Computer Application: Apa itu Aplikasi Komputer dan Design? Sejarah, Tujuan, Jenis dan Contoh serta Pentingnya dalam Bisnis!

0
Gambar Dari Pengertian Computer Application Apa Itu Aplikasi Penerapan Komputer Dan Computer Application Design Tujuan Jenis Macam Dan Contoh Serta Pentingnya Dalam Bisnis
Gambar Dari Pengertian Computer Application Apa Itu Aplikasi Penerapan Komputer Dan Computer Application Design Tujuan Jenis Macam Dan Contoh Serta Pentingnya Dalam Bisnis

Mengenal Pengertian Computer Application, Apa itu Aplikasi atau Penerapan Komputer dan Design? Sejarah, Tujuan, Jenis dan Contoh serta Pentingnya dalam Bisnis!

Seperti yang sudah sering kita bahas, komputer adalah tools atau alat penting di hampir setiap profesi, sehingga hampir semua orang dapat memperoleh manfaat dengan mengetahui cara kerja dan cara menggunakannya.

Khusus bagi orang IT sendiri, juga penting untuk mempelajari dasar-dasar perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan jaringan.

Ya! Mulai dari penelitian pertanian hingga luar angkasa, dari permainan hingga rekayasa gen, perancangan penjepit rambut, gudang hingga perangkat untuk berperang.

Dapat Kami katakan bahwa secara singkat, penerapan atau computer application ialah sesuatu yang sudah diterapkan dimana-mana.

Baiklah, berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian aplikasi, penerapan atau computer application.

Oke langsung saja, meri kita simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Computer Application

Berarti aplikasi atau penerapan komputer (dalam bahasa Indonesia), computer application adalah penerapan sistem perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) beserta desainnya di dalam suatu tempat.

Ya, baik itu bisnis, tempat kerja, dan lain sebagainya seperti yang sudah Kami sebutkan pada bagian pengantar di atas.

Perlu kalian ketahui dalam mempelajarinya, sebagai seseorang yang bekerja di bidang komputer kita tentunya harus memahami betul tentang aplikasi komputer.

Computer application berbeda dengan application (aplikasi) yang dibuat oleh komputer dimana artinya secara khusus yaitu penerapan daripada sistem yang terkomputerisasi.

Apa itu Aplikasi atau Penerapan Komputer?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Aplikasi Atau Penerapan Komputer Dan Computer Application Design Atau Desainnya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Aplikasi Atau Penerapan Komputer Dan Computer Application Design Atau Desainnya

Jadi, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan aplikasi atau penerapan komputer ini?

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan computer application secara global.

Perlu untuk diketahui bahwa pada dasarnya, aplikasi atau penerapan komputer (baca pengertian komputer disini) ini lebih mengacu kepada penggunaan dan pengaplikasiannya.

Komputer telah merevolusi cara bisnis beroperasi di industrinya masing-masing.

Teknologi telah berkembang sangat luar biasa sehingga mereka yang tidak menggunakan komputer dalam bisnis mereka akan tertinggal.

Bisnis-bisnis tanpa aplikasi komputer dapat berada pada posisi yang sangat tidak menguntungkan dibandingkan pesaing mereka.

Apa itu Computer Application Design?

Kemudian apa itu pengertian dari computer application design atau desain penerapan komputer?

Berdasarkan sumber Kami yang merujuk pada definisi dari Situs Igi-Global, computer application design adalah suatu egiatan yang bertujuan untuk memungkinkan perancangan perangkat lunak menggunakan metode, teknik, dan alat rekayasa perangkat lunak.

Yup! Benar, istilah ini lebih mengacu pada desain dalam penerapannya!

Sejarah dalam Computer Application

Agar kita lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian dari computer application, tentunya kita juga harus mengetahui paling tidak sedikit terkait sejarahnya bukan?

Menurut kumpulan para ahli atau pakar berkenaan dengan penerapan atau computer application sendiri, The History of Computing Project menerangkan bahwa desain dan prototipe mikrokomputer pertama diperkenalkan oleh Micro Computer Inc., di kota Los Angeles, pada tahun 1968.

Kemudian ARPANET yang pertukaran informasi kontraktor pertahanan dan pendahulu internet pun lahir setahun kemudian.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Organic (Organik): Definisi, Apa itu Organic Marketing? Cara Meningkatkan dan Kapan Menggunakannya!

Setelah itu, komputer mikro komersial (Apple, Commodore, Tandy, Sinclair, dan Texas Instruments) muncul pada tahun 1977.

Apple Computer memperkenalkan antarmuka grafis pertama dengan Macintosh dimana perusahaan Microsoft juga mengikutinya dengan versi pertama Windows pada tahun 1985.

Perlu kalian ketahui juga bahwa internet berevolusi dari ARPANET selama 18 tahun dan pada tahun 1987, itu menjadi jaringan di seluruh dunia.

Lalu, pada tahun 1990 penerapannya pun mulai muncul di bisnis kecil, dimana layar yang nampak biasanya dalam mode teks.

Aplikasi perangkat lunak komputer mikro pertama yang terkenal adalah spreadsheet VisiCalc dan pengolah kata Applewriter dan WordStar, dimana semuanya berasal dari periode tahun 1978–1979.

Beberapa bisnis kecil menggunakan komputer sebelum alat komputasi mikro muncul, tetapi terutama dalam aplikasi profesional daripada sebagai alat bisnis.

Semenjak komputer menjadi terjangkau, mereka telah digunakan secara luas dalam bisnis kecil dan, apakah berdiri sendiri atau dalam sebuah network (jaringan) telah memberikan layanan dukungan administratif yang sama seperti yang mereka lakukan di perusahaan secara manual.

Penerapan, aplikasi atau computer application terus berkembang hingga tahun 2021 seperti sekarang ini, dimana program seperti Microsoft Office sudah menjadi hal yang umum digunakan di setiap bisnis serta ruang kerja.

Tujuan dari Computer Application

Setelah kita mengetahui arti dari computer application, kita juga harus mengetahui tujuannya.

Benar! Komputer dapat membantu suatu entitas, baik itu bisnis atau organisasi yang berbeda dengan cara yang berbeda.

Banyak badan usaha dapat memanfaatkan aplikasi berbagai jenis perangkat lunak untuk kebutuhan mereka yang berbeda.

Penggunaan komputer dapat membantu mereka mengelola file, dokumen, jadwal, tenggat waktu, serta alur kerja holistik atau menyeluruh dari masing-masing dan setiap bagian departemen.

Terkait tujuan utamanya sendiri, computer application (penerapannya) sering digunakan membantu bisnis dengan mengatur semua informasi (baca pengertian informasi disini) mereka dengan cara yang sangat mudah diakses.

Bisnis yang tipikal biasanya berurusan dengan sejumlah besar data (karyawan, produk, pesanan, layanan, harga, basis data gaji, dan sebagainya).

Berikut adalah beberapa kasus penggunaan (computer application )yang populer, mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan besar:

  • Akuntansi (penagihan, pembuatan faktur, pembuatan lembar gaji, perhitungan pendapatan-biaya).
  • Pembuatan dokumen (satu kertas atau buku atau apapun yang perlu diketik).
  • Evaluasi riset dan pemasaran serta KPI.
  • Merancang dan membuat prototipe.
  • Pembuatan proposal, distribusi alur kerja serta tindak lanjutnya dan pembuatan rencana bisnis.
  • Komunikasi serta kolaborasi tim (ini mengarah pada manajemen waktu dan produktivitas yang efisien) dan melayani pelanggan.
  • Penyimpanan (mulai dari semua data di setiap bentuk yang memungkinkan dan akses ke data di mana pun para eksekutif berada).
  • Penjadwalan, pemesanan dan pemrosesan tiket.
  • Tujuan pendidikan atau pengembangan keterampilan.

Jenis dan Contoh Aplikasi, Penerapan atau Computer Application

Dalam membahas tentang pengertian dari computer application, tentunya hal tersebut tidak terlepas daripada jenis dan contohnya bukan?

Ya! Sebagian besar pemula bingung tentang jenis aplikasi komputer dan tidak mudah untuk membagi penerapannya ke dalam kategori yang tepat.

Saat ini tidak ada definisi yang jelas untuk mengkategorikan aplikasi komputer atau computer application sendiri.

Namun, secara umum aplikasi, penerapan atau computer application dapat kita lihat sebagai berikut:

  • Sistem tertanam (embedded)
  • Aplikasi desktop (Windows)
  • Aplikasi web
  • Layanan web
  • Aplikasi konsol

Kurang familiar? Oke di bawah ini akan Kami jelaskan masing-masing dari jenis dan macam computer application beserta contohnya.

a. Sistem Tertanam (Embedded)

Jenis macam computer application yang pertama yaitu sistem tertanam atau embedded, ini adalah sebuah sistem alat komputasi yang bertujuan khusus dengan menjadi seluruh bagian yang diperlukan, dimana mereka dimasukkan menjadi satu dalam perangkat itu.

Baca Juga :  Coronavirus bagi Internet dan Digital Marketing: Inilah Pengertian dan Dampaknya!

Kamera digital adalah contoh yang sangat baik dari embedded system.

Kamera yang kita gunakan saat ini pintar dan memiliki banyak fitur yang tidak ada di kamera awal semua karena sistem tertanam yang digunakan di dalamnya.

Kamera digital pada dasarnya memiliki 3 (tiga) fungsi, yaitu menangkap citra yang kita sebut data, menyimpan data citra dan kemudian merepresentasikan data tersebut.

b. Aplikasi Windows

Berikutnya yaitu aplikasi desktop atau Windows, ini adalah bentuk perangkat lunak standar yang berbasis Windows.

Microsoft Word, Paint, serta browser yang kalian gunakan untuk membaca postingan ini adalah contoh untuk aplikasi Windows yang juga disebut aplikasi desktop dan PC.

c. Aplikasi Web

Jenis computer application selanjutnya adalah aplikasi web.

Yup! Situs web juga disebut sebagai aplikasi web atau web app (baca pengertian web app disini).

Aplikasi web adalah kumpulan halaman web yang dihosting di komputer khusus yang disebut dengan web server.

Server web dapat ditempatkan di mana saja dan pengunjung dapat berada di mana saja.

Ini akan dapat bekerja melalui browser (sebagai contoh misalnya Internet Explorer, Mozilla, Netscape serta Google Chrome).

Contoh dari aplikasi web buatan yaitu seperti kalkulator penghitung YouTube dan kalkulator usia Kami.

d. Layanan Web

Layanan web atau web service adalah tipe aplikasi web yang memberikan layanan kepada aplikasi lain melalui internet, sebagai contoh misalnya mesin pencari Google, Bing, Yahoo, Yandex dan lain sebagainya.

Benar! Ini memungkinkan aplikasi lain mendelegasikan tugas pencarian melalui sumber dari internet.

e. Aplikasi Konsol

Macam daripada computer application terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu aplikasi konsol atau console application.

Apa itu console application? Ya ini adalah program yang tidak memerlukan antarmuka pengguna grafis atau yang dikenal dengan Graphical User Interface (GUI) untuk dijalankan serta dapat dijalankan sepenuhnya dari lingkungan yang berbaris perintah.

Aplikasi konsol ini berjalan di dalam command prompt yaitu seperti jendela pada Unix, DOS dan lainnya.

Console application ini merupakan program ringan dan biasanya digunakan untuk aplikasi pengujian.

Kenapa Computer Application itu Penting?

Ilustrasi Gambar Contoh Dan Pentingnya Computer Application Atau Penggunaan Dan Penerapannya Dalam Dunia Bisnis
Ilustrasi Gambar Contoh Dan Pentingnya Computer Application Atau Penggunaan Dan Penerapannya Dalam Dunia Bisnis

Jadi, apa yang membuat aplikasi, penerapan atau computer application penting, terutama dalam dunia bisnis?

Sebelumnya, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini kebetulan sedang bertanya-tanya apa itu dan kenapa computer application penting, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Ya tentu saja karena Kami juga akan menjelaskannya disini!

Well, di era modern ini, tidak ada bisnis atau organisasi yang dapat berjalan mulus tanpa komputer dan koneksi internet.

Dari restoran hingga bank, dari pertanian sederhana hingga tukang pipa, dari pengacara hingga penyedia layanan pajak, setiap bisnis di dunia ini perlu menggunakan komputer untuk memiliki penghasilan yang lebih baik pada bisnis mereka.

Berikut ini merupakan poin-poin yang membuat computer application menjadi sesuatu yang penting:

  • Lebih mandiri; engan penerapan komputer, badan usaha telah membuat staf dan perusahaan menjadi lebih mandiri. Itu karena komputer memungkinkan mereka untuk melakukan tugas-tugas yang sebelumnya harus dialihdayakan. Sebagai contoh misalnya, perusahaan sekarang dapat menggunakan perangkat lunak perkantoran untuk menyiapkan materi pelatihan karyawannya.
  • Efektif dalam biaya serta sumber daya; Teknologi yang berkembang membuka alat dan layanan baru. Layanan ini menjadi lebih terjangkau, yang memungkinkan perusahaan menghemat gaji staf dan peralatan kantor mereka.
  • Kecepatan; Komputer membantu mempercepat operasi bisnis lainnya. Kecepatan dapat diperkenalkan untuk menerima feedback atau umpan balik konsumen, pemesanan bahan baku dan pemeriksaan produk, dimana hasilnya, kecepatan prosesnya menjadi lebih cepat melalui penggunaan komputer.
  • Penelitian dan pengembangan yang lebih mudah; Penelitian dan pengembangan serta biaya yang dikeluarkan tentunya juga akan berkurang secara signifikan dengan penerapan komputer. Para ahli dan pakat yang melakukan penelitian sekarang dapat melakukan penelitian dengan menggunakan internet, serta aplikasi perangkat lunak komputer dapat membantu peneliti mengembangkan dan menghasilkan produk dan layanan baru.
  • Sales atau penjualan yang meningkat; Komputer dapat membantu dalam menghasilkan penjualan dan keuntungan yang lebih tinggi untuk bisnis yang menggunakan situs web perusahaan. Banyak bisnis sekarang menggunakan media online dan beroperasi sepanjang waktu. Ini memberi pelanggan kesempatan dari seluruh dunia untuk berbelanja produk dan layanan mereka.
Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Big Data: Apa itu Data Besar? Menurut Ahli, Sejarah, Cara Kerja, Jenis, Contoh, Tantangan dan Teknologinya serta Kenapa itu Penting!

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan tentang Pengertian Computer Application, Apa itu Aplikasi atau Penerapan Komputer dan Design? Sejarah, Tujuan, Jenis dan Contoh serta Pentingnya dalam Bisnis di atas.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa aplikasi, penerapan atau computer application merupakan penggunaan dari komputer yang diterapkan sesuai berdasarkan bidangnya.

Menemukan aplikasi komputer untuk berbagai aspek operasi perusahaan, dalam beberapa tahun terakhir, menjadi tugas yang semakin penting bagi banyak pemilik usaha kecil.

Memang, komputer adalah bagian integral dari lanskap bisnis saat ini, dimana sebagian karena komputer dapat menjadi alat yang efektif dalam banyak aspek berbeda dari operasi harian bisnis.

Sistem komputer sekarang diandalkan untuk berbagai tugas, termasuk pembukuan, komunikasi bisnis, desain produk, manufaktur, pengendalian inventaris, dan pemasaran.

Terkait sejarahnya sendiri, seperti survei tahun 1997 yang dilakukan oleh majalah Sales & Management menunjukkan bahwa 85% (persen) responden merasa bahwa teknologi meningkatkan efisiensi tenaga penjualan mereka, sementara 62% (persen) lainnya menyimpulkan bahwa teknologi membantu mereka meningkatkan penjualan.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Computer Application, Apa itu Aplikasi atau Penerapan Komputer dan Design? Sejarah, Tujuan, Jenis dan Contoh serta Pentingnya dalam Bisnis.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang komputer dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tidak ada kiriman yang ditampilkan

Tinggalkan Komentar