IT Audit: Pengertian, Apa itu Audit Information Technology (IT)? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Skill, Cara Mengaudit dan Pentingnya!

0
Gambar Dari Pengertian IT Audit Apa Itu Information Technology Atau IT Audit Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Skill IT Auditor Cara Mengaudit Dan Kenapa Itu Penting
Gambar Dari Pengertian IT Audit Apa Itu Information Technology Atau IT Audit Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Skill IT Auditor Cara Mengaudit Dan Kenapa Itu Penting

Mengenal Pengertian IT Audit, Apa itu Information Technology (IT) Audit, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Skill IT Auditor, Cara Mengaudit dan Kenapa Itu Penting!

Memang, jika Anda menjalankan bisnis atau mengelola proyek, dampak penjahat dunia maya pada perusahaan Anda bisa menjadi bencana besar.

Mereka dapat mencuri data pelanggan dan merusak reputasi Anda.

Tidak seperti di dunia fisik, di mana lingkungan yang buruk dibatasi dengan lebih jelas, ancaman dunia maya bisa seperti kuda trojan yang terlihat ramah, tetapi saat Anda lengah, mereka akan menggeledah data Anda.

Ancamannya juga bisa internal, seperti karyawan yang tidak puas menyabotase semua yang Anda bangun selama bertahun-tahun dalam hitungan detik.

Intinya, teknologi itu berguna, tetapi juga rentan.

Itulah mengapa organisasi harus melakukan audit IT untuk memastikan data dan jaringannya aman dari serangan.

Audit keamanannya juga mungkin satu-satunya hal yang berdiri di antara sebuah keberhasilan dan kegagalan.

Oke, terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu pengertian IT audit, cara melakukan dan pentingnya.

Baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian IT Audit

Teknologi informasi, Information Technology atau IT audit adalah pemeriksaan dan evaluasi infrastruktur teknologi informasi organisasi, aplikasi, penggunaan dan manajemen data, kebijakan, prosedur, dan proses operasional terhadap standar yang diakui atau kebijakan yang ditetapkan.

Seperti yang juga dijelaskan dari sumber simpulan Kami dari Situs RMAS FAD Harvard, audit tersebut biasanya mengevaluasi apakah pengendalian untuk melindungi aset teknologi informasi (baca pengertian teknologi informasi disini) memastikan integritas dan selaras dengan tujuan dan sasaran organisasi.

Apa itu Audit Information Technology (IT) atau Teknologi Informasi (TI)?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan audit Information Technology (IT) atau Teknologi Informasi (TI)?

Well, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih sering disebut dengan “IT audit” saja secara global.

Audit TI adalah pemeriksaan dan evaluasi infrastruktur, kebijakan, dan operasi teknologi informasi dalam organisasi.

Audit teknologi informasi menentukan apakah kontrol teknologi sudah melindungi aset perusahaan, memastikan integritas data, dan selaras dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.

Seorang auditor TI tidak hanya memeriksa kontrol keamanan fisik, tetapi juga kontrol bisnis dan keuangan secara keseluruhan yang melibatkan sistem teknologi informasi.

Apa itu IT Auditor?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Audit Information Technology IT Atau Teknologi Informasi TI Dan Auditor Atau Pengauditnya Serta Tujuan Dan Fungsinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Audit Information Technology IT Atau Teknologi Informasi TI Dan Auditor Atau Pengauditnya Serta Tujuan Dan Fungsinya

Lalu, apa itu IT auditor?

Auditor TI adalah orang yang bertanggung jawab untuk menganalisis dan menilai infrastruktur teknologi perusahaan untuk memastikan proses dan sistem berjalan secara akurat dan efisien, sambil tetap aman dan memenuhi peraturan kepatuhan.

IT auditor juga mengidentifikasi setiap masalah teknologi yang berada di bawah audit, khususnya yang terkait dengan keamanan dan manajemen risiko atau risk management.

Dalam prosesnya, jika masalah diidentifikasi, auditor TI bertanggung jawab untuk mengomunikasikan temuan mereka kepada orang lain dalam organisasi dan menawarkan solusi untuk meningkatkan atau mengubah proses dan sistem untuk memastikan keamanan dan kepatuhan.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Programming: Tujuan, Jenis, Karakteristik, Elemen dan Perbedaannya dengan Coding!

Tujuan dan Fungsi IT Audit

Dalam membahas tentang apa itu arti dan pengertian IT audit, kita juga harus mengetahui apa saja tujuan dan fungsi pengauditan teknologi tersebut.

Oke, perlu kalian ketahui bahwa tujuan utama dari audit IT meliputi hal-hal seperti:

  • Mengevaluasi sistem dan proses yang saat ini ada, dimana ini berfungsi untuk mengamankan data perusahaan.
  • Menentukan apakah terdapat potensi risiko terhadap aset informasi perusahaan dan mencari cara untuk meminimalkan risiko tersebut.
  • Memverifikasi keandalan dan integritas informasi.
  • Menjaga semua aset.
  • Memeriksa apakah proses manajemen informasi sesuai dengan undang-undang, kebijakan, dan standar khusus IT.
  • Menetapkan inefisiensi dalam sistem teknologi informasi atau IT dan manajemen terkait.

Lalu, untuk fungsi utamanya sendiri, terlebih karena operasi di perusahaan modern semakin terkomputerisasi, audit IT berfungsi dan seringkali digunakan untuk memastikan kontrol dan proses terkait informasi bekerja dengan benar.

Jenis-Jenis IT Audit

Gambar Jenis Jenis IT Audit Serta Macam Skill Keterampilan Dan Keahlian Seorang Pengaudit Atau IT Auditor
Gambar Jenis Jenis IT Audit Serta Macam Skill Keterampilan Dan Keahlian Seorang Pengaudit Atau IT Auditor

Setelah kita mengetahui pengertian, tujuan dan fungsi dari IT audit, selanjutnya dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan tentang jenis-jenisnya.

Secara garis besar, audit TI dapat dibagi menjadi 2 (dua) yaitu tinjauan pengendalian umum (general control review) dan tinjauan pengendalian aplikasi (application control review).

Namun, untuk lebih spesifiknya, berikut di bawah ini adalah 5 (lima) jenis-jenis atau kategori audit Information Technology (IT) yang harus kalian ketahui.

1. Sistem dan Aplikasi

Jenis audit TI yang pertama yaitu adalah sistem dan aplikasi

atau system and applications.

Kategori ini adalah jenis audit berfokus pada sistem dan aplikasi dalam suatu organisasi.

Disini, para auditor akan memastikan apakah mereka sesuai, efisien, valid, andal, tepat waktu, dan aman di semua tingkat aktivitas.

2. Fasilitas Pemrosesan Informasi

Jenis berikutnya yaitu fasilitas pemrosesan informasi atau information processing facilities.

Ini merupakan jenis audit yang memverifikasi bahwa apakah proses yang ada sudah bekerja dengan benar, tepat waktu dan akurat, baik dalam kondisi normal atau mengganggu.

3. Pengembangan Sistem

Jenis yang ke-3 adalah pengembangan sistem atau system development.

Biasanya para auditor menggunakannya untuk melihat apakah sistem yang sedang dikembangkan dibuat sesuai dengan standar organisasi.

4. Manajemen dan Arsitektur TI Perusahaan

Kemudian, ada manajemen dan arsitektur TI perusahaan atau yang juga dikenal dengan IT enterprise architecture and management.

Jenis audit ini akan memastikan bahwa manajemen TI terstruktur dan proses secara terkontrol dan efisien.

Selebihnya, terkait dengan IT audit, kalian dapat membaca lebih lanjut tentang pengertian enterprise architecture disini.

5. Client/Server, Telekomunikasi, Intranet dan Extranet

Jenis IT audit terakhir yang dapat Kami jelaskan dalam postingan ini yaitu client/server, telekomunikasi, intranet dan extranet.

Tipe audit ini menyoroti kontrol telekomunikasi, seperti server dan jaringan, yang merupakan jembatan antara klien dan server.

Benar! Semua proses audit ini tentunya dapat dilakukan dengan cepat dengan bantuan perangkat lunak manajemen proyek IT.

Macam-Macam Skill (Keahlian) Auditor IT atau Pengaudit Teknologi Informasi

Terkait pengertian IT audit di atas, seperti yang sudah Kami jelaskan, ini semua tidak terlepas daripada perang seorang auditor (pengaudit).

Yup! Skills atau keterampilan yang Anda butuhkan sebagai auditor TI akan bervariasi tergantung pada peran dan industri spesifik Anda, akan tetapi, ada seperangkat keterampilan umum yang dibutuhkan semua auditor TI untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Template: Apa itu Templat dan Template Design? Tujuan, Jenis dan Macam serta Contohnya!

Adapun beberapa skill, keterampilan atau keahlian yang paling sering dicari dan tentunya harus dimiliki oleh seorang IT auditor adalah sebagai berikut:

  • IT security and infrastructure
  • Internal audit
  • IT risk
  • Data analysis dan alat atau visualization tools (ACL, MS Excel, SAS, Tableau)
  • Security risk management
  • Security testing and auditing
  • Computer security
  • Internal auditing standards termasuk seperti SOX, MAR, COSO and COBIT
  • Analytical dan critical thinking skills
  • Serta communication skills

Bagaimana Cara Melakukan Audit IT (Information Technology atau Tekonologi Informasi)

Ilustrasi Gambar Cara Mengaudit Atau Melakukan IT Audit Serta Apa Saja Peran Auditor Dan Kenapa Itu Penting Untuk Bisnis Atau Perusahaan Anda
Ilustrasi Gambar Cara Mengaudit Atau Melakukan IT Audit Serta Apa Saja Peran Auditor Dan Kenapa Itu Penting Untuk Bisnis Atau Perusahaan Anda

Lalu, bagaimana cara untuk melakukan audit di bidang IT (Information Technology atau Teknologi Informasi) yang baik?

Well, ketika tiba saatnya untuk melakukan audit TI, ini semua biasanya dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Menetapkan tujuan audit IT.
  2. Mengembangkan rencana audit untuk mencapai tujuan tersebut.
  3. Mengumpulkan data dan informasi semua kontrol IT yang relevan dan melakukan evaluasi terhadapnya.
  4. Menjalankan testing (pengujian) seperti ekstraksi data atau analisis perangkat lunak lengkap.
  5. Terakhir yaitu adalah melaporkan temuan apa pun dalam prosesnya serta tindak lanjutnya.

Memang, pada dasarnya, Anda ingin mengumpulkan informasi dan melakukan perencanaan yang diperlukan, kemudian mendapatkan pemahaman tentang struktur yang ada.

Selama fase evaluasinya, setiap bukti yang mungkin telah dikumpulkan selama proses IT audit akan menentukan apakah sistem informasi menjaga aset, menjaga integritas data, dan beroperasi secara efektif untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan.

Selain itu, penting juga bagi siapa pun yang melakukan pemeriksaan audit TI untuk memastikan kepatuhannya terhadap kebijakan pemerintah, standar, serta undang-undang dan peraturan yang berkaitan dengan informasi dan teknologi terkait.

Apa Saja Peran dari Pengaudit atau IT Auditor?

Lalu, apa saja peran dari para pengaudit atau IT auditor ini?

Ya! Peran auditor IT seringkali melibatkan pengembangan, penerapan, pengujian, dan evaluasi prosedur tinjauan audit.

Sebagai seorang auditor, Anda akan bertanggung jawab untuk melakukan proyek IT dan audit terkait IT menggunakan standar audit yang telah ditetapkan di organisasi Anda.

Proses audit juga dapat meluas ke network (jaringan), perangkat lunak, program, sistem komunikasi, sistem keamanan, dan layanan lainnya yang bergantung pada infrastruktur teknologi perusahaan.

Yup! Ini merupakan peran penting bagi organisasi yang mengandalkan teknologi mengingat satu kesalahan teknis kecil atau salah langkah dapat merusak dan memengaruhi seluruh perusahaan.

Kenapa IT Audit Penting?

Jadi, apa yang membuat audit IT (Information Technology atau Teknologi Informasi) ini merupakan hal yang penting?

Oke, jika kalian sebelumnya bertanya-tanya tentang apa pentingnya audit IT, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena disini Kami juga akan menjelaskan pentingnya IT audit terutama untuk bisnis dan perusahaan Anda.

Memang, ada banyak alasan mengapa audit TI itu penting dan mengapa Anda membutuhkannya.

Karena begitu banyak organisasi menghabiskan sejumlah besar uang untuk teknologi informasi untuk mendapatkan manfaat dari keamanan dunia maya dan keamanan data yang ditingkatkan (enhanced), mereka perlu memastikan bahwa sistem TI atau IT system ini dapat diandalkan, aman, dan tidak rentan terhadap serangan dunia maya.

Audit TI sangat penting untuk bisnis apa pun karena memberikan pengetahuan bahwa sistem tersebut dilindungi dan dikelola dengan tepat untuk menghindari segala jenis pelanggaran, sebagai contoh misalnya data breach (baca pengertian data breach disini).

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Folder dalam Komputer: Apa itu Folder? Fungsi, Cara Kerja dan Cara Membuatnya!

Alasan lain mengapa Anda harus mempertimbangkan audit TI adalah karena mereka dapat menghemat biaya dalam artian itu akan mengungkapkan dengan tepat layanan mana yang Anda butuhkan, dan mana yang tidak dapat dilakukan oleh perusahaan Anda.

Selain itu, karena teknologi yang kita gunakan sehari-hari berkembang sangat cepat, audit IT ini pastinya dapat memberi tahu Anda sistem dan alat mana yang sudah outdated (usang).

Kesimpulan

Di atas adalah penjelasan Pengertian IT Audit, Apa itu Information Technology (IT) Audit, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Skill IT Auditor, Cara Mengaudit dan Kenapa itu Penting serta segala hal yang perlu kalian ketahui dalam penguraiannya.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang di atas, dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Informasi, Information Technology atau IT audit secara umum merupakan investigasi atas sistem, laporan, atau entitas yang ada.

Audit IT adalah tinjauan sistem IT organisasi, manajemen, aplikasi, operasi, penggunaan data, dan proses terkait lainnya.

Audit bidang teknologi ini akan menentukan apakah teknologi informasi sudah mengontrol dan melindungi aset perusahaan, sekaligus memastikan integritas data, dan menyelaraskan keseluruhan tujuan bisnis.

Meskipun setiap audit berbeda, proses audit TI biasanya terdiri dari 4 (empat) proses atau tahapan, yaitu:

  1. Perencanaan
  2. Kerja lapangan
  3. Pelaporan
  4. Tindak lanjut

Audit memang terdengar buruk bagi sebagian orang.

Tidak ada yang ingin mendapatkan surat yang mengumumkan bahwa KPK akan membuka audit atas keuangan Anda.

Ya, audit hanya berarti pemeriksaan resmi atas akun seseorang.

Oleh karena itu, audit teknologi informasi merupakan pemeriksaan resmi infrastruktur IT, kebijakan, dan operasi organisasinya.

Ini juga seringkali menambahkan evaluasi, terutama untuk menyarankan perbaikan.

Terkait sejarahnya sendiri, perlu kalian ketahui IT audit telah berlangsung sejak pertengahan 1960-an dan terus berkembang sejak saat itu seiring dengan kemajuan teknologi.

Ini adalah bagian penting dari prosedur manajemen proyek IT yang baik.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian IT Audit, Apa itu Information Technology (IT) Audit, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Skill IT Auditor, Cara Mengaudit dan Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan manajemen bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar