Mengenal Pengertian Social Graph (Grafik Sosial): Cara Kerja dan Penggunaannya dalam Media Sosial!

0
Gambar Pengertian Social Graph Apa Itu Grafik Sosial Cara Kerja Dan Penggunaannya Di Media Sosial Seperti Facebook Twitter Dan Instagram
Gambar Pengertian Social Graph Apa Itu Grafik Sosial Cara Kerja Dan Penggunaannya Di Media Sosial Seperti Facebook Twitter Dan Instagram

Apa Pengertian Social Graph, Apa itu Grafik Sosial? Cara Kerja dan Penggunaannya di Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram)? Oke, memahami Konsep Grafik Sosial tidak hanya akan meningkatkan kemahiran dan kemampuan Anda dengan Social Media Marketing sekarang ini, hal tersebut juga akan membantu Anda melihat Tren yang muncul. Memahami ini secara signifikan akan membantu Anda sepenuhnya siap ketika Teknologi Web baru diluncurkan.

Istilah Social Graph atau Grafik Sosial ini pertama kali digunakan beberapa tahun yang lalu oleh CEO Facebook, yaitu Mark Zuckerberg, yang secara khusus mengacu pada Platform Facebook. Grafik Sosial Anda adalah Peta Digital Identitas Pribadi Anda, Teman-Teman Facebook utama Anda dan semua yang Anda bagikan dengan mereka. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap tentang Social Graph (Grafik Sosial). Langsung saja berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian Social Graph

Social Graph adalah Sosiogram Kontekstual yang menggambarkan semua Anggota, Organisasi, Grup, dan Komponen Pengguna-Akhir lainnya dari sebuah Jaringan Sosial dan Hubungan atau Koneksi di antara mereka. Social Graph ini membantu menggambarkan dan memetakan keseluruhan Struktur dan keterkaitan Anggota Jaringan Sosial menurut simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Apa itu Grafik Sosial atau Social Graph?

Jadi, Apa itu sebenarnya Grafik Sosial atau Social Graph? Mengacu pada Pengertian Social Graph di atas, Social Graph atau Grafik Sosial adalah Diagram yang menggambarkan Interkoneksi antara Seseorang, Kelompok, dan Organisasi yang ada dalam Jejaring Sosial. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan Jejaring Sosial Seseorang.

Ketika digambarkan sebagai sebuah Peta, Grafik Sosial atau Social Graph hadir sebagai satu Set Simpul Jaringan yang dihubungkan oleh Garis. Setiap Simpul, yang juga dapat disebut sebagai Aktor, sebenarnya merupakan catatan Data. Garis Penghubung yang digunakan untuk memetakan hubungan antara catatan Data tersebut disebut sebagai Edge, Ties atau Interdependency.

Ketika Social Graph (Grafik Sosial) memiliki sejumlah kecil Simpulan, ia dapat dengan mudah dipetakan di Papan Tulis atau selembar kertas, dengan menggunakan garis-garis padat dan titik-titik yang diberi kode warna untuk menunjukkan Hubungannya. Akan tetapi, ketika Grafik Sosial memiliki sejumlah besar Simpul, ikatan silang dapat dengan cepat menjadi kusut, sehingga sulit bagi siapa pun untuk mendapatkan informasi yang bermakna dari Diagram tersebut.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Affiliate Marketing: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Contohnya!

Software (Perangkat Lunak) Basis Data Grafik seperti Apache Giraph, akan memudahkan kita untuk menganalisis Database Grafik Sosial yang besar dan kompleks melalui Kueri. Ini adalah cara sebagian besar Situs Media Sosial, termasuk Facebook, yang menggunakan Algoritma pencarian untuk mempersonalisasi Feed atau Umpan Berita dan Iklan Target.

Cara Kerja Social Graph (Grafik Sosial) dalam Memberikan Penjelasan

Ilustrasi Gambar Social Graph (Grafik Sosial)
Ilustrasi Gambar Social Graph (Grafik Sosial)

Konten yang dapat dicari selalu menjadi dasar dari Internet. Bill Gates, yang merupakan orang yang pertama menyatakan bahwa “Content is King (Konten adalah Raja)” dan pada saat ia mengatakan hal tersebut, itu adalah benar. Namun, hal itu memang adanya sebelum Media Sosial mengubah Permainan Pencarian menjadi seperti sekarang ini, di mana Konteks-lah yang merupakan Raja.

Saat Perpesanan atau Konten Anda di Situs Sosial dibagikan, Grafik Sosial atau Social Graph mengumpulkan Konteks dan membangun hubungan kecil yang menceritakan sebuah Kisah atau Story. Dengan memahami ini, Anda dapat lebih efektif meningkatkan Grafik Sosial Anda dengan membuat Konten yang bermanfaat yang mewakili siapa Anda dan apa yang Anda lakukan dengan keahlian Anda.

Terkait hal tersebut berikut ini adalah Bagaimana Cara Kerja Grafik Sosial atau Social Graph dalam Memberikan Penjelasan (Story).

1. Konteks

Yang pertama adalah Konteks. Betul, Jejaring Sosial adalah tentang Konteks. Dengan siapa Anda bergaul memberi tahu banyak tentang Anda. Konteks tidak hanya memberi tahu Kami siapa Anda. Anda mungkin sangat mirip seperti Kolega yang Anda Asosiasikan, tetapi ada cukup Data untuk membedakan Perbedaan.

Asosiasi tersebut mungkin yang membantu Anda untuk ditemukan dalam Media Sosial, tetapi Perbedaan itulah yang akan membuat Anda untuk dipekerjakan.

2. Nodes

Saat Anda memetakan Koneksi Sosial Anda, Anda pada dasarnya menghubungkan titik-titik yang ada pada Grafik Sosial atau Social Graph tersebut. Pikirkan titik-titik ini sebagai Simpul pada Matriks yang kompleks. Semakin banyak node yang ada pada Grafik Sosial Anda, semakin mudah Anda dapat didefinisikan, dan karena itu terletak disana.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian BTX (Balanced Technology Extended), Sejarah, Fungsi dan Tujuannya

Node adalah Landmark atau titik persimpangan yang terdapat pada Peta Grafik Sosial atau Social Graph yang membantu pengguna menavigasi hal yang tidak diketahui dan menemukan apa yang mereka butuhkan atau inginkan, yang idealnya adalah untuk keperluan Bisnis Anda.

3. Sharing

Sharing atau Berbagi, Berbagi di Situs Sosial adalah aktivitas yang menciptakan Simpul. Jika Anda membagikan Konten yang dianggap berguna dari seseorang, mereka kemungkinan akan membagikannya dengan Komunitas mereka, sehingga menghubungkan Anda dengan Teman-Teman mereka yang menciptakan lebih banyak Node.

Penggunaan Social Graph di Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan Lainnya)

Ilustrasi Gambar Pengertian Social Graph Atau Grafik Sosial Dan Penggunaannya Di Media Sosial Seperti Facebook Twitter Dan Istagram
Ilustrasi Gambar Pengertian Social Graph Atau Grafik Sosial Dan Penggunaannya Di Media Sosial Seperti Facebook Twitter Dan Istagram

Mengacu pada Penjelasan Pengertian Social Graph di atas, Grafik Sosial atau Social Graph Ini menarik keunggulan antara Anda dan Orang-Orang, Tempat, dan hal-hal yang berinteraksi dengan Anda secara online.

Agar Memahami Penggunaan Social Graph di Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan Lain sebagainya) Kami akan menjelaskannya secara Non-Teknis disini. Katakanlah Anda berada di sebuah Pesta, Anda berdiri di sana dalam lingkaran dengan 2 (Dua) Teman Anda. Anda menjangkau untuk menyentuh bahu Teman Anda. Lalu Teman Anda menyentuh bahu Anda. Anda semua menyentuh bahu satu sama lain. Anda membuat koneksi antara Anda dan Orang Lain.

Kemudian Anda pun mulai lapar. Untungnya, ada Kue di tengah Lingkaran Anda. Tapi hanya kalian berdua yang suka Kue. Anda dan orang tersebut menjadi bagian dari Jaringan karena Anda berdua menyatakan minat Anda pada Kue.

Dalam Bahasa Komputer, ketika Anda “Menyukai” sesuatu melalui Media Sosial seperti Facebook, hal itu (Like atau Menyukai) menjadi sebuah Edge. Edge adalah Titik Koneksi antara Anda dan Orang lain, Tempat, atau hal-hal lain.

Salah satu kesalahpahaman terbesar orang awam tentang Grafik Sosial atau Social Graph adalah bahwa itu sebenarnya bukanlah Grafik sama sekali. Jelas bukan jenis grafik yang Anda lihat di Kelas Matematika. Ini sebenarnya adalah Data Structure (Struktur Data).

Baca Juga :  Faktor Penting SEO untuk Peringkat dan Ranking #1 di 2019 yang Harus Dilakukan!

Facebook dan Social Graph

CEO Facebook, Mark Zuckerberg dikreditkan dan disebutkan sebagai orang yang pertama kali menggunakan istilah “Grafik Sosial atau Social Graph” pada Tahun 2007 untuk merujuk ke Jaringan Koneksi dan hubungan yang didokumentasikan oleh anggota Facebook.

Meskipun Facebook memberi pihak ketiga akses terbatas ke grafik sosial anggota melalui API (Application Programming Interface) atau Aantarmuka Pemrograman Aplikasi-nya, Situs ini sering dikritik karena menjadi Taman bertembok yang menyempitkan Portabilitas Grafik Sosial atau Social Graph, serta potensi kekuatan Grafik Sosial pada umumnya, karena mengharuskan Anggota untuk membuat ulang Grafik Sosial mereka secara manual di Aplikasi lain.

Sekarang Definisi Grafik Sosial atau Social Graph ini telah diperluas untuk mencakup Platform lain, seperti Twitter, Flickr dan bahkan Google. Data Grafik Sosial atau Social Graph ini sangat menarik bagi sebuah Bisnis yang mencoba terhubung dengan Anda, dan harus sama menariknya bagi Anda untuk menjangkau pelanggan Masa Depan Anda.

Kesimpulan

Baiklah, jadi dari Penjelasan dan Pembahasan Pengertian Social Graph, Apa itu Grafik Sosial? Cara Kerja dan Penggunaannya di Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram) di atas, dapat kita simpulkan bahwa Grafik Sosial atau Social Graph adalah representasi dari hubungan kita. Grafik ini menentukan Komunitas Pribadi, Keluarga, atau sebuah Bisnis Situs Jejaring Sosial.

Hindari menduplikasi Grafik Sosial yang sama di beberapa Situs Web, dimana hal tersebut akan menghasilkan Data yang tidak akurat dan waktu yang dihabiskan untuk mengelolanya. Meskipun banyak tantangan, Grafik Sosial atau Social Graph kita harus dikelola sendiri dari satu sumber tepercaya, direplikasi ke Situs Media Sosial pilihan kita, sehingga menghasilkan manajemen hubungan yang Akurat dan efisien.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat yang dapat Kami bagikan kali ini, yang membahas mengenai Pengertian Social Graph, Apa itu Grafik Sosial? Cara Kerja dan Penggunaannya di Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram). Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mempelajari Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar