Mengenal Pengertian Green Technology: Apa itu Green Tech (IT)? Definisi, Sejarah, Tujuan, Manfaat, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Dari Pengertian Green Technology Apa Itu Green Tech IT Definisi Sejarah Tujuan Manfaat Macam Contoh Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Dari Pengertian Green Technology Apa Itu Green Tech IT Definisi Sejarah Tujuan Manfaat Macam Contoh Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Kalian, Pengertian Green Technology, Apa itu Green Tech (IT)? Definisi, Sejarah, Tujuan, Manfaat, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting!

Benar, seperti yang kita semua ketahui dan bahkan sudah kita alami, bukti pemanasan global adalah sebuah kenyataan.

Ini adalah masalah yang terus berkembang yang sedang mengganggu pemerintah dan masyarakat secara umum dan membahayakan kesehatan dan lingkungan.

Salah satu cara memerangi pemanasan global adalah dengan apa yang disebut penghijauan.

Para engineer atau insinyur dan ilmuwan di seluruh dunia sedang mengembangkan solusi teknologi (baca pengertian teknologi disini) yang bertujuan mengurangi dan menghilangkan segala sesuatu yang menyebabkan pemanasan global dan, oleh karena itu, adanya perubahan iklim.

Dari masalah tersebutlah, teknologi hijau ada dan mulai diterapkan.

Oke, berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian green technology, tech atau IT.

Baiklah langsung saja, berikut adalah ulasannya!

Pengertian Green Technology

Teknologi ramah lingkungan (hijau) atau green technology adalah segala sesuatu yang mengacu pada jenis teknologi yang dianggap ramah lingkungan berdasarkan proses produksinya atau rantai pasokannya.

Teknologi hijau juga dikenal dengan green tech (IT), ini dapat juga merujuk pada produksi energi bersih.

Clean energy production atau produksi energi bersih adalah penggunaan bahan bakar dan teknologi alternatif yang tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan dibandingkan bahan bakar fosil dimana hal ini juga sesuai berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Investopedia.

Meskipun pasar untuk teknologi hijau relatif baru, hal itu telah menarik banyak minat investor karena meningkatnya kesadaran tentang dampak perubahan iklim dan menipisnya sumber daya alam.

Apa itu Green Tech (IT)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Green Tech IT Definisi Sejarah Dan Perkembangan Serta Tujuan Teknologi Hijau
Ilustrasi Gambar Apa Itu Green Tech IT Definisi Sejarah Dan Perkembangan Serta Tujuan Teknologi Hijau

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan green tech (IT) ini?

Benar, istilah “teknologi” mengacu pada penerapan pengetahuan untuk tujuan praktis.

Sederhananya, green tech (IT) merupakan singkatan dari green information technology dan lebih dikenal dengan istilah green technology secara global.

Bidang green technology mencakup kelompok metode dan bahan yang terus berkembang, dari teknik menghasilkan energi hingga produk pembersih yang tidak beracun.

Banyak harapan saat ini bahwa bidang green technology ini akan membawa inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari yang besarnya sama dengan ledakan atau booming-nya teknologi informasi (baca pengertian teknologi informasi disini) selama 2 (dua) dekade terakhir.

Memang, pada tahap awal ini, tidak mungkin untuk memprediksi apa yang mungkin tercakup dalam “teknologi hijau”.

Secara umum, arti green technology yaitu adalah istilah umum yang menggambarkan penggunaan teknologi dan sains untuk menciptakan produk dan layanan yang ramah lingkungan.

Teknologi ramah lingkungan terkait dengan teknologi bersih (clean), yang secara khusus mengacu pada produk atau layanan yang meningkatkan kinerja operasional sekaligus mengurangi biaya, konsumsi energi, limbah, atau efek negatif terhadap lingkungan.

Definisi Green Technology

Kemudian, apa definisi dari kata green technology ini?

Menurut penjelasan beberapa pakar dan ahli dalam Situs Thoughco, definisi teknologi hijau atau green technology, ini juga dikenal sebagai teknologi berkelanjutan (sustainable) yang memperhitungkan dampak jangka panjang dan pendek yang ditimbulkan sesuatu terhadap lingkungan.

Produk ramah lingkungan yang berdasarkan definisi, yaitu ramah lingkungan.

Masalah efisiensi energi, daur ulang, kesehatan dan keselamatan, sumber daya terbarukan, dan lebih banyak lagi, semuanya mengarah pada pembuatan produk atau teknologi ramah lingkungan.

Sejarah dan Perkembangan Green Technology

Agar lebih memahami tentang arti dan pengertian dari green technology, maka kita juga harus mengenal terkait sejarah dan perkembangan awal teknologi hijau ini.

Benar! Penggunaan teknologi hijau dapat menjadi tujuan segmen bisnis atau perusahaan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Code: Apa itu Coding dan Source Code? Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Macam serta Contohnya!

Sasaran ini biasanya diuraikan dalam pernyataan lingkungan, keberlanjutan, dan tata kelola perusahaan, atau bahkan ini juga dapat ditemukan dalam pernyataan misi perusahaan.

Ya! Semakin banyak investor yang bertanggung jawab secara sosial mencari cara untuk mempersempit investasi prospektif mereka untuk hanya mencakup perusahaan yang secara khusus menggunakan atau memproduksi teknologi hijau.

Sementara green technology menjadi semakin populer di zaman modern terutama di tahun 2020 sekarang ini, elemen praktik bisnis ini telah digunakan sejak adanya “Revolusi Industri”.

Dimulai pada permulaan pada awal abad ke-19, produsen telah berupaya mengurangi eksternalitas lingkungan negatif mereka dengan mengubah proses produksi untuk menghasilkan lebih sedikit jelaga atau produk sampingan limbah.

Namun, teknologi hijau sebagai sektor bisnis yang diakui tidak benar-benar berkembang hingga tahun 1990-an.

Menurut laporan di tahun 2018 yang dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, investasi global dalam proses energi terbaru dan teknologi hijau melampaui $200 miliar pada tahun 2017.

Dan, sebanyak $2,9 triliun telah diinvestasikan dalam sumber-sumber seperti tenaga surya dan angin sejak tahun 2004.

Selain itu, seperti yang dilansir dari PBB, mereka juga menyatakan bahwa negara Cina adalah investor global terbesar di sektor ini, dengan sekitar anggaran $126 miliar diinvestasikan pada tahun 2017.

Yup! Perusahaan yang menjadi bagian dari gerakan teknologi hijau mungkin terlibat dalam pelestarian sumber daya alam atau penemuan sumber energi baru yang ramah lingkungan.

Tujuan Green Technology

Untuk lebih mengerti tentang akronim green technology, adalah juga merupakan hal yang penting bagi Kami disini untuk menjelaskan apa tujuannya secara khusus.

Oke, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, teknologi hijau ini berkaitan dengan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk melindungi lingkungan.

Banyak teknik yang termasuk dalam istilah ini seperti penggunaan bahan kimia hijau, pemantauan lingkungan, dan banyak lagi.

Semua hal ini harus dihadapi untuk memastikan bahwa lingkungan tetap terlindungi.

Teknologi ini digunakan untuk menghidupkan kembali ekosistem yang rusak.

Ini juga disebut sebagai teknologi lingkungan (enviromental) atau teknologi bersih (clean).

Benar! Adapun tujuan utamanya, yaitu adalah untuk melestarikan alam, dan untuk memperbaiki dampak negatif yang ditimbulkan manusia terhadapnya.

Terkait pembahasan sejarahnya di atas, perlu untuk diketahui bahwa sejak tahun 1990-an banyak fokus diarahkan pada teknologi hijau.

Ini menawarkan banyak manfaat tidak hanya bagi alam itu sendiri tetapi juga untuk gaya hidup manusia yang bersih dan lebih hijau.

Benar! Manusia membutuhkan Bumi untuk tetap hidup!

Teknologi ini memastikan bahwa Bumi tetap sehat agar semua kehidupan terus ada.

Manfaat Penerapan dan Menggunakan Green Technology

Ilustrasi Gambar Manfaat Serta Macam Macam Perusahaan Dan Pekerjaan Yang Menggunakan Green Technology Dan Contohnya Dalam Membahas Pengertian Green Tech IT
Ilustrasi Gambar Manfaat Serta Macam Macam Perusahaan Dan Pekerjaan Yang Menggunakan Green Technology Dan Contohnya Dalam Membahas Pengertian Green Tech IT

Setelah kita mengetahui apa itu arti dan pengertian green technology, sejarah serta tujuannya di atas, selanjutnya kita juga harus mengetahui apa saja manfaat dalam menggunakan dan menerapkan teknologi hijau.

Oke, di bawah ini adalah beberapa manfaat penggunaan, penerapan praktik green technology yang harus kalian ketahui.

1. Mendaur Ulang

Manfaat green technology yang pertama yaitu recycling atau mendaur ulang.

Teknologi hijau membantu mengelola dan mendaur ulang bahan limbah.

Ini memungkinkannya digunakan untuk tujuan yang bermanfaat.

Teknologi ini digunakan untuk pengelolaan sampah, pembakaran sampah, dan lainnya.

Banyak bahan yang dapat didaur ulang memungkinkan individu membuat pupuk tanaman, patung, bahan bakar, dan bahkan furnitur.

2. Pemurnian Air

Penerapan teknologi hijau juga dapat memurnikan air.

Kelangkaan air minum murni menjadi perhatian utama.

Melalui penggunaan berbagai teknologi, banyak kampanye berhasil menyediakan air minum bersih bagi masyarakat.

3. Memurnikan Udara

Manfaat green technology selanjutnya yaitu memurnikan udara.

Betul! Menangani emisi karbon adalah fokus lainnya.

Sedangkan umat manusia mengalami peningkatan dalam hal berbagai teknologi.

Mobil, pabrik, dan lain sebagainya, itu mengeluarkan banyak karbon yang merugikan planet ini.

Teknologi hijau membantu mengurangi emisi karbon dan memurnikan udara dan memungkinkan orang dan makhluk hidup lainnya bernapas dengan lebih baik.

4. Menghemat Energi

Selanjutnya yaitu untuk menghemat energi.

True! Energi juga dapat dihemat melalui penggunaan teknologi semacam itu.

Alternatif untuk perangkat yang menggunakan banyak listrik atau bahan bakar sedang diperkenalkan ke publik.

Penggunaan mobil listrik sedang meningkat, terutama di negara maju seperti di negara Inggris.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Hardening: Apa itu Server dan System Hardening? Tujuan, Jenis dan Macam, Manfaat, Standar, Langkah serta Caranya!

Orang yang menggunakan perangkat dan perkakas ramah lingkungan pun, kini lebih dianjurkan.

Sementara pemasangan perangkat semacam itu, contohnya seperti panel surya, mungkin terbilang mahal bagi sebagian orang.

Namun, manfaat yang ditawarkannya sehubungan dengan pengurangan biaya tagihan sangat besar.

5. Meremajakan Ekosistem

Manfaat green technology terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu adalah meremajakan ekosistem.

Teknologi hijau atau bersih juga digunakan untuk menghidupkan ekosistem yang telah mengalami banyak kerusakan karena keterlibatan manusia.

Melalui pemanfaatannya, pohon teknologi ini ditanam kembali, limbah dikelola serta didaur ulang.

Hal ini memastikan bahwa ekosistem yang terkena dampak dapat dimulai kembali, dan kali ini akan tetap dilestarikan.

Ya! Ini membantu memastikan bahwa banyak spesies tumbuhan dan hewan tidak akan punah.

Note: Perlu Kami tekankan disini bahwa Bumi membutuhkan perlindungan dan teknologi hijau dapat membantu menyediakan hal itu dengan tepat ke planet tempat kita bergantung untuk hidup.

Macam-Macam Perusahaan dan Pekerjaan yang Menerapkan Teknologi Hijau

Baiklah, sekarang kita sudah mengetahui pengertian, arti, definisi, sejarah serta tujuan dan manfaat dari green technology.

Kemudian, dalam subbagian ini Kami juga akan menjelaskan terkait jenis dan macam perusahaan yang menerapkan teknologi penghijauan serta apa saja jenis pekerjaan yang termasuk.

Oke, perlu kalian ketahui bahwa banyak organisasi atau perusahaan di seluruh dunia telah berkomitmen untuk membangun bisnis ramah lingkungan dan praktik manufaktur, beberapa diantaranya yaitu:

  • Hewlett Packard
  • Dell
  • Johnson & Johnson
  • Intel
  • IBM
  • Nike
  • Starbucks
  • Cisco Systems
  • Wells Fargo
  • Sprint Nextel
  • Adobe Systems
  • Staples

Lalu, apa saja jenis pekerjaan yang menerapkan dan menggunakan pentingnya nilai-nilai green technology ini?

Ya! Ada banyak pekerjaan yang tersedia di bidang yang sedang berkembang tersebut.

Bagi mereka yang bersemangat melestarikan lingkungan dan mengambil kesempatan peluang karir terbuka di beberapa bidang keahlian di bawah ini:

  • Ahli kimia
  • Insinyur lingkungan
  • Ilmuwan lingkungan
  • Ahli Geologi
  • Insinyur industri
  • Dan lain sebagainya

Contoh Green Technology (Tech) atau IT

Gambar Lampu LED Lightning Sebagai Contoh Green Tech IT
Gambar Lampu LED Lightning Sebagai Contoh Green Tech IT

Dalam membahas tentang pengertian green technology, tentunya hal tersebut tidak terlepas daripada contohnya bukan?

Seperti yang disiratkan oleh “green atau hijau” dalam namanya, teknologi hijau menonjolkan tanggung jawab pada keberlanjutan.

Dan porsi teknologinya, itu juga terbilang cukup luas.

Secara keseluruhan, green technology (teknologi hijau) berkonsentrasi pada inovasi berkelanjutan yang memperhitungkan efek lingkungan jangka pendek dan jangka panjang.

Di bawah ini adalah contoh dari praktik green technology populer yang harus kalian ketahui.

1. Lampu LED

Contoh sederhana dari teknologi hijau adalah pencahayaan atau lampu LED.

Dengan menghindari lampu pijar, ada keuntungan besar dalam efisiensi.

Bola lampu LED menggunakan lebih sedikit energi daripada lampu pijar tradisional.

Plus, lampu LED terbukti vital di luar alat bantu visual murni. Sebaliknya, mereka telah diterapkan dalam pertanian vertikal dan bahkan memerangi malaria.

Smart LED adalah peningkatan smart home (baca pengertian smart home disini) sederhana yang bahkan dapat diadopsi oleh penghuni apartemen.

2. Pengolahan Air Limbah

Contoh green technology selanjutnya yaitu seperti pengolahan air limbah.

Well, di bidang ini memang sedikit perkembangan teknologi, tetapi yang sudah ada itu penting.

Perkembangan utama meliputi filtrasi membran, sel bahan bakar mikroba, nanoteknologi atau nanotechnology, pengembangan perawatan biologis dan sistem perawatan alami seperti lahan basah.

Semua proses ini digunakan untuk membuat air dapat diminum atau secara signifikan mengurangi keberadaan polutan dari apa yang dibuang ke laut dan sungai.

3. Penghapusan Emisi Industri

Selanjutnya yaitu penghapusan emisi industri.

Sebagai ahli dalam penanganan emisi, pengelolaan polutan udara di industri dapat mengurangi efek rumah kaca secara signifikan.

Metana dan karbondioksida adalah zat yang merusak lingkungan.

Industri seperti kimia, petrokimia, farmasi, otomotif, dan lainya, harus menghilangkan emisinya agar tidak menyebabkan kerusakan lingkungan yang serius.

Teknologi green technology berorientasi untuk menciptakan solusi khusus untuk setiap perusahaan.

4. Daur Ulang dan Pengelolaan Limbah

Contoh yang ke-4 (empat) yaitu daur ulang dan pengelolaan limbah.

Peningkatan limbah rumah tangga dan industri tidak proporsional. Mengelola limbah padat adalah komitmen perusahaan maupun individu.

Teknologi luar biasa seperti wadah pintar, sistem pelacakan limbah makanan otomatis, dan teknologi pemindaian optik otomatis dapat membantu memilah plastik campuran dengan memisahkannya dari yang lain.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Yandex: Apa itu Yandex N.V.? Tujuan dan Fungsi, Jenis serta Macam Layanan, Cara SEO dan Perbedaannya dengan Google Search Engine!

5. Bangunan Swasembada

Contoh green technology terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yakni bangunan swasembada.

Bangunan swasembada adalah konstruksi yang mampu berfungsi sendiri dengan menghasilkan energi tanpa memerlukan kontribusi eksternal.

Salah satu cara untuk mencapai produksi yang lebih besar dengan permukaan panel fotovoltaik yang sama adalah dengan menggabungkan sistem pelacakan surya yang cerdas, sehingga memperoleh penggunaan radiasi yang optimal.

Kenapa Teknologi Hijau (Green Tech) Penting?

Jadi, mengapa green technology atau teknologi hijau ini merupakan hal yang penting?

Tunggu dulu, sebelumnya, jika kalian masih bertanya-tanya tentang apa pentingnya green tech (IT) ini, maka kalian perlu melihat lebih lagi tentang dampak teknologi pada Bumi kita.

Ya! Jika kalian membaca postingan Kami disini, maka kalian berada di tempat yang tepat!

Mengapa? Tentu saja karena Kami akan menjelaskan terkait pentingnya menerapkan green technology di zaman sekarang ini!

Oke baiklah, berikut merupakan beberapa alasan mengapa menjadi hijau (menerapkan green technology) adalah demi kepentingan terbaik semua orang:

  • Penemu harus tahu bahwa penemuan hijau dan teknologi bersih (clean) adalah bisnis yang baik. Ini adalah pasar yang tumbuh cepat dengan keuntungan yang terus meningkat.
  • Konsumen harus tahu bahwa membeli penemuan teknologi hijau dapat mengurangi tagihan energi dan seringkali lebih aman dan lebih sehat daripada mitra non-hijau.
  • Perubahan kecil bisa berdampak besar. Sebagai contoh misalnya, limbah yang dihasilkan dari botol air plastik. Tentu saja, minum banyak air adalah praktik yang sehat, tetapi mengganti botol air yang dapat digunakan kembali dengan yang sekali pakai yaitu untuk meningkatkan kesehatan, ramah lingkungan, dan pada ahirnya yaitu penghijauan.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Oke, jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Green Technology, Apa itu Green Tech (IT)? Definisi, Sejarah, Tujuan, Manfaat, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa teknologi hijau atau green technology adalah bidang baru yang telah berkembang dengan cepat karena orang-orang telah menyadari dampaknya yang merusak lingkungan, termasuk pemanasan global dan efek rumah kaca.

Green tech (IT) adalah bidang yang luas dan terkadang kontroversial secara politik.

Teknologi ramah lingkungan adalah salah satu sektor ketenagakerjaan yang tumbuh paling cepat dan tentunya jauh lebih dari sekadar tren yang lewat.

Jenis teknologi hijau berkisar dari tugas-tugas yang sangat sederhana yang dapat dilakukan di rumah Anda hingga sistem yang sangat terspesialisasi.

Salah satu contoh paling terkenal dari teknologi hijau adalah sel surya, yang secara langsung mengubah energi dari cahaya alami menjadi energi listrik melalui proses fotovoltaik.

Menghasilkan listrik dari energi matahari sama dengan pengurangan konsumsi bahan bakar fosil, serta pengurangan polusi dan emisi gas rumah kaca.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami bagikan dalam tulisan artikel kali ini, dimana Kami membahas berkenaan dengan Pengertian Green Technology, Apa itu Green Tech (IT)? Definisi, Sejarah, Tujuan, Manfaat, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang coba Kami sampaikan dan jabarkan disini dapat bermanfaat serta juga bisa menambah wawasan kalian semua, terutama dalam bidang teknologi dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua juga jangan lupa untuk subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar