilah” atau “Itulah“, dan antara lain memakai kata tanya seperti, “Apakah?“, “Benarkah?“, “Bisakah?” dan lain sebagainya
Baca Juga :  7+ Istilah dalam Growth Hacking yang Harus Anda Ketahui

Dampak Clickbait atau Umpan Klik

Secara garis besar memang sebenarnya Clickbait ini akan memberikan Traffic (Lalu Lintas Pengunjung) tinggi yang cukup menjanjikan untuk konten seperti Video di YouTube. Masalahnya, salah satu dari dampak dari Clickbait YouTube adalah dapat berdampak Negatif bagi mereka yang menonton.

Apabila kebanyakan Konten atau Video kalian mendapat respon tidak baik, bisa jadi hal tersebut akan berakibat fatal untuk Situs atau Akun kalian sendiri. Apa Hasilnya? Reputasi Anda dalam jangka panjang pastinya akan menjadi jelek bukan?

Clickbait dalam Media sosial

Ilustrasi Gambar Clickbait Dalam Media Sosial Dalam Pembahasan Pengertian Jenis Ciri Dan Dampaknya
Ilustrasi Gambar Clickbait Dalam Media Sosial Dalam Pembahasan Pengertian Jenis Ciri Dan Dampaknya

Setelah kalian mengetahui istilah istilah daripada Clickbait, lalu bagaimana Definisi Clickbait di dalam Media Sosial? Ya! Kami merumuskannya seperti ini, Pengertian Clickbait dalam Media Sosial adalah judul jebakan sensasional yang mengundang agar yang di klik, di buka serta yang di akses.

Pada dasarnya, Clickbait bertujuan untuk “Mendorong” secara tidak langsung bagi mereka yang melihat, mau membuka atau mengakses konten tersebut. Masalahnya, kebanyakan Clickbait baik yang di ada pada Website, YouTube, Instagram atau Facebook dan lainnya, tidaklah sama dengan judulnya. Judul boleh saja sensasional, tapi isinya? Berkualitas atau tidak, cocok atau tidak sesuai judulnya dengan apa yang sensasional tadi? Apabila tidak, tentu mereka yang menonton akan merasa dirugikan dan pastinya Kecewa bukan?

Hasilnya, orang yang sudah membuka akan meninggalkan Situs atau akun tempat Anda memberikanKkonten tersebut sesegera mungkin. Dan lebih parahnya, mereka semua juga berhak memberikan Review atas rasa Kecewa mereka, sebagai contoh, misalnya seperti di Youtube orang bisa saja memberikan Dislike kepada mereka dalam konten Video Anda.

Salahkah Menggunakan Clickbait?

Jawabannya adalah “TIDAK“, mengapa? Clickbait merupakan salah satu dari berbagai macam Stategi, Taktik dan Teknik Internet Marketing, terkait bagaimana Cara mereka meningkatkan Traffic (Lalu Lintas Pengunjung) dari apa yang mereka miliki, entah itu Situs Web atau Video yang ada di YouTube.

Baca Juga :  Pengertian Meta Element (HTML): Fungsi dan Contoh Meta Element

Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana reaksi para pembaca atau penonton yang ada pada saat tersebut. Ya! Tentu akan sangat disayangkan jika Clickbait tersebut tidak sama dengan isi konten Video yang terkesan sembarangan (yang tidak berkualitas).

Kesimpulan

Bagaimana sudah pahamkan? Oke, jadi dari pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian Clickbait, Apa itu Click Bait atau Umpan Klik? Jenis, Ciri-Ciri, Dampak, Clickbait dalam Media Sosial dan Salahkah Menggunakannya di atas dapat kita simpulkan bahwa Clickbait adalah sebuah tindakan yang disengaja untuk terlalu menjanjikan atau salah mengartikan, terutama dalam Tajuk atau Judul utama, di Media Sosial, dalam Gambar, atau Kombinasi dari apa yang akan Anda temukan ketika Anda membaca sebuah tulisan seperti dalam Website.

Saat ini, Clickbait sering ditandai dengan kata-kata seperti, “Anda tidak akan percaya” atau “Apa yang terjadi selanjutnya akan mengejutkan Anda” atau pernyataan tidak dapat diverifikasi lainnya dalam upaya putus asa untuk memicu keingintahuan Anda menjadi sebuah dari apa yang dinamakan Klik.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian Clickbait, Apa itu Click Bait atau Umpan Klik? Jenis, Ciri-Ciri, Dampak, Clickbait dalam Media Sosial dan Salahkah Menggunakannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua terutama dalam Dunia Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar