Mengenal Pengertian SEO Specialist (Expert): Apa itu SEO Consultant? Jenis dan Macam Skill serta Caranya!

0
Gambar Pengertian SEO Specialist Apa Itu SEO Expert Dan Consultant Jenis Dan Macam Skill Kemampuan Serta Bagaimana Cara Untuk Menjadi Ahli Atau Pakar Search Engine Optimization
Gambar Pengertian SEO Specialist Apa Itu SEO Expert Dan Consultant Jenis Dan Macam Skill Kemampuan Serta Bagaimana Cara Untuk Menjadi Ahli Atau Pakar Search Engine Optimization

Tahukah Anda, Pengertian SEO Specialist, Apa itu SEO Expert dan Consultant? Jenis dan Macam Skill (Kemampuan) serta Bagaimana Cara untuk Menjadi Ahli atau Pakar SEO? Benar, pada dasarnya, deskripsi pekerjaan konsultan pengoptimalan mesin telusur, atau deskripsi pekerjaan konsultan ahli atau pakar SEO adalah menganalisis, meninjau, dan meningkatkan situs web, kinerja mesin telusur, dan link (tautan) masuk untuk memberikan saran ahli, panduan, tugas yang dapat ditindaklanjuti, dan rekomendasi kepada pemilik bisnis.

Itu dilakukan utnu mendapatkan lebih banyak traffic (lalu lintas) search engine organic (alami) dan posisi peringkat yang lebih tinggi. Kini, deskripsi pekerjaan SEO specialist dan consultant WordPress juga telah berubah untuk memasukkan persyaratan keterampilan canggih yang berfokus pada strategi konten dan fokus kata kunci semantik. Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian SEO consultant (expert). Oke baiklah, langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian SEO Specialist

Seorang ahli atau SEO specialist adalah seseorang yang mengoptimalkan situs website untuk mencapai rank (peringkat) mesin pencari yang lebih tinggi.

Seorang ahli SEO adalah seseorang yang tahu bagaimana mendapatkan lebih banyak lalu lintas atau traffic (baca pengertian traffic web disini) dari mesin pencari.

Dalam bidang yang sama lainnya, mereka juga sering disebut dengan SEO expert.

Seorang spesialis Search Engine Optimization atau SEO (baca pengertian SEO menurut para ahli disini) menganalisis, meninjau dan menerapkan perubahan pada situs web sehingga dioptimalkan untuk mesin pencari.

Pada intinya, hal ini berarti memaksimalkan lalu lintas pengunjung ke situs dengan meningkatkan peringkat halaman dalam mesin pencari berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Freshgigs.

Apa itu SEO Expert?

Ilustrasi Gambar Pengertian Apa Itu Pakar Atau Ahli SEO Expert Dan Konsultan Atau SEO Consultant Serta Jenis Dan Macam Skill Atau Kemampuannya
Ilustrasi Gambar Pengertian Apa Itu Pakar Atau Ahli SEO Expert Dan Konsultan Atau SEO Consultant Serta Jenis Dan Macam Skill Atau Kemampuannya

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan SEO expert? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, mereka juga sering disebut dengan SEO specialist.

Pakar Search Engine Optimization (SEO) atau ahli SEO adalah seseorang yang menganalisis, meninjau, dan menerapkan perubahan rutin pada situs web.

Oleh karena itu, mereka selalu berusaha mengoptimalkan situs untuk Google dan mesin pencari lainnya.

Seorang SEO expert meneliti dan menganalisis tren dan praktik terbaik online untuk mengembangkan dan menerapkan strategi yang meningkatkan hasil pencarian.

Seorang spesialis atau SEO expert perlu melihat tren, memahami artinya, dan mengembangkan strategi yang berhasil di dalamnya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Sales Funnel: Apa itu Saluran atau Corong Penjualan? Dasar, Cara Kerja, Konsep dan Contohnya!

Tujuan pakar atau SEO expert adalah agar konten Anda mencapai tempat nomor satu yang didambakan di salah satu SERP (Search Engine Result Page) Google atau fitur SERP lainnya.

Perlu kalian ketahui bahwa ada serangkaian hasil pekerjaan baru yang diperlukan untuk membuat konten informasi dan berguna bersama dengan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Deskripsi pekerjaan konsultan SEO membutuhkan keterampilan berpikir strategis, analitis, integratif, taktis, dan kritis untuk mengoptimalkan keterkaitan antara media sosial, penilaian kualitas konten, konten landasan (konten bentuk panjang), persaingan ekstrem, dan perilaku pengguna.

