Memahami Pengertian Tujuan: Apa itu Tuju? Ini Pengertian, Makna dan Jenis-Jenisnya!

2
Gambar Pengertian Tujuan Menurut Para Ahli Makna Tujuan Dan Jenis Jenisnya
Gambar Pengertian Tujuan Menurut Para Ahli Makna Tujuan Dan Jenis Jenisnya

Tahukah Anda, Apa Pengertian Tujuan, Menurut Para Ahli, Makna dan Jenis-Jenisnya?

Sebelumnya, mari kita bahas sedikit terlebih dahulu terkait gambaran dari kata ini secara general.

Ya! Seperti yang dapat kita lihat arti dari kata tujuan berasal dari kata dasar tuju.

Secara umum, tujuan merupakan sebuah homonim karena arti-artinya yang memiliki ejaan dan pelafalan yang sama, akan tetapi maknanya berbeda.

Tujuan atau yang dikenal dengan sebutan destination dan goal (dalam bahasa inggris), ini memiliki arti dalam kelas nomina atau berupa kata benda sehingga tujuan yang kita maksud disini dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat atau semua benda dan segala sesuatu yang dibendakan.

Terkait hal itu, dalam tulisan kali ini, Kami akan membahas tentang tujuan secara detail dan lengkap! Oke, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Tujuan

Tujuan adalah penjabaran dari visi dan misi dan juga merupakan hal yang akan dicapai (dituju) atau dihasilkan oleh organisasi atau perusahaan.

Tujuan dari usaha tersebut berupa target yang mana dia bersifat kuantitatif.

Tuju, kata ini merupakan sebuah pencapaian ukuran keberhasilan kinerja perusahaan berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Wiktionary.

Perlu kalian ketahui bahwa dalam merumuskannya sendiri, kita harus bersikap cerdas atau smart, specific, measurable, action-oriented, realistic dan timely atau spesifik atau khusus, bisa diukur, memiliki orientasi pada tindakan, realistis, serta ada kejelasan dalam penentuan waktunya.

Baca Juga :  Pengertian Perawat (Nurse): Jenis, Tugas dan Proses Keperawatan

Tujuan atau Tuju Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Tuju1 » tu.ju.an

  1. arah; haluan (jurusan)
  2. yang dituju; maksud; tuntutan (yang dituntut)

Tu.ju1

  • menuju

Pengertian Tujuan Menurut Para Ahli

Ilustrasi Gambar Definisi Tujuan Menurut Para Ahli Dalam Membahas Apa Arti Dan Maknanya
Ilustrasi Gambar Definisi Tujuan Menurut Para Ahli Dalam Membahas Apa Arti Dan Maknanya

Agar lebih memahami mengenai apa itu arti dari tujuan, kita tentunya juga harus merujuk kepada pendapat para ahli dan pakar terkait definisi mereka tentang kata ini.

Adapun beberapa pendapat para ahli terkait definisi mereka mengenai tujuan adalah sebagai berikut.

1. H.R. Daeng Naja

Menurut H.R. Daeng Naja, definisi tujuan adalah misi sasaran yang ingin dicapai oleh suatu organisasi di masa yang akan datang dan manajer bertugas mengarahkan jalannya organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Ken Mcelroy

Menurut Ken Mcelroy, definisi tujuan merupakan langkah pertama dalam proses mencapai kesuksesan dan tujuan juga merupakan kunci mencapai kesuksesan.

3. Yayasan Trisakti

Menurut Yayasan Trisakti, tujuan adalah kunci untuk menentukan atau merumuskan apa yang akan dikerjakan ketika pekerjaan itu harus dilaksanakan dan itu disertai pula dengan jaringan politik, prosedur, anggaran serta penentuan program.

4. Tommy Suprapto

Menurut Tommy Suprapto, definisi tujuan merupakan realisasi dari misi yang spesifik dan dapat dilakukan dalam jangka pendek.

Menurutnya, kata ini merupakan pernyataan tentang keadaan yang diinginkan di mana organisasi atau perusahaan bermaksud untuk mewujudkannya dan sebagai pernyataan tentang keadaan di waktu yang akan datang di mana organisasi sebagai kolektivitas mencoba untuk menimbulkannya.

5. Business Dictionary (Kamus Bisnis)

Berdasarkan dari Kamus Bisnis, tujuan adalah hasil akhir yang dapat diamati dan diukur memiliki satu atau lebih tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu yang lebih atau kurang tetap.

Makna Tujuan

Dalam membahas mengenai apa itu arti tujuan dan pengertiannya, berdasarkan sumber yang sudah Kami rangkum dari artikel Bizjournals, makna tujuan adalah sesuatu yang kita perjuangkan agar selaras dengan tujuan kita.

Baca Juga :  Apa itu Listicle? Ini Pengertian, Jenis dan Contohnya! Kenapa Listikel Efektif serta Apa Faktor Penyebabnya?

Dengan mencapai arah tuju, maka itu akan membantu kita mencapai tujuan kita.

Tujuan biasanya muncul dari proses visi, atau setidaknya “rencana” yang membuat kita terus menuju ke arah yang benar.

Jenis-Jenis Tujuan

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Tujuan Dalam Membahas Tentang Pengertian Dan Maknanya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Tujuan Dalam Membahas Tentang Pengertian Dan Maknanya

Berdasarkan pembahasan arti tujuan di atas, ketika Anda menetapkan (sebuah) tujuan, waktu yang Anda tetapkan untuk mencapai tujuan tersebut membuat perbedaan besar dalam jenis tujuan.

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis yang ada dalam tujuan, khususnya berdasarkan waktu.

1. Tujuan Seumur Hidup

Jenis tujuan yang pertama adalah tujuan seumur hidup.

Tujuan seumur hidup adalah tujuan yang akan mencapai waktu yang lama mungkin dapat sampai 10 (sepuluh) tahun hingga seumur hidup Anda untuk mencapainya.

2. Tujuan Jangka Panjang

Tujuan jangka panjang adalah tujuan kerja keras Anda.

Mereka PERLU dan HARUS untuk memiliki batas waktu spesifik yang ditetapkan pada mereka (biasanya 5 atau 10 tahun tujuan).

3. Tujuan Jangka Pendek

Kemudian, ada tujuan jangka pendek.

Ya! INi tidaklah selalu sesingkat yang kita pikirkan.

Tujuan macam ini mungkin dapat didapatkan dalam sebulan, enam bulan atau setahun.

Ini adalah tujuan yang dibangun dalam waktu singkat dengan tujuan yang jelas untuk mencapai tujuan jangka panjang atau seumur hidup.

4. Batu Pijakan dari Tujuan

Jenis dan macamnya yang terakhir yaitu batu pijakan dari tujuan, dimana ini merupakan tujuan transaksional.

Kalian dapat memikirkan ini sebagai langkah tindakan yang memungkinkan Anda mencapai tujuan yang lebih besar.

Mereka dapat dikatakan seperti batu bata (dalam artian sebagai pijakan) yang membangun tujuan jangka pendek yang membantu Anda membangun Anda tujuan jangka panjang dan seumur hidup.

Kesimpulan

Oke bagaimana? Sudah cukup jelas bukan?

Baca Juga :  Memahami Pengertian HTML Element: Apa itu Elemen HTML? Jenis-Jenis, Contoh dan Perbedaannya dengan Tag!

Baiklah, berdasarkan pembahasan Pengertian Tujuan, Menurut Para Ahli, Makna dan Jenis-Jenisnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, tuju atau tujuan adalah penjabaran dari visi dan misi dan merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh perusahaan, sebuah organisasi maupun perorangan.

Tujuan juga merupakan gagasan tentang masa depan atau hasil yang diinginkan yang seseorang atau sekelompok orang bayangkan, rencanakan dan berkomitmen untuk capai.

Semua orang berusaha untuk mencapai tujuan dalam waktu yang terbatas dengan menetapkan tenggat waktu.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Tujuan, Menurut Para Ahli, Makna dan Jenis-Jenisnya dengan pembahasannya secara lengkap.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua, selain itu, Kami juga sangat memohon bagi kalian yang ingin menyalin tullisan ini di postingan blog kalian agar dapat mencantumkan sumber yang sebenarnya, terlebih karena ini semua merupakan karya tulis dan hasil pemikiran Kami secara pribadi.

Jangan lupa untuk membagikan artikel yang sudah Kami bagikan disini terutama jika kalian dapati tulisan ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

2 Komentar

Tinggalkan Komentar