Selain itu, mereka juga perlu untuk sambil memperhatikan dengan seksama pembaruan algoritma mesin pencari Google dan kompetisi online.

Apa itu SEO Consultant?

Kemudian, apa itu SEO consultant?

Biasanya, “consultant atau konsultan” dalam bentuk apa pun adalah pakar tentang topik tertentu dan mereka dibayar untuk memberikan nasihat tentang topik tersebut oleh individu atau perusahaan yang membutuhkannya.

Jadi begitulah cara konsultan atau SEO consultant.

SEO consultant adalah ahli dalam pengoptimalan mesin telusur dan dibayar oleh bisnis dan pemilik situs.

Itu dilakukan untuk memberi mereka nasihat tentang cara mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, lalu lintas yang lebih bertarget.

Dan pada akhirnya lebih banyak keuntungan untuk situs web mereka, dimana hal ini lebih dikenal dengan istilah conversion (konversi).

Pada tingkat atau level tinggi, tugas seorang konsultan pengoptimalan mesin telusur (SEO) adalah membantu bisnis Anda agar dapat ditemukan.

Konsultan pengoptimalan mesin telusur (SEO) adalah seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam industri pemasaran digital atau digital marketing.

Pada tingkat yang sangat tinggi (advanced), tugas SEO consultant adalah menarik dan mengubah dan membuat Anda ditemukan di pencarian Google agar dapat menghasilkan.

Hal itu berarti mereka menerapkan sejumlah strategi SEO dengan tujuan utama menarik audiens (baca arti audiens disini) yang ditargetkan dari mesin pencari dan membuat mereka berubah menjadi pelanggan.

Jenis dan Macam-Macam Skill (Kemampuan) SEO Specialist (Expert)

Ilustrasi Gambar Jenis Macam Skill Atau Kemampuan SEO Specialist Atau Expert Dan Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pakar Search Engine Optimization
Ilustrasi Gambar Jenis Macam Skill Atau Kemampuan SEO Specialist Atau Expert Dan Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pakar Search Engine Optimization

Agar lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian SEO specialist (expert) dan consultant, maka kita juga harus mengetahui apa saja jenis dan macam-macam skill utama yang harus mereka miliki.

Benar, ada lebih banyak hal tentang SEO selain mengoptimalkan tag meta di situs web.

Faktanya, spesialis atau SEO specialist (expert) terbaik adalah orang-orang yang mahir dalam berbagai bidang pemasaran digital.

Ya, hal ini termasuk keterampilan SEO “inti” (seperti pengoptimalan tag judul dan banyak lagi lainnya).

Tetapi itu juga mencakup keterampilan pemasaran digital lainnya, seperti writing

(menulis) dan desain web.

Oke langsung saja, berikut ini adalah keterampilan utama yang perlu dimiliki pakar atau SEO specialist (expert):

  • Kemampuan untuk menemukan keyword (kata kunci) volume tinggi dan persaingan rendah.
  • Pemahaman dasar tentang HTML.
  • Mengetahui bagaimana dan di mana menambahkan kata kunci ke halaman web.
  • Keterampilan copywriting tingkat menengah hingga lanjutan (advanced).
  • Kemahiran dalam konten visual, seperti video dan infografis.
  • Kemampuan untuk mempromosikan dan membangun link (tautan) ke halaman utama.
  • Memahami bagaimana SEO teknis memengaruhi peringkat.
  • Pengetahuan tentang tren atau trend SEO yang muncul dan perubahan algoritma Google.
Baca Juga :  Inilah Penjelasan Pengertian Cloud Computing: Apa itu Komputasi Awan? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Manfaat, Karakteristik serta Perbedaannya dengan Web Hosting!

Cara Menjadi Seorang SEO Specialist atau Expert

Berkenaan dengan penjelasan pengertian dan artinya di atas, jadi bagaimana cara Anda agar dapat menjadi pakar, ahli SEO specialist (expert)?

Oke, Kami juga akan menjelaskannya dalam subbagian ini.

Terutama, karena bidang pengoptimalan mesin telusur masih sangat baru, kebanyakan orang tidak mempelajari SEO dari program perguruan tinggi tradisional yang dijalani selama 4 tahun.

Ya, meskipun itu memang ada.

Memang, faktanya sampai sekarang tidak ada jurusan khusus yang memperlajari tentang SEO terutama di Indonesia.

Adapun beberapa cara paling umum yang dapat kalian lakukan untuk menjadi spesialis atau SEO specialist (expert) adalah sebagai berikut:

  • Mengikuti course atau kursus SEO.
  • Mempelajari SEO dengan mengoptimalkan situs web mereka sendiri.
  • Bekerja di agen marketing (pemasaran).
  • Menerima klien SEO.
  • Mendapatkan sertifikasi atau gelar SEO online.
  • Bekerja sebagai profesional SEO “in-house” dan lain sebagainya.

Melihat beberapa cara di atas, kemudian apa saja yang dibutuhkan seorang pakar atau SEO specialist (expert)?

Yup, perlu Kami tekankan disini bahwa keterampilan komunikasi adalah segalanya.

Jika klien mempekerjakan Anda untuk mengembangkan situsnya, Anda harus mampu menjelaskan tindakan terbaik dan menjelaskan mengapa itu yang terbaik untuknya.

Mereka harus membuat konsep tentang apa yang Anda lakukan sehingga mereka dapat memilikinya dan merasa yakin bahwa Anda membuat keputusan yang bijak untuk perusahaan mereka.

Kemudian mungkin seperti menilai atau menghitung risiko serta mengetahui perbedaan antara perubahan yang dapat sangat merusak kemajuan situs web.

Serta perubahan yang dapat membawa kemajuan dan memperkirakan tren serta bagaimana pengaruhnya terhadap lalu lintas di masa mendatang juga penting.

Terkait hal teknisnya, Anda tentunya juga perlu mengetahui Google Analytics (atau alat analisis web lainnya), serta alat SEO seperti SEMrush dan Moz.

Siapa Supervisor SEO Specialist (Expert)?

Jika kalian bertanya terkait hal siapa yang menjadi atasan atau supervisor SEO specialist (expert) ini, maka itu tergantung pada perusahaan dan strukturnya.

Kami pribadi yang juga berurusan dengan SEO dalam jasa pembuatan website akan melapor langsung kepada klien Kami.

Orang dalam perusahaan lainnya mungkin melapor kepada direktur pemasaran.

Baca Juga :  Memahami Pengertian BPO: Apa itu Business Process Outsourcing dan Company? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Jadi, apakah ada pekerjaan yang mirip dengan ini?

Perlu untuk diketahui bahwa ini adalah keahlian yang sangat spesifik yang membutuhkan banyak fokus yang mendetail.

Bagaimana Seseorang Bisa Masuk Ke Bidang Ini?

Memang, gelar dalam dunia pendidikan terbilang sangat membantu, tetapi karena SEO sangat spesifik, tidak banyak kelas perguruan tinggi yang akan memberi Anda keterampilan yang Anda butuhkan.

Kami pribadi lebih merekomendasikan untuk mempelajari kelimpahan materi yang tersedia secara online.

Untuk memulainya, cobalah sertifikasi online Google atau Bing (baca pengertian Bing disini) atau sumber daya komunitas industri di situs seperti QuickSprout dan AHrefs.

Kesimpulan

Oke, untuk sekarang Kami rasa sudah cukup jelas. Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian SEO Specialist, Apa itu SEO Expert dan Consultant? Jenis dan Macam Skill (Kemampuan) serta Bagaimana Cara untuk Menjadi Ahli atau Pakar SEO di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian pakar, ahli atau SEO specialist (expert) adalah seseorang yang mengetahui cara kerja optimasi mesin pencari dan cara menerapkan Search Engine Optimization untuk meningkatkan rangking atau peringkat sebuah website di search engine.

Seorang profesional SEO merupakan pakar SEO yang mempraktikkan SEO sebagai profesi baik dengan melakukan konsultasi SEO, menawarkan layanan SEO, atau menerima klien berdasarkan proyek-proyek. Terlepas daripada hal tersebut di atas, ada banyak keuntungan mengapa Anda harus meningkatkan keterampilan ini, meskipun Anda tidak berencana untuk menawarkan layanan kepada klien.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan artikel kali ini, dimana Kami membahas Pengertian SEO Specialist, Apa itu SEO Expert dan Consultant? Jenis dan Macam Skill (Kemampuan) serta Bagaimana Cara untuk Menjadi Ahli atau Pakar SEO. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan kalian semua dalam belajar teknologi informasi di bidang bisnis dan optimasi mesin pencari.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog serta YouTube Kami untuk berbagai macam informasi teknologi yang mengedukasi lainnya.

Tinggalkan Komentar